Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Email Hosting Profesional untuk Bisnis

Manfaat Email Hosting untuk Bisnis

Memasuki era digital seperti saat ini, keberadaan email memiliki peranan yang sangat penting. Selain digunakan untuk berkomunikasi, email juga digunakan untuk membuat akun di media sosial. Jadi bisa dibilang, sekarang ini hampir setiap orang memiliki email, tetapi tentu saja untuk kebutuhan yang berbeda-beda.

Sebagian besar orang menggunakan email untuk berkomunikasi dan saling berkirim dokumen, seperti file, foto dan video. Namun sebagian lainnya lagi menggunakan email hanya untuk membuat akun medsos maupun proses registrasi lainnya, misalnya saja akun Google Play Store.

Lalu, apa sih email itu?

Email atau electronic mail (surat elektronik) merupakan fasilitas komunikasi dalam internet yang berfungsi untuk mengirim surat secara elektronik

Demikian sebuah kutipan seperti dilansir dari buku Modul E-Commerce: Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (2019) - karya Yeni Susilowati.

Email dinilai jauh lebih efektif dan efisien dibanding surat-menyurat, karena kita tidak perlu repot lagi mengirim surat melalui kantor pos seperti dulu.

Selain digunakan untuk berkomunikasi, email juga memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

  • Digunakan untuk mendaftar akun media sosial dan juga beberapa website lainnya
  • Sebagai sarana promosi barang maupun jasa
  • Digunakan untuk mengirim dan menerima file berupa dokumen, foto dan video
  • Bahkan pada beberapa merek gadget, email bisa digunakan untuk mengaktifkan ponsel
  • Sebagai sarana komunikasi modern yang cukup efektif dan efisien

Ada Email Gratisan dan Ada Juga Email Berbayar. Apa Bedanya?

Bagi yang belum tahu, email itu ada yang gratisan dan ada juga yang berbayar. Nah bagi Anda yang masih menggunakan alamat email seperti @gmail.com atau @yahoo.com, berarti ini adalah email gratisan. Artinya Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membuat email ini.

Pada umumnya, email gratisan digunakan untuk kepentingan pribadi saja, misalnya saja untuk membuat akun di medsos maupun melakukan proses registrasi lainnya. Meski ada juga yang menggunakannya untuk kepentingan bisnis.

Berbeda dengan email gratisan, email berbayar atau disebut juga email hosting memungkinkan penggunanya untuk memiliki email dengan nama domain sendiri, misalnya saja job@blogmashendra.com. 

Untuk bisa menggunakan layanan email hosting, Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membuatnya. Tentu saja dengan fitur yang lebih baik dan lebih banyak dibanding email gratisan.

Manfaat Email Hosting Profesional untuk Bisnis

Email berbayar memiliki beberapa manfaat dan juga kelebihan yang tidak dimiliki oleh email gratisan. Sudah banyak profesi yang menggunakan email hosting profesional ini, di antaranya pebisnis online, web developer, blogger dan lain sebagainya.

Kelebihan Email Berbayar

Penasaran dong, apa saja manfaat email hosting? Simak yuk ulasan lengkapnya berikut ini :

1. Meningkatkan kredibilitas

Jika bisnis Anda ingin terlihat lebih profesional, disarankan untuk menggunakan layanan email bisnis. Makanya tidak heran, jika perusahaan selalu menggunakan email berbayar agar terlihat lebih kredibel dan terpercaya. Secara umum, konsumen akan lebih mudah percaya dengan perusahaan yang menggunakan alamat email bisnis dibanding email gratisan. 

2. Meningkatkan branding

Ketika Anda mengajukan proposal bisnis ke klien dan mengirimkannya menggunakan email gratisan, maka ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, klien akan mengabaikan email tersebut. Kedua, bisa saja klien membuka dan membaca email tersebut, tetapi tidak mengetahui dari perusahaan mana, kecuali jika ada pernyataan di dalamnya.

Dengan mengandalkan email bisnis berbayar, secara tidak langsung Anda juga akan ikut meningkatkan branding bisnis yang Anda kelola. Tentu Anda tidak ingin kehilangan klien hanya gara-gara hal sepele ini bukan?

3. Kapasitas penyimpanan lebih besar

Layanan email gratisan hanya menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB saja. Itupun masih berbagi dengan penyimpanan Google Drive dan Google Photos. Untuk penggunaan pribadi, hal ini mungkin saja bukan masalah besar. Namun berbeda ketika digunakan untuk bisnis, akan membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar lagi.

Email hosting profesional menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, bahkan hingga 100 GB. Kapasitas yang besar akan memberikan keleluasaan Anda dalam menyimpan berbagai file, mulai dari foto, dokumen dan juga video. 

4. Keamanan privasi yang lebih baik

Anda tentu tidak mau jika ada data atau informasi pribadi yang bocor ke pihak lain bukan? Hal ini tentu akan sangat merugikan Anda dan juga bisnis Anda. Penyedia layanan email hosting kemungkinan besar tidak akan mengintip isi pesan-pesan yang Anda terima maupun kirim. Layanan email hosting profesional juga telah dilengkapi dengan proteksi terhadap spam, phising serta malware.

5. Mudah digunakan

Apakah penggunaan email hosting cukup rumit? Tidak juga kok. Baik email gratisan maupun email berbayar sama-sama mudah digunakan. Dan bisa akses melalui website maupun ponsel kapan saja dan dari mana saja.

Konklusi

Saat ini, email gratisan rentan dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawan untuk melakukan penipuan di internet. Bagi yang masih awam, tentu akan mudah percaya dengan isi pesan yang dikirimkan oleh si penipu. 

