Manfaat Melihat Warna Hijau

Foto Sawah di Tegal - Blog Mas Hendra

Sejuknya melihat pemandangan sawah.

Setiap saya mudik, biasanya saya selalu menyempatkan untuk melihat pemandangan, baik berupa hamparan sawah yang hijau maupun pepohonan yang rimbun. Hal ini saya lakukan, karena teringat dengan sebuah penelitian yang mengatakan, bahwa manfaat melihat warna hijau akan memberikan efek yang dapat menyejukkan mata, meredam stress, mendatangkan rasa nyaman dan juga mengurangi tingkat ketegangan.


Atmosphere yang saya rasakan, meskipun sama-sama melihat tumbuhan hijau di desa maupun di kota (Jakarta) sangatlah berbeda. Jika di desa selain didominasi dengan pepohonan dan sawah yang berwarna hijau, udara yang dihasilkan juga jauh lebih sejuk dan dingin ketimbang di kota. Yang jelas alasannya sih karena udara di kota sudah bercampur dengan asap polusi yang berasal dari kendaraan maupun pabrik.


Pepohonan Rindang - Blog Mas Hendra

Kembali ke efek warna hijau, banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari efek spesifik dari tiap warna, salah satunya adalah Donald Lapore dalam “The Ultimate Healing System”, mengatakan bahwa warna hijau dapat menghadirkan keseimbangan, simpati dan ketakziman cinta. Selain itu warna hijau juga dapat membantu area hati terus stabil dengan menciptakan harmoni dan harapan,serta baik untuk relaksasi yang akan membantu menyeimbangkan emosi. (bundakonicare.com)

Itulah sebabnya, mengapa para pakar kesehatan menyarankan kepada para pekerja kantoran yang sering bekerja di depan layar monitor, agar rutin melihat objek jauh atau objek yang berwarna hijau, seperti pemandangan/tumbuhan berwarna hijau untuk mengurangi kelelahan pada mata.

Fungsinya adalah untuk mengembalikan keseimbangan tubuh. Dan sebaiknya aktivitas tersebut dilakukan secara rutin, setiap berapa menit sekali, agar mata selalu segar dan terjaga kesehatannya.

Baca artikel lainnya : Sebutir Padi

Nah itulah sebabnya mengapa tingkat stress orang kota lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang di desa, karena orang kota jarang sekali berinteraksi dengan objek yang berwarna hijau, yang menyebabkan perasaannya cenderung labil, emosi dan kurangnya relaksasi. Satu-satunya interaksi yang dilakukan dengan objek berwarna hijau hanyalah duit gajian, itupun langsung ludes. #eh…

Bagaimana mau rutin berinteraksi dengan tumbuhan berwarna hijau, pohon-pohon yang ada saja semakin berkurang dan taman kota sangat sedikit. Sementara pertumbuhan gedung-gedung perkantoran, Mall dan perhotelan meningkat dengan pesat.

Jadi buat teman-teman yang sering merasa stress, emosinya labil atau matanya sering merasa lelah, sebaiknya sesekali memandangi objek yang berwarna hijau, seperti pepohonan atau sawah, agar dapat memberikan manfaat yang positif bagi mata dan juga tubuh. 

Demikian artikel tentang manfaat melihat warna hijau. Semoga bermanfaat buat kita semua.


Share This Article


44 comments:

  1. wah saya mau coba mas, karena saya bekerja didepan motinor dan mencoba akan menanan tumbuhan berwarna hijau :)
    *brangkaaatttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, saya juga nerapin tips ini sewaktu mata saya merasa lelah di depan layar monitor...

      Delete
    2. mata saya berubah jadi hijau pas liat ada duit banyak....kenapa begitu ya

      Delete
    3. mang admin dari Depok teh udah folbek belum tah?

