Persiapan Rumah Tangga yang Wajib Dilakukan Pengantin Baru


Membina bahtera rumah tangga bersama orang yang kita cintai adalah salah satu hal paling membahagiakan dalam hidup. Tetapi kehidupan sebagai pasangan tidak hanya ditandai dengan janji sehidup semati saja. Lebih dari itu, kehidupan rumah tangga juga menjadi awal tanggung jawab besar bagi pasangan suami istri.

Dua Cincin - Blog Mas Hendra

Ada banyak persiapan yang sebaiknya dilakukan pengantin baru setelah mulai membina keluarga kecil. Tidak perlu bingung, yuk simak saja ulasan singkatnya berikut ini :


Menyiapkan Tabungan Pasca Menikah

Jangan sampai seluruh tabungan kita habis tidak tersisa hanya karena menyelenggarakan pesta pernikahan mewah. Ingatlah bahwa kita harus memiliki tabungan yang mencukupi untuk melanjutkan hidup setelah pernikahan. Tabungan ini juga harus termasuk biaya tidak terduga, misalnya biaya untuk kebutuhan selama kehamilan atau biaya lain yang belum kita perhitungkan sewaktu merencanakan pernikahan.


Mulai Giat Menabung untuk Masa Depan

Menabung untuk masa depan adalah sebuah keharusan bagi pasangan suami istri. Tujuan menabung bukan hanya untuk menjamin kebutuhan diri sendiri dan anak-anak nanti, tetapi juga untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik lagi. Kita tentu harus menabung untuk membeli rumah pribadi dan menyiapkan beragam investasi lain demi kestabilan kondisi finansial di masa depan.


Jangan Tergoda Dulu untuk Memiliki Utang

Memiliki utang bukanlah ide yang baik bagi pasangan penganti baru. Kecuali jika utangnya berupa hal-hal yang bermanfaat seperti KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Sementara untuk hal-hal yang belum terlalu dibutuhkan, sebaiknya kita tidak membelinya secara utang. Pastikan bahwa kondisi keuangan relatif stabil sebelum memberanikan diri untuk berutang.


Membeli Perabot Rumah Tangga Berkualitas

Perabot rumah tangga berkualitas akan membuat rumah tangga jadi lebih hemat. Namun jangan sampai kita lupa untuk mempertimbangkan harga perabot tersebut. Harga kompor gas, TV, kulkas, dan perabot rumah tangga lainnya di MatahariMall tentu akan membuat upaya penghematan kita semakin maksimal. Karena MatahariMall berkomitmen untuk menyajikan produk-produk berkualitas tanpa menguras isi kantong. Bahkan promo cicilan 0%-nya tidak membuat kita ragu sebab kita tidak perlu terbebani dengan bunga cicilan.

Sebagai pasangan pengantin baru, membina keluarga kecil adalah awal yang baik untuk hidup bahagia dan sejahtera. Mari menjalani biduk rumah tangga secara bijak dan cermat bersama pasangan tercinta.

Semoga bermanfaat.


22 comments

saadaaappp, di catet dulu ah entar kalo udah nikah dai pake tipsnya :)
tapi saya tidak akan mengkredit rumah ah, pada mahal mahal sih :D

Reply

Pengen langsung ngisi rumaaaah.. Heheh.. :D

Ah jadi pengen cepet cepet nikah nih. Maaf baper :p

Reply

utang itu lho mas...
senang banget pegang uangnya, bayarnya pusing..

kalau dipikir-pikir dan mau sabar, bunga utang itu lebih baik ditabungin dulu ya..
beli barangnya belakangan. Jadi ga kelabakan tiap bulan ini..

Reply

Waah, kalau semua calon pengantin mempersiapkan itu semua, rumah tangganya bakalan cakep, deh! Semoga bisa diterapkan untuk para calon pengantin ya...

Reply

Catat pakai tinta emas. Wah setiap tahun harga rumah naik terus...

Reply

Nikahlah, mudah-mudahan biar cepat nikah yaaaa

Reply

Iya kalau barang-barang mah bisa belakangan mas Eka, yang penting tempat tinggal dulu

Reply

Aaamiiin, semoga ya mba...

Reply

rumah tangga baru biasanya terburu-buru dalam memenuhi perabotan rumah tangganya, padahal masih banyak yang lebih penting untuk dipenuhi. ini biasa menjadi kecerobohan setiap rumah tangga yang baru

Reply

Ya benar mas, kadang-kadang keburu nafsu beli ini itu, tapi kalau duitnya banyak mah nggak apa-apa kali mas, hehehe

Reply

sepakat dengan perencanaan yang bagus untuk para pengantin baru, sayangnay kenapa dalam rencana tersebut ngga dituliskan rencana beribadah kepada-NYA berdua kelak di masjid, gereja, klentang sebelah mana? coba...
semua rencana diatas nggak bakalan terjadi jika kita berdua jauh dari Tuhan...beuh, tumben komentar saya bener

Reply

Komentarnya berat banget mang... Ini sih secara umum aje sih, hehehe

Reply

yang terakhir, beli perabotan rumah tangga, nanti aja belinya bareng sama pasangan biar lebih seru...

Reply

punya tabungan tuh yg mutlak di perlukan karena kehidupan setelah menikah bakal lebih besar ya mas

Reply

Keren nih mas, setidaknya bisa buat persiapan kelak kalau nikah :)

Reply

Iya bener. Mau sebelom nikah, mau setelah nikah menabung itu harus. Sayangnya tips di atas gak berlaku buat yang isi tabungannya kaya daun berguguran di hutan.

Reply

Iya mba, kadang kalau belinya bareng, bisa menyesuaikan selera pasangan

Reply

Betul banget mas Yanto, tabungan itu nggak cuma buat sebulan ke depan doang, tapi untuk kapan saja. Dan berlaku juga buat yang belum married

Reply

Aaamiiin, silahkan tipsnya dipraktekin

Reply

Harus banget mas, buat masa depan yang cerah

Reply

Tak kira panjang Mas artikelnya, masih penasaran pengin baca lagi, tulisanya bagus seperti dibuku buku, atau bikin buku saja. Walaupun sedikit tapi mengena, bermanfaat sekali buat saya saat nikah nanti

Reply

Hehehe, bisa saja mas Amir, ini kan artikel placement, jadi berbayar, saya hanya menyediakan lapak blog, sementara artikel sudah siap dipublish oleh klien.

Siip, semoga bermanfaat ya... Makasih sudah mampir di blog saya

Reply

Post a Comment