Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Lebih Dekat Mengenai NFT Marketplace di Indonesia

NFT Marketplace di Indonesia

NFT marketplace merupakan platform yang belakangan ini marak diperbincangkan di internet. Singkatnya, NFT marketplace merupakan tempat untuk menjual berbagai macam aset atau pun karya digital NFT. Apa itu NFT marketplace serta bagaimana metode kerjanya? Simak ulasan lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Apa Itu NFT Marketplace?

NFT marketplace merupakan platform di mana NFT ditampilkan serta diperjualbelikan. Singkatnya, NFT marketplace merupakan pasar daring ataupun web NFT yang cara kerjanya mirip dengan Amazon ataupun eBay yang mana digunakan untuk menjual ataupun membeli berbagai macam benda, tetapi NFT marketplace hanya fokus pada produk NFT.

Mengenal Apa Itu NFT Marketplace

NFT marketplace membolehkan kolektor digital untuk melaksanakan jual beli serta membuat token NFT mereka sendiri sebagai bukti kepemilikan atas aset ataupun karya unik, baik yang berwujud ataupun tidak berwujud.

Pertumbuhan NFT Marketplace

Sejak terbentuknya "DeFi Summer" di tahun 2020, ataupun saat Total Value Locked (TVL) yang tersimpan di smart contract DeFi meningkat secara tajam dari ratusan juta dolar AS ke lebih dari 20 miliar dolar AS, NFT jadi salah satu crypto yang sangat mempengaruhi. 

Apa Itu NFT Marketplace

Hal ini ditandai dengan mulai maraknya pengguna atau pegiat crypto di dunia yang ikut serta dalam perdagangan aset NFT. Dikutip dari Coinmarketcap, pasar NFT sukses mencatat rekor penjualan sebesar $2,5 miliar selama tahun 2021. 

Angka tersebut sangatlah fantastis, mengingat dunia NFT merupakan hal yang bisa dibilang masih baru untuk saat ini.

Hal yang Wajib Kamu Siapkan Sebelum Mengakses NFT Marketplace

Agar kamu bisa bertransaksi di NFT Marketplace, berikut adalah beberapa hal yang penting untuk kamu simak dan persiapkan terlebih dulu.

Akun pengguna

Sebelum melakukan transaksi di marketplace, kamu perlu membuat akun dengan mendaftar di platform NFT marketplace yang kamu tuju. Besaran jumlah biaya untuk registrasi bermacam-macam pada setiap platform.

Dompet crypto

Tentu dompet yang sekarang dimaksud bukanlah dompet yang berwujud, melainkan dompet digital. Dompet crypto digunakan untuk menaruh koin yang hendak digunakan untuk bertransaksi NFT.

Setiap NFT marketplace memiliki dompet crypto yang kompatibel dengan masing-masing block-chain-nya.

Siapkan koin

Agar kamu bisa melakukan kegiatan seperti registrasi akun sampai transaksi di NFT, kamu disarankan untuk mengisi dompet dengan koin crypto. Cryptocurrency yang diisikan ke dalam dompet wajib didukung oleh NFT marketplace yang ingin kamu gunakan.

Nah itu dia beberapa uraian tentang apa itu NFT marketplace serta cara kerjanya. Sekarang kamu tidak perlu repot untuk melakukan transaksi NFT melalui marketplace luar negeri, karena saat ini di Indonesia sudah ada beberapa platform NFT marketplace baru yang dapat kamu gunakan, salah satunya adalah Kolektibel.

4 komentar untuk "Kenali Lebih Dekat Mengenai NFT Marketplace di Indonesia"

  1. Kesimpulan saya, NFT ini sejenis marketplace seperti Amazon atau eBay gitu ya kang, bisa transaksi jual beli tapi lebih mengutamakan mata uang Crypto. Maaf keun kalau saya salah (CMIIW).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya Kang, kurang lebih seperti itu. Sekarang di Indonesia telah hadir Kolektibel. Silakan jika mau berkunjung dan liat-liat Kang...

      Hapus
  2. Baru tahu tentang NFT marketplace kayaknya ini bisa dijadikan bisnis apalagi mudah dan menyenangkan. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi yang udah terbiasa main crypto bolehlah dicoba berburu di NFT marketplace yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Kolektibel...

      Hapus