Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Belajar Desain Interior? Ke Kampus Binus Bandung Saja!

Belajar Desain Interior

Belakangan ini, saya lagi ketagihan bermain game Minecraft di ponsel. Di permainan ini, saya bebas berkreasi menyusun balok untuk membangun apa saja, mulai dari kapal laut, gedung bertingkat, rumah mewah, villa, sekolah dan lainnya. Agar interiornya lebih menarik, di dalamnya saya tambahkan beberapa furniture pendukung, mulai dari tv, sofa, lemari, pajangan dan berbagai hiasan lainnya.

Saya bisa dengan leluasa mengatur posisi furniture tersebut di tempat yang diinginkan. Meski pada dasarnya saya tidak mengerti sama sekali mengenai ilmu dasar interior desain, akan tetapi justru imajinasilah yang menuntun saya untuk berkreasi dengan mainan tersebut. Bahkan di kehidupan nyata pun, saya juga hobi mengatur interior rumah saya sesuka hati.

Apa Itu Desain Interior?

Ngomongin soal desain interior, ilmu desain interior akan mempelajari perencanaan ruang dan tata letak di dalam sebuah bangunan, sehingga memenuhi persyaratan dalam memperoleh kenyamanan, kepuasan, kebutuhan fisik dan spiritual tanpa mengabaikan faktor estetika. 

Biasanya sebuah desain interior akan mewakili suasana hati serta kepribadian si pemilik bangunan tersebut. Semakin sedap dipandang sebuah interior, maka bisa dipastikan si penghuninya adalah orang yang senang dengan kerapihan. 

Belajar Desain Interior
Image : pixabay/bedrck

Tujuan dari merancang interior sebenarnya bukan hanya memaksimalkan fungsi ruangan saja, akan tetapi membuat penghuninya merasa betah dan nyaman. Selain ruangan menjadi fungsional, ruangan juga memiliki nilai estetika yang baik, sehingga ruangan menjadi lebih indah dipandang.

Apa saja yang Akan Kalian Lakukan Saat Bekerja di Bidang Desain Interior?

Kalian yang mengambil kuliah jurusan desain interior, biasanya bakalan ngapain aja kalau kalian bekerja di bidang ini? Kalian akan banyak bertemu dengan klien untuk mengatur biaya rancangan untuk sebuah ruangan.

Belajar Desain Interior
Image : pixabay.com/mwitt1337

Selanjutnya, kalian perlu mulai project research untuk mencari material yang tepat untuk mengisi ruangan tersebut. Menggambar desain dan mempresentasikannya ke klien. Seorang desain interior, tidak hanya jago menyulap ruangan menjadi lebih keren, tapi juga berbagai aspek pendukung lainnya.

Prospek kerjanya juga dianggap cukup gemilang, mulai dari konsultan desain interior, perancang desain interior, peneliti desain interior, penyedia produk dan masih banyak lagi.

Belajar Desain Interior di Binus Bandung

Bagi kalian yang memang hobi mengatur dan mengelola interior ruangan, dan tertarik untuk belajar desain interior, maka kalian bisa memilih Kota Bandung sebagai tujuan. Di sini, kalian bisa mengambil jurusan desain interior di Bandung, lebih tepatnya di Universitas Binus.

Jurusan Desain Interior di Binus Bandung
Image : binus.ac.id

Bandung, menjadi salah satu tempat wisata favorit keluarga bagi sebagian besar warga Jakarta dan sekitarnya. Makanya tidak heran jika musim liburan tiba, banyak kendaraan plat B yang berseliweran di sana. Fenomena ini dianggap lumrah, mengingat Bandung memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari kuliner, tempat wisatanya yang banyak dan juga bangunan bersejarah.

Hingga tulisan ini dibuat, Kampus Binus sendiri tersebar di banyak kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bekasi, Bandung, Semarang, Malang dan Palembang. Kampus Binus sudah cukup populer di Indonesia, karena dilengkapi dengan fasilitas yang keren dan materi paling update.

