Berburu Onderdil Motor di Sasak Panjang, Bogor


Kali ini saya mau berbagi pengalaman membeli onderdil motor di Sasak Panjang, Bogor. Mungkin ada yang belum mengenal daerah Sasak Panjang, surganya onderdil motor, begitu menurut pendapat sebagian orang. Dan ini merupakan pertama kalinya saya ke Sasak Panjang membeli onderdil motor yang sudah pretelan.


Pretelan?? Iya, di sini memang tempat yang pas bagi Anda yang akan berburu onderdil motor dengan harga yang terjangkau, namun dengan kualitas barang yang original tapi second. Baca juga artikel : Pengalaman Memakai Ban Motor Tubeless Merk Swallow

Kebetulan, velg racing tromol belakang motor Honda Supra X 125 milik saya sudah mulai menipis, alhasil sewaktu mengerem, motor mengeluarkan suara berisik dan remnya pun kurang pakem. Hal ini memang wajar, mengingat usia motor sudah mencapai 10 tahun. 

Saya pun sempat mengganti kampas rem belakang dengan yang baru, tapi hasilnya tetap tidak maksimal, motor tidak bisa mengerem dengan baik. Saya langsung membawanya ke bengkel dekat rumah, sang montir menyarankan untuk mengganti velg racing tromol dengan yang baru, karena kalau ganti kampas rem lagi, akan percuma, dan hasilnya tetap sama.

Montir pun memberikan saran, kalau mau mencari velg dan onderdil motor yang murah dan lengkap, bisa berkunjung ke daerah Sasak Panjang, Bogor. 

Sebelum hunting ke Sasak Panjang, saya sempat mengecek harga velg racing di beberapa toko online. Tapi harganya jauh lebih mahal, mulai dari Rp. 500.000 sampai mencapai satu juta lebih.

Akhirnya, sewaktu libur kerja, saya menyempatkan untuk pergi ke Sasak Panjang. Ternyata lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal saya, hanya sekitar 25 menit saja.

Saya melalui jalan raya Arco, Bogor, lalu masuk ke jalur tengah, yang kanan kirinya banyak pepohonan, sawah, lapangan bola dan perumahan. Suasananya pun cukup sejuk. Terus saja mengikuti jalanan yang terbuat dari beton yang lebarnya tidak lebih dari 3 meter sampai ketemu pertigaan yang mengarah ke Tajur Halang. 


 Suasana di jalan Sasak Panjang yang masih sepi, karena masih pagi dan cuaca mendung

Sampai di ujung jalan, ada pertigaan, nah di sinilah daerah Sasak Panjang. Dari sini sudah tampak deretan kios kecil dan sederhana yang menjual onderdil motor di kanan kiri jalan. Kondisi jalannya memang masih jelek dan penuh berlubang, jadi sebaiknya lebih berhati-hati. 

Kalau saya perhatikan, tidak sedikit ditemui motor-motor bodong yang bersliweran. 

Sebelum memilih dan membeli, ada baiknya jika Anda berkeliling dulu melihat ke semua kios, dan membandingkan harganya dari satu kios ke kios yang lainnya. Karena setiap kios memberikan harga yang berbeda-beda tapi tetap satu.

Saya pun sempat menanyakan ke beberapa kios, tapi sayang, barang yang saya cari lagi kosong. Saya sempat ditawari velg racing tromol dengan merk biasa, meskipun harganya jauh lebih murah lagi, saya tidak mau mengambil resiko, takut velgnya cepat rusak, karena kualitas barang bukan yang original. Akhirnya setelah capek keliling, saya menemukan satu kios yang menjual berbagai velg yang kebetulan jual velg racing tromol Honda Supra X 125.





Pada awalnya, si penjual menawarkan velgnya seharga Rp. 800.000 untuk 2 velg, depan dan belakang. Berhubung saya hanya butuh velg belakang saja, maka si penjual memberikan harga sebesar Rp. 450.000 untuk satu velg.

Karena masih kemahalan, saya mencoba menawar jadi Rp. 250.000, tapi si penjual tidak mau dan tetap dengan harga Rp. 400.000. 

Setelah melalui proses tawar menawar yang cukup alot, akhirnya velg tersebut sepakat dihargai Rp. 300.000. Saya tahu mungkin harga segini masih kemahalan, tapi mau bagaimana lagi, berhubung sudah malas berkeliling lagi dan sepertinya cuma kios ini saja yang punya stock velg cukup lengkap dibanding kios yang lainnya. Selain itu juga, kondisi velgnya masih bagus, mulus dan hanya sedikit cacat, akhirnya saya tertarik.
Kondisi velg masih cukup mulus, bahkan masih lebih bagus ketimbang velg motor saya yang lama

Velg pun langsung dipasang di tempat. Jangan lupa, sewaktu bongkar pasang motor, sebaiknya diperhatikan terus ya guys, untuk menghindari pemasangan yang asal-asalan. Waspada boleh dong, hehehe... 

Setelah selesai dipasang, saya pun memberikan uang tambahan Rp. 20.000 sebagai biaya jasa pasang. Setelah beres, saya pun langsung meluncur pulang dengan velg 'baru' tapi bekas. 

Bagi Anda yang tinggal di sekitar Parung, Bogor atau Sawangan dan Pengasinan, Depok, bisa langsung menuju lokasi untuk hunting berbagai keperluan motor dengan harga Yang cukup terjangkau. 

Demikian artikel tentang pengalaman saya berburu onderdil motor di Sasak Panjang, Bogor

Semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon