Kekurangan dan Kelebihan Seorang Introvert

Sebelum lebih jauh mengenal kekurangan dan kelebihan seorang introvert, sebaiknya kenali lebih dulu apa itu introvert.

Introvert biasanya merupakan sifat seseorang yang lebih cenderung fokus dengan dunianya sendiri. Artinya, si introvert kurang menyukai suasana yang ramai dan dia lebih senang menyendiri dari keramaian, fokus dengan kegiatannya sendiri dan lebih cenderung menutup diri.

Sumber gambar : reflectionsofacrhonicanthropologist.wordpress.com

Adapun lawan dari introvert adalah ekstrovert. Yaitu sifat seseorang yang lebih cenderung terbuka dengan dunia luar. Sangat bersemangat ketika berhadapan dengan keramaian.

Sudah jelas khan apa perbedaan antara introvert dan ekstrovert? Namun yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai kekurangan dan kelebihan seseorang yang memiliki sifat dari introvert. Penasaran? Simak saja selengkapnya disini :


KEKURANGAN SI INTROVERT

- Percaya diri yang kurang

Si introvert cenderung tidak mempunyai kepercayaan diri yang tinggi saat harus berhadapan dengan keramaian. Merasa malu, minder dan tidak bisa berbicara lugas di keramaian saat harus berpidato atau semacamnya, dikarenakan tingkat PD (percaya diri) yang kurang atau sangat rendah.


- Kurang pandai berbaur di keramaian

Suasana ramai, banyak tamu dan berhadapan langsung face to face dengan orang banyak merupakan beberapa hal yang wajib di hindari bagi si introvert. Memiliki pribadi yang cenderung tertutup dan menghindari segala bentuk keramaian.


- Teman yang sedikit

Akibat memiliki sifat yang terlalu pendiam dan kurang berbaur di keramaian, si introvert lebih cenderung memiliki teman yang sedikit. Dia pun akan lebih selektif dalam memilih teman yang sekiranya cocok dengan kriterianya. Namun akan sangat nyaman bila sudah memiliki teman yang dirasa cocok dengan pribadi si introvert.


- Kurang bergaul

Berhubung temannya juga sedikit, si introvert terkadang sering dikatakan KUPER alias kurang pergaulan. Karena mereka lebih cenderung mengurung diri didalam rumah dan kurang menyukai dunia luar.


- Sering dibilang sombong

Oleh karena sifatnya yang pendiam, akan mengundang sebuah pertanyaan di mata orang-orang yang belum mengenalnya secara baik. Hal inilah yang menjadikan si introvert dijuluki dengan sebutan sombong. Sebenarnya si introvert bukanlah seorang yang sombong dan angkuh, mereka hanya malu untuk memulai sesuatu hal yang baru ditemuinya, terutama dalam hal pergaulan dengan orang-orang yang baru dikenalnya.


- Kurang pandai berbicara

Si introvert ini bukanlah si pembicara yang ulung bak seorang diplomat saat berhadapan di depan khalayak ramai. Jangan harap mereka dapat diandalkan untuk menjadi seorang stand-up comedy maupun diplomat.


- Masukannya terkadang diabaikan

Saat si introvert sekadar memberikan saran maupun kritik terhadap orang lain di keramaian, justru masukannya terkadang diabaikan atau lebih parahnya tidak didengar sama sekali. Dibanding dengan seseorang yang memiliki sifat ekstrovert, justru sarannya lebih sering didengar berkat kelihaiannya dalam bernegosiasi.


- Keberadaannya kurang diakui

Seorang introvert akan terus berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan maupun suasana yang penuh dengan banyak orang. Tidak lain adalah agar eksistensinya di depan khalayak ramai dapat pengakuan dari orang-orang sekitar. Hal ini dikarenakan si introvert lebih cenderung untuk menutup diri alias terlalu diam di dalam keramaian.



KELEBIHAN SI INTROVERT

- Pandai menyimpan rahasia

Disamping kekurangan dalam sisi pergaulan, namun disisi yang lain si introvert mempunyai kelebihan dalam hal menjaga rahasia. Dikarenakan sifat diamnya yang selalu menjaga segala omongan dan perkataan, Anda tidak  perlu khawatir bila ingin merahasiakan sesuatu dengan si introvert. Dia adalah orang yang tepat buat Anda berbagi rahasia.


- Lebih berwibawa

"Bicara yang baik atau diam". Pepatah ini sepertinya menjadi pedoman bagi si introvert. Dia akan selalu menjaga kewibawaannya dengan diam. Diam disini bukan berarti diamnya orang yang tidak berilmu (baca : bego) loh, melainkan dia tidak mau mencampuri urusan orang lain dengan perkataan yang tidak terlalu perlu untuk diucapkan.


- Sedikit terhindar dari gosip 

Si introvert enggan untuk terlalu turut campur dalam setiap pembicaraan yang menurutnya tidak penting. Dia merasa tidak perlu untuk mendengarkan hal-hal yang sekiranya mendekati ghibah atau ngomongin orang lain.


- Mudah fokus pada satu masalah 

Dalam menyelesaikan suatu masalah, si introvert justru lebih cenderung untuk fokus menghadapinya. Sikapnya yang tenang dan berhati-hati dalam mengambil keputusan, merupakan salah satu kelebihan yang dimilikinya.


Nah itu tadi artikel tentang kekurangan dan kelebihan seorang introvert menurut pengalaman pribadi saya sendiri. Karena sepertinya saya adalah seorang introvert kelas berat gan, hehehe...

Bagi yang ingin menambahi atau mengkoreksi, monggo di share di komentar. Sayang khan kalo kotak komentarnya dikosongin.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Salam blogger...

You May Like This :


EmoticonEmoticon