Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis Online

Memasuki era digital, semakin banyak orang yang tertarik untuk merintis bisnis sendiri. Gurihnya keuntungan yang dihasilkan dari jualan online, membuat sebagian orang ingin belajar bisnis dari nol untuk fokus jualan di e-commerce. Asyiknya menjalani jualan online bisa dilakukan dari mana saja, bahkan bisa dari rumah saja sambil rebahan, tanpa perlu menyewa ruko untuk memasarkan produk-produk yang dijual.

Seperti yang dilakukan oleh teman saya yang saat ini sedang menjalani bisnis baju online di salah satu e-commerce. Bahkan bisa dibilang ia memulai bisnis online tanpa modal, karena ia menekuni bisnis sebagai dropshipper. Keuntungan yang diperoleh terbilang cukup lumayan. Apalagi aktivitas belanja online di tengah masyarakat semakin meningkat, sehingga berimbas pada tingginya angka penjualan.

Kekhawatiran yang Sering Dialami Ketika Ingin Memulai Bisnis Online dari Nol

Meski mendapatkan keuntungan yang fantastis, akan tetapi untuk memulai bisnis online tidaklah mudah. Setidaknya dibutuhkan niat dan konsisten yang kuat untuk mengelola bisnis. Selain itu, sangat penting untuk mengetahui tips dan trik cara memulai bisnis online yang tepat, agar bisnis tetap lanjut dan tidak berhenti di tengah jalan.

Biasanya, ada beberapa kekhawatiran yang sering dialami oleh para pebisnis pemula sebelum memulai bisnis, di antaranya sebagai berikut :

  • Merasa khawatir tidak akan sukses menjalankan bisnis dan berujung pada kerugian
  • Masih berkutat dengan ide bisnis online yang ingin diluncurkan, hingga pada akhirnya tidak terealisasikan
  • Bagi yang sudah bekerja, khawatir akan kehilangan pekerjaannya dan tidak mendapatkan gaji tetap lagi setiap bulannya
  • Merasa takut tidak punya jiwa kreativitas yang tinggi, sehingga merasa tidak mampu untuk bersaing dalam hal inovasi produk-produk bisnis

Bentuk kekhawatiran di atas memang merupakan hal yang wajar, apalagi bagi pemula, karena setiap orang pastinya tidak ingin mengalami kerugian dalam berbisnis. Namun kalau saja perasaan itu muncul terus dan tidak Anda lawan, maka bisnis tidak akan bisa berjalan.

Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Seiring perkembangan waktu, bisnis online semakin diminati belakangan ini. Apalagi persyaratan yang diberikan oleh e-commerce tidak terlalu menyulitkan, sehingga siapapun bisa bergabung. Namun, sekali lagi, memulai bisnis online bagi pemula terkadang menemui beberapa kesulitan. 

Kalaupun Anda akan nekat memulainya tanpa pengalaman, hasilnya mungkin bisa saja tidak sesuai ekspektasi, karena walau bagaimana pun, Anda membutuhkan panduan untuk jualan online. Bukan tidak mungkin, bisnis yang Anda jalani bisa berhenti di tengah jalan. Sangat disayangkan bukan?

Berikut adalah panduan memulai bisnis online untuk pemula yang perlu Anda ketahui :

1. Pilih bisnis sesuai dengan passion

Terkadang bisnis yang tidak sesuai dengan passion tidak bisa bertahan lama akibat kurangnya motivasi di dalam diri. Berbeda ketika Anda memulai ide bisnis online yang sesuai dengan passion, Anda pastinya akan mengembangkan bisnis secara suka cita dan perlahan, tanpa mengeluh yang berlebihan.

Anda juga akan berusaha sekuat mungkin untuk mengembangkan bisnis dengan memberikan inovasi terbaik agar mampu bersaing dengan bisnis lainnya. Mungkin juga Anda akan terus belajar meningkatkan skill bagaimana cara bisnis online yang tepat agar bisnis terus berkembang di masa depan.

2. Memahami dan menerapkan business plan

Sebelum Anda benar-benar terjun menekuni bisnis online, Anda perlu membuat perencanaan bisnis atau business plan yang baik dan tepat, agar bisnis terarah dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan, yaitu bisnis terus berkembang dan meraih keuntungan yang besar. 

Business plan sangat membantu Anda untuk membuat bisnis lebih terstruktur. Dengan begitu, Anda bisa mengatur rencana dengan matang, mulai dari proses produksi hingga distribusi produk. Maka dari itu, Anda perlu memahami dan menerapkan business plan dengan baik.

Jangan khawatir, belajar cara bisnis online dari nol bisa dilakukan dengan cara bergabung di Lazada University. Di sana, Anda akan langsung diberikan materi mengenai bagaimana cara berjualan online serta mempelajari business plan dengan matang.

3. Lakukan riset target pasar dan produk

Langkah awal untuk memulai bisnis dari nol yaitu lakukan riset pasar dan produk terlebih dulu. Pahami terlebih dulu usia rata-rata calon pelanggan yang Anda targetkan. Misalnya saja, Anda ingin memulai usaha baju online yang bertempat di Jakarta. Maka, selanjutnya Anda bisa menargetkan calon pelanggan yang berdomisili di Jabodetabek dengan rentang usia antara 18 - 35 tahun.

Pahami juga tren fashion yang saat ini sedang digandrungi di masyarakat, agar produk yang Anda tawarkan bisa mencapai target penjualan yang diinginkan. Jika Anda telah mengetahui sasaran konsumennya, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menjual produk fashion online.

4. Pelajari strategi bisnis yang tepat

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah mempelajari strategi bisnis yang tepat. Anda bisa mempelajarinya melalui internet, seorang mentor atau bahkan teman Anda yang sudah lebih dulu terjun ke dunia bisnis online. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti program dari Lazada University untuk mendapatkan banyak sekali strategi bisnis yang bisa diaplikasikan nanti.

Dengan menerapkan strategi bisnis yang tepat, bukan tidak mungkin Anda mampu mengembangkan bisnis dengan baik dan meningkatkan penjualan secara signifikan. Pelajari juga bagaimana strategi bisnis yang diterapkan oleh kompetitor, apa saja kelemahan dan kelebihannya. Manfaatkan peluang yang ada untuk terus menerapkan strategi bisnis.

5. Lakukan evaluasi bisnis secara berkala

Tahap berikutnya, Anda perlu melakukan evaluasi bisnis secara berkala agar bisa mempelajari apa saja kekurangan atau kesalahan, baik yang ringan maupun yang fatal. Dengan begitu, Anda bisa memperbaikinya agar tidak terjadi lagi di kemudian hari. Pelajari kesalahan yang ada secara detail, entah itu dari aspek produksi, keuangan, strategi hingga pelayanan.

Anda bisa memperbaiki kesalahan yang terjadi secara bertahap, karena memang semuanya membutuhkan proses. Evaluasi bisnis ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi bisnis. Pelanggan pastinya akan merasa senang jika terdapat perbaikan yang dilakukan oleh pelaku usaha.

Lazada, Platform E-Commerce untuk Berjualan Online Nomor Satu di Indonesia

Bisnis Online untuk Pemula

Lazada merupakan perusahaan e-commerce terkemuka di Asia Tenggara yang didirikan oleh Winggi Susanto dan Wawan Wirawan pada tahun 2012. Memasuki tahun 2016, Lazada menjelma menjadi perusahaan e-commerce utama di bawah naungan Alibaba Group untuk wilayah Asia Tenggara, dan telah didukung oleh infrastruktur teknologi yang terbaik di bidangnya dari perusahaan Alibaba.

Lazada menjadi e-commerce yang sangat populer dan diminati oleh banyak masyarakat, salah satunya adalah saya yang sering belanja online di Lazada. Ada banyak sekali produk yang bisa ditemukan di Lazada, mulai dari kebutuhan rumah tangga, fashion, elektronik, kebutuhan sekolah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Peluang bisnis online tanpa modal di Lazada

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online atau mengembangkan bisnis yang sudah ada, Lazada merupakan pilihan yang tepat. Berkat dukungan pemasaran seratus persen membuat Anda menjadi lebih mudah untuk memasarkan sekaligus mengatur stok barang yang ada. Impian untuk memulai bisnis online tanpa modal kini sudah di depan mata.

Bisnis Online Tanpa Modal

Anda bisa mulai berjualan online secara gratis di Lazada yang hingga saat ini memiliki lebih dari 300 juta pembeli. Tentu saja ini merupakan peluang yang sangat baik bagi Anda. Lazada juga bisa membantu Anda menghubungkan dengan konsumen di seluruh wilayah Indonesia.

Tingkatkan skill berbisnis di Lazada University

Lazada sangat memperhatikan kebutuhan para penjual atau seller, sehingga meluncurkan Program Lazada University yang bertujuan untuk membantu mengembangkan kemampuan berjualan yang lebih efektif dan efisien secara online, termasuk melalui marketplace Lazada. Dengan demikian pengalaman jualan online di Lazada menjadi lebih mudah.

Bisnis Online

Di Lazada University juga disediakan berbagai materi bisnis yang bisa Anda pelajari, mulai dari cara mudah memulai jualan di Lazada, melakukan analisis bisnis yang tepat, packing yang efektif dan masih banyak lagi yang lainnya.