      Delete
    4. Cipokin duitnya mang, hehehe.. Mungkin kekurangan zat

      Delete
    5. Kayaknya sudah mang, coba deh besok saya liat, soalnya kalo dari kantor di block, bisanya main Internet dari hape kalo di kantor. Karunya atuh mang

      Delete
  2. Banyak juga manfaatnya ya mas Hen :)
    kebetulan aku suka dengan warna hijau, ngliatna adem hijau itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo gitu sering-sering ke pegunungan, bagus tuh pemandangannya

      Delete
  3. Kalo saya sih mas misalkan mata merasa lelah lebih suka ngeliatin cewek2 pulang di depan rumah
    Seger
    Dulu sih ada sawah di deket rumah
    Tapi itu tinggal kenangan mas
    Semua udah jadi mall sama jalan raya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasian deh lo, sawahnya digusur, hahaha

      Delete
  4. Bener banget Mas.
    Selain bebas polusi udara, polusi suara dan cabe-cabean, (kecuali kalau kita sendiri yang bawa. Hihih) tempat hijau buat kita seperti Hp atau monitor yang baru restart.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fresh ya mas. Kalo cabe-cabean mah dimana juga ada mas, mau kayak apa bentuknya juga, pasti ada species cabe-cabean

      Delete
    2. Iya gitu? Heheuy!! Kayanya udah hatam nih Mas Hen tau soal karakter Chili-an. Hihii. (Kidding)

      Delete
    3. Hahaha, sudah mendominasi kaum yang satu ini.

      Delete
  5. karena warna hijau memiliki manfaat yang baik bagi kesejukan dan kesehatan dan bisabikin hati makjleb...makanya saya suka

    ReplyDelete
  6. Saya juga suka liat pemandangan sawah yang hijau bawaannya tenang adem ayem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Dwi, bawaannya betah aja lama-lama

      Delete
  7. Yang hijau-hijau memang bisa membuat suasana hati jadi syahdu dan membuat gembira, pantesan ada istilah 'matanya hijau' kalau melihat uang, wkwkw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo liat uang mah, lebih girang lagi ya kang, hehehe

      Delete
  8. saya pernah disarankan oleh salah satu teman, jika habis lama didepan monitor sebaiknya melihat warna hijau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut para pakar kesehatan ya sebaiknya seperti itu pak, buat ngilangin kelelahan pada mata

      Delete
  9. Saya kalo liat duit kok matanya jadi ijo ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya jadi merah, liat yang seratus ribuan mas...

      Delete
  10. yang ijo-ijo emang bikin suegerr ya mas... saya juga suka bngt liat yang berwarna hijau apalagi lembaran yang warna biru dan merah, hehehe...

    Oya izin follow blognya mas...

    ReplyDelete
  11. Duh, iya eh ._. jarang liat warna ijo. Mentok juga lampu Apill ijo itu -_- harus piknik. Harus piknik :D

    ReplyDelete
  12. Tips nya bagus banget nih, walau saya di desa tapi kerjanya di ruangan jadi sesekaaaaaaali pegin ke luar melihat pemandangan hamparan sawah yang hijau, makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya..

      Delete
  13. Mungkin ini salah satu alasan, kenapa baju operasi warnanya hijau,,, bener g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bisa jadi mungkin ada korelasinya ya mas,...???

      Delete
  14. hijau itu sejuk mas..
    kalau pulang kampung saya paling senang melewati jalanan perbukitan yang hijau terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya mas Eka, saya juga suka hijau dan pemandangan pegunungan ketimbang laut

      Delete
  15. kalau saya seneng lihat warna ijo karena warnanya itu bikin seger mas hen, terus serasa menyatu dengan alam. Kan warna alam (pohon) serba hijau..hehehe

    Btw iklannya rame mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip lah, pokoknya liat yang ijo itu bikin fresh, hehehe..

      Iya nih mas, lagi laris, mas mau iklan juga???

      Delete
    2. heem mas..setuju ..

      ndak dulu mas...hehe

      Delete
  16. Kalau pagi liat sunrise di tengah sawah. Mata jadi adem. Apalagi kalau setelah itu mata dibasuh dengan air di sumber yang ada pancurannya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiih mantap bener dah, ditambah minum air kelapa muda dicampur es batu, beuuuh

      Delete
  17. Wah biasanya sih saya untuk menenangkan diri ya memandang yang hijau2 mas... tapi bukan sawah gitu... tapi duit... langsung adem bener ini hati...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirain saya aja yang suka duit matanya langsung ijo

      Delete