Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Sumber Modal Ini Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis

Sumber Modal untuk Bisnis

Tidak sedikit orang yang tertarik untuk menjalani bisnis, karena bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Berbagai strategi bisnis pun dilakukan agar bisnis dapat terus tumbuh dan berkembang. Keuntungan bisnis yang besar menjadi salah satu godaan untuk menekuni bidang tersebut. 

Beberapa faktor yang akan membuat bisnis dapat berjalan adalah modal. Modal menjadi kunci paling penting dalam membangun sebuah bisnis. Modal yang besar memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak peluang yang baik untuk membangun dan mengembangkan bisnis tersebut.

Sumber Modal yang Dapat Digunakan untuk Mengelola Bisnis

Sangat penting bagi Anda untuk menyiapkan modal sesuai dengan anggaran yang telah direncanakan sebelumnya, sehingga bisnis pun dapat berjalan dengan lancar. Nah, berikut setidaknya terdapat enam sumber modal yang dapat Anda gunakan sebagai modal dalam membangun dan mengembangkan bisnis :

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Seperti kita ketahui, keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia menjadi penopang perekonomian masyarakat. Pemerintah sangat peduli untuk membantu meningkatkan kualitas UMKM, yakni dengan cara menyediakan sejumlah program pinjaman yang dikelola dan disalurkan melalui perusahaan swasta maupun perusahaan  milik pemerintah.

Salah satu program pinjaman tersebut adalah KUR yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis sebagai modal usaha. Pinjaman KUR menerapkan suku bunga yang rendah, sebab telah disubsidi oleh pemerintah. Persyaratan untuk mengajukan KUR juga terbilang cukup mudah. Jika kamu tertarik, kamu bisa mencobanya!

2. Modal dari investor

Sumber modal bisnis dari investor atau pemodal juga dapat digunakan untuk kebutuhan modal berbisnis. Investor adalah seseorang yang menginvestasikan uangnya pada sebuah bisnis. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari modal yang diinvestasikan tersebut.

Untuk meyakinkan investor agar tertarik mendanai bisnis Anda, maka Anda perlu membuat sebuah proposal bisnis yang menunjukkan rencana bisnis dan juga aktivitas bisnis itu sendiri. Proposal harus dibuat secara detail dan semenarik mungkin, sehingga investor tidak ragu lagi untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis Anda.

3. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA juga bisa menjadi dipertimbangkan sebagai sumber modal lainnya yang dapat Anda manfaatkan. Jumlah dana yang dapat dicairkan dari KTA juga tergolong cukup besar, bahkan hingga mencapai ratusan juta rupiah. Namun besarnya jumlah pinjaman ini tentu akan disesuaikan dengan kondisi keuangan pemohon, termasuk kemampuan bayarnya.

Pada umumnya pinjaman KTA ini disediakan oleh bank, baik bank swasta maupun bank milik pemerintah. Zaman sekarang, syarat pengajuan KTA terbilang lebih mudah dan cukup praktis. Dalam KTA juga menyediakan beragam tenor dan bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan. Bagaimana, apakah Anda tertarik??

4. Venture Capital

Sumber modal berikutnya bisa berasal dari sebuah perusahaan khusus pendanaan atau biasa disebut Venture Capital. Perusahaan model ini memang fokus pada aktivitas mendanai bisnis pemula, misalnya saja perusahaan startup. Ada beberapa pihak yang terlibat dalam perusahaan ini, biasanya meliputi investor, pihak bank, lembaga keuangan dan pastinya si pebisnis itu sendiri. 

Beberapa pihak yang tergabung dalam Venture Capital ini nantinya akan mengumpulkan sejumlah dana yang akan disalurkan ke berbagai perusahaan yang mereka danai. Sebelum approval, akan dilakukan sejumlah pertimbangan dan evaluasi terlebih dulu terhadap perusahaan peminjam dana.

5. Pinjaman online

Pinjaman online atau pinjol belakangan ini sangat marak. Jenis pinjaman yang satu ini dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan untuk mencari modal bisnis, Saat ini ada banyak perusahaan dan lembaga keuangan bukan bank yang menyediakan pinjaman online. Peminjam dapat mengakses dengan mudah melalui aplikasi pada ponsel ataupun melalui website resmi milik mereka.

Pinjaman ini juga menerapkan persyaratan yang cukup mudah dan simpel, sehingga tidak sedikit orang yang mengaksesnya. Plafon pinjaman online ini biasanya akan disesuaikan dengan kondisi keuangan si pemohon. Tenor pinjaman juga cukup beragam, sehingga pemohon dapat menyesuaikan dengan kondisi keuangannya. Namun, pinjaman ini menerapkan bunga yang cukup besar, sehingga pikir matang-matang sebelum mengajukan pinjaman online.

6. Modal pribadi

Nah ini dia sumber modal bisnis yang paling baik dan ideal. Dengan menggunakan modal pribadi, Anda dapat membuat perencanaan bisnis yang lebih lancar, karena tanpa adanya beban utang sama sekali. Anda akan lebih mudah lagi untuk membangun dan mengembangkan bisnis jika memang jumlah tabungan Anda benar-benar memadai.

Manfaatkan modal pribadi sebaik mungkin untuk menjalani bisnis Anda, agar uang yang Anda miliki tidak habis begitu saja. Pemanfaatan modal yang optimal mampu membantu bisnis dapat tumbuh dan berkembang lebih baik. 

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "6 Sumber Modal Ini Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis"

  1. Wah benar banget tuh, kalau menurut saya juga menggunakan modal pribadi itu terlebih dahulu

    BalasHapus