Panduan serta tips dan trik lengkap seputar bisnis ada di Blog Yuk Jualan Online

Rasanya kurang lengkap jika Anda tidak mencari referensi artikel seputar tips dan trik jualan online. Walau bagaimanapun, hal ini penting dilakukan agar bisa menambah wawasan Anda sekaligus meningkatkan skill dalam berjualan online.

Tidak perlu khawatir, Anda tidak perlu repot-repot mencari banyak website yang membahas tips dan trik berbisnis, karena semuanya bisa Anda dapatkan di blog yukjualanonline.com secara lengkap. 

Cara Bisnis Online

Platform ini memang ditujukan bagi para seller yang ingin mengembangkan kemampuannya dalam berbisnis, terutama bagi pemula yang baru saja terjun ke dunia bisnis, maka blog Yuk Jualan Online ini bakalan sangat cocok untuk Anda. 

Selain tips dan trik berbisnis, Anda juga bisa membaca kisah-kisah inspirasi dari para seller yang telah sukses berjualan di Lazada. Selain itu juga terdapat informasi seputar Komunitas Lazada Club, sebuah komunitas yang menjadi tempat bagi para seller untuk berkumpul dan belajar bersama seputar bisnis dan e-commerce.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari membaca artikel-artikel di blog Yuk Jualan Online dan Lazada? Berikut beberapa di antaranya yang mungkin saja bisa bermanfaat bagi bisnis Anda.

  • Menambah wawasan seputar tips dan trik berbisnis
  • Mengetahui strategi yang tepat yang harus Anda terapkan untuk bisnis Anda
  • Sebagai jembatan untuk bisa bertemu dan berkumpul dalam satu komunitas yang sama, yaitu Komunitas Lazada Club
  • Bisa mendapatkan ide-ide bisnis yang baru dan relevan dengan perkembangan yang ada saat ini
  • Sebagai panduan untuk menjalankan bisnis online agar bisnis bisa lebih terarah
  • Sebagai inspirasi untuk menekuni dunia bisnis online, karena di dalamnya memang terdapat banyak kisah inspirasi yang disampaikan oleh para seller yang telah sukses berbisnis

Nah itu dia beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari blog Yuk Jualan Online dan juga Lazada.

Cara jualan online di Lazada

Ada begitu banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan berjualan online di Lazada. Tertarik? Yuk jualan online di Lazada. Berikut adalah cara jualan di Lazada :

1. Masuk ke lazada.co.id atau link lzd.comenjadiseller

2. Klik tombol Daftar Sekarang dan pilih opsi Penjual Lazada atau Penjual Lazmall

3. Isi data yang diperlukan 

  • Lengkapi alamat gudang, toko/kantor dan alamat pengembalian (retur). Pastikan alamatnya sudah benar.
  • Unggah dokumen identitas, mulai dari KTP ((WNI) / NIC (WNA) / passport. Pastikan foto identitas jelas dan tidak buram agar proses verifikasi berjalan dengan lancar. Jika mendaftar sebagai perusahaan, unggah juga NIB (Nomor Izin Berusaha) dan Izin Usaha dari OSS.
  • Lengkapi data rekening bank. Masukkan informasi nomor rekening, nama bank dan unggah foto buku tabungan/giro. Rekening ini nantinya akan digunakan untuk menerima pembayaran di toko.
  • Unggah minimal 10 produk di toko online Anda. Caranya : klik Tambah Produk (Add Products) dari dashboard Seller Center. Usahakan unggah foto yang berkualitas bagus dan memperlihatkan detail produk dengan jelas. Selanjutnya beri nama produk yang akurat dan mengandung kata kunci yang akan dicari oleh pelanggan. Tambahkan juga informasi dasar terkait produk, seperti berat produk, dimensi paket dan harga.

4. Baca kebijakan privasi dan ketentuan persyaratan lainnya dengan detail

Pastikan Anda telah membaca dan memahami Ketentuan Layanan (Penjual), Perjanjian Jasa Logistik dan Kebijakan Privasi. 

Konklusi

Lazada memberikan dukungan penuh kepada setiap seller-nya serta berbagai keuntungan yang didapatkan, sehingga bisnis para seller bisa berjalan lebih optimal. Pebisnis pemula pun bisa dengan mudah memulai usaha online di Lazada.

Ragam artikel serta tips dan trik jualan online yang disajikan Lazada dan juga blog Yuk Jualan Online begitu mudah dipahami, bahkan oleh pebisnis pemula sekalipun. Dengan demikian, seller bisa meningkatkan skill sekaligus menambah wawasan seputar bisnis online yang sedang dijalani.

