Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaga Kesehatan dengan Rajin Minum Susu etawarich

Review Susu etawarich

Menghadapi pergantian musim saat ini, sebisa mungkin saya harus menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Beraktivitas dengan kondisi tubuh yang fit, membuat saya tetap semangat dan bisa lebih fokus dalam menyelesaikan banyak pekerjaan. Namun sebaliknya, ketika kondisi tubuh kurang fit, saya jadi kurang semangat untuk beraktivitas.

Kondisi tubuh yang kurang fit, biasanya akan lebih mudah terserang berbagai penyakit, mulai dari flu, pilek hingga masuk angin. Apalagi saya harus bekerja di ruang AC selama kurang lebih 8 jam dalam sehari. Kondisi ini tentu sangat rentan terkena flu atau masuk angin.

Belum lagi kabarnya saat ini kualitas udara juga sedang tidak baik-baik saja. Berdasarkan data dari website IQAir, tingkat polusi udara di Ibu Kota berada di angka 158 AQI US. Untuk tingkat konsentrasi PM2.5 berada di angka 65.5 µg/m³ atau setara dengan 13.1 kali dari nilai panduan kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO).

Hingga tulisan ini dibuat, Jakarta berada di posisi ke-10 di dunia dengan kualitas udara indikator berwarna merah, yang berarti tidak sehat. Makanya selama dalam perjalanan naik motor ke tempat kerja, saya selalu memakai masker rapat-rapat untuk meminimalisir dari polusi udara dan juga debu.

Jadi, memakai masker itu tidak hanya untuk mencegah virus saja ya guys, tetapi juga untuk menghalau asap kendaraan dan debu-debu jalanan yang sangat tidak bersahabat, agar tidak sampai terhirup ke dalam tubuh.

Jangan Ngeyel! Ini Cara Menjaga Kesehatan Paling Simpel

Cara Mudah Menjaga Kesehatan

Supaya tidak mudah sakit, ada beberapa cara yang biasa saya lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Tips-tips ini juga sudah banyak kok berseliweran di internet. Tinggal kitanya saja yang mau konsisten untuk melakukannya atau tidak. Berikut adalah tips mudah menjaga kesehatan yang bisa kamu lakukan :

Jangan lupa sarapan

Saya sudah terbiasa sarapan sejak usia SD. Kebiasaan ini juga saya terapkan sekarang ke kedua anak saya. Sebelum berangkat sekolah, wajib sarapan dulu biar lebih semangat dan lambung (perut) tidak mudah sakit. Fix no debate, sarapan itu sangat menyehatkan dan tidak harus nasi saja ya, yang namanya sarapan menunya bervariasi sesuai selera.

Menu sarapan saya juga sederhana, misalnya omlet telor, roti plus selai, nasi goreng, kentang parut goreng atau sereal. Yang penting perut tidak kosong sebelum beraktivitas. 

Perlu kamu ketahui, ada segudang manfaat kalau kita rajin sarapan pagi, di antaranya :

  • Membantu memenuhi kebutuhan gizi
  • Memberikan tenaga atau energi agar tetap kuat dan segar ketika beraktivitas
  • Menjaga konsentrasi dan energi positif
  • Membantu menjaga berat badan

Cukup tidur dan istirahat

Salah satu kekurangan dari sistem kerja shifting itu adalah pola tidur yang selalu berubah. Sebagai karyawan shift, saya berusaha untuk selalu mengatur waktu tidur dan durasi istirahat semaksimal mungkin. Tujuannya agar kualitas tidur tetap terjaga dengan baik, sehingga tubuh tetap semangat beraktivitas sepanjang hari.

Kalau masuk shift pagi, maka saya tidur malam lebih awal, biasanya antara pukul 9 atau 10 malam. Lalu mulai bangun pukul 4 pagi untuk berangkat kerja. Lumayan kan bisa tidur kurang lebih 6 jam. Lalu kalau masuk shift siang, sebelum berangkat kerja, saya usahakan untuk tidur minimal 2 jam. Sepadat apapun aktivitasnya, usahakan untuk cukup tidur dan istirahat ya.

