5 Cara Membuat Judul Artikel Agar Menarik Perhatian Pembaca

Boneka Beruang Lagi Membaca Buku - Blog Mas Hendra

Bagi seorang blogger, sudah barang tentu menginginkan blog yang dikelolanya memiliki banyak pembaca. Semakin banyak pembaca, maka semakin meningkat pula traffic blog. Dan secara tidak langsung, hal tersebut dapat berpengaruh terhadap penghasilan AdSense.


Namun bukanlah perkara mudah untuk meningkatkan traffic blog, pasalnya diperlukan niat dan kerja keras serta sedikit ‘sentuhan’ trik sederhana. Lalu apa triknya?

Terletak pada judul artikel! Bagaimana bisa? Judul artikel merupakan salah satu komponen yang terbilang cukup penting untuk meningkatkan traffic. Karena judul artikel adalah pintu gerbang yang mampu menarik perhatian pembaca agar meng-klik tautan judul artikel tersebut atau bahkan membaca keseluruhan isi artikel yang ditulis.

Bila judul artikelnya unik dan menarik, tentu akan membuat pembaca semakin penasaran dengan isi artikelnya. Oleh karenanya kita juga harus memperhatikan dengan seksama tentang konsep cara membuat judul artikel blog agar lebih menarik perhatian pembaca. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di artikel berikut ini :


1. Konsep Negasi

Negasi berarti ingkaran. Dalam konsep ini, judul artikel yang ditulis akan menggiring pembaca kearah kalimat atau frasa yang bersifat ingkaran/negatif. Dengan menerapkan konsep ini, pada awalnya akan menimbulkan rasa tidak nyaman atau rasa tidak menyenangkan terhadap pembaca, namun setelah dijelaskan pada isi artikel, maka semuanya akan terjawab.

Salah satu contoh artikel yang mengusung konsep negasi, misalnya : “Alasan Kartun Sinchan Bukan Untuk Anak-Anak”.


2. Konsep Rahasia

Yang namanya rahasia akan membuat seseorang semakin bertambah penasaran mengenai apa yang ada dibalik rahasia tersebut. Bukan hanya secara harfiah, namun tulisan ‘Rahasia’ sendiri seringkali disinyalir dapat membuat orang lain (dalam hal ini pembaca) penasaran untuk membuka link atau bahkan membaca keseluruhan isi artikel. Walaupun setelah dibaca, isi artikel yang ditulis bukanlah berisi konten yang memiliki kerahasiaan tingkat tinggi.

Namun pada kenyataannya, kata ‘Rahasia’ terbukti cukup ampuh dan sakti untuk mengundang banyak perhatian dari para pembaca terhadap artikel yang ditulis.

Salah satu contoh artikel yang mengusung konsep rahasia, misalnya : “Rahasia Agar Blog Diterima Google AdSense”.


3. Konsep Tutorial atau Panduan

Sudah dapat ditebak, konsep judul artikel ini akan berhubungan dengan tutorial, panduan, cara, tips dan trik. Maka sudah seharusnya isi artikel juga harus memiliki relevansi dengan judul yang ditulis, yang mana isi artikelnya mengandung penjelasan secara detail mengenai sebuah intruksi maupun prosedur.

Salah satu contoh artikel yang mengusung konsep tutorial atau panduan, misalnya : “Cara Membuat Kode Warna di Blog".


4. Konsep Pro dan Kontra

Konsep jenis ini mengusung dua hal bertentangan atau perbandingan menjadi satu di dalam sebuah artikel yang ditulis. Atau bisa juga membandingkan sebuah produk ‘A’ dengan produk ‘B’ atau membandingkan kelebihan produk ‘A’ dan kekurangan produk ‘A’.

Salah satu contoh artikel yang mengusung konsep pro dan kontra, misalnya : “Kekurangan dan Kelebihan Seorang Introvert"


5. Konsep Humor dan Satire

Sebenarnya tidak ada salahnya ketika kita akan menulis artikel dengan judul yang bernada humor atau satire (menyinggung/menyindir), asal dengan satu catatan, jangan menjurus ke arah yang mengandung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Dan juga perlu diingat, sesuaikan dengan target usia audience pembaca blog Anda.

Konsep ini sebenarnya kerap kali digunakan oleh beberapa media massa sebagai head line beritanya. Anda masih ingat dengan koran “Lampu Merah”? Dimana sebagian besar judul beritanya seringkali menggunakan konsep ini.

Konsep ini diterapkan untuk membuat animo pembaca agar semakin meningkat dan tidak tertutup kemungkinan, pembaca akan membaca sampai habis artikel yang Anda tulis.

Salah satu contoh artikel yang mengusung konsep humor dan satire, misalnya : “11 Teori 'Goblok' Bob Sadino yang Mendunia”.

Semoga artikel tentang 5 cara membuat judul artikel agar menarik perhatian pembaca bermanfaat bagi Anda.

12 comments

Sepertinya kalau ngikutin tips diatas akan semakin banyak pengujung dan pembaca nih di blog saya mas haha

Reply

Wah makasih nih mas hendra jadi tau lebih jauh tentang cara membuat judul artikel karena biasanya saya hanya buat saja gak tau deh hasilnya gimana.?

Reply

Mudah-mudahan mba Wida..

Reply

Semoga bermanfaat ya mas Nurul

Reply

Konsep humor ma negasi keren tuh cocok diterapin dblog saya mas
Tapi kalo milih judul saya mah asal2an mas
Hahaha
Jangan ditiru mas

Reply

Justru judul yang unik kayak di blog Niki, bikin banyak orang penasaran. Lagian siapa yang mau niru,hahaha

Reply

Wuaaaah. Yang humor satire itu paling bikin penasaran, Mas Hen. Kalau aku sama kayak Bang Nik sih, nulis judul asal-asalan. Dipikirin sih sebenarnya mau kasih judul apa, tapi tetap aja kelihatan asal-asalan :D

Reply

Yup. Kalian memang klop

Reply

kayknya yang banyak itu nomor 3 dan 5 de mas, terus yang rahasia lumayan juga

Reply

Lumayan semua mas Makin Udin

Reply

Yuppp...
Judul memang bisa membuat pembaca tergiur mas untuk meng-kliknya..

Tapi tidak menjebak dengan judul yang bombastis, tapi isinya ga ada..
saya sering baca artikel di suatu web, eh isinya malah copasan saja..

kecewa jadinya..

Reply

Itu namanya over mas Eka. Judul lebay, tapi isi artikel malah nol

Reply

Post a Comment