Job Review, Antara Hobi dan Kebutuhan


Kalau berbicara mengenai masalah job review, biasanya erat kaitannya dengan yang namanya blogger. Karena tak sedikit juga blogger yang melakukan pekerjaan review tersebut.


Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita mengenal dulu seluk beluk mengenai job review.

Pengertian job review

job review berasal dari bahasa Inggris. Kata Job berarti pekerjaan dan kata review berarti tinjauan. Kalau diartikan ke bahasa Indonesia, kurang lebih sebagai berikut : suatu pekerjaan untuk meninjau sebuah produk. Produk yang direview oleh seorang blogger akan dibahas secara detail, baik itu dari kelebihan maupun kekurangannya.

Berbagai jenis produk dapat dilakukan untuk sebuah peninjauan atau reviewing, mulai dari fashion, buku, restoran, blog, situs dan lain sebagainya. Sesuai dengan kebutuhannya.

Cara menulis review yang baik

Untuk menulis sebuah pekerjaan review, tentu saja dibutuhkan beberapa proses, mulai dari menggali informasi-informasi, meninjau produknya sampai menulisnya ke dalam blog. Berikut sedikit tips bagaimana menulis review yang baik :

1. Pelajari produk yang akan direview dengan baik.
2. Tulis artikel dengan menggunakan bahasa yang baku, mudah di mengerti dan profesional.
3. Tulis segala kelebihan produk yang Anda review, sertakan juga kekurangan produk tersebut dan jangan lupa beri masukan atau saran membangun terhadap kekurangan produknya.
4. Tulis review dengan jujur, agar pembaca mempercayai lebih tulisan Anda.
5. Bila memungkinkan, gunakan produk yang akan Anda review, lalu berikan testimoni yang baik terhadap produk tersebut.
6. Berikan penilaian positif terhadap produk yang Anda review.

Cara mempromosikan blog agar mendapat tawaran review

Dewasa ini, banyak blogger yang berharap mendapat tawaran sebagai reviewer suatu produk. Apalagi produk yang terkenal. Selain mendapatkan income, blogger juga akan mendapatkan sebuah pengalaman menjadi seorang reviewer terpercaya yang sudah kredibel di bidangnya. Berikut beberapa tips bagaimana cara mempromosikan blog agar mendapat tawaran review :

1. Sering-seringlah menulis artikel di blog yang berisi review tentang sebuah produk maupun hal-hal lainnya, bisa berupa review blog atau situs, restoran, film dan lain sebagainya.
2. Rajin menjadi anggota forum terbuka atau kegiatan yang diadakan forum tersebut.
3. Promosikan blog ke sosial media.

Manfaat job review

Secara tak langsung, produk yang direview, tentu akan memberikan beberapa manfaat, diantaranya :

1. Dapat mendongkrak penjualan produk.
2. Meningkatkan promosi setelah direview.
3. Produknya akan semakin dikenal luas.

Manfaat bagi si reviewer (dalam hal ini blogger), tentu akan mendapatkan reward dari pemilik produk tersebut, bisa berupa income (uang) maupun produk itu sendiri.

Sebagai contoh, seumpama saya mereview salah satu toko online terpercaya sekelas Bilna.com di blog saya, maka saya akan mendapatkan sejumlah income (uang) atau bahkan berupa voucher belanja maupun produk-produk dari Bilna. Tentu saja setelah melalui proses pertimbangan dan penilaian sebelumnya dari Bilna terhadap blog saya, apakah layak atau tidak untuk mendapatkan pekerjaan review tersebut.

Oh iya, sobat blogger sudah pada tau Bilna kan?? Jadi Bilna itu merupakan salah satu toko online yang menyediakan berbagai kebutuhan keluarga dan perlengkapan rumah yang sangat lengkap. Saya pun pernah membeli dua pasang baju tidur bayi dengan menggunakan voucher Bilna loh. Baca artikel : Pengalaman Belanja di Bilna Online Shop

Apa reward yang layak bagi seorang reviewer

Kemungkinan untuk mendapatkan sebuah reward atas pekerjaan review bagi seorang blogger sangat berpeluang besar. Saya rasa reward tersebut memang pantas didapatkan oleh blogger yang melakukan pekerjaan review tersebut, mengingat manfaat yang didapatkan juga begitu besar, baik bagi produk yang direview maupun bagi blogger tersebut. Reward pun dapat berupa uang, piagam penghargaan maupun produknya itu sendiri.

Antara hobi atau kebutuhan

Banyak blogger yang memang memiliki hobi untuk mereview sebuah produk di blog tanpa ingin mendapatkan reward dari tulisan tersebut. Karena memang hal itu merupakan hobinya yang sudah mendarah daging. Biasanya berupa review buku, restoran, suatu produk, blog atau situs tertentu bahkan sampai film-film pun direview juga. Jadi niche blog tersebut memang khusus hanya untuk mereview.

Namun tak sedikit juga blogger yang memanfaatkan job review untuk mendapatkan income tambahan. Hasil yang di dapat pun mungkin akan terbilang lumayan. Sambil ngeblog juga dapat uang. Siapa yang berani menolaknya.

Kesimpulan

Pekerjaan review merupakan kegiatan yang sangat baik, tak peduli itu hobi atau bukan, kebutuhan atau bukan, selama itu positif dan tak ada yang merasa dirugikan, tentu hal ini selalu mendapat tempat di hati para blogger.

Setiap blogger dapat melakukan sebuah pekerjaan review, baik itu memang hobi Anda atau sebuah kebutuhan yang akan mendatangkan uang. Semua terserah Anda. Kalau bukan sekarang, kapan lagi mereview??

You May Like This :


EmoticonEmoticon