Pengalaman Menggunakan Sony Xperia Z Ultra C6833 LTE

Apa kabar sobat blogger semuanya? Mudah-mudahan semua pada sehat yaa, supaya bisa tetap membaca blog sederhana ini ya. Meskipun isinya tidak terlalu penting, atau bahkan tidak penting sama sekali. Ah sudah cukup basa basinya, yang penting tetap menulis hasil karya sendiri.


Melalui artikel yang sangat singkat ini, saya mau me-review lagi sebuah smartphone keluaran Sony, yakni Sony Xperia Z Ultra model C6833. Smartphone seharga Rp. 3.450.000 ini, baru saja saya beli pada hari Minggu, 02 Agustus 2015 di ITC Fatmawati. Sebagai pengganti smartphone saya yang lama Sony Xperia C yang miskin memori internal. Setelah survey berbagai merk dan spesifikasi melalui internet, pilihan saya tetap pada Sony lagi. Entahlah, mungkin saya sudah terlanjur kepincut sama modelnya yang elegan dan build quality-nya yang terbilang mantap.

Meskipun pemakaiannya masih belum terlalu lama, namun ada beberapa hal penting yang mungkin saja bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi teman-teman yang akan membeli smartphone Sony Xperia Z Ultra ini.

Berikut spesifikasi Sony Xperia Z Ultra dan penilaian pribadi saya berdasar pengalaman :

Body

Body Z Ultra (179.4 x 92.2 x 6.5 mm ) ini sangat bongsor dan besar. Tidak muat di kantong celana jeans. Tapi kalau memakai celana bahan, masih muat. Dan disarankan sangat hati-hati ketika meletakannya di dalam kantong, dikhawatirkan akan retak atau terbelah layarnya. Ketipisannya hanya 6,5 mm, membuatnya sebagai phablet (phone tablet) tertipis di dunia untuk saat ini.


 Ketipisannya yang hanya 6,5 mm, sebagai phablet tertipis di dunia (untuk saat ini)


Perbandingan Ukuran Sony Xperia Z Ultra dan Sony Xperia C
 Perbandingan ukuran Sony Xperia Z Ultra (6,4") dan Sony Xperia C (5")


Perbandingan Ukuran Sony Xperia Z Ultra dan Sony Xperia C
Perbandingan ukuran Sony Xperia Z Ultra (kiri) dan Sony Xperia C (kanan)


Layar

Resolusi layar Z Ultra sudah Full HD (1080 x 1920 pixels) dan seluas lapangan bola 6,4 inchi. Layarnya sangat jernih, walaupun berada di bawah sinar matahari sekalipun, masih dapat terlihat dengan jelas. Sangat nyaman untuk menonton video maupun bermain game, terutama game HD.

Sony Xperia Z Ultra Tampak Belakang
 Body bagian belakang hape dilindungi oleh lapisan kaca anti pecah


Bagian Depan Hape Dilapisi dengan kaca anti pecah
Bagian depan hape dilapisi kaca anti pecah


Kamera utama tanpa LED flash

Z Ultra dibekali kamera utama "hanya" 8 MP dan itupun tanpa LED flash, jadi jangan harap bisa mengambil gambar di dalam kegelapan yang mencekam. Hasil kamera indoor tidak terbilang bagus, masih banyak bintik-bintik yang mengganggu, seperti kehadiran mantan yang terkadang mengganggu. Hadeeh... Untuk hasil kamera outdoor dengan pencahayaan terang, hasil fotonya cukup bagus dan jernih. Sektor kamera memang tidak terlalu diutamakan pada seri Z Ultra ini, yang lebih penting adalah kinerjanya yang mantap. Sesuai dengan slogan pada kabinet pemerintahan sekarang, KERJA... KERJA... KERJA!!!

Pengalaman Menggunakan Sony Xperia Z Ultra
Tuh lihat, kameranya tidak ada LED Flash-nya


Berikut adalah beberapa foto hasil kamera Sony Xperia Z Ultra :

Hasil Kamera Sony Xperia Z Ultra dengan Pencahayaan Terang
 Hasil kamera Sony Xperia Z Ultra dengan pencahayaan yang sangat terang


Pengalaman Menggunakan Sony Xperia Z Ultra
 Hasil kamera Sony Xperia Z Ultra dengan fitur auto focus diaktifkan


Pengalaman Menggunakan Sony Xperia Z Ultra C6833 LTE
 Hasil kamera Sony Xperia Z Ultra di dalam ruangan yang kurang pencahayaannya


Pengalaman Menggunakan Sony Xperia Z Ultra
Hasil kamera Sony Xperia Z Ultra malam hari


Kamera depan

Kamera depan hanya 2 MP tanpa LED flash. Hasilnya sedikit mengecewakan, tapi tidak jadi masalah buat saya, toh saya bukan pecinta selfie kok. Karena selfie bukan nama istri saya.

