Pengalaman Memakai Ban Motor Tubeless Merk Swallow

Ban Motor Tubeless Merk Swallow - Blog Mas Hendra

Satu minggu belakangan ini, saya lagi disibukkan dengan urusan tambal menambal ban motor belakang saya. Awalnya ban motor saya selalu kurang angin, tanpa memeriksa lebih lanjut, saya pun hanya mengisi angin saja, setelah itu motor saya pakai seperti biasa. 


Namun setelah diisi angin, ban motor saya justru kembali gembos. Kejadian ini sudah beberapa kali terulang, sampai akhirnya saya memeriksa kondisi ban ke bengkel motor lagi. Setelah diperiksa, ternyata bekas tambalan ban sebelumnya terlepas, alhasil saya pun menambal ulang bekas tambalan tersebut. Tapi tidak cukup kuat, tambalan kembali lepas, sampai akhirnya saya memutuskan untuk mengganti ban saja. Baca juga artikel menarik lainnya : Ketahui Penyebab Ban Cepat Botak

Karena menurut info serta pengalaman dari orang lain, apabila ban motor sudah terlihat mulai botak/tipis dan banyak sekali tambalan, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Karena dikhawatirkan bekas tambalan tersebut akan terlepas lagi. Dan betul saja, saya baru saja mengalaminya. Ada juga yang menyarankan untuk memakaikan ban dalam di ban tubeless saya. 

Sebelum membeli ban motor baru, saya pun melakukan survey kecil-kecilan. Beberapa bengkel motor saya datangi dan menanyakan ban motor yang memiliki kualitas lebih bagus dan kisaran harga bannya.

Saya pun mendatangi bengkel motor yang tidak jauh dari rumah. Si pemilik bengkel menyarankan untuk mengganti ban motor lama saya dengan ban motor tubeless merk Swallow. Menurut pengakuannya (ini menurut dia loh ya), ban motor Swallow dinilai memiliki komposisi karet sintetis yang lebih dominan ketimbang merk yang lainnya, karena selain memproduksi ban, pihak Swallow juga memproduksi karet sintetis. Maka dari itu, ban tubless Swallow dinilai lebih kuat dan tahan lama serta memiliki daya cengkeram lebih kuat di aspal, baik dalam kondisi licin maupun kering.

Karena penasaran mau mencoba ban tubeless merk lain, singkat cerita, saya pun membeli ban tubeless merk Swallow (80/90-17) untuk motor Honda Supra X125R seharga Rp. 175.000, tanpa tawar menawar, karena saya paling malas kalau nawar sesuatu, hahaha.

Ban Motor Tubeless Merk Swallow - Blog Mas Hendra

Nah melalui artikel singkat ini, saya mau berbagi pengalaman memakai ban motor tubeless merk Swallow, meskipun masa pakai baru kurang dari satu minggu, tapi tidak ada salahnya saya sharing di sini, siapa tahu bermanfaat buat teman-teman.

1. Ketika melewati jalanan yang rusak dan berbatu/berlobang, ban tidak terlalu keras, artinya si ban jatuhnya terasa lebih empuk.

2. Model kembangannya sporty, mirip motor sport dengan bahan karet sintetisnya kelihatan banget lebih dominan. Makanya si ban kelihatan lebih alot. 

3. Ketika dipakai di jalanan yang licin, ban motor mampu menyesuaikan dengan kondisi medan jalan, artinya si ban tidak terlalu terasa licin. Ini sih tidak heran, karena kondisi ban masih baru banget.

Saya rasa cukup segitu dulu deh berbagi pengalamannya, kalau memang ada pengalaman tambahan lainnya, nanti saya update lagi. Atau mungkin teman-teman punya pengalaman lainnya?? Monggo di share di kotak komentar. Terimakasih guys sudah membaca artikelnya.

Baca juga artikel menarik lainnya : Tips Menghindari Antrian di Bengkel Resmi

Semoga bermanfaat.

16 comments

Daripada ganti ban mending ganti motor j bang
Huahuaha

Reply

Pengennya sih nambah motor, tapi pohon uangnya belum panen nih Niki... Gimana dong??

Reply

Saya belum pernah pake ban tubeless mas soalnya motornya gak pernah jauh jauh jadi jarang bocor

Reply

Duh jadi penasaran nih kang soalnya saya belum pernah pake ban swallow entar ah siang ganti dulu bannya.

Reply

Si pemilik bengkel benar, Swallow tidak hanya memproduksi ban saja tetapi juga memproduksi lainnya salah salah satunya sandal jepit :) asli kuat banget lhoo sandal jepit swallow di banding merk sekelasnya :D

Reply

Kalo saya jarak jauh terus, makanya mending pakai ban tubeless mas Dwi

Reply

Emang satu perusahaan yaa??! Saya pikir bukan loh... 😀

Reply

Saya pake sepeda aja, jadi jarang bocor bannya, paling kempes2 dikit tinggal di pompa ajah, hehe...

Reply

Wah kalo tiap hari pake sepeda, saya bisa gempor kang, hahaha

Reply

Itu bannya harus di lem biru kayaknya bang :D

Reply

Udah dilem biru dan lem kuning mas, hehe

Reply

kalau pakai tubeless jangan lupa tambahkan cairan didalamnya mas..
nanti ketika kena paku ga bakalan gembos walau sudah dicabut..

bannya keren ya..
saya suka desainnya..

Reply

Okay mas Eka, namanya cairan apa ya?! Kembangannya overall lumayan bagus sih, tapi yang penting kualitas nya

Reply

Kalo pake tubless mah kalo udah tipis tinggal tambahn ban dalem lagi... biasanya sih gitu...

Reply

Bukan cuma tipis, tapi juga berlobang dan sobek, makanya ta ganti, daripada repot melulu harus nambal

Reply

Post a Comment