Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Kartu Kredit Secara Detail Sebelum Menggunakannya

Ketahui Apa Itu Kartu Kredit

Hingga tulisan ini dibuat, kartu kredit masih menjadi andalan masyarakat dalam melakukan transaksi. Bagaimana tidak, kartu kredit seringkali menawarkan keuntungan yang beragam, misalnya saja promo yang beragam. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan Anda sudah mengenal apa itu kartu kredit. Jangan sampai Anda hanya tergiur dengan promonya saj, tetapi tidak mengetahui berbagai hal mengenai kartu kredit.

Apakah Anda salah satu yang menggunakan kartu kredit? Kenali lebih dulu seluk beluk kartu kredit sebelum Anda mengajukannya ya. 

Apa itu Kartu Kredit?

Kartu kredit merupakan sebuah alat pembayaran yang digunakan sebagai pengganti uang tunai untuk bertransaksi. Jika mengacu pada Bank Indonesia, kartu kredit termasuk sebagai Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK).

Lebih lanjut Bank Indonesia menjelaskan bahwa kewajiban pembayaran kartu kredit akan dipenuhi oleh penerbit, lalu akan dibayar kembali oleh pemegang kartu kredit kepada penerbit pada waktu yang telah disepakati.

Mengenal Sejarah Kartu Kredit di Dunia dan Indonesia

Selanjutnya, mari sama-sama kita cari tahu sejarah awal dan perkembangan kartu kredit, baik di dunia maupun di Indonesia. 

Sejarah kartu kredit di dunia

Memasuki abad ke-20, beberapa perusahaan di Amerika Serikat, seperti SPBU dan supermarket telah menerapkan praktik kredit melalui kartu belanja bagi pelanggan mereka. Kartu pelanggan tersebut berfungsi sebagai kartu keanggotaan yang tujuannya untuk meningkatkan loyalitas konsumen, serta memudahkan manajemen data konsumen sebagai sumber informasi bagi team pemasaran.

Sejak tahun 1946, sistem pembayaran secara kredit mulai berkembang baik di Amerika Serikat, atas inisiasi institusi perbankan. Lalu pada tahun 1949, terbit Diners Club Card sebagai perwujudan kartu kredit pertama yang ditemukan secara tidak sengaja oleh Frank McNamara. Kartu ini seperti kartu Charge dan menjadi permulaan perkembangan kartu kredit modern.

Pada tahun 1951, Diners Club semakin populer dan telah mengganti bahan plastik dari sebelumnya bahan kertas. Melihat peluang yang baik ini, American Express juga menerbitkan kartu yang sama dengan nama AMEX serta mengikuti tren penggunaan kartu Diners Club.

Selanjutnya Bank of America mulai menerbitkan kartu kredit pertama dengan jaringan VISA di tahun 1960-an. Pada era ini, terjadi ekspansi besar-besaran dan juga edukasi mengenai manfaat kartu kredit, diikuti dengan penutupan regulasi kebijakan penggunaan kartu kredit oleh Amerika sekitar tahun 1970-an. 

Atas regulasi yang jelas ini, keberadaan kartu kredit pun semakin meluas ke berbagai negara di Eropa, Arab, Afrika, Australia, termasuk di Indonesia. 

Sejarah kartu kredit di Indonesia

Berkat perkembangan teknologi dan informasi serta kebutuhan masyarakat perkotaan, perkembangan kartu kredit dari Amerika Serikat terus meluas hingga mencapai Indonesia. Melalui Bank Duta, kartu kredit mulai dikenalkan ke masyarakat pada tahun 1980-an melalui kerja sama dengan VISA dan Mastercard Internasiona. 

Pada awalnya, kartu ini ditujukan hanya untuk nasabah bank saja, khususnya kalangan orang kaya, konglomerat, pengusaha dan pejabat saja. Namun, seiring berjalannya waktu, sepertinya semakin mudah bagi masyarakat untuk mengajukan kartu kredit.

Bank Duta memang menjadi pelopor penerbiatan kartu kredit paling awal. Namun, sepak terjangnya tergeser oleh bank-bank lainnya, seperti Citibank, Hong Kong Bank dan BCA. Lambat laun, semakin banyak bank yang menerbitkan kartu kredit ke berbagai kalangan. Hal ini sekaligus mengubah dinamika bisnis kartu kredit di Indonesia.

Keuntungan dan Kelemahan Kartu Kredit

Lantas, apa saja keuntungan dan kelemahan dari kartu kredit? Agar lebih jelas, berikut poin-poin yang perlu Anda perhatikan dengan teliti :

Keuntungan kartu kredit

  • Banyak promo, diskon, cashback dan cicilan nol persen
  • Pembayaran aman dan instan
  • Dapat menarik tunai di ATM bank penerbit kartu kredit
  • Nasabah akan mendapatkan reward point yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi
  • Dapat digunakan di luar negeri

Kelemahan kartu kredit

  • Akan timbul sifat konsumtif, karena tergiur promo menarik
  • Ada denda keterlambatan jika telat membayar tagihan
  • Proses pengajuan kartu kredit tidak mudah, harus melalui bank analisis dan pengecekan latar belakang calon nasabah
  • Menambah utang baru di bank

Kenali Hak dan Kewajiban Pemegang Kartu Kredit

Setelah Anda mengetahui apa saja keuntungan dan kelemahan kartu kredit, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui apa saja hak dan kewajiban, sebagai berikut :

Hak pemegang kartu kredit

  • Hak mendapatkan rincian tagihan bulanan
  • Hak mendapatkan informasi lengkap mengenai bunga dan juga denda
  • Hak mendapatkan informasi lengkap mengenai persyaratan pengajuan kartu kredit
  • Hak mendapatkan fasilitas meningkatkan atau menurunkan limit kredit
  • Hak mendapatkan fasilitas kenaikan limit secara mendadak
  • Hak mendapatkan perlindungan terhadap barang yang dibeli menggunakan kartu kredit
  • Hak untuk mengajukan pengaduan kepada pihak perbankan
  • Hak mendapatkan fasilitas asuransi ketika melakukan perjalanan
  • Hak untuk mengajukan permohonan penutupan kartu kredit

Kewajiban 

  • Kewajiban untuk membayar tagihan dan biaya-biaya lainnya yang dikenakan oleh bank
  • Kewajiban untuk memperbarui data pribadi
  • Kewajiban terhadap segala penyalahgunaan kartu kredit
  • Kewajiban untuk menjaga keamanan kartu kredit
  • Kewajiban untuk melaporkan kehilangan atau kecurian kartu kredit
  • Kewajiban untuk mematuhi aturan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh bank penerbit kartu 

Konklusi

Meski transaksi dengan menggunakan kartu kredit tengah menjadi tren di era digital seperti sekarang ini, alangkah baiknya jika Anda tidak ikut-ikutan menggunakan kartu kredit jika memang tidak terlalu membutuhkan atau khawatir akan menjadi semakin boros.

Jika Anda telah memiliki karrtu kredit, maka gunakanlah kartu kredit secara bijak dan tetap patuhi aturan yang berlaku. Jika Anda sangat ingin memiliki kartu kredit, maka ketahui terlebih dulu tips aman menggunakan kartu kredit, serta ketahui juga seluk beluknya secara detail, agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kemudian hari.

Namun lebih tenang lagi jika Anda tidak punya kartu kredit bukan? 

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kenali Kartu Kredit Secara Detail Sebelum Menggunakannya"