Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dijamin Laris Manis! 5 Tips Promosi di Era Digital untuk Tingkatkan Bisnis

Jasa Digital Agency Jakarta

Salah satu strategi bisnis yang perlu diterapkan untuk membantu meningkatkan penjualan adalah dengan mempromosikan produk secara online. Promosi di era digital melalui internet maupun media sosial merupakan cara paling ampuh untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Langkah ini dinilai yang paling efektif dan tepat sasaran.

Sangat penting bagi para pelaku bisnis untuk mengetahui bagaimana tips promosi di era digital agar produk-produk yang dijualnya bisa ketahui oleh masyarakat luas. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat, maka akan lebih mudah bagi para pelaku bisnis untuk meraih keberhasilan serta kesuksesan dalam berbisnis. 

Strategi pemasaran online atau disebut juga dengan digital marketing merupakan teknik menjual produk melalui internet. Sama seperti ketika berjualan konvensional, pelaku bisnis memasarkan produk di internet dengan memberikan informasi lengkap mengenai produk apa yang ditawarkan.

Nah, bagaimana triknya agar orang-orang tertarik untuk melihat atau mengetahui informasi yang dibagikan. Apalagi jika sampai berhasil closing. Artinya mereka benar-benar berminat dengan produk yang Anda jual dan membeli produk tersebut. 

Tips Promosi di Era Digital Agar Penjualan Bisa Laris Manis

Dari penjelasan di atas, Anda tentu bisa memahami betapa pentingnya menerapkan strategi pemasaran dalam sebuah bisnis. Tanpa adanya strategi pemasaran yang tepat, bisa saja hasilnya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.

Strategi Promosi

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips promosi online di era digital yang akan membantu meningkatkan penjualan, sehingga memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap bisnis di masa depan.

1. Manfaatkan platform untuk memasarkan produk

Di era digital, ada begitu banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk membantu meningkatkan insight bisnis yang Anda kelola. Pilih salah satu platform yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Agar bisa menggunakan seluruh fitur pada platform tersebut, biasanya Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya. Namun biaya yang dibayar dinilai cukup worth it dengan hasil yang akan Anda dapatkan.

Google Ads

Layanan besutan Google ini telah hadir sejak tahun 2004 dan telah terbukti ampuh untuk memengaruhi tingkat penjualan dalam suatu bisnis. Google Ads bisa membantu para pelaku bisnis untuk menjangkau lebih banyak konsumen dengan lebih mudah. Untuk bisa menggunakan layanan ini, Anda perlu merogoh kocek yang cukup dalam.

Facebook Ads

Media sosial yang terbit sejak tahun 2007 ini memiliki pengguna yang sangat banyak dan terus bertambah di seluruh dunia. Facebook sendiri telah menyediakan fitur yang akan membantu para pelaku bisnis untuk menjual barang atau produk secara online. Mulai dari marketplace, halaman toko, akun bisnis, FB Group dan lainnya.

HubSpot

Salah satu platform yang cocok untuk membantu mendongkrak bisnis adalah HubSpot. HubSpot merupakan sebuah platform yang fokus pada marketing, penjualan hingga layanan pelanggan. Fitur menarik yang dimiliki, yaitu CRM atau Customer Relations Management. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengelola data penting terkait penjualan maupun konsumen.

2. Membuat website khusus untuk menjual produk

Tips promosi di era digital berikutnya adalah membuat sebuah website atau landing page yang paling mewakili produk Anda. Buatlah situs web yang menarik secara visual, pilih desain atau template yang menarik, pilih font yang nyaman dan mudah dibaca.

Anda perlu membuat konten SEO yang ramah di mesin pencarian. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization yang bertujuan untuk memberikan informasi yang relevan kepada pembaca melalui mesin pencari. Agar website bisa tampil di halaman pertama mesin pencari, gunakan kata kunci (keyword) yang mendeskripsikan produk dan merek bisnis Anda.

3. Menjalin kerja sama dengan influencer

Seorang influencer mampu memberikan pengaruh yang kuat kepada pengikutnya. Semakin banyak jumlah pengikut (followers), maka semakin besar pengaruh yang diberikan. Makanya tidak heran jika promosi online di era digital banyak memanfaatkan keberadaan influencer. Meskipun harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, tetapi impact yang diberikan cukup besar bagi suatu bisnis.

Selain itu, penggunaan hashtag yang relevan juga turut membantu memudahkan pengguna media sosial untuk menemukan produk Anda. 

