Ucapan Dari Berbagai Bahasa di Dunia Ketika Seseorang Bersin. Nomor 4 Unik Banget!

Orang Bersin - Blog Mas Hendra

Sudah lumrah ketika seseorang bersin, maka kita yang berada didekatnya pun ikut mendoakan kebaikan bagi dirinya dan tentu saja untuk diri kita sendiri. Kalau di dalam Islam, ketika seseorang bersin, dan ia mengucapkan "alhamdulillah", maka kita yang mendengarnya mengucapkan "yarhamukallah" yang artinya "semoga Allah merohmati Anda. Hal ini sebagai tanda syukur kita karena organ utama kita, yakni jantung dapat berfungsi kembali setelah aktivitas bersin. Coba bayangin, kalau saja tiba-tiba jantungnya berhenti setelah bersin??

Ternyata eh ternyata, tidak hanya di dalam Islam, ucapan-ucapan ketika seseorang bersin pun banyak ditemukan di beberapa negara di Eropa. Hal ini merupakan kebiasaan untuk setidaknya satu orang mengatakan "god bless you" (semoga Tuhan memberkati Anda). Tradisi ini berawal dari abad pertengahan, ketika diyakini bahwa ketika seseorang bersin, jantungnya berhenti berdenyut, jiwanya meninggalkan tubuhnya dan dapat direnggut oleh roh jahat. Tentu saja pernyataan ini tidak dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah dan dianggap sebagai mitos belaka. Baca juga : Mitos Atau Fakta? Jantung Berhenti Ketika Kita Bersin. Ini Jawabannya!

Kini kata-kata itu diucapkan hanya sekedar sebagai bentuk sopan santun dan biasanya orang yang bersin kemudian menjawab "terimakasih".

Nah kalian penasaran apa saja kata yang diucapkan ketika seseorang bersin? Berikut ulasannya berdasar informasi yang saya lansir dari laman Wikipedia :

1. Bahasa Azerbaijan, bersin biasanya diikuti oleh jawaban "saglam ol", yang artinya "semoga Anda sehat".
2. Bahasa Hebrew, biasanya mengucapkan "לבריאות", yang berarti "demi kesehatanmu".
3. Bahasa Italia, bersin diikuti oleh jawaban "salute".
4. Bahasa Polandia, jawaban bersin yang umum adalah "sto lat", yang berarti "ratusan tahun". Entah apa maknanya ini guys. Ada yang tau gak??
5. Bahasa Portugis, bersin diikuti oleh jawaban "saude" yang berarti "sehat" atau "satinho" yang berarti "santo kecil".
6. Bahasa Spanyol, biasanya diikuti oleh jawaban "salud" artinya "semoga Anda sehat". Orang yang bersin kemudian mengucapkan "gracias" yang berarti "terima kasih".
7. Bangsa Brazil-Portugese, biasanya diikuti jawaban "saude" yang artinya "sehat" dan juga "santinho" yang berarti "kiranya Anda diberkati".
8. Bahasa Bulgaria, bersin biasanya diikuti dengan jawaban "Наздраве", yang berarti "demi kesehatanmu", yang kemudian dijawab dengan "mepcu" yang berarti "terima kasih".
9. Bahasa Rumania, bersin diikuti dengan jawaban "noroc" yang artinya "semoga beruntung" yang kemudian dijawab dengan kata "mersi" atau "multumesc" yang berarti "terima kasih".
10. Bahasa Jerman, biasanya akan diikuti dengan kata "gesundheit" yang berarti "sehat (bagimu)".

Sangat unik bukan? Apalagi yang nomor 4, yang entah apa makna dari kata tersebut. Mungkin saja memiliki nilai historis yang begitu mendalam bagi bangsa Polandia. 

Semoga bermanfaat.

20 comments

Lucu juga ya kalau abis bersin ngucapin kata yang macem-macem kayak gitu. Mungkin nggak biasa buat orang Indonesia...

sepertinya dari berbagai daerah yg di tunjukan dgn berbagai bahasa sepakat ya kalo bersin itu sangat erat kaitannya dengan kesehatan

semoga kita semuanya selalu sehat aamiin

Nanti saya ,mau ucapin bahasa bulgaria kalo bersin
itu gimana ngomongnya mas hendra -_-

wah bermacam-macam nihmas hendra dari berbagai pelosok dunia terimakasih sudah berbagi

Bagi mereka adalah hal biasa karena memang sudah budayanya seperti itu. Nah kalo kita seorang Muslim kan lain lagi, sudah ada sunnahnya dari Rosululloh...

Betul banget Mang, karena bersin juga membuang kotoran dari dalam hidung.

Jangan mas, ntar malah keseleo lidahnya

Iya mas, semoga dapat menambah pengetahuan kita semua

Masih penasaran dengan penjelasan "Ratusan Tahun" yang dari Polandia itu... hehehe

Bahasa Hebrew itu jg gmn bacanya klo mau ditiru abis bersin mas 😂😂

Saya juga gak paham maknanya, hehehe

Wah malah ribet urusan bersin kalo pake bahasa ini, bahahaha

Hahahahaha... Unik ya ternyata.. Tapi suka sebel kalau udah mau bersin ga jadi..wkwkwkk

Itulah hebatnya Indonesia, penuh keragaman, ya kang..

Yup betul, kalo gak jadi bersin itu rasanya gimana ya

Bukan hanya di Indonesia kang, tapi dari berbagai negara malahan

Makna nomor 4 adalah orang yang bersin disuruh bersin terus selama ratusan tahun hahaha. Gimana tuh kira kira ya bersin selama itu haha

Hahaham, bersin 5 x aja udah repot, ini malah ratusan tahun pula...


EmoticonEmoticon