Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis-jenis Forklift dan Fungsi-fungsinya

Forklift banyak digunakan industri untuk membantu memudahkan pekerjaan, karena kemampuannya dalam mengangkat dan memindahkan benda-benda berat dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain itu, forklift juga dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam berbisnis. Pada penggunaannya, forklift biasanya hanya dioperasikan untuk jarak dekat saja, misalanya di dalam ruangan / gudang atau suatu area perusahaan. 

Saat ini forklift hadir dalam banyak pilihan desain dan fungsi yang berbeda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri. Jika saat ini Anda atau perusahaan sedang menentukan pilihan forklift jenis apa yang paling sesuai untuk kebutuhan pekerjaan di industri Anda, maka baca ulasan ini hingga tuntas ya.

Jenis dan Fungsi Forklift untuk Kebutuhan Dunia Industri

Jenis dan fungsi forklift memang berbeda-beda. Untuk mendapatkan unit forklift, Anda dapat membelinya dalam unit baru ataupun bekas. Atau Anda juga dapat menyewanya jika membutuhkan forklift untuk waktu yang tidak terlalu intens.

Berikut adalah jenis-jenis dan macam-macam forklift yang ada di dunia industri :

1. Industrial Forklift (Forklift Industri)

Industrial Forklift

Jenis forklift ini memiliki kapasitas yang besar, sehingga sangat cocok digunakan dalam dunia industri. Kendaraan berat ini mampu mengangkat muatan jauh lebih tinggi jika dibandingkan forklift gudang, serta beban yang jauh lebih berat. Forklift industri mampu mengangkat hingga maksimum 30 ribu lbs (pon). Terdapat nama-nama besar untuk pemain forklift industri, di antaranya NACCO Industries dan Mitsubishi.

2. Warehouse Forklift (Forklift Gudang)

Forklift gudang merupakan jenis kendaraan berat industri yang paling dikenal. Desain forklift ini lebih mirip kereta golf dengan garpu kembar pada bagian depannya. Forklift gudang ini yang paling sesuai untuk memindahkan dan mengangkut barang-barang dari kendaraan pengiriman. Beberapa model forklift gudang yang paling populer di antaranya Hyster 36-38T, Komatsu 20 BX50 Hyster dan Toyota 3-Wheel Electric Forklift.

Warehouse Forklift

Sebagian forklift gudang tersebut mampu mengangkat beban hingga 2 ton. Ada beberapa model lainnya yang hanya mampu mengangkat beban 1 ton saja. Forklift gudang ini memiliki dua tipe atau varian, yaitu forklift side loader dan forklift counterbalance (penyeimbang).

3. Side Loader Forklift (Forklift Pemuat Samping)

Kendaraan berat ini merupakan tipe dari forklift gudang. Forklift side loader ini biasanya ditemukan di pusat servis baja dan fasilitas manufaktur dengan barang berat dan tebal. Berhubung pengoperasiannya menyamping, forklift ini dapat dengan mudah dikendarai di samping rak untuk memuat dan membongkar tanpa harus berbelok. 

Sideloader Forklift

Jenis forklift pemuat samping ini sangat cocok untuk mengangkat dan memindahkan benda-benda yang panjang dan sulit dilakukan oleh manusia, misalnya saja kayu, pipa atau besi. Beberapa produsen terkemuka yang memproduksi forklif jenis ini adalah Toyota, Raymond Corporation, Yale dan Hyundai.

4. Counterbalance Forklift (Forklift Penyeimbang)

Counterbalance Forklift

Jenis dan macam forklift berikutnya adalah forklift penyeimbang yang memiliki desain garpu di bagian depan dan berat pada bagian belakang kendaraan untuk memberikan keseimbangan yang baik saat sedang digunakan untuk mengangkat beban berat. Forklift yang satu ini mampu berputar sekaligus bermanuver dalam lingkaran. Produsen populer yang memproduksi forklift jenis ini di antaranya adalah Toyota, Mitsubishi dan Crown.

5. Telehandler Forklift (Forklift Jangkauan)

Agar lebih mudah mengangkat dan memindahkan benda ke sudut yang sulit dijangkau, maka telehandler forklift atau telescopic forklift merupakan pilihan yang tepat. Forklift ini memiliki boom dan lengan yang dapat memanjang, mirip seperti alat berat crane. Memiliki kombinasi derek dan forklift serta memapu mengangkat beban sebesar 5.500 pon hingga ketinggian 19 kaki di udara.

Telehandler Forklift

Beberapa produsen populer yang memproduksi forklift jangkauan adalah JCB, Genie, Bobcat, Haulotte dan Caterpillar.

6. Rough Terrain Forklift

Forklift ini juga dikenal sebagai forklift tiang lurus dan dirancang khusus untuk pekerjaan di luar ruangan, terutama pada permukaan yang tidak rata. Kendaraan berat ini memiliki ban pneumatik yang kokoh yang akan membantu operator menavigasi tanah berbatu. Ban berdesain khusus berukuran besar dan berulir, membantu operator dalam menjaga keseimbangan dan stabilitas untuk mengangkat material dengan aman.

Rough Terrain Forklift

Model forklift yang populer adalah JCB 950 dan CASE 588H dengan opsi penggerak empat roda. Kelebihan lain forklift medan kasar adalah dapat mengangkat benda berukuran besar dan sebagiannya memiliki kapasitas 6.000 lbs dan 8.000 lbs.

7. Reach Fork Truck

Reach Fork Truck

Reach forklift adalah forklift yang beroperasi di dalam ruangan dan digunakan untuk menjangkau rak gudang dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh forklift standar. Forklift ini dilengkapi dengan kompartemen terbuka yang memungkinkan operator memiliki visibilitas yang lebih leluasa. Yale, Clark Materials dan UniCarriers adalah nama-nama produsen yang memproduksi forklift berkualitas tinggi.

8. Walkie Stacker

Walkie Stacker

Berbeda dengan forklift lainnya, jenis forklift yang satu ini tidak tersedia ruangan untuk operator. Melainkan operator nantinya akan berjalan di belakang stacker dan mengarahkannya dengan menggunakan pegangan yang terpasang. Forklift ini tidak memiliki daya, kemampuaan untuk bermanuver ataupun kecepatan. Beberapa merek yang terkenal di antaranya Hyster, Jungheinrich dan Toyota.

9. Order Picker

Order Picker

Forklift jenis ini merupakan subtipe dari model walkie stacker, yang digunakan untuk mengambil serta mengirim barang-barang dari gudang penyimpanan. Kendaraan alat berat ini dirancang untuk mengangkat operator hingga ketinggian 32 kaki, sehingga mampu menjangkau rak-rak yang tinggi.

10. Pallet Jack

Pallet Jack

Ukurannya yang kecil, pallet jack dirancang hanya untuk mengangkat muatan yang kecil saja. Meski demikian, alat berat ini mampu menjangkau sudut ruang yang cukup sempit. Biaya perawatan dan penyewaan jack palet jauh lebih rendah dibanding forklift jenis lainnya. Model palet jack yang populer di antaranya Mighty Lift 20 x 36 inch Pallet Truck dan Vestil Electric Pallet Truck.

Demikian 10 jenis forklift dan fungsinya yang perlu Anda ketahui. Beberapa di antaranya memang biasa digunakan di dunia industri, tergantung dari kebutuhannya. Brand-brand yang populer di antaranya adalah Mitsubishi, forklift Toyota, Yale dan Kobelco.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis-jenis Forklift dan Fungsi-fungsinya"