4. Buat konten yang mewakili produk Anda

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk. Buatlah konten yang unik yang mewakili produk dan merek bisnis Anda. Beberapa platform yang populer saat ini adalah YouTube, Instagram, Facebook dan TikTok. Anda bisa memilih salah satu atau semuanya sesuai dengan kebutuhan.

YouTube

YouTube menjadi salah satu platform paling populer yang banyak digunakan orang untuk mempromosikan produk. Meski mungkin saja membutuhkan lebih banyak keterampilan produksi dan pengeditan, tetapi memberikan impact yang sangat besar untuk bisnis. Anda bisa mempromosikan produk kepada audiens, mulai dari manfaat hingga cara kerja produk Anda.

Instagram

Instagram memiliki fitur Reels untuk menampilkan konten video berdurasi singkat. Tidak sedikit konten kreator yang memanfaatkan Instagram untuk membuat berbagai konten menarik, mulai dari promosi produk, hiburan, edukasi dan lain sebagainya. Anda bisa membuat kreasi foto ataupun video dengan tampilan yang lebih unik dan berbeda dengan lainnya.

Facebook

Bisa dibilang, Facebook ini berfungsi sebagai kartu bisnis digital untuk merek Anda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menambahkan deskripsi tentang merek dan produk. Banyak pengguna memanfaatkan Facebook untuk mencari pembaruan bisnis, ulasan bisnis hingga penawaran produk.

TikTok

TikTok menjadi sangat populer dan terus meroket dengan beragam konten yang bisa ditemui. Melalui TikTok, buatlah konten unik seputar produk dan merek dari bisnis yang Anda kelola. Lalu bagikan dengan menyesuaikan tren yang paling populer. Algoritma TikTok bekerja dengan cara menunjukkan video kepada orang-orang dengan minat yang sama, sehingga kemungkinan besar sebuah merek akan muncul pada pelanggan dengan tepat sasaran.

5. Email marketing

Di era digital seperti sekarang ini, email menjadi salah satu cara untuk melakukan pemasaran secara online. Email juga mudah diakses, baik melalui ponsel, PC ataupun laptop. Apalagi hampir setiap hari sebagian besar orang menggunakan dan mengakses email. 

Berikut bagaimana cara memanfaatkan email untuk memasarkan produk :

Lakukan penawaran promosi melalui email

Anda bisa menggunakan email untuk mengirimkan promosi kepada pelanggan, entah itu harga spesial, penawaran program baru atau peluncuran produk baru. Hingga saat ini, pemasaran melalui email masih tetap dilakukan, karena dinilai cukup ampuh untuk membantu mendongkrak bisnis.

Kirimkan buletin secara rutin

Cara lain yang bisa dilakukan melalui email marketing adalah dengan mengirimkan buletin reguler ke email pelanggan Anda. Berbeda dengan kampanye melalui email, buletin yang dikirimkan lebih fokus pada informasi pembaruan, kisah inspirasi atau artikel yang relevan dengan produk yang Anda jual.

Pentingnya Kerja Sama dengan Digital Marketing Agency untuk Bisnis yang Lebih Baik

Agar bisnis bisa berkembang dengan pesat, tentu harus dibarengi dengan teknik pemasaran yang tepat. Namun tidak semua pelaku bisnis memahami strategi marketing seperti apa yang harus diterapkan untuk usaha mereka. Maka dari itu, menggunakan digital marketing agency merupakan keputusan yang tepat.

Digital Marketing Agency Jakarta

Berikut adalah manfaat yang akan didapatkan para pelaku bisnis jika menggunakan jasa digital agency Jakarta :

  • Membantu memperluas jangkauan atau koneksi dengan customer
  • Lebih menghemat biaya
  • Membantu meningkatkan konversi penjualan
  • Mampu menjangkau pengguna ponsel
  • Meningkatkan pendapatan

Tidak hanya mampu meningkatkan pendapatan saja, teknik marketing juga sangat efektif digunakan untuk mempromosikan berbagai produk serta memperluas jangkauan koneksi kepada konsumennya. Menggunakan digital marketing agency juga akan mempermudah sekaligus memberikan manfaat besar bagi kualitas bisnis ke depannya nanti.

Pelaku bisnis tidak hanya bisa menemukan agensi pemasaran digital di Jakarta saja, melainkan digital agency Indonesia juga. Hal ini tentu akan memudahkan pelaku bisnis dalam bekerja sama dengan agensi digital untuk mempromosikan produk dan bisnisnya.

