Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Cache WhatsApp Supaya Hape Android Tidak Lemot

Cara Membersihkan Cache WhatsApp

Salah satu penyebab hape lemot biasanya disebabkan karena terlalu banyak menyimpan file, sehingga memori hape menjadi penuh. Lantas kinerja hape jadi kurang optimal. File tersebut bisa saja berasal dari cache WhatsApp, mulai dari gambar, video, dokumen, rekaman suara, musik dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, ketika kita mengirim atau menerima file dari aplikasi WhatsApp, file tersebut akan tersimpan di memori hape. Bahkan saat upload status maupun melihat status orang lain di WhatsApp pun, file akan tersimpan di perangkat. Jika dibiarkan saja, lama kelamaan file akan semakin menumpuk, sehingga kinerja hape akan melambat.

Selain itu, aplikasi WhatsApp akan terasa lebih lambat ketika mengunduh file atau data eksternal, karena banyaknya tumpukan cache. Bahkan lebih parahnya, tidak bisa dibuka.

Lalu, Bagaimana Cara Membersihkan Cache WhatsApp?

Cache yang dihasilkan dari WhatsApp berasal dari penggunaan data, mulai dari pengiriman gambar, video, suara, stiker dan lainnya. Lakukan cara ini, agar file cache WhatsApp bisa dikurangi dari ponsel Anda :

1. Buka aplikasi WhatsApp di hape Android.

2. Klik ikon titik tiga di bagian atas. Pilih opsi "Settings". Lalu klik bagian "Storage and Data" atau "Penyimpanan dan Data"

Menghapus atau Membersihkan Cache WhatsApp

3. Klik pilihan "Manage Storage", kemudian akan muncul nama-nama kontak WhatsApp yang ada di hape, sesuai dengan urutan kapasitas memori paling besar.

4. Selanjutnya pilih kontak yang akan Anda bersihkan dari cache, maka akan muncul berbagai file, mulai dari foto, video, dokumen hingga pesan suara yang pernah dikirim atau diterima.

5. Pilih file yang akan dihapus. Lakukan hal yang sama dengan kontak yang lainnya. Pastikan file yang Anda hapus adalah yang tidak terpakai atau tidak penting. Backup terlebih dulu file yang penting agar tidak terhapus.

Cara Menghapus Cache WhatsApp

Kebanyakan pengguna aplikasi WhatsApp abai dengan data eksternal yang tidak penting, sehingga tidak jarang data tersebut lama-lama akan menumpuk pada memori internal hape.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk rutin mengecek data yang tersimpan pada hape Android. Lalu hapus data-data yang tidak penting dari hape, agar kinerja hape dan aplikasi WhatsApp tidak lemot.

Bersihkan Cache Aplikasi Melalui Pengaturan Hape

Selain membersihkan cache lewat aplikasi WhatsApp, Anda juga bisa membersihkan atau menghapus cache di WhatsApp melalui menu pengaturan, berikut caranya :

1. Buka menu "Settings" pada hape Android

2. Klik opsi "Apps Management" atau "Aplikasi"

3. Pilih "All"

4. Klik aplikasi WhatsApp

5. Selanjunya klik opsi "Clear Cache" atau "Hapus Cache"

Dengan cara ini, file sampah yang ada di aplikasi WhatsApp akan terhapus dan memori internal akan lebih lega. Sehingga aplikasi WhatsApp akan bekerja secara optimal kembali.

Demikian artikel kali ini mengenai cara membersihkan cache WhatsApp di hape Anroid. 

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Cache WhatsApp Supaya Hape Android Tidak Lemot"