Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cukupi Kebutuhan Zat Besi untuk Ibu Hamil

Cukupi Asupan Zat Besi untuk Ibu Hamil

Ngomongin soal
zat besi untuk ibu hamil, saya jadi teringat saat istri saya mengandung beberapa tahun silam. Selain punya penyakit maag, istri saya juga gampang merasa lelah. Apalagi selama masa kehamilannya, baru beraktivitas sebentar saja, langsung lemas. Ternyata istri saya mengalami anemia. 

Anemia bisa terjadi karena jumlah sel darah merah di dalam tubuh tidak mencukupi. Hal ini disebabkan karena kekurangan zat besi pada tubuh. Perlu kamu ketahui, zat besi berfungsi untuk mengangkut oksigen dalam sel darah merah untuk disebarkan ke seluruh jaringan tubuh. 

Jika pasokan oksigen di dalam tubuh kurang, maka tubuh jadi lebih cepat lelah. Kinerja otak pun menurun, sehingga berpengaruh terhadap sistem imun tubuh yang juga ikutan melemah. Maka dari itu, orang yang kekurangan zat besi, biasanya mudah lelah, letih dan lesu. Nah siapa di sini yang sering ngalamin gejala ini?

Apa Itu Zat Besi?

Selain untuk menghasilkan energi, zat besi berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan untuk membentuk energi di dalam sel. Untuk mengangkut oksigen, maka zat besi bekerja sama dengan protein membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah.

Mengenal Zat Besi
Image : news.unair.ac.id

Setelah ketahuan penyebabnya, saya langsung menyarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan zat besi, karena ada begitu banyak makanan yang mengandung zat besi yang tinggi, di antaranya  kacang-kacangan, daging merah, sayuran hijau, oatmeal, seafood, edamame, kismis hingga dark chocolate.

Makanan tersebut sebenarnya mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Sayangnya istri saya termasuk peaky eater alias suka milih-milih makanan. Kalaupun mau makan sayuran hijau, paling hanya beberapa jenis saja. Begitu juga kacang-kacangan. Sehingga bisa dibilang asupan zat besinya masih kurang.

Sebagai alternatif, maka saya perlu memberikan asupan suplemen dan multivitamin tambahan agar asupan zat besi mencukupi di dalam tubuh. Lalu, suplemen seperti apa yang dibutuhkan oleh ibu hamil selama proses kehamilan? Yuk simak terus tulisan ini hingga selesai ya guys.

Ibu Hamil Membutuhkan Zat Besi Lebih Banyak

Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya adalah hal yang paling penting. Agar proses kehamilan hingga persalinan dapat berjalan dengan lancar. Ibu sehat, bayi yang dilahirkan juga sehat. Maka dari itu, penting sekali bagi ibu hamil untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. 

Namun perlu diketahui, ada dua jenis zat besi yang bersumber dari makanan, yaitu :

  • Heme iron : berasal dari ikan, daging merah, ayam, udang dan protein hewani lainnya
  • Non-heme iron : berasal dari sumber protein nabati, seperti sayur-sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan

Adapun bagi ibu hamil dianjurkan untuk banyak mengonsumsi protein hewani, karena lebih mudah diserap oleh tubuh.

Suplemen Penambah Zat Besi Tonikum Bayer

Lalu, bagaimana jika ibu hamil kurang menyukai makanan-makanan di atas? Nah, bagi kamu yang suka milih-milih makanan, kamu bisa mencukupi asupan zat besi untuk ibu hamil dengan mengonsumsi suplemen penambah zat besi, yaitu Tonikum Bayer.

Tonikum Bayer sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan selama masa kehamilan, menstruasi, masa perkembangan dan pertumbuhan serta untuk para lansia.

Tonikum Bayer, Multivitamin untuk Ibu Hamil, Masa Menstruasi, Lansia dan Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kamu bisa membeli Tonikum Bayer ukuran 100 ml dan 330 ml. Tonikum Bayer bisa dikonsumsi mulai dari anak-anak usia 6 tahun hingga orang dewasa. Produk ini mengandung pemanis buatan Na Sakarin dan Na-siklamat, sehingga tidak dianjurkan untuk anak di bawah 1 tahun.

Tonikum Bayer mengandung bahan-bahan yang baik untuk membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh, sehingga bisa mengatasi anemia akibat kekurangan zat besi. Tonikum Bayer mengandung banyak vitamin dan mineral, mulai dari zat besi, kalsium, mangan, zinc, vitamin B1, B2, B3, B6 dan B12.

Beberapa bahan tambahan pada Tonikum Bayer adalah Asam sitrat anhidrat, Natrium sitrat, Dinatrium EDTA, Natrium sakarin, Natrium siklamat, Kalium sorbat, Natrium benzoat, Asam askorbat, Sorbitol liquid, Gliserin, Tuffi frutti flavour, Pineapple flavour dan Purified water.

Komposisi Tonikum Bayer

Tiap 15 ml mengandung :

Vitamin B1 (Tiamin mononitrat)15 mg1070%
Vitamin B2 (Riboflavin-5-fosfat natrium)2.25 mg140%
Vitamin B3 (Niasinamida)22.5 mg150%
Vitamin B6 (Piridoksin (HCl)3 mg230%
Vitamin B12 (Sianokobalamin)15 µg625%
Zat besi (Ferro glukonat)20 mg90%
Kalsium (Kalsium glukonat)100 mg10%
Mangan (Mangan II sulfat monohidrat)2 mg100%
Zinc (Zinc sulfat)5 mg40%

*) % AKG dihitung berdasarkan kebutuhan energi 2150 kal

Konklusi

Minuman Suplemen dan Multivitamin Tonikum Bayer

Jangan anggap sepele untuk memperhatikan asupan zat besi untuk ibu hamil. Namun jika ibu hamil kurang menyukai makanan-makanan yang mengandung zat besi tersebut, maka cukupi kebutuhan zat besinya dengan mengonsumsi Tonikum Bayer. Ingat, Tonikum Bayer hanya suplemen untuk melengkapi kebutuhan multivitamin, bukan sebagai pengganti makanan utama.

Semoga bermanfaat

Sumber referensi :

[hellosehat.com] - Mengapa Ibu Hamil Sangat Perlu Zat Besi?

[tonikum.co.id] - Tonikum Bayer Produk

4 komentar untuk "Cukupi Kebutuhan Zat Besi untuk Ibu Hamil"

  1. Bener banget, saat hamil bunda juga membutuhkan asupan energi yang banyak terlebih karena si kecil dalam kandungan juga ikut mengonsumsinya. Jadi, harus dijaga pola makannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul banget Mba. Biar sama-sama tidak kekurangan zat besi, maka perlu banget meningkatkan asupan zat besinya.

      Hapus
  2. Waah saya juga di rumah selalu sedia tonikum bayer. Bagus untuk kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Kang Syahri ini role model pria sehat masa kini.

      Hapus