Kampus Binus Bandung terkenal dengan slogan Kampus Teknologi Kreatif, karena memadukan ilmu kreatif yang berbasis pada teknlogi. Hal ini sangat cocok bagi kalian yang memang tertarik dengan jurusan kreatif, tapi juga ingin melek dan update seputar teknolgi.

Alamat Kampus Binus Bandung :

Jalan Pasirkaliki No. 25 - 27, Paskal Hyper Square, Bandung

Program Studi S1 Interior Design Universitas Binus Bandung

Kampus Binus Bandung menyediakan program S1 untuk Computer Science (Informatics), Visual Communication Design, Interior Design, Creativepreneurship dan 2+1+1 Program.

Jurusan Desain Interior di Binus Bandung
Image : interior.binus.ac.id

School of Design menaungi program studi desain interior yang memadukan ilmu seni dan teknik seputar ruang dan pengelolaannya serta penggunanya. Desain interior sendiri merupakan perpaduan kreativitas dan keahlian teknik yang menyeimbangkan antara fungsional dan estetika.

Selain teori yang berbobot, kalian juga akan diasah untuk memiliki keterampilan atau skill yang sangat dibutuhkan di masa depan, mulai dari keterampilan dalam memecahkan masalah yang kompleks (complex problem-solving skills), keterampilan berpikir kritis (critical thinking skills), kreativitas (creativity), keterampilan untuk berkoordinasi (coordinating others) dan berbagai keterampilan lainnya.

Jurusan Desain Interior di Bandung

Adapun misi dari program studi desain interior Binus Bandung adalah sebagai berikut :

1. Mendidik setiap mahasiswa menjadi orang yang tidak hanya kreatif, tapi juga inovatif. Selain itu juga mampu berkolaborasi dengan bidang kreatif lainnya serta memiliki etika yang tinggi secara profesional maupun dalam berwirausaha.

2. Mendidik setiap mahasiswa agar memiliki peran strategis dalam dunia industri dan juga di masyarakat. Selain itu juga mempersiapkan mahasiswa untuk berperan aktif secara nasional dalam profesinya sebagai desainer interior.

3. Membina mahasiswa yang memiliki wawasan dan tetap mengedepankan nilai-nilai budaya nasional serta budaya Sunda yang berorientasi pada desain teknologi kreatif.

4. Membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui kontribusi nyata yang mengacu pada kegiatan Tridharma perguruan tinggi.

5. Melalui karya desain interior yang bernilai tinggi serta berkualitas, mampu memberikan sumbangsih kepada masyarakat Indonesia.

Jurusan Desain Interior di Bandung

Prospek Karir Seorang Desain Interior 

Ada begitu banyak prospek karir yang sangat cemerlang bagi seorang desain interior. Lulusan seorang desain interior bisa memilih bergabung dengan berbagai perusahaan kontraktor sebagai desainer interior spesialis atau bahkan kalian juga bisa mendirikan kantor konsultan sendiri. Sangat menarik bukan?

Jurusan Desain Interior Bandung
Image : pixabay/tumisu

Apalagi di era modern, kebutuhan hunian semakin berkembang. Ini artinya banyak perusahaan properti akan membutuhkan sentuhan seorang desainer interior untuk menghadirkan feel yang tepat dengan calon penghuni rumah baru.

Ngomongin soal peluang kerja, ternyata lulusannya tidak hanya jadi seorang desainer interior atau konsultan interior saja, akan tetapi sangat beragam. Berikut detailnya :

  • Konsultan Desain Interior & Furniture
  • Kontraktor Desain Interior & Furniture
  • Business Owner Furniture dan Produk aksesoris desain interior
  • Pengelola workshop Furniture dan Produk  aksesoris desain interior
  • Ahli Muda Desainer Interior (HDII)
  • Gallery owner desain interior dan furniture
  • Jurnalis Desain Interior, Arsitektur, Landscape
  • Researcher ilmu arsitek, desain dan seni rupa
  • Fotografer arsitektur, desain interior, produk dan landscape
  • RND di industri produk interior dan furniture
  • Setting and Property Designer
  • Kurator pameran/galeri/museum desain
  • UX designer
  • Retail visual merchandiser
  • Exhibition Designer
  • Production House Designer
  • Stylist for interior magazine
  • Trader
  • Buyer mechandizing
  • Educational profession

Konklusi

Dengan memilih jurusan desain interior di Bandung, atau lebih tepatnya di Universitas Binus, kalian tidak hanya menjadi seorang desainer interior yang ahli di bidangnya, tapi juga bisa menciptakan peluang bisnis yang cemerlang.

