Penerapan Investasi Konvensional dan Investasi Dalam Dunia Blogging

Penerapan Investasi Konvensional dan Investasi Dalam Dunia Blogging

Berbicara masalah investasi, kali ini saya sebagai seorang blogger pemula yang masih terus belajar dan belajar, akan menulis artikel tentang penerapan investasi konvensional dan investasi dalam dunia blogging. Dilihat dari sudut pandang saya sebagai seorang blogger, investasi dalam dunia blogging pun, sama-sama memiliki peranan yang cukup penting dengan investasi konvensional pada umumnya.

Meskipun cara penerapan dari kedua jenis investasi di atas berbeda, namun pastinya memiliki tujuan yang sama, yakni sama-sama untuk mendapatkan keuntungan.

Sebelum saya melanjutkan tulisan ini, saya akan mengajak Anda untuk memahami dulu apa itu pengertian investasi secara umum.


Pengertian Investasi

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita lihat pengertian investasi secara umum. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, investasi merupakan salah satu istilah dari keuangan dan ekonomi, yang berarti akumulasi penanaman modal dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan atau laba pada masa depan. Investasi terkadang disebut juga sebagai penanaman modal.



Jenis-Jenis Investasi

Setelah kita memahami pengertian investasi, selanjutnya saya akan menuliskan beberapa jenis investasi yang sudah dikenal secara luas di masyarakat. Dan berikut adalah jenis-jenis investasi yang menguntungkan di masa depan :


Properti

Investasi jenis properti ini dapat dikatakan masih menjadi primadona. Hal ini terbukti dengan semakin menjamurnya perumahan-perumahan baru yang terus bermunculan. Investasi di bidang properti termasuk jenis investasi yang nilainya cenderung terus naik dari waktu ke waktu. Sebut saja rumah, apartemen, tanah atau bahkan sawah dan lain sebagainya, yang dari waktu ke waktu selalu mengalami kenaikan.

Memang sih untuk berinvestasi di sektor ini dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun, untuk membantu memudahkan Anda untuk mewujudkan memiliki huniah idaman (seperti rumah dan apartemen), maka KPR dapat menjadi solusi.

Seperti yang sedang saya lakukan saat ini. Saya pun merasakan beratnya membayar biaya kontrakan setiap bulan, belum listrik, air dan biaya sampah. Setelah bekerja sebagai staff tetap dan memiliki dua orang anak, maka saya bertekad untuk memiliki sebuah rumah dengan cara KPR. Kasian anak-anak sudah mulai tumbuh besar, mereka nantinya butuh kamar sendiri. 

Di usia kepala tiga ini, sudah bukan waktunya lagi main-main dalam menglola finansial. Ada sesuatu yang harus saya ubah, yakni dengan melakukan investasi jangka panjang, seperti investasi ke dalam bentuk tempat tinggal. Dan ini adalah investasi finansial terbesar dalam kehidupan saya.

Uang yang saya investasikan setiap bulan untuk membayar cicilan rumah, meskipun jumlahnya besar, tapi nantinya rumah tersebut akan menjadi hak milik saya. Berbeda sama kontrakan, meskipun saya membayar setiap bulan, rumah itu tidak akan pernah menjadi milik saya. Masa sih seumur hidup harus bayarin rumah orang terus, istilahnya begitu. Mendingan mana?? Ya mending ambil perumahan saja. Berikut adalah foto-foto tahapan pembangunan rumah saya :

Bentuk investasi finansial terbesar dalam kehidupan saya


Investasi rumah untuk masa depan. Saya yang pakai baju belang-belang yaa, hehehe...



Tabungan dan Deposito

Investasi jenis tabungan dan sejenisnya lebih mudah untuk dilakukan. Kita hanya perlu rutin menyetor ke bank dalam bentuk uang. Investasi jenis ini dinilai cukup menguntungkan, karena selain aman, maka kita juga akan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu, seperti bunga. Ada sedikit perbedaan antara tabungan dengan deposito. Tabungan dapat dicairkan oleh nasabah kapan pun yang diinginkan. Berbeda dengan deposito, yang hanya dapat dicairkan sesuai dengan persyaratan, biasanya jangka waktu 1, 3, 6, 12 atau 24 bulan. Dan biasanya suku bunga deposito jauh lebih besar dibanding tabungan.