Cukup minum air putih

Seluruh pakar kesehatan menganjurkan untuk minum air putih yang cukup setiap harinya. Secara umum kurang lebih sebanyak 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas untuk orang dewasa. Namun takaran minum air putih yang dianjurkan setiap orang berbeda-beda, tergantung dari kondisi tubuh, aktivitas, makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan kondisi cuaca.

Kondisi cuaca yang panas di tempat tinggal saya di Tangerang Selatan, membuat tubuh jadi lebih sering berkeringat. Saking panasnya, saya jadi sering merasa cepat haus. Nah, supaya tidak kehausan dan tubuh tidak mudah dehidrasi, saya usahakan untuk rajin minum air putih. Saya juga selalu rutin membawa botol minum sendiri ketika beraktivitas di luar rumah.

Sempatkan untuk olahraga

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, setiap ada waktu luang, saya sempatkan untuk olahraga meski hanya stretching atau peregangan saja. Kalau di rumah, saya melakukan push up atau squat jump. Kalau di kantor, saya sempatkan untuk melakukan gerakan weight training untuk melatih otot. Yang penting tubuh bergerak, walau hanya sebentar. 

Rajin Olahraga untuk Menjaga Kesehatan

Selepas berolahraga, tubuh terasa lebih segar, jauh dari stres dan pikiran jadi lebih relaks. Selain itu juga jauh dari penyakit-penyakit ringan, seperti tertular flu, pilek atau masuk angin. Jadi, sebisa mungkin sempatkan untuk bergerak ya, walau jalan kaki ke warung untuk sekadar membeli sembako.

Mengonsumsi susu kambing etawa

Tips menjaga kesehatan agar tubuh tetap fit yang selanjutnya adalah rutin mengonsumsi susu kambing etawa. Susu kambing etawa merupakan susu yang berasal dari kambing jenis Jamunapari atau Jamnapari. Kambing ini berasal dari distrik Etawah di Uttar Pradesh, sebuah negara bagian di India. Itulah kenapa disebut kambing etawa.

Khasiat dan kandungan susu etawa dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta beragam manfaat lainnya yang sangat baik bagi tubuh. Susu kambing etawa juga diyakini lebih menyehatkan dibanding susu sapi, karena mengandung protein dan kalsium yang lebih tinggi, sehingga sangat baik untuk mencegah pengapuran tulang.

Selain hobi mengonsumsi susu sapi, saya juga tertarik ingin mencoba susu kambing etawa yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Apalagi aktivitas saya cukup padat, jadi mesti ditunjang oleh asupan-asupan yang bergizi tinggi, salah satunya rajin mengonsumsi susu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi, maklum usia saya sudah tidak muda lagi, hehehe...

Susu etawarich, Agar Badan Tidak Mudah Ringkih!

Merek susu kambing etawa yang beredar di pasaran memang beragam. Harga dan kemasannya juga bervariasi. Saya pribadi memilih merek susu etawarich yang sudah banyak ditemui di e-commerce. Nah, melalui artikel ini, saya ingin review susu etawarich ya guys, mulai dari rasanya enak atau tidak, susunya bau kambing atau tidak, bagaimana cara penyajiannya, apa saja manfaatnya dan juga harganya!

Khasiat susu kambing etawarich

Susu kambing etawarich dibuat dari 98% susu kambing etawa yang memiliki kandungan rendah gula dan lemak, serta tanpa tambahan bahan pengawet. Terdiri dari bahan-bahan pilihan, seperti susu kambing, kayu manis, gamat, bee pollen, daun sirsak dan gula stevia.

Mari sama-sama kita simak apa aja khasiat susu kambing etawarich di bawah ini :

Susu kambing etawa

Susu etawarich sebagai susu untuk pengeroposan tulang ini dibuat dari susu kambing etawa yang mengandung fosfor, kalsium, sodium dan florin yang sangat baik untuk pencernaan, menurunkan kolesterol, untuk tulang, nyeri sendi dan berbagai manfaat lainnya.

Gamat

Gamat atau dikenal dengan teripang merupakan hewan laut yang bentuknya mirip cacing, berukuran besar dan bertekstur lunak. Namun ternyata ekstrak gamat ini memiliki banyak manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan sendi, di antaranya :

  • Pertumbuhan tulang, sendi dan otot
  • Membantu mengatasi nyeri otot dan sendi
  • Menstimulus regenerasi sel
  • Membantu mempercepat penyembuhan luka

Daun sirsak

Susu etawarich mengandung ekstrak daun sirsak yang mengandung flavanoid dan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, di antaranya :

  • Mengobati asam urat
  • Mengobati rematik
  • Mengatasi diabetes
  • Mengobati bisul
  • Menyingkirkan kutu

Kayu manis

Kayu manis merupakan tumbuhan dari famili Lauraceae yang mengandung kumarin, kaneelaldehida dan augenol yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang sangat baik bagi tubuh. Adapun khasiat kayu manis adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan metabolisme
  • Mengendalikan kadar gula darah
  • Mencegah peradangan
  • Mengandung antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas

Bee pollen

Bee pollen adalah serbuk sari yang dikumpulkan oleh lebah dan mengandung protein yang sangat tinggi (sekitar 40%), vitamin (seperti B kompleks) dan asam folat. Bee pollen memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh, yaitu sebagai berikut :

  • Menangkal efek radikal bebas
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)
  • Memelihara fungsi hati
  • Menjaga kesehatan jantung

Gula stevia

Gula stevia merupakan pemanis buatan yang bisa digunakan sebagai pengganti gula biasa dengan kandungan nol kalori. Tanaman ini berasal dari famili tanaman asteraceae yang berasal dari Arizona, New Mexico dan Texas.

Pengalaman minum susu etawarich

Sebenarnya saya ini tidak suka makan daging kambing atau makanan olahan dari kambing lainnya, misalnya sate kambing, sop kambing atau nasi goreng kambing. Alasannya saya langsung mual kalau nyium bau prengus alias bau kambing bandot. 

Awalnya saya pikir kalau susu kambing bakalan bau prengus juga. Makanya saya belum berani mencoba minum susu kambing etawa. Padahal saya tahu khasiatnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh, misalnya saja mencegah pengapuran tulang, susu nyeri sendi, susu tulang keropos dan susu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Minuman Kesehatan untuk Tulang dan Sendi

Namun setelah mencicipi susu kambing etawarich, dugaan saya keliru. Ternyata susu etawarich ini tidak bau prengus. Malahan rasanya seperti lagi minum susu sapi biasa, pokoknya tidak ada bau bau kambing gitu deh.

Untuk rasa manisnya juga pas, karena dibuat dari olahan gula stevia. Stevia dibuat dari tanaman Stevia Rebaudiana. Ekstrak daun stevia mengandung zat steviol glycosides yang rasanya 100 - 400 kali lebih manis dari gula biasa. Stevia adalah pemanis buatan yang rasanya lebih manis tanpa menambah asupan kalori maupun meningkatkan kadar gula darah.

Manfaat susu etawa etawarich

Sudah tidak diragukan lagi manfaat susu etawa etawarich, karena susu merupakan minuman kesehatan untuk tulang dan sendi yang sangat dianjurkan untuk mencegah pengapuran tulang serta pengeroposan tulang. Susu untuk kesehatan ini sangat baik dikonsumsi oleh siapapun. Tidak hanya susu sapi saja ya, kandungan susu etawa juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah manfaat susu etawa etawarich yang perlu kamu ketahui :

Manfaat Susu Etawa etawarich


Nah, bagi kamu yang biasa beraktivitas berat dan seringkali khawatir dengan kesehatan tulang dan sendi, maka tidak ada salahnya mulai saat ini rutin mengonsumsi susu etawarich, yang mana susu etawarich ini merupakan susu untuk kesehatan sekaligus susu tulang keropos dan susu nyeri sendi yang recommended banget deh.

Cara menyajikan susu etawarich

Cara penyajiannya juga simpel banget. Dalam satu box berisi 14 sachet. Setiap mau nyeduh susu, cukup sobek kemasan sachet ke dalam air 120 ml air. Lalu aduk hingga merata. Sajikan selagi masih hangat akan lebih sedap untuk dikonsumsi. 

