Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bisnis Hotel Sukses, Perhatikan Ini!

Tips Bisnis Hotel

Salah satu ide bisnis yang tidak lekang oleh waktu, yaitu bisnis perhoteln. Permintaannya yang tinggi membuat bisnis hotel ini banyak bermunculan. Maka dari itu, jika Anda tertarik untuk merintis sebuah bisnsi baru, ide bisnis perhotelan ini patut untuk dilirik. 

Bicara mengenai memulai bisnis, seperti misalnya bisnis perhotelan, tentunya Anda akan memerlukan modal yang tidak sedikit. Jika Anda memerlukan dana tambahan yang bisa dimanfaatkan sebagai modal untuk merintis sebuah bisnis, saat ini Anda dapat mengumpulkannya dari profit investasi yang Anda lakukan, seperti berinvestasi Reksadana.

Untuk itu, bagi Anda yang tertarik merintis bisnis perhotelan, artikel ini akan mencoba membahas tips-tips apa saja yang dapat diterapkan. Penjelasan lengkapnya dapat Anda temukan pada pembahasan berikut.

Peluang Bisnis Hotel Di Indonesia

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tips-tips yang bisa diaplikasikan saat hendak memulai bisnis perhotelan, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang peluang dari ide bisnis ini.

Selama 10 tahun terakhir, pemerintah telah banyak melakukan terobosan dalam sektor pariwisata kita. Salah satunya yaitu dengan mengadakan pertemuan secara internasional untuk memperkenalkan pariwisata dan juga keindahan yang dimiliki Indonesia ke mata dunia.

Usai pulih dari pandemi, kini sektor pariwisata di Indonesia sudah semakin membaik. Masyarakat sudah mulai kembali berkegiatan dengan normal dan mulai meluangkan waktunya untuk melakukan perjalanan wisata.

Memulai Bisnis Hotel
Sumber gambar : Pexels

Bicara soal sektor pariwisata, tentunya bisnis perhotelan tidak dapat lepas dari sektor tersebut. Sebab umumnya hotel-hotel yang sudah beroperasi itu digunakan sebagai tempat singgah selama beberapa waktu oleh pengunjung ketika sedang melakukan perjalanan wisata maupun kegiatan penting lainnya.

Dengan fungsinya sebagai salah satu sarana akomodasi tersebut, tentunya para pebisnis hotel perlu berlomba-lomba untuk menyediakan fasilitas selengkap mungkin untuk ditawarkan kepada para pelanggannya agar bisa bersaing. Tidak hanya itu, para pebisnis juga perlu pintar dalam mematok harga penginapannya agar hotel mereka dapat dijangkau oleh kalangan yang tepat.

Didukung dengan tuntutan masyarakat yang tinggi karena sudah mulai kembali melakukan perjalanan wisata dan mengadakan kegiatan di luar kota, tentunya bisnis perhotelan ini patut dicoba sebab peluangnya yang bisa saja akan terus meningkat.

Tips Memulai Bisnis Hotel

Setelah mengetahui tentang gambaran peluang dari bisnis perhotelan, pada poin ini akan dibahas mengenai tips-tips yang bisa Anda aplikasikan ketika hendak memulai bisnis tersebut.

Beberapa tips penting yang dapat mendorong kesuksesan dari bisnis perhotelan yang hendak Anda lakukan antara lain, yaitu sebagai berikut.

  • Tentukan Keistimewaan pada Konsep Hotel 

Salah satu tips pertama yang bisa Anda terapkan agar bisa sukses merintis bisnis hotel, yaitu Anda perlu menentukan suatu keistimewaan yang akan ditonjolkan pada konsep hotel Anda tersebut.

Dengan memiliki sebuah keistimewaan, maka hotel Anda jadi memiliki keunikan tersendiri yang bisa menarik semakin banyak pelanggan.

  • Sediakan Fasilitas yang Lengkap

Agar tidak kalah dengan pesaing bisnis lainnya, maka Anda perlu menyediakan fasilitas yang lengkap di hotel Anda tersebut. Dengan kelengkapan fasilitas yang terjamin, maka pelanggan hotel Anda jadi bisa merasa lebih nyaman.

  • Sesuaikan dengan Modal

Saat hendak memulai bisnis perhotelan, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui besaran modal yang dimiliki. Dengan begitu, Anda jadi bisa menyesuaikan perintisan bisnis tersebut sesuai dengan kepemilikan modal Anda.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan dana sebagai modal bisnis, yaitu dengan berinvestasi. Saat ini ada beberapa jenis investasi yang dapat Anda coba untuk bisa mendapatkan keuntungan maksimal, tentunya dengan strategi yang tepat, seperti misalnya instrumen Reksadana.

  • Kedepankan Pelayanan yang Nyaman

Kesuksesan suatu bisnis dapat dinilai dari kepuasan pelanggan. Maka dari itu, untuk bisa mendapatkan penilaian yang memuaskan, Anda perlu mengedepankan pelayanan yang nyaman kepada tiap-tiap pelanggan.

  • Lakukan Riset yang Mendalam

Agar kesuksesan bisnis hotel Anda bisa terus berkembang, maka Anda perlu untuk melakukan riset yang mendalam. Riset ini perlu dilakukan untuk dijadikan patokan agar bisnis hotel yang Anda jalankan bisa semakin memuaskan pelanggan yang menginap di hotel Anda.

  • Gencarkan Promosi

Kesuksesan sebuah bisnis dapat diukur dari kegiatan promosi yang dilakukan. Maka dari itu, Anda perlu gencar melakukan promosi dan memasarkan bisnis hotel Anda agar masyarakat yang mengetahui bisnis Anda bisa semakin banyak.

Sekarang ini, ada banyak kegiatan promosi yang bisa dilakukan. Salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan bisnis Anda yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Selain mudah, mempromosikan bisnis menggunakan media sosial juga bisa menjangkau lebih banyak masyarakat.

  • Pasang Penawaran Khusus

Selain perlu melakukan promosi, agar bisa lebih menarik lebih banyak pelanggan, Anda juga perlu mencoba memasang penawaran khusus. Tidak perlu dilakukan setiap hari, namun Anda dapat memasang penawaran khusus ini pada situasi dan kondisi tertentu, seperti potongan harga, harga bundle, maupun pemberian poin dan hadiah tertentu.

Raup Keuntungan Maksimal dan Mulai Bisnis Perhotelan 

Investasi bisa menjadi cara yang tepat apabila Anda berniat mengumpulkan dana untuk nantinya dijadikan sebagai modal bisnis. Apabila Anda tertarik, Anda bisa mencoba berinvestasi jenis Reksadana bersama perbankan prioritas DBS Treasures.

Dengan berinvestasi bersama DBS Treasures, ada beberapa keunggulan yang dapat Anda rasakan. Keunggulan-keunggulan tersebut antara lain investasi yang langsung dikelola oleh Manajer Investasi profesional hingga diversifikasi ke berbagai aset investasi sehingga lebih minim risiko.

Raih kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. 

Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Apabila Anda tertarik untuk memulai investasi dengan instrumen Reksadana bersama DBS Treasures, Anda bisa mempelajari detailnya dengan klik di sini.

1 komentar untuk "Tips Bisnis Hotel Sukses, Perhatikan Ini!"

  1. Wah bermanfaat banget nih, Kak tipsnya agar bisnis hotel bisa sukses. Terima kasih informasinya

    BalasHapus