Ayo Gali Ilmu Melalui Blogwalking

Blogwalking atau berkunjung ke blog lain, menjadi salah satu kegiatan yang hukumnya bisa dibilang wajib dalam dunia blogging. Ada begitu banyak manfaat yang akan kita peroleh. Melalui blogwalking, kita bisa mengenal blogger-blogger lain. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa memperoleh banyak wawasan baru. Kalau kita berkunjung ke blog lain, secara otomatis mereka pun akan berkunjung balik ke blog kita. Ini artinya dapat meningkatkan jumlah pengunjung atau visitor blog kita. Alhasil blog pun menjadi ramai dan gak sepi macam kuburan.


Kalau kita jeli dan bisa memanfaatkan blogwalking untuk menambah wawasan, kita bisa mengoleksi beragam artikel dari blogger lain, mulai dari info kesehatan, info parenting, tips dan trik, info wisata, bisnis dan lainnya. Sayang kan, begitu kalian blogwalking dan baca artikelnya, terus nggak dicatat atau disimpan, maka ilmu dan wawasan akan hilang begitu saja.

Saya selalu menyempatkan untuk blogwalking di setiap rutinitas sehari-hari. Walau tidak banyak, yang penting setiap hari minimal bisa blogwalking ke 2-3 blogger. Tapi kalau lagi libur, saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk blogwalking dan update blog.

                             Cara Ampuh Mengatur Jadwal Ngeblog Agar Lancar

Agar wawasan yang saya dapatkan tidak hilang begitu saja, saya membaca keseluruhan isi artikel blog. Lalu setelah itu mencatat informasi-informasi yang saya anggap penting. Setelah itu saya beri label sesuai dengan temanya, seperti info kesehatan, parenting, tempat wisata, tips dan trik dan lainnya.

Saya menggunakan aplikasi Microsoft OneNote untuk menyimpan berbagai catatan hasil dari blogwalking. Caranya pun cukup mudah. Kita bisa membuat tab baru untuk mengelompokkan jenis artikel. Lalu highlight atau catat bagian penting isi artikel ke dalam Microsoft OneNote.

Meskipun tidak ada ketentuan baku ketika melakukan blogwalking, tapi setidaknya kalian juga harus memperhatikan beberapa etika ketika berkunjung ke blog sobat blogger lainnya, seperti :

1. Baca artikel secara keseluruhan
Kalau blogwalking, biasakan untuk membaca postingan secara menyeluruh, dari awal sampai akhir. Agar informasi yang kita dapatkan juga maksimal. Kalau baca artikelnya sepotong-potong, nantinya informasi yang didapat juga tidak maksimal. Kasian kan, blogger sudah capek-capek nulis, eh bacanya cuma sepotong doang, dah gitu kadang komennya gak nyambung. Coba bayangin, bagaimana kalau ini menimpa kepada kita sendiri??

2. Hargai hasil tulisan
Setelah membaca seluruh isi artikelnya, jangan lupa beri sedikit pujian kepada penulis, simpel aja sih, bisa dengan "Nice Article", "Nice Sharing", "Artikelnya Bermanfaat", "Artikelnya Menghibur", "Terimakasih Sudah Sharing" dan lainnya. 

3. Komen nyambung
Ketauan banget mana blogger yang cuma baca artikel sepotong, dan mana blogger yang baca artikel secara keseluruhan. Ini terlihat dari komennya yang kadang gak nyambung, atau komennya cuma sepotong doang. Sebaiknya komen sesuai dengan isi artikel, agar kamu juga akan diberlakukan hal yang sama.

4. Saling berkunjung
Jangan lupa, kalau teman sudah berkunjung, ini artinya mereka juga mengharapkan kita berkunjung balik ke blognya. Jadi sempatkan juga untuk berkunjung balik ya guys.

Saya rasa cukup sekian dulu tulisan ini saya buat. Jadi intinya, carilah ilmu (pengetahuan dan wawasan) sebanyak-banyaknya, walau dari kegiatan blogwalking sekalipun. Karena manfaatnya bukan hanya untuk kita sendiri, tapi juga kita bisa sharing kembali kepada orang lain. 
Semoga bermanfaat.

34 comments

mungkin yang comment nice sharing kan juga menghargai mungkin aja abis di kunjungi sama orang menghargai balik kunjungannya sementara malas baca jadi komen itu doang kang wkwkwkwk...
suka sedih emang kalau ada komen jaka sembung tapi tetap lah di hargai :)

wah poin diatas nggak ada yang pernah tak lakoni kecuali kebiasaan ngshare artikel tetatngga ke G+, abisnya saya mah kalau bewe tebang baca judulnya doang langsung komentar....kaya sekarang ini nih....hadeuh

Ya sebaiknya saling menghargai satu sama lain agar teripta kerukunan antar umat blogger di seluruh tanah air. Gak percaya?? Sok tanyakeun bae ka si Mamang Lembu

Siip dah si Mamang mah padu macaan judulna hungkul, hahaha.... Share in dong artikel ini mang, hehehe

waaa.. itu rupanya fungsi One NOte. saya jarang pake soalnya. biasanya langsung simpen halaman di folder khusus belajar dari blog. maksih loh infonya Mas Hendra..

blogwalking emang memberi keuntungan sih. bukan hanya ttg visitor, tapi silaturahmi dan menambah pertemanan itu suatu keuntungan lebih.