Susu Kambing Etawa

Paling cocok sih disajikan saat pagi hari sebelum beraktivitas. Bikin hari jadi lebih semangat dan lebih bertenaga. Atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau sudah selesai, simpan kotak susu di bawah suhu 30 derajat celcius dan hindari dari sinar matahari secara langsung.

Di mana beli susu etawarich?

Bagi kamu yang penasaran ingin mencoba susu kambing etawarich ini, bisa membelinya secara langsung di etawarich official store yang ada di Shopee maupun Tokopedia. Pastikan kamu membeli produk yang asli ya, agar tidak sia-sia mengeluarkan uang hanya untuk membeli produk tiruan.

Untuk belanja ke Shopee, kamu bisa klik tautan ini ya : https://shopee.co.id/etawarich.id

Untuk belanja ke Tokopedia, kamu bisa klik tautan ini ya : https://www.tokopedia.com/etawarich

Perlu saya ingatkan, waspada dan hati-hati selalu sebelum membeli produk susu etawarich. Pastikan membelinya di distributor resmi yaaa... Jangan sampai terkecoh dengan produk palsu dan ilegal

Konklusi

Demikian artikel mengenai review susu etawarich yang bisa saya bagikan kali ini. Jadi, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan, salah satunya dengan rajin minum susu kambing etawa sebagai minuman kesehatan untuk tulang dan sendi sekaligus sebagai susu untuk pengeroposan tulang yang recommended.

Lalu, kenapa harus susu kambing etawarich? Karena khasiat susu kambing etawarich telah terbukti sangat baik bagi tubuh. Berikut beberapa alasannya ya guys :

  • Tidak bau prengus alias bau kambing
  • Mengandung 98% susu kambing etawa
  • Aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, darah tinggi, asam urat dan asam lambung
  • Mengandung kalsium yang tinggi
  • Tanpa bahan pengawet
  • Menggunakan gula stevia yang rendah kalori

Susu etawarich

Tenang saja, soal harga terjangkau kok dan worth it banget dengan manfaat yang akan kamu dapatkan. Harga yang ditawarkan di Herbamate Official Store sekitar 90 ribuan saja. Kalau dihitung, satu sachet (setara satu gelas penyajian) hanya seharga 7 ribuan saja loh! 

Tunggu apa lagi, yuk segera rasakan khasiat susu kambing etawarich sekaligus sebagai investasi kesehatan untuk menunjang masa depan yang lebih baik dengan rutin minum susu kambing etawa etawarich.

Semoga bermanfaat.

22 komentar untuk "Jaga Kesehatan dengan Rajin Minum Susu etawarich"

  1. Susu kambing etawa ternyata bisa untuk asam urat dan rematik. Cuma harus rutin konsumsi, pastinya. Soalnya mamaku pernah coba, tapi karena gak konsisten, jadi kurang maksimal hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mase, pada dasarnya memang bagus untuk tulang dan persendian, sehingga efek juga untuk asam urat maupun rematik. Konsumsinya mesti rutin, biar hasilnya lebih optimal

      Hapus
  2. Kandungan nutrisi dan mineralnya banyak yah Etawarich. Semua ada. Biasanya kan suplemen masing-masing gitu, jadinya malah ribet. Jadi pengen nyoba deh... Apalagi ada kayumanisnya. Pasti wangi, jadi susunya engga bau kambing. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaaaah, itu tau! Kandungannya lumayan cukup lengkap, sehingga cukuplah untuk memenuhi asupan gizi. Ayo cobain aja, rasanya enak kok

      Hapus
  3. realte banget kak soal kerja shift, saya juga pernah dapat jam kerja begitu selama kurleb 5 tahun. dan kerasa banget sih itu jam tidur bisa berubah ubah. efeknya kadang kelebihan tidur kadang malah kurang tidur. kalau udah kurang tidur ya badan pegel pegel. bisa banget nih yang sekarang masih kerja shift sambil konsumsi etawarich ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini salah satu yang sudah pernah merasakan bagaimana sistem kerja shift. Kalau nggak pintar pintar ngatur pola tidur dan pola makan, pasti udah sering tumbang. Makanya perlu banget asupan bergizi, salah satunya ya bisa dengan mengonsumsi susu etawarich

      Hapus
  4. Bener banget penting untuk menjaga daya tahan tubuh soalnya kalau udah tumbang kita malah jadi nggak bisa ngapa-ngapain dan urusan semua jadi terbengkalai.