Kalian bisa mendirikan kantor konsultan desain interior yang memiliki target yang luas. Apalagi saat ini jasa desain interior cukup banyak dibutuhkan, tidak hanya oleh perusahaan properti, tapi juga perkantoran, perhotelan maupun pribadi.

Jadi, tunggu apalagi, bagi kalian yang memang punya passion di bidang desain interior khususnya, maka memilih jurusan desain interior di Binus, Bandung adalah pilihan yang tepat. 

Semoga bermanfaat.

38 comments for "Mau Belajar Desain Interior? Ke Kampus Binus Bandung Saja!"

  1. Wah Binus sekarang udah ekspansi ke Bandung ya. Emang sih desain interior akan menjadi jurusan yang paling banyak dicari ke depan di tengah maraknya orang punya rumah. Tentu kalau punya rumah ingin mempercantik interiornya donk? Ntar main2 ah ke Binus Bandung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mas, jurusan desain interior punya prospek yang cukup cemerlang ya. Karena setiap hari ada saja orang atau perusahaan yang membangun rumah, gedung atau bangunan lainnya. Pastinya mereka butuh seorang desain interior yang andal dong untuk membuat interior menjadi lebih sedap dan indah dipandang

      Delete
  2. Saya kira Binus hanya ada di Jakarta, ternyata di Bandung juga ada yaa. Menarik sih jurusan Desain Interior, setelah lulus gak hanya bisa desain rumah orang tapi juga desain interior rumah sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda salah besar, Binus sudah tersebar di beberapa kota besar. Enak kan pintar desain interior, bisa desain isi rumah sendiri dong

      Delete
  3. Dulu sempat pernah kerja 1 grup dengan pekerjaan interior, disaat itu pula lah mulai menghargai interior sebagaimana mestinya :))

    Itu gedung binus cakep bener yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata nggak mudah ya dari seorang desainer interior dong ya? Model gedungnya kekinian banget ya

      Delete
    2. Kalau dulu saya cuma mikirin exterior dan bentuk bangunan, setelah bekerja di kantor interior saya sadar, yang kita nikmati itu interior, bukan exteriornya :))

      Delete
    3. Nah iya, lebih baik interior bintang 5 & eksterior bintang 1, daripada sebaliknya. Karena kita tinggal di dalamnya, bukan di luarnya. Meski dari luar hanya tembok bata dan belum dipelur, tapi kalau dalamnya kayak hotel bintang 5, ya mendingan ini sih....Daripada sebaliknya.

      Delete
  4. Akhir -akhir ini seneng banget home and decor. Mungkin karena terlalu lama di rumah ya. Makanya seneng banget baca artikel beginian 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Syukur deh kalau senang dengan desain interior gini. Semoga bermanfaat...

      Delete
  5. Saya main kurang jauh kayaknya, berkutat di hutan Kalimantan nih sampai saya gak tau di Binus ada tempat yang mantap untuk belajar desain interior

    Saya suka desain tapi belum sampai desain bangunan secara detail, baru desain spanduk aja.. hehehehe

    ReplyDelete
  6. Strategis nih lokasi kampus Binus di Bandung. Kalopun ada dosennya yang dari Binus Jakarta, nggak perlu nyebur ke kemacetan Bandung dulu. Keluar tol Pasteur, tinggal ngesot dikit nyampe ke kampus Binus Bandung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini pasti urang Bandung teh nya? Hehehehe... Sampe apal kitu

      Delete
  7. Ini profesi yang makin banyak dicari ya kak? Karena kenyamanan hunian memang amat penting. Nah, untuk bikin desain yang nggak mahal tapi nyaman itu kan nggak gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Kak, meski lagi pandemi, profesi desainer interior cukup diminati pasar kerja

      Delete
  8. Aku tahunya binus yang di Malang. Gedungnya keren dan futuristik. Jadi ngimpi nih kapan ya bisa jadi warga binus hehe...