Iya mas, sebenarnya ada banyak cara menyimpan artikel di komputer sih, salah satunya yang paling praktis ya pakai OneNote, lebih mudah.

Yup setuju banget deh

Sejak awal aku gabung
Blog demi blog aku berkunjung
Baca artikel hingga rampung
Berkomentar rapi dan nyambung

Dan aku beruntung
Ada yang sekian lama masih saling berkunjung
Sebab keikhlasan datang tak terhitung
Hingga rasa blogwalking tak bisa kubendung...

Dan tibalah aku dan masuk di blogmu yang begitu agung
Hilangkan langit mendung
Hati pun bersenandung
Sebahagia kicauan burung-burung...

Wah ahli puisi banget ini si neng.... Ajarin atuh.

Makasih sudah berkunjung ya

Aku kadang sudah blogwalking malah gak ninggalin koment

Seharusnya tiap blogwalking memang baca artikel seluruhnya setidaknya paham intinya jadi manfaat buat sendiri dan kalau komen juga nyambung.Kalo saya malah suka dicopy ke MS Word mas belum pernah pakai Ms Note

Wah boleh dicoba di Ms Note mas Dwi, lebih simpel dan bervariasi tampilannya...

Bermanfaat mas.

Blogwalking menurut ak yaitu saling berbagi pengalaman dan cerita sesama blogger dan dapat menambah wawasan dan teman juga.

Ow iya saya baru tau ada dan kegunaan MS Note bisa di coba nih,

Saya malah komen tapi gak bewe, gimana tuh bang

Betul banget pak, dapat banyak pengalaman baru deh kalo rajin bewe.

Silahkan dicoba, siapa tau ketagihan, hehehe

Setuju banget mas, efek blogwalking besar banget gak cuman buat blog tapi juga diri sendiri. Saya pun kalau ada waktu lowong dalam sehari saya sempatkan BW-an paling gak sejam di waktu subuh atau malam hari. Tapi kalau ada libur, wussh, 100+ blog bakal saya jabanin, tentunya tetap dibaca dong soalnya kapan lagi dapat info dan ilmu dari sesama blogger, iya kan?

Ngomong-ngomong soal komen blog menurut ku sih kadang juga rada jengkel kalau feedback mereka cuman pendek aja 2-3 doang. Setidaknya beri masukan atau kritikan biar kita yang nulis jadi semangat lagi tuk post artikel baru. Sama satu lagi sih, kadang tuh BW-an gini gak menjamin mereka bakal feedback dan ngunjungi blog kita, so jalanin aja yang penting kita tetap menjalin silaturahmi sama mereka.

yo mas, mampir kerumah gih? siapa tau ada pos yang dicari. hehe...

bw tempat ku mas hhe , wah domain baru ni

Domain sudah lama kok mas, baru main lagi ya kesini... Hehehe

Siap mas. Rajin banget ya mas, sampe 100+ blog dijabanin. Membaca secara keseluruhan cukup penting loh, karena kita bisa dapat banyak ilmu baru dari mereka.

Mungkin kesibukkan yang membuat sebagian blogger belum berkunjung balik, positive thinking aja ya kan

Betul, blogwalking merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh blogger. Selain menambah silaturahmi, BW juga menambah ilmu dan membuka wawasan lebih luas.

Nice post!

nice sharing mas..

*langsung dipraktekin :D

Siap koh... Makasih sudah berkunjung ya

Yup betul banget mas. Makasih juga sudah berkunjung ke blog ini

Mau bewe penyakitnya males itu yg perlu diperangi *pengalaman sendiri Hehe

Banak Temen Makin Banyak Rizki Om hehehehe sukses terusssss

Ke dokter dulu mas, biar penyakit malas bewenya sembuh, hehehe

hahahah, tulisan ini ngebjewer siapa mas.
alhamdulilah blogwalking selalu akhi jalanin, dan kadang iseng ikut komen kayak gini ni

Ngejewer diri sendiri mas, biar tambah rajin baca postingan teman-teman blogger, jadi gak cuma di scroll aja tuh postingan, hahaha

Salam kenal dulu mas.. Ini baru blogwalking perdana ke blog mas ^^

iya mas, kalau ada waktu yah dibaca sampe habis dong mas. Saya sih tetap sabar menunggu aja mas, kalau datang alhamdulillah, kalau gak, tetap disyukuri aja.

Wah mantap, benar-benar blogger sejati nih, hehehe

nah saya jarang sekali memakai one note mas hendra..
ketika ada ide untuk artikel tulisan ataupun link bermanfaat, saya tulis dismartphone saja..

saya juga tidak terlalu sering blogwalking mas, 2 atau 3 lah..
kalau main ke blog mashendra wajib hukumnya..
hehehehe...

Waduh jadi enak nih rajin berkunjung. Makasih mas Eka..

Bisa dijadikan alternatif nih OneNote untuk menyimpan artikel mas.


EmoticonEmoticon