Software

Dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 800, menjadikan kinerjanya sangat cepat ketika melakukan perpindahan antar menu maupun multitasking. Apalagi ketika bermain game, baik game biasa maupun HD, terbilang cukup baik dan lancar. Belum pernah mengalami lag ketika bermain game.

Memori Internal

Untuk memori internal sebesar 16 GB, dan total memori yang dapat digunakan untuk user sebesar 11 GB, sangat cukup untuk menginstall berbagai aplikasi. Sedangkan RAM-nya sebesar 2 GB. Sebagian aplikasi dapat dipindahkan ke memori eksternal dengan menggunakan aplikasi app2sd.

Kualitas suara speaker

Suara treble dan bass pada speaker berkolaborasi cukup baik, tapi sangat disayangkan suara yang dihasilkan sangat kecil. Suaranya tidak nendang sama sekali deh, tapi kalau memakai headphone, suaranya jadi oke loh. Untuk speaker letaknya bukan di bagian belakang body hape, tapi di bagian bawah, jadi suara speaker tetap terdengar meskipun smartphone diletakkan dalam keadaan telentang atau tengkurap.

Pengalaman Menggunakan Sony Xperia Z Ultra C6833 LTE
Tuh lihat kan, tidak ada speaker di bagian belakang body hape


Kualitas suara saat telepon

Ketika menerima maupun melakukan panggilan, suaranya sangat kecil, jadi volume-nya harus di full-in dulu, baru deh kedengaran.

Sudah 4G LTE

Z Ultra sudah dapat berjalan pada sinyal 4G, tapi semua tergantung operatornya, apakah areanya sudah dapat menangkap koruptor sinyal 4G atau masih 3G. Untuk proses internetan lancar jaya (area saya masih 3G) tanpa hambatan, selama kuota internet masih ada dan kualitas sinyal oke.

Baterai

Baterai sebesar 3050 mAh ini menyatu dengan body, jadi tidak bisa dilepas alias non removable. Berdasar pengalaman saya, karena ukuran layarnya yang jumbo dan resolusi layarnya yang tinggi, pemakaian baterai terasa cepat terkuras, apalagi kalau sering dipakai untuk bermain game atau menonton video. Tapi Sony sudah mengantisipasinya dengan fitur Power Stamina, untuk menambah daya tahan baterai smartphone.

Bisa USB On the go (USB OTG)

Z Ultra mampu membaca file dari flash disk atau bahasa kerennya USB OTG. Cukup dengan membeli kabel USB OTG, Anda sudah dapat mencolokkannya ke Z Ultra. Jadi kalau dirasa memori penyimpanannya masih kurang, Anda masih bisa menyimpannya ke dalam flash disk melalui Z Ultra. Selain itu, Z Ultra juga mampu menggunakan USB stick PS 3 atau 4 untuk bermain game semisal GTA San Andreas. Jadi mirip bermain playstation gitu deh. Saya pun penyuka game GTA San Andreas, tapi belum saya install nih.

Anti air

Z Ultra diklaim sebagai phablet yang anti air. Makanya semua port (usb charger, sim card dan memory card) tertutup rapat, kecuali port untuk handsfree. Tapi jangan khawatir, katanya sih port untuk handsfree sudah didesain sedemikian rupa supaya tidak kemasukan jin air. Tapi saya sendiri belum pernah mencobanya, nanti saja kalau tidak sengaja terkena air, hahaha...

Sistem Operasi Android (OS : Operating System)

Dalam paket awal pembeliannya, Z Ultra C6833 sudah berjalan pada sistem operasi Kitkat. Tidak berapa lama, saya mendapat notifikasi dari Sony, untuk meng-update software yang terbaru. Setelah saya update menggunakan Laptop melalui Sony PC Companian, saya mendapat OS terbaru, yakni Lollipop 5.1.1. Namun setelah di-update, kinerja baterai menjadi terasa agak boros. Jadi lebih baik pertimbangkan dulu sekiranya perlu atau tidak untuk meng-update ke OS Lollipop. Semuanya terserah Anda deh.

Demikian artikel mengenai pengalaman menggunakan Sony Xperia Z Ultra C6833 LTE ini saya tulis.  

Semoga bermanfaat ya guys....

Baca juga artikel lainnya :

- Cara Mudah Update Blog Menggunakan Android
- Sebutir Padi

58 comments

Ternyata mas hendra penggemar fanatik sony nih,ukurannya mantap banget tuh mas kayaknya perlu tas khusus deh kalau mau dibawa kemana-mana...

