Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Persiapan Hadapi UTBK-SNBT dengan Belajar di Tryout.id

Persiapan Menghadapi UTBK-SNBT

Melalui artikel yang ini, saya akan membahas tips bagaimana persiapan menghadapi UTBK-SNBT agar kamu bisa mendapatkan hasil yang terbaik, sehingga bisa diterima di perguruan tinggi negeri favorit melalui jalur tes. UTBK-SNBT sendiri merupakan akronim dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

Menurut Wikipedia, UTBK-SNBT adalah suatu proses seleksi bersama untuk penerimaan mahasiswa baru agar bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan menerapkan pola ujian tertulis secara nasional. Proses ujian ini setidaknya memiliki berbagai keuntungannya sendiri, baik bagi calon mahasiswa, PTN maupun kepentingan nasional. Keuntungan yang akan didapatkan calon mahasiswa adalah UTBK-SNBT ini dinilai lebih efisien, murah dan fleksibel, karena terdapat mekanisme lintas wilayah.

Mengenal Lebih Dekat SNBT

Jika kamu punya impian ingin kuliah di perguruan tinggi negeri, maka kamu bisa mencoba peruntungan dengan mengikuti SNBT ini, karena SNBT merupakan salah satu jalur untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik, PTN Vokasi dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

Beberapa materi yang biasanya akan disertakan dalam tes SNBT ini akan mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia hingga literasi dalam bahasa Inggris. SNBT sendiri termasuk ke dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang berada di bawah Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan.

Apa Saja Tujuan SNBT?

Setelah kamu mengetahui secara singkat apa itu SNBT, maka selanjutnya kamu juga perlu mengetahui apa saja sih tujuan dari diadakannya SNBT ini? Seperti dilansir dari laman resmi snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, berikut ada beberapa tujuan dari UTBK-SNBT :

  • Menyeleksi calon mahasiswa dari hasil UTBK dan/atau kriteria lain yang telah ditetapkan bersama PTN Akademik, PTN Vokasi dan PTKIN.
  • Memprediksi calon mahasiswa yang mampu dalam menyelesaikan studi di perguruan tinggi (baik dan tepat waktu).
  • Memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk bisa mengikuti tes secara fleksibel, karena setiap calon peserta UTBK-SNBT bisa memilih sendiri waktu tes dan juga lokasinya.
  • Memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa dalam memilih PTN Akademik, PTN Vokasi dan PTKIN secara lintas wilayah.

Apa Saja Persiapan yang Diperlukan untuk Menghadapi UTBK-SNBT?

Namanya ujian, pastinya akan menyajikan berbagai kerumitan serta tantangan yang mesti dihadapi para calon mahasiswa. Berbagai persiapan harus dihadapi oleh calon peserta, agar nantinya bisa sukses dan lancar mengikuti tes tersebut. Banyak yang berhasil melewati tes masuk perguruan tinggi negeri, tetapi banyak juga yang gagal. 

Namun, kamu tidak perlu takut. Jika kamu punya persiapan yang matang dan mental yang kuat, maka kamu bisa menghadapinya dengan baik dan lancar. Saya telah mengumpulkan dari beberapa sumber mengenai tips dan trik yang wajib kamu ketahui dalam menghadapi UTBK-SNBT ini. Berikut poin-poinnya :

1. Susun jadwal belajar

Tips persiapan hadapi UTBK-SNBT yang pertama adalah buatlah jadwal belajar yang teratur. Hal ini penting dilakukan agar kamu bisa belajar secara terarah dan teratur, sehingga lebih optimal. Susun jam belajar yang tepat serta materi yang akan dipelajari. Kamu juga bisa belajar banyak melalui website tryout.id, sebuah website yang menyajikan berbagai materi ujian yang sangat lengkap.

2. Maksimalkan materi pelajaran

Setelah jadwal belajar tersusun dengan teratur, langkah selanjutnya kamu bisa memaksimalkan materi yang akan dipelajari. Selain belajar secara mandiri di rumah, kamu juga bisa memutuskan untuk mengikuti les tambahan di sekolah, mengikuti kegiatan bimbel hingga kursus belajar UTBK. Apalagi saat ini kamu bisa dengan mudah belajar melalui banyak platform online.