Logam Mulia dan Emas Perhiasan

Nah ini nih investasi yang menurut saya paling mudah untuk dilakukan. Kenapa paling mudah? Di pasaran tersedia banyak emas logam dan juga emas perhiasan dapat dengan mudah kita beli dengan harga bervariasi tergantung dari berat dan kadarnya. Selain itu, emas juga selalu mengalami nilai yang terus meningkat dari waktu ke waktu, sama seperti investasi properti. Emas juga mudah untuk dijual kembali dengan nilai yang tinggi dan juga mudah untuk digadaikan, bila dalam keadaan darurat. Pokoknya mudah deh investasi emas ini.


Saham dan Obligasi

Saham itu adalah surat berharga sebagai tanda ikut memodalkan suatu perusahaan atau perusahaan terbatas. Artinya, kalau kita bermain saham, maka secara tidak langsung kita juga ikut memberikan modal kepada perusahaan yang menjual saham tersebut. Keuntungan yang didapatkan akan dibagikan dalam bentuk deviden setiap satu tahun sekali.

Kalau obligasi itu adalah surat utang jangka panjang dengan nilai nominal dan waktu jatuh tempo tertentu yang diterbitkan oleh suatu perusahaan.


Cermat Dalam Memilih Investasi

Belakangan ini, seperti yang kita ketahui bersama, berita tentang maraknya penipuan berkedok investasi dengan hasil yang cukup menjanjikan, selalu saja memakan korban baru. Selain itu, semakin pintarnya penipu dalam menjalankan aksinya, mampu memperdaya calon korbannya dengan iming-iming yang cukup menggiurkan, yakni hasil keuntungan yang berlipat-lipat. dan anehnya lagi, hal ini terus saja terulang lagi dan lagi.

Berangkat dari permasalahan ini, saya pribadi dapat mengambil sebuah kesimpulan, mengelola finansial dengan cara berinvestasi, bukanlah perkara yang mudah. Butuh kejelian, kecermatan dan kepercayaan yang tinggi di antara kedua belah pihak. Dan juga pastinya transparansi dari program investasi yang ditawarkan.

Guna meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, serta menghindari penipuan ketika akan berinvestasi, ada baiknya kita cermat, teliti dan kritis dalam mencari informasi lengkap seputar investasi serta pengelolaan finansial dengan cerdas di internet. Untuk itu, saya akan merekomendasikan sebuah website, khusus bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi super lengkap seputar pengelolaan finansial. Langsung CekAja ke : www.cekaja.com.


www.cekaja.com


Mengapa Harus di CekAja.com?

Mungkin muncul pertanyaan, kenapa sih harus di CekAja.com?. Nih saya kasih penjelasannya ya. CekAja.com merupakan portal layanan informasi yang membantu masyarakat dalam membuat serta mengambil keputusan finansial yang cerdas. Tidak itu saja, layanan informasi ini disajikan secara netral dan terpercaya, sehingga sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan bantuan untuk mengelola finansial secara cerdas.


Penerapan Investasi Konvensional dan Investasi Dalam Dunia Blogging

CekAja.com didukung oleh tenaga profesional dan berpengalaman di bidang teknologi, finansial dan asuransi serta dengan menggunakan teknologi dan aplikasi mutakhir kelas dunia dalam memberikan pilihan produk finansial dan asuransi secara cepat, mudah dan singkat.

Tidak cukup sampai di situ, CekAja.com juga didukung oleh lembaga asuransi terpercaya di Indonesia serta sejumlah mitra bank terbaik. Oleh karena itu, produk serta layanan CekAja.com selalu mendapat perhatian untuk senantiasa diperbaharui dan diperluas yang mencakup segala jenis kredit, asuransi, tabungan, inventasi serta beberapa produk konsumen lainnya.

CekAja.com dibekali empat pilar utama yang menjadikannya sebagai portal layanan informasi finansial terbaik :

1. Terdepan

Anda akan diberikan kebebasan dalam memilih produk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dengan cara yang mudah pada setiap fitur yang diberikan melalui mesin perbandingan yang mutakhir.


2. Kualitas

CekAja.com tidak hanya fokus pada penjualan produk, melainkan lebih dari itu, selalu membantu dalam menemukan produk terbaik sesuai dengan keinginan serta kebutuhan pelanggan.



3. Layanan

Untuk selalu membantu dalam peningkatan mutu layanan kepada konsumen, CekAja didukung oleh para konsultan yang ramah serta berkualitas.



4. Aman

Demi alasan keamanan pelangan, CekAja selalu komitmen untuk menjaga kerahasiaan data pelanggan dan tidak membagi data dengan siapapun tanpa persetujuan pelanggan.



Jenis-Jenis Investasi Yang Tersedia Di CekAja.com

Berikut adalah beberapa jenis investasi yang dapat kita pilih di CekAja.com :

Deposito Berjangka
Investasi Deposito Berjangka di CekAja.com


Di CekAja.com, kita dapat melakukan investasi dengan cara deposito berjangka. Nah pengertian deposito berjangka itu sendiri adalah sebuah produk dari bank yang mirip dengan tabungan, tapi uang yang disetorkan dalam deposito berjangka tidak boleh ditarik oleh nasabah dan baru bisa dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya. Terdapat beberapa jangka waktu yang dapat dipilih, mulai dari 1, 3, 6, 12 atau 24 bulan.

Satu hal yang perlu diingat, kita akan dikenakan penalti (bukan tendangan pinalti ya, hihihi) bila deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo. Kelebihan deposito dibanding tabungan biasa adalah, tingkat suku bunga bank yang diberikan lebih besar. 

Deposito Syariah
Investasi Deposito Syariah di CekAja.com


Perbedaan deposito konvensional dan deposito syariah terletak pada cara pengelolaannya yang menggunakan akad syariah. Deposito syariah merupakan produk simpanan berjangka  yang dikelola dengan berdasarkan prinsip mudharabah, yakni suatu bentuk kerjasama antara dua atau lebih pihak, di mana pemilik modal (shohibul amal) mempercayakan sejumlah modal kepada pengelola (mudharib) dengan sebuah perjanjian di awal.

Di CekAja.com, kita dapat mendaftarkan deposito syariah secara online. Tanpa perlu mendatangi bank syariah, kita juga akan memperoleh banyak kemudahan aplikasi yang telah disediakan.

Sekuritas
Investasi Sekuritas di CekAja.com


Selain deposito konvensional dan syariah, di CekAja.com kita juga dapat melakukan investasi ke dalam bentuk sekuritas, yakni sebuah investasi berupa sertifikat fisik (warkat) atau elektronik yang dapat diperjualbelikan untuk memperoleh keuntungan.  Perusahaan sebagai penerbit sekuritas, memiliki bukti bahwa pemilik sekuritas mempunyai sebagian kepemilikan atas perusahaan atau memiliki piutang pada perusahaan yang menerbitkan.

Investasi Logam Mulia (Emas)
Investasi Logam Mulia (Emas) di CekAja.com


Kita juga dapat berinvestasi ke dalam bentuk logam mulia. Dan logam mulia yang paling populer untuk investasi adalah emas, karena investasi dalam bentuk emas memiliki karakteristik tersendiri serta memiliki harga yang relatif terus meningkat. Selain itu, emas juga mudah dijual kembali atau digadaikan jika suatu saat kita kepepet memerlukan dana tambahan.

Unit Link
Investasi Unit Link di CekAja.com


Tidak itu saja, kita juga dapat melakukan investasi dalam bentuk unit link. Investasi model unit link ini sering disebut juga asuransi dua kantung. Hah dua kantung, apaan tuh???. Maksudnya adalah satu kantung untuk proteksi dan kantung lainnya untuk investasi. 

Jadi uang premi yang kita bayarkan, sebagian akan digunakan untuk membayar proteksi diri kita sendiri dan sebagian lagi sebagai bentuk reksa dana dalam bentuk unit link. Investasi model ini lebih menguntungkan loh, selain dapat asuransi, kita juga berinvestasi dalam bentuk uang. Ooh jadi itu pengertian unit link.

Nah kapan lagi bisa mendapatkan informasi finansial yang terpercaya dan transparan serta berinvestasi dengan aman kalau bukan sekarang di CekAja.com.


Investasi Dalam Dunia Blogging dan Benefitnya 

Dalam dunia blogging, untuk melakukan investasi tidaklah diperlukan sejumlah uang yang banyak maupun emas, sekuritas dan lain sebagainya. Yang menjadi prioritas adalah semangat menulis, kemauan yang kuat dan kerja keras dalam mengelola blog, agar memberikan manfaat positif bagi si blogger itu sendiri maupun orang banyak.

Jangan salah guys, apabila dikembangkan secara serius, aktivitas ngeblog akan menjadi investasi yang cukup menjanjikan di masa depan loh. Kesuksesan blogging, bukanlah isapan jempol belaka. Berawal dari hanya hobi menulis, kegiatan blogging pun mampu mendatangkan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Bagi saya pribadi, ngeblog bukan cuma sekedar menulis dan share tulisan, namun lebih dari itu. Ada nilai lebih yang akan kita peroleh dari postingan tersebut, baik berupa material maupun immaterial. Nah berikut adalah beberapa keuntungan dari investasi dalam dunia blogging yang sudah pernah saya peroleh selama ngeblog :

Investasi Domain

Mengubah domain dari gratisan menjadi domain berbayar (TLD) saya lakukan pada pertengahan tahun 2015 lalu. Hal ini saya lakukan mengingat banyaknya pendapat yang mengatakan jika perusahaan lebih tertarik untuk melakukan kerja sama dalam memasarkan produknya dengan ‘melirik’ blog yang berbayar (TLD). Karena blog dengan domain berbayar akan terlihat lebih profesional, berbobot dan bermodal.

Job Review
Investasi Dalam Dunia Blogging
Salah satu hasil job review 

Setelah mengganti domain menjadi berbayar (.com), saya pun mencoba membuka kesempatan bagi klien yang akan melakukan kerjasama untuk memasarkan produknya dalam bentuk job review. Nantinya saya akan menulis artikel yang berkaitan dengan produk klien ke dalam blog yang saya kelola tersebut. Dan sejauh ini, saya pun sudah lebih dari lima kali melakukan job review dengan hasil yang terbilang lumayan cukup besar.

Kompetisi Blog
Pemenang Fashion Crowd Challenge Blog Competition - Blog Mas Hendra

Investasi selanjutnya ke dalam bentuk kompetisi atau lomba blog. Banyak perusahaan dalam melakukan strategi pemasaran produknya, melakukan kerjasama dengan para blogger dalam bentuk lomba atau kompetisi. Secara tidak langsung produk perusahaan akan dibantu dipromosikan oleh para blogger tersebut. Yah bisa dibilang simbiosis mutualisme, saling menguntungkan.

Dari puluhan lomba blog yang sudah saya ikutin, ada beberapa diantaranya yang berhasil saya bawa pulang hadiahnya, mulai dari voucher belanja, uang tunai, kamera Yi Action, produk suplemen dan beberapa buah buku.


Dapat Buku Gratis - Blog Mas Hendra
Dapat buku gratis dari blogger Agus Mulyadi


Kamera Xiaomi Yi Action dan Voucher Travel - Blog Mas Hendra
 Kamera Xiaomi Yi Action dan voucher


Lima Buah Voucher MAP - Blog Mas Hendra
5 buah voucher MAP 



Suplemen Makanan Dari Natureve - Blog Mas Hendra
 Suplemen makanan 

Dan melalui tulisan ini juga, saya mengikuti ini adalah kontes menulis cekaja. Sebuah kontes menulis yang diadakan oleh CekAja.com dan NgeBLOG.Me. 

Periklanan

Sebagian besar blogger banyak yang berinvestasi ke dalam bentuk pemasangan iklan, baik iklan mandiri maupun iklan dari pihak ketiga. Dalam blog lainnya, saya memberikan kesempatan kepada klien untuk melakukan pemasangan iklan mandiri dengan harga yang relatif terjangkau. Selain itu, saya juga bekerja sama dengan Google AdSense dalam memasang iklan. Dan hasilnya, Alhamdulillah saya pun sudah pernah merasakan gajian dari Google AdSense.

Afiliasi

Sepertinya program afiliasi membutuhkan lebih perhatian ketimbang beberapa investasi dalam blogging yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Pada program afiliasi, kita dituntut untuk lebih proaktif dalam mengajak orang lain untuk melakukan transaksi melalui link afiliasi yang sudah terpasang di blog kita. 

Sebenarnya masih banyak investasi yang bisa kita lakukan dalam dunia blogging sesuai dengan passion-nya, seperti berjualan template, menjual produk di blog, menjadi reseller suatu produk dan lain sebagainya.

Nah itu tadi penerapan investasi, baik investasi konvensional (secara finansial) maupun investasi dalam dunia blogging yang sudah saya lakukan dalam kehidupan saya. Meskipun tidak sama dengan investasi pada umumnya, namun apabila dikembangkan secara lebih serius dan kerja keras dalam mengelola blog, bukan tidak mungkin, ngeblog juga bisa menjadi sebuah investasi yang cukup menjanjikan di masa depan. Tidak percaya???? Coba saja sendiri.

Semoga bermanfaat.


#CekAjaBlogContest 2016






                                                                                          

18 comments

Saya lagi coba invest domain mas meski belum banyak tinggal mengelolanya sampai berhasil

Reply

Wahahai, banyak sekali ya hasil dari bloggingnya mas Hendra. Saya sanagat setuju mas, bahwa dengan ngeblog bisa menjadi sebuah Investasi, saya sudah bisa merasakan hasil dari ngeblog, meski belum sebanyak sampeyan hehe. Semoga lancar selalu

Reply

Yup ngeblog itu investasi dalam bentuk lain... Hehehe

Reply

5 buah voucher map, wahhhhh bagiiikkk
ahahhaha *dateng dateng saya malak

wui hebat ni uda buat belanja apa aja ni hasil ngeblognya

Reply

Hehehe, buat jajan cilok...

Reply

wah mantap! bukan main nih cekaja. investasi untuk masa depan itu memang penting. gue rasa cekaja ini sangat mengerti kebutuhan orang2 ya..

Reply

Penting banget, kalo perlu investasi harus di segala bidang, blog salah satunya

Reply

Benar mas kita tuh harus cermat dalam memilih investasi, karena kalau kita tidak cermat bisa-bisa kita akan menjadi korban para penipu yang sering beraksi menipu para korbannya

Reply

Bener mas, yang namanya investasi itu super penting banget loh.... Makasih sudah mampir

Reply

Kalau saya invesatasi dalam blogging ajah, upgrade ilmu agar kemampuan menulis semakin meningkat, agar semakin sering beruntung dalam sebuah perlombaan blog

Reply

Siip lah, semangat terus mas Amir. Makasih udah mampir di blog saya

Reply

Wah keren, ternyata Gusmul sudah nerbitkan buku ya, pengin baca ah. Btw sukses ya artikelnya, jangan lupa komentarnya di hobi layangan saya, klik http://amir-silangit.blogspot.co.id/2016/05/ternyata-hobi-layangan-di-campur.html

Reply

Udah buku yang ketiga mas Amir. Baca lah, tulisannya apik dibaca. Siap, saya meluncur

Reply

Assalamu'alaikum Mas, salam kenal, selamat ya atas kemenangan juara 2 nya... tulisannya keren dan detail banget, ada beberapa yg sdh sy lakukan utk investasi kecil2an hehehe..
Tapi blm sampai tahap investasi yg lbh besar sprti membangun rumah dan menginvestasi logam mulia, mohon doanya agar bisa seperti mas, aamiin ^_^

Reply

Aaamiiin... Terimakasih juga mba sudah mampir. Yang penting terus berusaha saja sih... Tetap semangat ya

Reply

mas nya ikut juga di BNI ya, mantappps (y) hehehe..
betul terus semangat...
soalnya saya sdh lama tdk main blog, tapi mengenalnya udh sejak 12th lalu 2004, masa SMA, skrg S2 baru nyentuh blog lagi hahaha,,,
semoga bisa ikuti jejakmu aamiin ^_^

Reply

Wah, lama juga ya dari tahun 2004. Nggak nyangka juga ya. Aaamiiin... Semoga bisa kayak orang-orang yang sukses yang lainnya. Yang penting tetep belajar dan berusaha

Reply

Post a Comment