Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Liburan Tetap Seru dan Fit di Musim Hujan

Tips Liburan Musim Hujan

Berlibur merupakan aktivitas paling menyenangkan yang dirasakan setiap orang. Selain sebagai refreshing, dengan liburan kita bisa mendapatkan pengalaman baru yang mungkin saja belum pernah kita dapatkan sebelumnya. Berlibur juga bermanfaat untuk mengembalikan mood serta menenangkan pikiran untuk sejenak.

Bagi Anda yang baru sempat dan sudah terlanjur menyusun rencana liburan ketika musim hujan tiba, sebaiknya persiapkan rencana liburan dengan sangat matang. Apalagi kondisi cuaca ketika musim hujan biasanya cenderung ekstrim dan tidak bisa diprediksi kapan hujan akan turun. Jangan sampai acara liburan Anda jadi berantakan hanya gara-gara kurang persiapan.

8 Tips Liburan di Musim Hujan Agar Tetap Seru dan Fit

Persiapan yang matang, tentu akan membuat liburan jadi terasa nyaman dan menyenangkan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin liburan di musim hujan. Berikut 8 tips liburan di musim hujan yang perlu Anda terapkan :

1. Tentukan destinasi wisata yang ingin dituju

Beberapa wisata alam, seperti arung jeram, air terjun, pantai ataupun perbukitan akan lebih berisiko ketika musim hujan tiba. Selain karena risiko terjadi bencana, juga bisa memengaruhi daya tahan tubuh Anda. Jadi, sebaiknya hindari dulu berlibur ke tempat wisata yang berhubungan dengan alam, agar tetap aman dan nyaman.

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih untuk berlibur ke tempat-tempat bersejarah, wisata kuliner atau taman rekreasi bersama keluarga. Tempat wisata ini cenderung lebih aman dibandingkan wisata alam di tempat terbuka. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pengalaman dan wawasan baru. 

2. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit

Jika kondisi tubuh kurang fit, kemungkinan besar liburan Anda akan terganggu. Anda jadi tidak fokus untuk melakukan berbagai aktivitas selama liburan. Saat cuaca tidak menentu, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit, karena daya tahan tubuh melemah.

Agar hal ini tidak terjadi menimpa Anda, maka pastikan Anda membawa vitamin dan mengonsumsi makanan dan minuman hangat untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadi, pastikan bahwa kondisi tubuh harus dalam keadaan fit sebelum Anda pergi liburan.

3. Persiapkan perlengkapan yang tepat selama liburan

Perlengkapan yang Anda bawa, tentu saja berbeda ketika liburan di musim hujan, karena membutuhkan lebih banyak perlengkapan. Apalagi jika Anda tetap ingin beraktivitas di outdoor selama musim hujan, Anda perlu membawa jaket, jas hujan, payung, sandal jepit, kantong plastik hingga dry bag.

Mungkin Anda tidak ingin melewatkan momen-momen berharga ketika beraktivitas di luar ruangan, jadi ada baiknya Anda perlu menyiapkan casing atau kantung plastik untuk membungkus ponsel, gadget ataupun kamera agar tidak terkena air hujan. Apalagi kondisi cuaca tidak bisa diprediksi.

4. Membawa baju hangat dan pakaian tambahan untuk cadangan

Ketika musim hujan tiba, udara akan terasa lebih dingin. Bahkan di beberapa daerah, dinginnya hingga terasa menusuk ke dalam tulang. Maka dari itu, Anda perlu memakai baju hangat agar tetap nyaman dan tidak menggigil kedinginan. Anda juga bisa tidur dengan nyenyak.

Baju tambahan diperlukan untuk mengganti pakaian yang mungkin saja terkena cipratan air hujan, meski sudah menggunakan jas hujan atau payung. Atau ketika Anda berada di luar ruangan, tiba-tiba hujan turun. Baju tambahan berguna agar terhindar dari pemakaian baju basah yang bisa membuat Anda mudah sakit, seperti masuk angin atau flu.

5. Pertimbangkan untuk membawa action cam

Jika Anda khawatir ponsel akan terkena air, maka bisa mempertimbangkan untuk membawa action camera yang telah dilengkapi dengan fitur waterproof. Dengan demikian Anda bisa mendokumentasikan berbagai aktivitas selama liburan. Tidak perlu khawatir lagi kamera akan terkena cipratan air atau air hujan.

Action cam menjadi alternatif pengganti kamera dslr ataupun ponsel, karena lebih tahan terhadap cipratan air. Bentuknya yang mungil, akan memudahkan Anda untuk menyimpannya di dalam tas pinggang ataupun ke dalam saku. Jadi lebih mudah untuk membawanya ke mana-mana.

6. Manfaatkan promo saat musim hujan

Ketika musim hujan tiba, tidak sedikit traveler yang membatalkan liburannya. Hal ini berimbas pada menurunnya tingkat okupansi hotel ataupun tempat wisata. Agar mendapatkan banyak pengunjung, biasanya mereka akan mengadakan promo menarik yang bisa Anda manfaatkan.

Anda bisa mencari info mengenai promosi lewat media sosial atau berbagai aplikasi traveler. Selain mendapatkan harga promo, ketika musim hujan pengunjung tempat wisata akan menurun, sehingga Anda akan mendapatkan suasana yang lebih tenang. 

7. Antisipasi keterlambatan transportasi akibat cuaca buruk

Beberapa moda transportasi biasanya mengalami keterlambatan atau ditunda ketika cuaca buruk terjadi. Misalnya saja penerbangan pesawat, seringkali jadwal akan ditunda, karena bisa membahayakan penumpang. Akibat kejadian ini, mungkin saja Anda akan merasa bosan saat menunggu.

Agar Anda tidak keburu bad mood, Anda bisa melakukan beberapa hal yang Anda sukai, misalnya saja membaca buku, bermain game atau sekadar keliling area bandara. Jadi, tidak ada salahnya Anda membawa buku bacaan favorit ketika pergi berlibur.

8. Perhatikan prakiraan cuaca

Informasi cuaca cukup membantu Anda untuk menghindari hujan datang, terutama bagi Anda yang memilih wisata di outdoor. Meski tidak selalu akurat, akan tetapi informasi cuaca ini setidaknya bisa dijadikan sebagai acuan prakiraan cuaca ketika musim hujan tiba. 

Anda bisa memasang aplikasi cuaca atau mencari informasi lewat mesin pencari hingga media sosial. Dengan mengikuti perkembangan informasi cuaca, setidaknya Anda memiliki sedikit persiapan menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi ketika hujan tiba.

Demikian informasi mengenai tips liburan musim hujan yang bisa Blogmashendra.com bagikan. Semoga bisa bermanfaat sekaligus menjadi pengingat, khususnya bagi Anda yang memang ingin liburan ketika musim hujan tiba.

2 komentar untuk "Tips Liburan Tetap Seru dan Fit di Musim Hujan"

  1. Memastikan dalam kondisi fit memang sangat penting si, Kak menurut saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Kalo badan Fit, mau liburan ke mana aja juga nggak masalah. Oh iya, sama isi dompet juga mesti Fit

      Hapus