3. Buat diri serileks mungkin sebelum tanggal ujian

Sebelum mulai tes, persiapkan fisik dan mental dengan baik, agar kamu bisa menyelesaikan tes secara sempurna. Setidaknya dua hari sebelum ujian, kosongkan jadwal belajar. Buat diri kamu benar-benar rileks agar tubuh tidak sakit dan pikiran juga tidak over thinking

4. Mulai persiapan jauh-jauh hari

Meski tidak ada patokan secara pasti kapan kamu harus memulai persiapan untuk ikut ujian UTBK-SNBT, akan tetapi setidaknya kamu perlu mempersiapkan jauh-jauh hari. Bahkan saat kelas 2 SMA atau sederajat, tidak ada salahnya kamu sudah mempersiapkannya. Kamu bisa mulai belajar materi apa saja yang sekiranya akan muncul di UTBK-SNBT nanti, sehingga kamu punya persiapan yang jauh lebih matang.

5. Uji kemampuan dengan tryout UTBK-SNBT

Untuk menguji kemampuanmu dalam menyelesaikan berbagai soal tes, maka kamu perlu mengikuti uji kemampuan atau tryout soal-soal UTBK-SNBT. Dengan mengikuti try out ini, kamu bisa mengukur kemampuan sekaligus mengetahui kelebihan dan kekurangan pada setiap tes.

Siapkan Dirimu untuk Hadapi UTBK-SNBT dengan Menyelesaikan Soal-soal di Tryout.id

Tips menghadapi UTBK-SNBT tidak cukup hanya dengan belajar saja. Meski dengan belajar, kamu akan mendapatkan wawasan baru dari materi yang kamu pelajari. Namun, kamu juga perlu mengukur kemampuan dalam menyelesaikan berbagai soal tes ujian tersebut.

Nah, di sini, saya ingin merekomendasikan salah satu platform yang pas untuk kamu dalam menghadapi berbagai tes, mulai dari SD, SMP, SMA, SBMPTN, STAN, UTBK, CPNS, Kebidanan, Perbankan dan lain sebagainya. Kamu bisa langsung mengunjungi website TRYOUT.ID untuk informasi lebih detailnya.

Kumpulan Soal UTBK-SNBT

TRYOUT.ID merupakan pusat pembelajaran soal dan pembahasan terlengkap dan terbaik di Indonesia, yang dilengkapi dengan berbagai keunggulan, sehingga mampu membantu mewujudkan peserta untuk bisa lulus seleksi ujian. Kamu bisa mengakses website TRYOUT.ID kapanpun dan di manapun tanpa adanya iklan yang mengganggu.

TRYOUT.ID menyediakan data try out online dari soal-soal yang sudah pernah keluar pada saat ujian. Setidaknya tersedia lebih dari 40 ribu soal dengan beragam materi pembelajaran yang lengkap.

Tes SNPMB 2024 TRYOUT.ID

Terdapat dua mode pembelajaran yang bisa kamu pilih, yaitu mode belajar dan mode tryout. Jika kamu memilih mode tryout, maka kamu harus menjawab soal terlebih dulu hingga selesai, lalu akan diketahui jawabannya di bagian akhir. Namun untuk mode belajar, setiap selesai menjawab soal, di bawahnya akan langsung terlihat jawabannya.

Konklusi

Banyak cara dilakukan untuk persiapan menghadapi UTBK-SNBT, salah satunya dengan memanfaatkan platform belajar menjawab soal-soal secara online di website TRYOUT.ID. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang saat ini sedang merencanakan kuliah di perguruan tinggi negeri favorit.

Tetap semangat dan terus berusaha meraih impian kuliah di kampus ternama. Apapun hasilnya, yang penting kamu sudah berusaha sekuat tenaga. Ingat, masa depan ada di tanganmu!

Posting Komentar untuk "Tips Persiapan Hadapi UTBK-SNBT dengan Belajar di Tryout.id"