Manfaatkan Jasa Digital Agency Redcomm

Jika Anda ingin menggunakan jasa digital marketing agency Jakarta, tidak ada salahnya, karena memang tidak sedikit juga pelaku bisnis yang mengandalkan jasa digital agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Salah satu yang recommended adalah Redcomm.

Redcomm adalah sebuah perusahaan digital agency Indonesia terpercaya yang mengkhususkan diri dalam komunikasi pemasaran berbasis data, strategis dan kreatif dengan memanfaatkan teknologi dan media digital. 

Digital Agency Jakarta

Sebagai agensi terpercaya untuk digital marketing di Indonesia, Redcomm telah membantu berbagai merek dari para pemimpin pasar nasional, perusahaan-perusahaan Fortune 500 hingga beberapa dari 20 merek global terkemuka. Cakupan area Redcomm itu sangat luas, tidak hanya agensi digital di Jakarta saja, tetapi juga meliputi agensi digital di Indonesia.

Redcomm merupakan bagian dari anggota Red Asia Inc., yang merupakan grup perusahaan Indonesia untuk membantu brand memenangkan pasar di dunia digital, dengan layanan mulai dari konsultasi data dan teknologi, transformasi digital, pemasaran digital hingga hubungan masyarakat.

Redcomm Memenangkan Campaign Asia Agency of the Year Tahun 2022

Kerennya lagi, penobatan Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut pada tahun 2022 lalu. Penghargaan yang diberikan di Singapura setiap tahunnya ini sebagai bukti keberhasilan Redcomm Indonesia dalam industri pemasaran digital.  Penghargaan ini diberikan pada beberapa hal, seperti feedback dari klien, pengakuan industri serta kinerja bisnis secara menyeluruh.

"Memenangkan penghargaan ini untuk kelima kalinya berturut-turut merupakan bukti kekuatan tim kami dan nilai yang kami berikan kepada klien kami," ujar Rachelle Raymundo, Managing Director dari TMT di Redcomm Indonesia.

Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of The Year 5 tahun berturut-turut
Image : Tirto.id

Redcomm digital marketing agency Indonesia dengan 5x Gold winner ini memiliki portofolio klien yang cukup lengkap di berbagai industri, mulai dari teknologi, ritel dan kesehatan. Jasa digital agency Jakarta ini berfokus pada kuatnya strategi pemasaran digital yang kreatif dan efektif di media digital. Beberapa perusahaan atau brand besar yang pernah bekerja sama dengan Redcomm di antaranya adalah Indomie, XL, Sosro, Danone, Samsung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Konklusi

Jika Anda ingin menerapkan strategi promosi online untuk tingkatkan penjualan agar lebih maksimal, Redcomm adalah pilihan yang tepat. Mulai dari digital marketing agency Jakarta hingga digital marketing agency Indonesia, Redcomm Indonesia akan terus menjadi pemimpin di industri pemasaran digital di Indonesia dan akan terus meningkatkan kualitas layanannya secara maksimal.

Demikian artikel mengenai tips promosi di era digital yang bisa saya bagikan. Semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan baru. Terutama bagi Anda yang saat ini ingin merintis bisnis online dan meningkatkan penjualan yang lebih baik.

Referensi :

https://tirto.id/redcomm-raih-asia-agency-of-the-year-5-tahun-berturut-turut-gCob

22 komentar untuk "Dijamin Laris Manis! 5 Tips Promosi di Era Digital untuk Tingkatkan Bisnis"

  1. Kerjasama influencer ini belakangan ngaruh banget ya, sayang jadinya sulit nemu review yang beneran jujur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya perlu banget menemukan influencer yang tepat. Harus selektif juga dalam memilih influencer

      Hapus
  2. Kerja sama dgn jasa digital marketing agency emg pilihan tepat sih. Kita ga hrs urus satu2 channel distribusi yg plg tepat utk promosi usaha kita. Tinggal serahkan ke mereka, usaha kita akan dibedah abis2an utk menentukan strategi yg tepat utk promosi usaha. Pilih Redcomm emg udh plg tepat sih krn mereka kredibel dan udh menang award 5 thn berturut2. Salut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau memang tidak ingin ribet, bisa menyewa jasa digital agency saja. Serahkan saja semuanya ke mereka, pebisnis tinggal mengawasi saja. Tapi jangan sembarangan juga milih jasa digital agency. Pilih yang sudah kredibel, kayak Redcomm ini nih !!

