Menilik Kelemahan Dari Hp Xiaomi yang Perlu Anda Ketahui

Kelemahan Smartphone Xiaomi - Blog Mas Hendra

Saat ini masyarakat modern seakan tidak bisa dipisahkan dari yang namanya gadget, khususnya handphone. Handphone menjadi benda wajib yang harus dimiliki oleh orang-orang untuk berkomunikasi jarak jauh, pekerjaan, fotografi hingga hiburan. Untuk komunikasi jarak jauh hadirnya smartphone yang mampu mendukung fitur-fitur canggih sangatlah membantu. Begitu juga untuk pekerjaan. Sedangkan untuk fotografi, smartphone mengabadikan setiap momen dengan sangat baik. Yang tidak kalah menariknya smartphone juga bisa digunakan untuk hiburan karena bisa mendukung untuk aktivitas game, musik, video, dan masih banyak lagi. Salah satu produk smartphone yang digadang-gadang memiliki spesifikasi yang bagus namun dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau adalah hp Xiaomi.


Xiaomi merupakan produk smartphone keluaran dari China yang belum lama ini sangat booming di pasaran Indonesia. Meskipun belum lama dikenal oleh masyarakat namun produk-produk smartphone keluaran dari Xiaomi mampu menarik perhatian para pecinta gadget. Spesifikasi yang ditawarkan cukup mengagumkan untuk smartphone yang berharga terjangkau di kelasnya. Meskipun dihargai murah, dari segi software maupun hardware-nya sudah sangat berkualitas. Kualitas kameranya juga patut untuk di acungi jempol karena mampu menghasilkan gambar dengan bagus. Hal ini juga didukung dengan baterainya yang tahan lama.

Sayangnya meskipun memiliki spesifikasi yang bagus dan menarik minat pecinta gadget, hp Xiaomi juga memiliki beberapa kelemahan tersendiri. Jika Anda berniat membeli gadget dari Xiaomi baik dari toko langsung ataupun toko online, ada baiknya Anda mengetahui beberapa kelemahannya berikut ini.

1. Tidak semua tipe Xiaomi memiliki garansi resmi.

Salah satu kelemahan yang pertama adalah garansi resmi hanya pada tipe Xiaomi tertentu. Untuk itu Anda harus memperhatikan hal yang satu ini. Tipe-tipe Xiaomi yang memiliki garansi resmi adalah Xiaomi Redmi 2 Prime, Xiaomi Mi4i, Xiaomi Redmi 2, dan Xiaomi Redmi Note 3. Selain tipe-tipe itu seperti Xiaomi Mi 5 tidak memiliki garansi resmi dari Xiaomi melainkan garansi dari distributor. Tentu sebagai konsumen Anda akan dirugikan terlebih jika produk mengalami kerusakan dan harus diservice segera. Handphone Anda tidak akan bisa ditangani oleh service center resmi dari Xiaomi, melainkan hanya akan ditangani oleh service center yang terlampir.

2. Mudah overheat.

Xiaomi memang dibekali dengan RAM yang sangat besar sehingga sangat cocok untuk Anda yang suka mendownload game pada smartphone. Sayangnya untuk aktivitas bermain game dan yang lainnya, handphone dari Xiaomi ini cenderung cepat panas saat digunakan atau overheat. Dengan casing yang terbuat dari plastik juga menambah handphone menjadi semakin panas.

3. Jumlah service center yang terbatas.

Untuk service center resmi hp Xiaomi yang berada di Indonesia bisa dihitung dengan jari. Biasanya juga hanya berada di kota-kota besar saja dan terbilang sedikit untuk memenuhi banyaknya jumlah pengguna produk Xiaomi yang merambah hampir di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu biaya service yang dikenakan cukup mahal dibandingkan dengan merk handphone lainnya.

4. ROM distributor/abal-abal.

Beberapa handphone Xiaomi diubah menjadi ROM distributor atau bisa dikatakan abal-abal. Hal ini tentu sangat merugikan para penggunanya karena ROM yang abal-abal tentu saja tidak bisa untuk update sistem MIUI. Sehingga sangat disarankan membeli produknya yang memiliki garansi resmi dari Xiaomi.

Produk dari Xiaomi memang memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk menunjang kebutuhan masyarakat dengan gadget berteknologi canggih. Namun sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa kelemahan produknya, mengingat penggunaan handphone tidak hanya untuk sebentar saja melainkan untuk jangka waktu yang lama.

6 comments

Jadi teringat dulu mau beli hp juga disaranin seperti yang ulas disini

Wah jadi mikir 2 kali nih kalau mau beli XIAOMi , Padahal saya sudah ngincer karena harganya murah buat gantiin hp lama yang masih 3G

Sebaiknya teliti sebelum membeli, daripada nanti menyesal belakangan. Tidak hanya hp Xiaomi, tapi mungkin juga hal ini berlaku untuk hp merk lainnya. Karena masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.

Gak semua tipe Xiaomi seperti itu mas Dwi, ada juga tipe dengan fitur canggih loh. Tapi sepertinya setiap hp punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Gua pengguna Xiaomi sejak 4 tahun yang lalu, Alhamdulillah lancar dan aman, selancar jalan tol yang tarifnya mulai naik, naik keatap hehe ,cuman bisa rusak juga sih,

Gak semua tipe Xiaomi sih seperti itu mas dan tergantung cara pemakaiannya juga sih. Makasih sudah berkunjung sejenak ke blog ini


EmoticonEmoticon