Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Tubuh

Ada yang sudah pernah mencoba susu kambing? Bagi yang belum pernah, boleh dong saya sedikit sharing pengalaman minum susu kambing. Seperti kita ketahui, di pasaran ada banyak sekali merk susu kambing yang beredar. Ada merk Gomars, Sheep Brand, E-goat, Jinnan, Etawa, Skygoat dan lain sebagainya. Dan salah satunya yang sudah pernah saya coba adalah susu kambing etawa Skygoat. Saya tidak akan membahas merk Skygoat-nya, yang akan saya review secara keseluruhan adalah manfaat susu kambing etawa bagi tubuh.


Kambing etawa merupakan jenis kambing penghasil susu dan daging terbaik. Maka tidak heran, susu kambing yang beredar di pasaran kebanyakan berasal dari jenis kambing etawa.


Kambing Peranakan Etawa (PE) - Blog Mas Hendra
Jenis kambing etawa berbeda dengan kambing lokal.

Kambing etawa ini didatangkan dari India, atau disebut juga kambing Jamnapari. Biasanya kambing jantan tingginya mencapai 90-127 sentimeter dengan bobot berkisar 91 kilogram. Sedangkan kambing betina hanya mencapai 92 sentimeter saja dengan bobot berkisar 63 kilogram.

Jenis kambing etawa ini sangat mudah dikenali, selain karena bentuk badannya yang terbilang besar, telinganya pun menjuntai panjang ke bawah, dahi dan hidungnya cembung. Ukuran tanduk pada kambing etawa jantan maupun betina sama-sama berukuran pendek.


Rasanya Susu Kambing Seperti Apa?

Mungkin teman-teman yang belum pernah merasakan susu kambing penasaran, bagaimana rasanya susu kambing? Apakah bau amis? Apakah rasanya juga bau kambing?


Susu Kambing Etawa Skygoat - Blog Mas Hendra
Susu kambing etawa Skygoat.

Sebelum mencoba susu kambing, saya juga mengira jika rasanya akan bau amis atau paling tidak baunya menyengat mirip daging kambing itu sendiri. Tapi setelah mencobanya, rasanya enak, gurih dan sama sekali tidak bau amis.

Rasanya sangat gurih mirip sekali dengan susu yang banyak mengandung creamer, kayak ada manis-manisnya gitu. Baca juga artikel : Susu Kaleng Sisa Ramadhan


Cara Menyajikan Susu Kambing

Yang namanya mimi cucu atau minum susu, biasanya paling enak disajikan dalam keadaan hangat ya, apalagi suasana lagi hujan+dingin, sambil ditemani cemilan roti, tambah mantap. 

Tapi kalau cuacanya lagi panas, ya boleh dong ditambahin dengan es batu, biar segar.

Susu kambing etawa yang saya beli berbentuk bubuk dalam kemasan sachetan. Tentu saja sebaiknya Anda memperhatikan cara penyajian susu bubuk yang baik.

Untuk menyajikan susu bubuk (jenis dan merk apapun), hindari menggunakan air panas (100 derajat), sebaiknya susu bubuk diseduh dengan menggunakan air hangat (sekitar 70 derajat), agar kandungan vitamin dan gizi yang ada di dalam susu bubuk tersebut tidak menguap atau hilang. Sayang kan, sudah capek-capek bikin susu, eh malah tidak ada gizinya.

Bagi yang tidak menyukai manis, tidak perlu menambahkan gula ke dalamnya, karena rasanya sudah manis dari sananya.


Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Tubuh

Bagi yang penasaran mau mencoba susu kambing, jangan ragu-ragu loh, karena ada begitu banyak manfaat yang kita dapat dari susu kambing ini, diantaranya :

- Meningkatkan kekuatan otot, tulang dan gigi
- Menghaluskan kulit dan dapat mengatasi jerawat
- Meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak dengan sel-sel tubuh yang kuat
- Menyeimbangkan hormone dan sistem homeostatis tubuh. 

Homeostatis adalah suatu kondisi keseimbangan internal yang ideal, di mana seluruh sistem tubuh bekerja dan berinteraksi dalam cara yang tepat untuk memenuhi semua kebutuhan dari tubuh.

- Sebagai detox
- Dapat digunakan sebagai program penurunan berat badan dan juga 
  menaikkan berat badan

Tidak itu saja, susu kambing juga dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit menular dan penyakit tidak menular. Dan juga dapat menyembuhkan penyakit kronis, mulai dari maag kronis, kolesterol, jantung, gangguan ginjal, stroke asam urat, diabetes sampai kanker.

Demikian artikel tentang Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Tubuh semoga bermanfaat bagi kita semua.

Referensi 

Artikel :
Kamuskesehatan.com
Wikipedia
Lifestyle.sindonews.com

18 comments

Oh beli kemasan toh bang
Saya pikir cara minum susu kambingnya langsung nyedot dari kambingnya

Reply

berapa tahun yang lalu kami sekeluarga punya peternakan kambing etawa dan sempat memproduksi susu kambing etawa, manfaat dari susu memang luar biasa banget sih...tapi kalau produksinya nanggung kaya usaha kecil-kecilan kaya saya pernah lakukan nggak ngimbang dengan ongkos produksi

Reply

badan saya krempeng mas, haarus konsumsi susu kambing etawa dong, biar nambah berat badan yah?

Reply

Sayang sekali ya mang usahanya, ternyata ongkos produksinya tinggi juga ya mang.

Reply

Nama susu ini gak asing bagiku malah smpet d.tawarn jualan, tp blm smpet nyobain rasanya.. Banyak jg manfaatnya ya mas..

Reply

Cobain aja kang minum susunya rutin, jangan lupa sekalian sama dagingnya juga ya kang, hehehe...

Reply

Padahal bisa dijadikan peluang bisnis yang cukup menjanjikan ya mas.. Cobain aja dulu mas, biar tau manfaatnya..

Reply

saya blum prnh mnum susu kambing mas, prnhnya mnum susu sapi dan susu ibu..hehe
tapi saya lupa rasa kedua air susu trsbut..hehe

Reply

Susu kambing Etawa punya banyak kelebihan di banding susu kambing biasa ya mas, hebatnya buat yang kegemukan bisa bikin kurus, buat yang kurus bisa bikin gemuk, luar biasa ni kambing, hehe...

Reply

Cobain lah, lezatos juga loh... Mirip susu susu yang lain

Reply

Luar biasa kang, saya juga bingung. Mungkin kang Lembu bisa jawab

Reply

saya tanya mang lembu lagi tidur mang lembu-nya mas, hehe...

Reply

Kirain lagi bikin kopi, wkwkwk

Reply

Kok enggak dilengkapi data-data zat-zat kandungannya mas....www.jengyuni.com

Reply

Nanti kalo ditulis semuanya dimari, blog lain nggak kebagian visitor, hahahahahahahahaahaha #NgelesMuluKayakBajai

Reply

Post a Comment