Reply

Iya mas Dwi, perlu bawa tas kecil kalo mau pergi, buat ngantongin gadget... Hehehe

Reply

Keren hasil fotonya tapi gefde juga handpone nya

Reply

Banget gedenya mas. Foto kalo terang oke lah...

Reply

Hasil kameranya juga cukup mengesankan ya?

Kira-kira perlu badget berap ya mas?

Reply

Kamera standard aja kok mas.. Budget bisa 3,6 juta lah...

Reply

Hehe saya make loh gan udh lolipop jg.. Kenapa jd boros batre karena aplikasi sistem bawaan sony dan google play service yg update ke lolinya yg bikin boros.. Klo saya sih lebih ke make greenify dan disable app sistem yang ga penting macem hangouts. Google+ dll.. Bs dliat di app manager all app keliatan dan app sony yg buanyak bgt keliatan dari freeable ram dan usage ramnya. Meski ram 2gb hp ini masih make sistem lama yg naruh sebagian app sistem di ram jd nya ga full 2gb ky di zenfone asus. Jd cm dapet 1.7gb. Dan usable sistem makan ram kena 1gb lebih free nya ttp 600 gr2 app sistem sony yg kebanyakan. Tp klo di disable meski tanpa root jg udh aman ko yg ane pake sih batre fine2 aja meski multitasking yg penting sering di hibernate aja klo udh ngelewati batas multitaskingnya kasian jg hp jd panas. Hehe jgn lupa sync nya jgn di auto dan update playstore nya jgn di auto.. Djamin deh pke android aman ko. Klo mw yg bner2 pure ya mesti pke aosp android.. Nah dia bner pure android mutlak tanpa embel2 app dari bawaan brand hp nya yg ternyata bikin boros batre dan ram

Reply

Wah makasih loh infonya bermanfaat, nanti saya coba ya. Trims sudah mampir

Reply

Kalau mau setting ke kitkat apa hrs ke kantor sony nya..trims

Reply

Nggak perlu kok, bisa update sendiri

Reply

Saya punya z ultra tpi blom 4G, bisa di update ke konter sony kh gan??

Reply

Dicoba saja bawa ke conter Sony pak,

Reply

Nih masih makai gan.... Klo baterai tergantung pemakaian..klo kamera bagus kok di fpnya banyak para master masternya yang upload jepretan zul..

Reply

Klo baterai tergantung pemakaian...klo kamera bagus kok di fpnya banyak para master masternya yang upload jepretan zul...

Reply

Ane udah pake gan...ultra meskipun gede tp ukuran lebarnya seukuran saku baju..coba deh klo g percaya..tapi repot memang buat ngetik satu tangan hehehe..meski gede tipis banget..tp lumayan kuat..dah beberapa kali jatoh dan kedudukin di saku belakang kyk dompet gpp...begitu beli ane lsg rendem air..aman...tapi ane saranin beli carger magnetic jd g sering2 buka penutup lubang cargernya..krn karet pelindungnya gampang copot...tks

Reply

Iya belum sempat beli yang magnetic doc mas, kayaknya lebih praktis itu ya.. Mantap nih

Reply

Iya thx infonya , cuamn nyari cas yg unyu'' nya susah . jadi monoton hadehhh

Reply

Sama-sama. Yang langka itu terasa istimewa, hahaha

Reply

Kamera lumayan lah, yang penting kinerjanya nggak lemot

Reply

Wah saya aja pengguna sony ZU C6802 .. Masih pikir-pikir mas mau upgrade.. Browsing di Google banyak keluhannya.. Ini saja masih android jelly bean..

Reply

Saya pengguna sony ZU C6802.. Masih pikir-pikir mas mau upgrade.. Browsing di Google banyak keluhannya.. Ini saja masih android jelly bean.. Puas dengan performanya

Reply

Nice, boleh dicoba kapan2

Reply

Kalau lewat OTA katanya banyak yang gagal ya mas?

Reply

Overall bagus deh.. Performa gak perlu di tanya.. Toh hobi saya bukan ganteng dikit cekrek
Satu lagi mas.. Yg top itu loh Myxperia bisa nglacak hp gitu.. Ada penguncinya lagi

Reply

Yup masing-masing memang punya kelebihan dan kekurangannya mas...

Reply

Saya juga kurang tau kalo lewat OTA

Reply

Mas,sebenernya compatible gak sih upgrade os dr kitkat ke lollipop di sonex z ultra lte?coz saya pernah baca,kok ada keluhan stlh diupgrade.