Berbeda dengan email hosting profesional, yang mana hampir tidak pernah digunakan untuk melakukan penipuan. Namun meski begitu, Anda wajib tetap waspada selalu dengan berbagai modus cyber crime yang semakin marak terjadi belakangan ini.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan layanan email berbayar, Anda bisa segera menghubungi website www.domainesia.com dan dapatkan email hosting dengan harga yang terjangkau.

Domainesia adalah perusahaan penyedia layanan web hosting dan registrasi domain murah, terjangkau dan berkualitas di Indonesia. Anda bisa membeli berbagai ekstensi domain untuk website yang Anda kelola, mulai dari domain .com, domain .id, domain .net dan lain sebagainya.

FYI, khusus domain .id ini memiliki reputasi yang baik dan terpercaya loh. Selain lebih SEO friendly, domain ini juga ramah bagi mesin pencarian, karena saat ini algoritma pada mesin pencari lebih memprioritaskan pencarian lokal. 

Yuk segera dapatkan domain .id dengan harga terjangkau hanya di DomaiNesia.

Semoga bermanfaat.

36 komentar untuk "5 Manfaat Email Hosting Profesional untuk Bisnis "

  1. Memang untuk bisnis lebih profesional kalo pakai email berbayar sih. Semoga kelak bisa segera pakai email berbayar deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin, semoga terwujud ya untuk punya email berbayar

      Hapus
  2. Baru paham kalau ada email hosting, tentunya di dunia bisnis sangat bermanfaat untuk digital marketing. Tidak hanya akun media sosial saja yang bisa dibuat bisnis, ternyata email juga efektif. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang komunikasi lewat email juga. Pakai email hosting jauh lebih terpercaya dan profesional

      Hapus
  3. Tertarik nyoba email hosting tapi mungkin nanti kalo sudah punya brand sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bikin Mas, biar bisa menjaring lebih banyak klien lagi

      Hapus
  4. perkara email ini, entah ada berapa banyak email yang saya miliki dan semuanya dianggap pentng versi saya, sampai benar-benar ngerasa terlalu banyak email. Heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pasti email nya sudah menghasilkan cuan nih 👍

      Hapus
  5. Kalau kita beli hosting, otomatis dapat alamat email khusus ini, kan. Jadi biaya itu ga cuma untuk beli email tapi utamanya ya buat bangun website. Atau ada harga yang sekadar untuk beli alamat email?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, beli hosting bisa dapat email berbayar dengan nama domain atau brand

      Hapus
  6. Menggunakan email hosting impian bloger profesional nih.
    Ternyata domainesia menyediakan layanan email hosting juga selain domain.
    Terima kasih informasinya, mas Hendra.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga ya sudah mampir ke blog saya

      Hapus
  7. jadi penasran dengan email hosting ini. Betul banget bagus untuk branding dan memang memupuk kepercayaan orang sehingga kita tampak profesional.

    BalasHapus
  8. Sampai sekarang saya masih bergantung sama e-mail gratis 🤭 Semoga nanti bisa pakai yang berbayar deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa-apa kok, yang penting bisa tetap cuan. Cuma kalau pakai email berbayar bisa meningkatkan kepercayaan konsumen...

      Hapus
  9. Email gratisan memang terbatas banget. Sekarang kepikiran buat beli email berbayar karena kebutuhan buat blog juga makin banyak. Apalagi lebih profesional buat cantumin di blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih keren, semoga bisa segera terwujud ya punya email berbayar

      Hapus
  10. Email yang profesional lebih kredibel dan terpercaya ya memang.
    Buat pekerja memiliki email seperti ini tentunya dapat meningkatkan personal branding juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terutama bagi para pekerja digital, email hosting sangat disarankan sih

      Hapus
  11. Emang baiknya kalau untuk bisnis gunakan email profesional. Beneran menaikan kepercayaan ya mas. Apalagi sekarang banyak penipuan. Kalau biasanya email penipu mana mau pake email hosting profesional.

    BalasHapus
  12. Bagi pelaku bisnis emang sudah selayaknya menggunakan email hosting seperti ini ya mas
    Biar terlihat lebih profesional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali itu. Dengan email hosting semakin cuan

      Hapus
  13. Jaman sekarang usaha onlien makin marak. Naah butuh banget beli.domain.untuk.web kita atau blog. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  14. Emang bener kalo pake email sendiri tuh jadi lebih percaya untuk menjalin kerjasama. Kalo udah perusahaan menengah - besar, lebih baik pake email hosting ini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo perusahaan sih sudah seharusnya pakai email berbayar, biar makin profesional

      Hapus
  15. Oh kirain ke gmail nya ternyata ke penyedia domainnya ya..menarik sih ini emang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak dong, email berbayar bisa dikustom sesuai nama domain atau website

      Hapus
  16. Untuk keperluan bisnis lebih profesional emang ya kalau pakai email hosting. Apalagi pakai email yang disediakan hosting juga lebih terjamin sih keamanannya

    BalasHapus
  17. Sebagai catatan domain.id recomended ya kak...memang kalau bisnis harus pakai email berbayar supaya lebih bisa di percaya juga sama client. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  18. Untuk yang mau fokus dan serius sama usahanya, sangat wajib sih untuk memiliki email hosting, apalagi usahanya bergelut di bidang teknologi. Agar terlihat lebih professional dan kredibel, email hosting jadi solusinya.

    BalasHapus
  19. Bagus banget kalau memiliki email berbayar. Dari alamatnya aja uda tampak berbeda dan profesional. Dan benefits lain yang dirasakan juga banyak yaa.. Sangat sesuai dengan apa yang kita keluarkan.

    BalasHapus
  20. iya nih kak, kalau memang bisnisnya di industri digital, rasanya perlu banget punya email hosting sendiri. yang profeisonal dan bisa kita kabarkan ke pelanggan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelaku bisnis digital semacam blogger juga perlu loh

      Hapus