    Suka banget sama kemasannya sachet gitu ya nggak perlu ribet atur takaran lagi tinggal seduh aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly !! Pertama banget, ya untuk menjaga daya tahan tubuh biar kuat melakukan berbagai aktivitas. Nah kalau sering sakit-sakitan, gimana mau produktif, yang ada malah terkulai lemas nggak bisa ngapa-ngapain. Praktis banget ya, nggak perlu nakar lagi kalau mau nyeduh susu etawarich

      Hapus
  5. etawarich ini memang banyak bgt khasiatnya. Saya sampai tercengang loh. Hehe... Karena awalnya tidak mengira susu kambing punya manfaat begitu beragam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda saja sampai tercengang, apalagi saya yang nulis artikel ini sekaligus nyobain susu etawarich lebih lebih tercengang lagi, hehehe....

      Hapus
  6. Kandungan susu etawarich ini banyak ya, pilihan pemakaian gula stevia ini membuat pengguna penderita diabetes ga perlu khawatir dengan kandungan gulanya ya, jadi aman dikonsumsi penderita diabet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, pemilihan gula stevia sebagai pemanis pada susu etawarich ini yang membuat susu etawa ini aman dikonsumsi oleh siapa saja

      Hapus
  7. Manfaat susu etawarich banyak juga ya bagus nih buat direkomendasikan sama teman yang lagi cari susu kambing yg enak dikonsumsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang banyak manfaatnya beneran deh. Apalagi kalau konsumsi secara rutin, bakalan terasa lebih maksimal lagi manfaat yang didapatkan bagi tubuh

      Hapus
  8. Nah kebiasaan pakai masker pun menghilang seiring hilangnya wabah corona, padahal bisa berfungsi melindungi dari asap dan debu yang bisa berbayaha juga buat tubuh ya.

    Rajin konsumsi etawarich bagus juga buat daya tahan tubuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya tuh. Selepas Corona, kebanyakan pada lepas masker. Padahal kan fungsinya bukan cuma menghadang virus 🦠 Corona doang, tapi juga mencegah debu dan asap. Makanya perlu juga konsumsi susu etawa etawarich untuk menjaga imun tubuh

      Hapus
  9. Harus gerak dan banyak makan minum yang bergizi, ini penting banget sih buat jaga kesehatan. Apalagi sejak kemarin covid yang sekarang puji tuhan sudah melandai banyak yang makin aware sama kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar dari pengalaman virus COVID kemarin, perlu meningkatkan imun tubuh biar nggak mudah sakit. Salah satunya ya bisa rutin mengonsumsi susu etawarich

      Hapus
  10. Susunya memang sudah direkomendasikan oleh Rasulullah sejak ber-abad² silam yaaaaa. Memang luar biasa manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya susu kambing etawa ini memang bagus untuk kesehatan tubuh, terutama tulang dan sendi biar nggak mudah keropos. Cobain deh khasiatnya

      Hapus
  11. Etawa Rich ini pernah direkomendasikan temenku juga sih, katanya ngga bau prengus gitu ya mas. Aku bukan penggemar susu, tapi makin kesini harusnya udah ada asupan kalsium dan ngga mikir lagi suka atau engga, tapi butuh atau engga yah huhu

    BalasHapus
  12. Khasiatnya susu kambing etawa etawarich ini bagus banget ya buat kesehatan, apalagi buat sendi dan tulang jadi kudu banget nih konsumsi susu ini. Apalagi rasanya juga enak dan gak ada bau prengus sama sekali jadi lasti bikin ketagihan. Gak khawatir juga BB naik after minum susu ini karena ada kandungan gula stevianya yang rendah kalori

    BalasHapus