Cara Mudah Update Blog Menggunakan Android

android, update, blog, mas, hendra

Agar blog selalu update, seorang blogger dituntut untuk selalu rutin mengurus blog, yakni dengan cara rajin update blog dengan artikel-artikel yang 'fresh from the oven', istilah kerennya seperti itu. Karena seperti yang kita ketahui, blog yang selalu update akan berdampak pada naiknya traffic pengunjung.


Namun karena sebuah alasan klasik, yakni kesibukan kita di dunia nyata, maka terkadang kita tak punya waktu atau malas untuk membuka komputer atau Laptop yang menyebabkan blog akan terbengkalai. Justru hal sepele seperti ini dapat menyebabkan blog jarang ter-update dan akan berdampak pada menurunnya traffic pengunjung.

Padahal sejatinya kita masih dapat memanfaatkan media lain selain menggunakan komputer atau laptop. Pilihan kali ini jatuh pada Handphone. Kita dapat memanfaatkan Handphone untuk menulis artikel dan mem-publishnya, sehingga blog selalu update dengan rutin. Contohnya Handphone ber-platform Android. Kecanggihan fitur yang ditawarkan Android sudah tak diragukan lagi.

Melalui artikel sederhana, singkat, jelas dan padat ini, saya mau berbagi informasi mengenai cara mudah untuk update blog menggunakan Android.

Ada beberapa langkah dalam mem-publish sebuah artikel blog dengan menggunakan Handphone Android, seperti yang biasa saya lakukan memakai Handphone Android Sony Xperia C. Baca juga pengalaman seru selama menggunakan Handphone Sony Xperia C di sini.

1. Menulis artikel

Langkah pertama tentu saja menulis sebuah artikel. Banyak aplikasi Android yang dapat kita gunakan untuk menulis artikel. Semisal Blogger, Blogger New, WordPress (khusus untuk WordPress), BlogPost, Bloggeroid dan lain sebagainya. Saya terbiasa menggunakan aplikasi Bloggeroid untuk menulis artikel. Aplikasi Bloggeroid dapat diinstall melalui Playstore di sini.

bloggeroid, update, artikel, blog, mas, hendra

2. Mengedit gambar

Di dalam sebuah artikel, sebaiknya sertakan gambar didalamnya, agar terlihat lebih menarik dan menjadikan artikel lebih SEO. Melalui Handphone Android, kita dapat mengedit, memberikan keterangan teks pada gambar serta memberikan efek-efek pada gambar. Saya terbiasa menggunakan aplikasi Photo Grid-Collage Maker pada Handphone Android.

Aplikasi Photo Grid-Collage Maker dapat diinstall melalui PlayStore di sini.

3. Mengedit tulisan

Setelah menulis artikel dan memuat gambar didalamnya, maka langkah selanjutnya adalah mengedit tulisan yang telah kita simpan di blog dengan menggunakan aplikasi browser bawaan Google, yakni Google Chrome.

Google Chrome pada Handphone Android memiliki tampilan terbaik layaknya sebuah komputer atau Laptop. Jadi tampilannya sama persis seperti saat kita online menggunakan komputer atau Laptop, hanya saja ukuran layarnya lebih kecil karena menggunakan Handphone.

Melalui Google Chrome, kita dapat mengedit tulisan artikel yang telah kita simpan sebelumnya, menambahkan gambar, video dan lain sebagainya. Setelah dirasa cukup mengedit dan menambahkan kekurangan-kekurangan pada artikel, kita dapat langsung mem-publish artikel. Dan SELESAI.

Update blog dengan menggunakan Handphone Android memiliki kelebihan tersendiri, diantaranya :
  • Mudah dilakukan dimanapun dan kapanpun selagi terdapat sambungan koneksi internet.
  • Tak perlu repot membuka komputer atau Laptop.
  • Praktis dan simpel.
Saya rasa cukup segitu dulu artikel mengenai cara mudah update blog menggunakan Android.

Baca juga artikel mengenai : Daftar Aplikasi Android Yang Keren.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment