Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Investasi Reksadana Campuran dan Keuntungannya

Tips Investasi Reksadana Campuran

Saat ingin melakukan investasi, biasanya Anda dihadapkan pada banyaknya pilihan instrumen investasi dengan keunggulan masing-masing. Namun untuk Anda yang ingin memaksimalkan modal untuk mendapatkan keuntungan secara optimal lewat investasi, bisa memilih salah satunya investasi lewat Reksadana campuran.

Adapun instrumen investasi ini memiliki cara kerja yaitu menggabungkan beberapa aset. Jadi bisa dibilang dalam portofolio produk dan Anda akan dialokasikan ke beberapa instrumen. 

Tujuan penggabungan Reksadana ini adalah tentunya untuk diversifikasi agar dapat mengurangi risiko kerugian, akan tetapi tetap bisa mendapatkan keuntungan yang lebih stabil. Tidak heran mengapa Reksadana campuran ini cocok untuk investor dengan profil risiko moderat dan konservatif.

Selain itu Reksadana campuran juga cocok untuk Anda yang ingin investasi dengan jangka waktu panjang, karena bisa mendapatkan keuntungan stabil dalam waktu 3 sampai 5 tahun. Untuk melakukan investasi lewat Reksadana campuran sangat mudah, bisa melalui Makmur.id. Investasi reksadana campuran Makmur.id lebih fleksibel dan bisa dilakukan 100% online. 

Tips Investasi Reksadana Campuran

Agar bisa mendapatkan keuntungan lebih maksimal, maka wajib tahu beberapa tips investasi Reksadana campuran. Simak berikut ini.

  • Melakukan investasi lewat Reksadana campuran, maka sebaiknya pilih instrumen sesuai profil risiko, karena Reksadana campuran ada jenis konservatif, moderat dan juga agresif. Jadi pilih yang sesuai toleransi kerugian Anda.
  • Sebaiknya pilih sesuai tujuan investasi, karena Reksadana campuran bisa menyesuaikan dengan tujuan awal Anda berinvestasi, apakah ingin menabung untuk dana darurat, biaya pernikahan maupun biaya pendidikan anak.
  • Anda juga wajib menentukan strategi investasi saat ingin investasi lewat Reksadana campuran agar bisa mendapatkan keuntungan optimal. Misalnya saja dengan investasi setiap bulan dalam jangka waktu tertentu atau bisa langsung sekaligus melakukan investasi dengan nominal dana yang besar. Ini tentu bergantung dari kondisi finansial Anda dan lakukan diversifikasi agar risiko bisa diminimalisir. 

Keuntungan Investasi Reksadana Campuran

Melakukan investasi lewat Reksadana campuran juga relatif menguntungkan. Berikut beberapa Keuntungannya.

1. Modal Investasi Kecil

Bisa dibilang investasi lewat Reksadana campuran membutuhkan modal yang cukup terjangkau. Jadi Anda sebagai investor pemula, tentu bisa melakukan investasi lewat Reksadana campuran dengan nominal dana yang kecil. Besaran modal awalnya sendiri cukup beragam, Anda bisa lakukan investasi mulai dari 100 ribu. 

Bahkan ada beberapa platform yang menawarkan investasi dengan modal awal yang jauh lebih kecil yaitu mulai dari 10 ribu saja. Jadi siapapun bisa melakukan investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan dan tidak ada alasan lagi tidak bisa berinvestasi.

2. Imbal Hasil Kompetitif

Melakukan investasi lewat Reksadana campuran juga cenderung menguntungkan, karena imbal hasil yang didapatkan relatif kompetitif. Alasannya karena dana Anda dialokasikan ke beberapa instrumen. Bahkan imbal hasil yang didapatkan jauh lebih besar, jika dana Anda lebih banyak dialokasikan pada instrumen saham. 

Namun perlu diketahui bahwa instrumen saham menguntungkan, akan tetapi memiliki potensi risiko yang relatif besar pula.

Selain itu, Anda tentu bisa mengalokasikan dana ke beberapa instrumen investasi lainnya untuk meminimalisir risiko kerugian investasi. Jadi misalnya investasi ke satu instrumen hasilnya kurang baik, maka tetap bisa mendapatkan keuntungan dari instrumen investasi lainnya, sehingga Anda tetap bisa mengoptimalkan keuntungan.

3. Pencairan Dana Kapan Saja

Reksadana campuran merupakan salah satu jenis investasi yang fleksibel, karena proses pencairan dana bisa dilakukan kapan saja. Reksadana merupakan instrumen investasi dengan likuiditas tinggi, jadi Anda bisa melakukan transaksi mulai dari penjualan hingga pencairan dana kapanpun selama bursa hari kerja. 

Misalnya setelah melakukan transaksi penjualan Reksadana campuran, maka proses pencairan bisa dilakukan dalam waktu mulai dari 1 sampai 7 hari kerja saja. Biasanya ini bergantung pula pada ketentuan dari manajer investasi.

4. Bebas Pajak

Keunggulan lainnya melakukan investasi lewat Reksadana campuran adalah tentu saja bebas dari potongan pajak. Alasannya karena Reksadana bukan merupakan objek pajak jadi jenis instrumen Reksadana apapun jenisnya tentu tidak akan dikenai potongan pajak. Jadi saat melakukan pencairan dana, Anda bisa menikmati hasil investasi secara keseluruhan tanpa pajak. 

5. Relatif Aman

Saat melakukan investasi, tentu saja Anda harus mengutamakan keamanan dalam berinvestasi. Perlu diketahui, bahwa investasi lewat Reksadana tentu saja aman karena Reksadana merupakan instrumen investasi yang sudah diawasi oleh lembaga OJK. Jadi Anda tidak perlu takut melakukan investasi bodong karena merupakan jenis investasi yang legal. 

Bahkan pengelolaan dana investasi yang dilakukan oleh para manajer investasi, dilakukan secara hati-hati. 

Saat ini tidak perlu sulit melakukan investasi karena banyak melakukan yang menawarkan kemudahan investasi Reksadana campuran ataupun jenis Reksadana lainnya. 

Salah satunya Anda bisa melakukan investasi lewat Makmur. Di platform ini, bagi para pemula yang ingin melakukan investasi maka bisa lakukan registrasi hanya dalam waktu 5 menit saja. 

Keuntungan Investasi Reksadana Campuran

Pilihan produk investasinya juga beragam dengan kemudahan yaitu metode pembayaran yang lengkap dan juga bebas biaya transaksi serta bisa melakukan pencairan dana kapan saja. Makmur.id juga merupakan website investasi yang relatif aman, karena menggunakan teknologi keamanan tercanggih dan terstAndar operasional audit. 

Platform ini menggunakan sistem keamanan biometrik hingga sistem pendeteksi perangkat baru dengan kode OTP dan PIN.

Semoga bermanfaat.

6 komentar untuk "Tips Investasi Reksadana Campuran dan Keuntungannya "

  1. sampe saat ini aku masih menjadikan investasi reksadana sebagai favoritku, caranya juga mudah, dan returnnya juga oke menurutku, apalagi untuk investasi jangka panjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun jenis investasinya, yang penting konsisten untuk terus melakukannya ya. Prosesnya yang mudah, tentunya bakalan cocok bagi investor pemula

      Hapus
  2. Menurut pengalaman pribadi jenis reksadana ini mending dihindari deh, soalnya rentan kena resesi, pengalaman kemarin waktu jaman covid, yang ga berhasil survive itu cuma reksadana campuran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas sharing yang dilakukan Mas. Mungkin lebih ke mesti rajin pantau pasar investasi aja kali ya. Masing-masing jenis investasi pastinya ada risikonya, dan tingkat risiko juga berbeda-beda

      Hapus
  3. Waah ada yg baru lagi nih platform investasinya mas 😅? Jujur baru denger makmur.

    Reksadana campuran aku juga punya, dan lumayan menghasilkan walo ga sebesar yg aku dpt dari saham.

    Tapi wajarlah, krn resikonya juga ga setinggi saham.

    Sengaja aku diversifikasi investasi yg dilakukan, biar ga crash semua kalo semisal turun. Tapi aku memang naronya lewat bank sih, jadi biasanya di handle ama relationship managers. Kayak kemarin dia ngabarin reksadana campuranku lagi naik banget, dia saranin untuk ambil sepertiga aja, biar ditaro di produk baru yg kebetulan juga bagus, tapi agak konvensional. Yo wis, langsung setuju.

    Terkadang memang investasi yg dilakukan hrs disebar2 tingkat resikonya. Jangan sampe high risk semuanya 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Termasuk platform baru, tapi tidak ada salahnya sih dicoba. Merasakan pengalaman baru menggunakan platform Makmur.id. Terima kasih loh atas tambahannya, jadi bermanfaat banget bagi investor pemula

      Hapus