      Hapus
  3. Penghargaan 5 tahun berturut-turut ini jadi apresiasi yang luar biasa buat Redcomm, karena udah terpercaya dalam mendukung siapa saja yang membutuhkan layanan digital marketing ini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penghargaan yang diraih tentu membuktikan kalau Redcomm sangat serius dan profesional

      Hapus
  4. Track record Redcomm ini ternyata bagus ya. Bisa jadi bestie pemasaran digital untuk bisnis nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah banyak klien yang telah bekerja sama dengan Redcomm ini ya. Jadi, ya tidak usah ragu lagi untuk menggunakan jasa digital agency Redcomm

      Hapus
  5. Nah ini, selain mempromosikan bisnis di berbagai platform media sosial, bisa juga menggunakan jasa promosi digital dari Redcomm nih, jadi kegiatan promosi bisnis akan lebih efektif lagi karena Redcomm punya rekam jejak yang bagus di dunia digital marketing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly Mas. Pendapat yang sangat layak mendapatkan bintang 🌟 5. Aktivitas bisnis akan berjalan lebih efektif dengan digital agency Redcomm

      Hapus
  6. Digital Agency sangat menjadi rekomendasi bagi yang mengalami kesulitan atau tidak memiliki pengalaman dalam mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki.

    RedComm sebagai salah stau digital
    agency yang diakui oleh dunia luar cocok untuk menjadi pilihan kita.

    BalasHapus
  7. Mempromosikan produk secara online adalah strategi bisnis yang wajib diterapkan buat meningkatkan penjualan. Apalagi era digital gini media sosial adalah senjata buat menjangkau pasar. Selain lewat sosmed bisa juga bikin website khusus dengan konten SEO friendly agar bisa masuk page one. Kalau ngga mau rempong ya kerja sama aja ama digital marketing agency. Salah satu yang rekomen sih Redcomm karena emang udah jam terbang tinggi juga.

    BalasHapus
  8. kerja sama dengan influencer ini nggak sembarangan ya, Kak. Kita perlu tahu interest dari influencer nya. Jangan-jangan nggak cocok pula sama produk kita. iya nggak sih?

    BalasHapus
  9. Buat pebisnis perlu banget promosi tetapi tentunya sesuai dengan zamannya. Baguslah ada Redcomm sebagai agency promosi digital yah. Pastinya berpengalaman dalam marketing digital.

    BalasHapus
  10. Bener banget, urusan promosi agar tepat sasaran itu bisa dimulai dengan memilih digital agency yang tepat. Kalau salah milih nantinya juga bakal berabe

    BalasHapus
  11. Era digital seperti sekarang ini, memang sangat penting melakukan digital marketing
    Disini jasa influencer diperlukan ya

    BalasHapus
  12. Jasa digital yang terpercaya dan berpengalaman pastinya Redcomm ini ya, sudah 20 tahun malang melintang dalam dunia agency pastinya pengalamannya sudha tidak diragukan lagi, terbukti dengan banyaknya penghargaan yang sudha didapatnya

    BalasHapus
  13. Zaman sekarang pemilik usaha pun perlu digtal marketing. Nah, biar gak pusing mau pakai yang mana, bisa banget pilih di Digital Marketing Agency Redcomm.

    BalasHapus
  14. Makin ke sini aktivitas bisnis zaman sekarang makin dipermudah ya. Selain menerapkan tips promosi di era digital di atas, jangan lupa libatkan Redcomm juga biar bisnis makin lares maness..

    BalasHapus
  15. Aku juga pernah cobain pakai Facebook ads.
    Dan hasilnya banyak juga yang like, tapi belum tentu orang berkunjung ke link yang aku iklanin, huhuhu.. Jadi uda paling nyaman percaya sama Digital Marketing Agency yang tau detail mengenai pemasaran secara digital yang powerful seperti Redcomm.
    Experience never lies.

    BalasHapus
  16. wah mantab tips promosinyaa.. digital marketing makin dibutuhkan memang ya.. tapi adanya digital marketing agency jadi memudahkan ^^

    BalasHapus
  17. Menggandeng digital marketing agency seperti Redcomm bisa jadi langkah cerdas bagi para pelaku bisnis yang ingin memanfaatkan kekuatan pemasaran digital. Dengan bantuan agensi tersebut, mereka bisa memperluas jangkauan, meningkatkan konversi penjualan, dan menghemat biaya, yang pada akhirnya akan membantu bisnis mereka tumbuh dan bersaing di era digital ini.

    BalasHapus