Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Bacaan Doa Agar Dimudahkan Dalam Segala Urusan

Membaca doa dimudahkan segala urusan tentunya wajib dilafalkan oleh setiap Muslim. Sebab dengan membaca doa tersebut, Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan senantiasa memudahkan segala urusan di dunia. Bahkan, setiap Muslim juga dianjurkan untuk berdoa agar mendapatkan kemudahan di akhirat kelak.

Bacaan Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan
Image : Pixabay.com/ArtadyaGumelar

Terdapat beberapa ayat di Al Quran dan hadits mengenai anjuran doa agar dimudahkan dalam segala urusan. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, sebaiknya simak langsung ulasannya di bawah ini.

1. Doa Untuk Dimudahkan Urusan Dunia dan Akhirat

Allaahummalthuf bii fii taisiiri kulli ‘asiirin, fa inna taisiira kulli ‘asiirin ‘alaika yasiir, as ‘alukal yusra wal mu’aafaata fid dun-yaa wal akkhirati

Artinya: "Ya Allah, berilah taufik, kebaikan atau kelembutan kepadaku dalam hal kemudahan pada setiap kesulitan, karena sesungguhnya kemudahan pada setiap yang sulit adalah mudah bagi-Mu, dan aku mohon kemudahan serta perlindungan di dunia dan di akhirat." (HR Thabrani)

2. Doa Agar Dimudahkan Urusan Sebelum Memulai Aktivitas

Robbisyroh lii shodrii, wa yassir lii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaanii, yafqohu qoulii

Artinya: "Ya Rabbku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku." (QS Taha ayat 25 - 28)

3. Doa Dimudahkan Urusan dan Jalan yang Lurus

Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada

Artinya: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami." (QS Al Kahfi ayat 10)

4. Doa Agar Dimudahkan Urusan Serta Dihindarkan Pada Masalah Berat

Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alaina ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa aa thoo qatalanabih, wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, antha maulana tansumaa ‘ala al qaumilkaafiriin

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau salah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir." (QS Al Baqarah ayat 286)

5. Doa Agar Dimudahkan Dari Segala Keterbatasan

Allahulaa ilaa ha illa huwa al hayyu al qayyum. Laa ta’khudzuhu sinatun walaa anuum. Lahuu maa fii as samaawaatii wa maa fi al ardh. Man dza al ladzi yasyfa’u ‘indahuu illa biidznih. Ya’lamu maa baina aidihim wa maa khilfahum. Wa laa yhithuuna bisyaiin min ‘ilmihi illa bimaa syaa, Wa si’a kursi yuhu as samaawaati wa al ardh, Wa laa yauuduhu hifdzuhumaa wa hu wa al ‘aliyyu al adzhim

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluknya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." (QS Al Baqarah ayat 255).

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Begini Bacaan Doa Agar Dimudahkan Dalam Segala Urusan"

  1. Nah ini nih yang sering dipertanyakan, dalam berbagai urusan pastinya saat menghadapi kesulitan Allah yang diingat. Bagaimana pun akhirnya kita berdoa kepada-Nya minta dimudahkan, terima kasih ilmunya.

    BalasHapus