Cara Mudah Membuat Bunga Dari Kertas Origami

Cara Mudah Membuat Bunga Dari Kertas Origami - Blog Mas Hendra

Belum lama ini kakak Nabil dapat tugas untuk membuat bunga dari kertas origami. Keterampilan ini termasuk ke dalam mata pelajaran SBK atau Seni Budaya Keterampilan, yang mana sebenarnya mata pelajaran untuk mengenalkan serta menyelamatkan seni warisan budaya Indonesia, tapi seiring perkembangan zaman, pengertiannya menjadi lebih luas lagi. Ya liat aja, keterampilan origami kan sebenarnya berasal dari Jepang.


Terlepas dari itu semua, ada begitu banyak bentuk yang bisa dibuat dari kertas warna warni ini, mulai dari bentuk hewan, bunga maupun benda lainnya. Seni melipat kertas atau origami ini berasal dari Jepang sekitar tahun 610 Masehi. Wow udah lama banget ya guys. Ori yang artinya kertas, dan kami yang artinya melipat.

Pada awalnya origami termasuk dalam ritual upacara agama Shinto, dimana lipatan kertas dibentuk menjadi lambang dewa dan digantung di kuil sebagai bahan persembahan. Tapi pada masa itu, namanya bukan origami, tapi dikenal dengan nama orikata, orisul atau orimono. (www.loop.co.id)

Sebenarnya origami ini memiliki banyak jenis, tapi saya gak mau bahas disini. Saya cuma mau share bagaimana cara membuat bunga dari kertas origami. Caranya juga cukup mudah dan gak lama, gak selama nungguin cewek dandan juga sih!

Sebelum mulai membuatnya, siapkan dulu bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan.

BAHAN-BAHAN YANG DIBUTUHKAN :

1. Satu set kertas origami. Harganya murah sekitar enam ribuan aja. Bisa beli di toko alat tulis kantor atau toko buku terdekat.
2. Pot untuk menyimpan bunga kertas. Ada banyak media yang bisa digunakan sebagai pot bunga, mulai dari botol beling, bambu, pot bunga atau bisa juga gunakan gelas.
3. Lidi sebagai batang bunga kertas. Bisa juga gunakan kawat sebagai pengganti lidi.
4. Gabus untuk menancapkan lidi. Supaya tangkai bunga gak goyang, kalian bisa menggunakan gabus atau sejenisnya. Tapi pada praktek kali ini, saya gunakan batu alam ukuran kecil yang bisa muat di dalam wadah botol beling.

PERALATAN YANG DIGUNAKAN :

1. Gunting
2. Lem
3. Double Tape (opsional)

Buat kalian yang penasaran gimana caranya, ikutin langkah dibawah ini :

1. LIPAT KERTAS MENJADI BENTUK SEGITIGA, LIHAT GAMBAR :
Cara Mudah Membuat Bunga Dari Kertas Origami - Blog Mas Hendra

2. LIPAT LAGI MENJADI BENTUK PERSEGI, LIHAT GAMBAR :
Cara Mudah Membuat Bunga Dari Kertas Origami - Blog Mas Hendra

3. LIPAT DI KEDUA SISI KERTAS, LIHAT GAMBAR :
Cara Mudah Membuat Bunga Dari Kertas Origami - Blog Mas Hendra

4. BUKA LIPATAN KERTAS DI KEDUA SISI, LIHAT GAMBAR :
Cara Mudah Membuat Bunga Dari Kertas Origami - Blog Mas Hendra

5. LIPAT KEDUA SISI KERTAS SEPERTI GAMBAR BERIKUT :
Cara Mudah Membuat Bunga Dari Kertas Origami - Blog Mas Hendra

6. LIPAT KEDUA SISI KERTAS SEPERTI GAMBAR BERIKUT. LALU KASIH LEM DI KEDUA SISINYA DAN TEMPELKAN, SEHINGGA MEMBENTUK KERUCUT, LIHAT GAMBAR :
Cara Mudah Membuat Bunga Dari Kertas Origami - Blog Mas Hendra