    ReplyDelete
  9. Di masa modern sekarang ini, lulusan jurusan desain interior pasti mudah terserap pasar kerja karena banyak yang membutuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya prospeknya oke ya Kak, meski diterpa pandemi, bisnis properti terus tumbuh,

      Delete
  10. Baru tau Binus juga ada kampusnya di Bandung, Jurusan interior desain ini seperti jurusan arsitek gak sih? Sepertinya jurusan ini jadi jurusan favorit anak muda saat ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah hadir di beberapa kota besar Mba... Jurusan arsitek dan desain interior ini beda. Kalo arsitek itu mendesain bangunan secara keseluruhan, tapi desain interior hanya bagian dalam ruangan atau bangunan saja.

      Delete
  11. saya yakin di kemudian hari pasti jurusan ini banyak di cari oleh orang untuk mendesain interior, rumah, gedung dan lain".. dan biasanya di sebut teknik arsitek apa beda ya dengan jurusan di atas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teknik arsitek beda lagi kakak. Kalau arsitek mendesain bangunan secara keseluruhan, tapi kalo desainer interior hanya mendesain bagian dalam ruangan atau bangunan saja.

      Delete
  12. Saya kira universitas Binus itu ada di Jakarta lho, Kak. Pasti prestisius banget ya masuk di Binus jurusan desain interior. Jenis pekerjaannya juga keren sih kayaknya. Sayangnya dulu kuliah ambil ilmu hukum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, suatu kebanggaan bisa bergabung almamater di Binus, kerennn loh. Ilmu hukum juga prospeknya cerah kok

      Delete
  13. Kalau udah ngomongin Binus sih emang nggak ada duanya ya. Aku pernah lihat yang di daerah Alam Sutera, Serpong dan Araya, Malang. Wuihh penampakannya futurstik banget. Secara kualitas juga OK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada Mba, yang ketiga itu Setan sih. Betul gedungnya sangat modern sekali. Bukan hanya itu aja sih, sistem dan konsepnya pun sedemikian modern

      Delete
  14. Nah, saya jadi inget, anak saya juga suka main game minecraft. Dia senang mendirikan bangunan dan mengatur perabotan di dalamnya. Apa saya arahkan untuk belajar di jurusan desain interior aja, ya? Soalnya berhubungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bisa jadi bisa jadi.... Siapa tau bakatnya di situ. Namun biasanya seorang anak cenderung akan berubah kesenangannya sih

      Delete
  15. Dulu jaman aku kuliah, tahun 2008, jurusan desain interior mana ada yang ngelirik. Kalo sekarang, wah prospeknya bagus karena orang-orang pada concern sama well-being, termasuk merancang hunian yang punya efek healing/relaxing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaman telah berubah. Saat ini kebutuhan akan desain interior semakin tinggi, sehingga prospek desainer interior pun semakin cerah

      Delete
  16. Gak main-main ya mas Hendra.. ternyata peluang di desain interior ini banyak banget. Saya malah baru Nemu di post ini. Tadinya ya saya pikir cuma sekedar "mendesign sebuah ruangan" doang ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh tidak begitu konsepnya Ferguso!! Profesi desainer interior memang bukan main-main Kak, prospeknya cukup cerah loh...

      Delete
  17. Desain interioryang menawan memang bikin betah di dalam rumah
    Makanya jadi PR banget bagi desainer agar tidak sekadar cantik saja hasil desainnya tetapi juga nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batul, makanya di atas ditulis selain memperhatikan nilai estetika, juga memperhatikan kenyamanan di penghuninya.

      Delete
  18. Mau banget belajar desain interior kang, biar bisa menata rumah dengan apik, hehe..

    ReplyDelete

Berlangganan via Email