Ide Bisnis Online

Hal ini menjadi panduan yang sangat baik bagi setiap seller untuk mengelola sekaligus mengembangkan bisnis online di kemudian hari. Bagaimana, tertarik untuk jualan online di Lazada?

Semoga bermanfaat.

19 komentar untuk "5 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula"

  1. Iya ada banyak kekhawatiran untuk memulai usaha sendiri. Takut ini, takut itu. Akhirnya nggak jadi mulai. Sekarang lebih mudah kalo mau jualan online bisa lewat Lazada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah makanya sekarang pebisnis pemula nggak perlu khawatir lagi untuk memulai bisnis. Ayo bisa mencoba jualan online di Lazada saja. Banyak untungnya dan pastinya bakalan laris manis

      Hapus
  2. Betul sekali, Mas Hendra. Tantangan terbesar itu saat akan memulai usaha atau bisnis. Banyak sekali ketakutan-ketakutan. Saatnya bagaimana kalau banyak yang jualan sama? Bagaimana alau awalnya kurang laku? Bagaimana kalau ini itu? jad memang harus nekat jalan dulu.
    Apalagi jualan online semakin dibantu kehadiran e-commerce, termasuk Lazada yang memberi banyak kemudahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya mulai saja jualan online di Lazada aja, biar nggak muncul lagi rasa khawatir ini itu. Yoi nggak Mas Bams

      Hapus
  3. Lama saya punya lapak di lazada
    belum sempat terurus, terkendala dengan produk yang ingin dijual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mas sayang banget dah punya lapak, tapi tidak dimanfaatin. Ayo semangat jualannya, biar laris manis terus

      Hapus
  4. wah aku banget nih mas mau memulai bisnis tapi banyak takutnya jadinya nggak jadi-jadi deh mau usaha jualan. memang harus nekat sih kayaknya kalau mau usaha online ini tapi tetap perlu riset juga biar nggak sembarangan pilih bisnisnya

    BalasHapus
  5. Betul memang harus mencoba nekat, tapi tetap mesti ada pertimbangan. Ya tapi jangan kebanyakan pertimbangan juga, nanti malah enggak jadi-jadi.

    BalasHapus
  6. Nah evaluasi bisnis nih yang jangan terlewatkan. Jadi bisa ketahuan juga bisnis yang dijalankan itu udah balik modal gak, produk mana yang laku, de es be lah ya.

    BalasHapus
  7. Untuk memulai bisnis memang perlu persiapan ya. Biar mudah dan praktis harus banger nih jualan di Lazada.

    Di Lazada juga banyak fitur yang menguntungkan. Selain itu pangsa oasarnya kuas banget.

    BalasHapus
  8. Usaha dan bisnis dari 0 pun bisa bergabung dengan lazada. Saatnya mengembangkan bisnis UMKM anda secara global dengan Lazada

    BalasHapus
  9. Setuju kak. Bisnis yg sukses adalah bisnis yg segera mgkn dilakukan. Nanti saat ada tantangan, kita bs tanya ke yg lbh expert di bidangnya.

    Hny di Lazada ini, seller bs berkumpul menggali ilmu dan berbagi pengalamam ttg berjualan online. Shg bs maju bersama dan untung bersama.

    BalasHapus
  10. Cara daftarnya termasuk mudah ya. Tadi coba intip interface website untuk daftar juga termasuk mudah untuk pemula atau orang secara umum

    BalasHapus
  11. Siap menjadi jutawan dari jualan di Lazada
    Masih memusatkan produk apa nih yang bisa
    Hmmm jadi enggak sabar deh rasanya

    BalasHapus
  12. bisnis online memang lagi menjamur ya, byk anak muda udh pd melek bisnis juga jd byk yg jd pebisnis, tipsnya bagus nih thx ya

    BalasHapus
  13. Nyaman banget saat ini untuk Memulai Bisnis Online Bagi Pemula.
    Karena ada panduan lengkapnya di Lazada melalui yukjualanonline.

    BalasHapus
  14. Harus punya motivasi kuat dari dalam diri atau kadang motivasi muncul di saat kebutuhan memepet kita. Dengan adanya platform Lazada memudahkan kita untuk berjualan apapun ya...simple ga perlu sewa toko yg mahal smua bisa dilakukan dr rumah (gusti yeni)

    BalasHapus
  15. Menarik banget nih kesempatan menjadi seller di Lazada. Ternyata banyak keuntungannya ya. Kapan-kapan mau cobain ah.

    BalasHapus
  16. Bisnis yang gak sesuai passion memang memberatkan ya. Makanya harus yang sesuai passion agar bisa memulai dan menjalankan dengan tepat

    BalasHapus