7. BUAT SEBANYAK LIMA BUAH KERUCUT. KALIAN JUGA BISA MEMBUAT LEBIH DARI LIMA KERUCUT, SESUAI DENGAN KEBUTUHAN. BUNGKUS LIDI DENGAN MENGGUNAKAN KERTAS ORIGAMI. LIHAT GAMBAR :
Cara Mudah Membuat Bunga Dari Kertas Origami - Blog Mas Hendra

8. SETELAH TIGA KERUCUT DISAMBUNGKAN, TEMPELKAN LIDI SEBAGAI BATANG BUNGA KERTAS. LALU TUTUP LIDI TERSEBUT DENGAN KERUCUT BUNGA SISANYA. LIHAT GAMBAR :
Cara Mudah Membuat Bunga Dari Kertas Origami - Blog Mas Hendra

9. KALIAN BISA MEMBUAT BUNGA KERTAS DENGAN WARNA LAINNYA, SUPAYA TERLIHAT LEBIH CERIA.
Cara Mudah Membuat Bunga Dari Kertas Origami - Blog Mas Hendra

10. MASUKKAN BUNGA-BUNGA KERTAS TADI KE DALAM POT. SAYA MENGGUNAKAN BATU ALAM UNTUK MEMBUAT TANGKAI BUNGA KERTAS SUPAYA GAK GOYANG. LIHAT GAMBAR :
Cara Mudah Membuat Bunga Dari Kertas Origami - Blog Mas Hendra

Gimana guys, gampang kan cara buatnya? Nah sekarang kalian bisa praktekkin langsung di rumah. Bunga kertas ini juga bisa jadi hiasan pelengkap di rumah loh.

Baca juga artikel menarik lainnya : Cara Melipat Tali Sepatu yang Unik dan Keren

Demikian artikel tentang cara mudah membuat bunga dari kertas origami. Semoga bermanfaat.

10 comments

Wah cukup komplit step by step...
terima kasih mas

bisa dipraktikkan pada pelajaran seni budaya bersama anak-anak nih.:D

Silahkan dipraktikan mas, semoga berjaya

Yey aku udah pernah prktek bikin bunga ini wkt temen wisudaan, wkwk
Biar irit kasihnya bunga dr kertas. Meskipun dr kertas bikinnya buanyak jd keliatan tetep elegan.. Hhh

bagus juga bentuknya ya mas..
tapi saya paling malas membuat gini-ginian..
kok ribet rasanya, hehehe..

tapi kalau masih masuk dan dikasih tugas seperti ini, ya dibuat juga akhirnya... hahaha..

Kalo hasilnya bagus dan rapih, akan tetap keliatan elegan mba, meskipun dari kertas...

Emang harus telaten mas Eka, kalo gak sabaran, bisa berantakan hasilnya. Saya juga jadinya tau nih gara-gara tugas anak saya

Sebenernya kemampuan seperti ini jika di kembangkan bisa bermanfaat juga, bahkan bisa jadi pundi2 rupiah. Karena ada banyak sekali bentuk yang bisa di buat lewat hobi origami ini. Nah, kalo bikin robot gundam bisa gak Mas ?

Nah ini nih, harus jeli membaca peluang bisnis ya mas. Cuma modal jago ngelipet kertas bisa jadi duit. Boro-boro robot gundam mas, itu aja bikin bunga lama banget, hahahaha

Wah ternyata bikinnya ga terlalu susah ya. Keliatannya aja sekilas kayak susah. Saya juga jadi tahu sedikit sejarah awalnya origami. Biasanya taunya cara bkinnya aja ☺️

Kalo belum pernah terlihat sulit mba, tapi lama-lama juga biasa kok, yang penting harus telaten.


EmoticonEmoticon