Reply

Lg iseng2 browsing inet buat cari pengganti z ultra nemu artikel ini jd mengurungkan niat, sayang, ahhahahaah.
Salam kenal :D
Saya jg pemakai Z ultra dari awal rilis, klo gak salah 2013, msh jd hp utama sampe skrg, buat main gems of war dan baca e book, meskipun udah ada note 5 (buat foto2) karena ni ZU hasil kameranya, errrrrr, jelek :p

Reply

Saya sudah upgrade dari kitkat ke lollipop 🍭, dan nggak ada keluhan kok

Reply

Performance sih bagus, oke lah, tapi kalo emang kamera ya bukan andalannya. Jadi sia2 kalo pecinta foto beli hape ini,...

Reply

Mau tanya bang...emng smoe saat ini ap msih ad barangny yg new untk ZU LTE.....soalny sy pernh nanya ke outlet mall ktny sdh gk produksi gtu....

Reply

Udah langka mas. Coba ke toko yang lebih besar macam ITC...

Reply

Mau tnya kalau mau pakai paket 4g nya pilih mobile network nya LTE/ WCDMA /GSM ya

Reply

Mau tnya kalau mau pakai paket 4g nya pilih mobile network nya LTE/ WCDMA /GSM ya

Reply

Kartunya harus di upgrade ke 4g. Kalo udah, ya seperti biasa bae, nanti juga otomatis kok

Reply

Selamat pagi mas mau ikut nimrung nih.. Hahahha..
Sy pengguna SU Lte n alhamdulillah performa masih sgt baik selama setahun ini update os lollipop gak masalah sama sekali, batre masih mantap sekali, sy rasa sony pun sudah memperhitungkan tingkat os tiap masing2 hp nya jadi gak perlu khawatir n baper liat review2 di blog or web sebelah.. Hhhee
Klo buat pengguna alay selfie sepertinya memang lupakan saja hp ini, tapi bagi pengguna yg ganteng maksimal n cantik jos jos tanpa beauty plus n 360 bukan masalah sedikitpun.. Wkwkwkwk
Satu yg buat sy suka dari hp ini yaitu cuma satu2nya sony buat dgn layar n bentuk sprt ini gak ada duanya n makin langka saja tentunya beda dr yg lain.. Tidak ada nita untuk menjualnya.. Hhhaaa

Reply

Silahkan nimbrung bae. Nah itu dia, yang saya suka itu modelnya, kotak dan juga layarnya. Makasih udah mampir di blog ini

Reply

Ikut komen.. Utk masalah kmera knpa buram ya.. Tidak jlas sony experia z ultra knpa ya... Mhon bntu share

Reply

Iya memang hasil foto tidak tajam, karena resolusi layar yang lebar...

Reply

Memang ada bintik2 ya di kameranya

Reply

Hasil fotonya terlihat agak blur kalo di zoom 🔎

Reply

Mas aku minat sony ultra tapi kalau baru kira harga ya berapa ya???

Reply

Mas hendra kira kalau harga baru ya sony z ultra berapa n kalau ada tolong info ya ke aku thanks

Reply

Sekitar harganya 3,5 jutaan gan...

Reply

kbtulah saya jg pane ni gan,,,,, en saya bru x ini pke sonny, dan yg mengecewakan mnurut ane d camera depan yg bnyak bngt bintik,,, tdnya saya kirain ini palsu tp trnyata memang bgtu,,,,,, tp dlm bka/ tutup aplikasi jg agak lambat.... jd ska sring emosi............ bgtulh critanya....

Reply

gan mau nanya kok zu saya pilihan LTE/WCDMA/GSM nya nggak muncul ya?padahal kartu sudah 4g gan..thanks

Reply

Saya mau nanya,,,
Sya bli Sony z ultra c6833,, Sya ragu ini ori ap ke,,
Apa ada yg kw?
Kalau ada beda nya apa??
Mohon petunjuk nya

Reply

Same question.
Mohon pencerahanya bro.

Reply

Ada di menu setting, lalu pilih mobile network, pilih preferred network type

Reply

Sepertinya Sony jarang yang kw, nggak kayak Samsung. Sebaiknya cek nomor imei nya aja

Reply

Hmmm, kalo camera depan mah memang kualitasnya jelek. Kalo lambat, direfresh aja

Reply

Tapi kurang lebihnya sama om, ubah pengaturan network nya, lalu pilih yang diinginkan. Itu udah 4g belum??? Kalo belum, ya jangan pilih LTE

Reply

Udah dicek di pengaturan network, tp gaada pilihan LTE. Sim card saya udh 4G.
Bisa diakalin ga hp ini?

Reply

Maksud saya hapenya juga sudah harus mendukung 4g mas. Nggak bisa diakalin. Coba bawa ke CS Sony, konsultasi

Reply

sama nih mas, apa ZU C6802 tidak mendukung LTE ya?

Reply

Post a Comment