Biaya Turun Mesin Honda Supra X 125

Kondisi Motor Saat Mesin Dibelah - Blog Mas Hendra
 
Buat teman-teman yang memiliki kendaraan, baik itu sepeda motor maupun mobil, jangan menganggap sepele yang namanya servis rutin, cek ringan maupun cek berat. Karena kejadian nggak mengenakkan pernah saya alami sewaktu mengendarai sepeda motor saat berangkat kerja.


Sewaktu berangkat kerja siang hari, si Supra, sebut saja begitu, tiba-tiba mogok di tengah jalan dan "ngambek" nggak mau jalan lagi. Untung saja kondisi lalu lintas nggak terlalu ramai, jadi saya nggak ketabrak dari belakang, padahal situasi di depan Hotel Sultan (dulu namanya Hotel Hilton) biasanya ramlan (ramai lancar).
 
Alhasil saya pun harus mencari bengkel sekitar yang jaraknya lumayan jauh. Saya ketemu mantan bengkel di daerah Benhil, Jakarta Pusat.
 
Sesampai di bengkel, ternyata banyak motor, ya iyalah, kalo banyak tahu namanya tukang tahu. Saya ceritain semua masalahnya dari A-Z, terus dari Z-A lagi. *disambit pake obeng...

Suasana Bengkel Motor di Benhil - Blog Mas Hendra
Suasana salah satu bengkel motor di daerah Benhil, Jakarta Pusat

Ketika dicek sama mas-mas bengkel, dia bilang baut tutup olinya lepas. Jadi semua olinya tumpah di jalan. Saya cuma melongo sambil ngeliatin tukang gorengan di samping bengkel. Hmmm... Pantas saja mesin motor berasap seperti mau terbakar, lah wong nggak ada olinya. Berhubung nggak ada waktu banyak, mas-masnya cuma ngakalin pakai baut lainnya biar nggak lepas lagi, walau cuma sementara. Dan otomatis saya pun membeli oli baru lagi.
 
----
 
Pada saat libur kerja, saya pun menyempatkan untuk mengecek kondisi motor saya ke bengkel motor biasa (non resmi). Karena kasus kerusakan pada baut tutup oli harus dilakukan pembelahan pada bagian mesin motor, orang bengkel nyebutnya belah mesin atau turun mesin.

Penyebab dari lepasnya baut tutup oli adalah kerusakan pada lobang  baut yang dol/longgar, akibat dari kasarnya perlakuan sewaktu buka tutup baut ketika melakukan penggantian oli rutin. Jadi sewaktu ganti oli, harap pelan-pelan sewaktu membuka bautnya, karena kalo nggak, lama kelamaan bisa longgar lobang bautnya. Dan solusinya harus belah mesin untuk dilakukan pengelasan pada bagian lobang bautnya di bengkel bubut. Hmmm.. Bendanya kecil, tapi ribetnya luar biasa kalo sudah rusak.

Total seluruh biaya turun mesin Honda Supra X 125 di bengkel sebesar Rp. 800 ribuan. Dengan penggantian pada part piston, paking full set, ring seher, biaya pengelasan di bengkel bubut, biaya servis dan lain sebagainya. Mungkin bisa lebih atau bisa juga kurang, tergantung dari tingkat kerusakan. Dan biasanya kalo sudah ada satu part yang rusak, akan merembet ke part yang lainnya.

Baca juga artikel : Tips Menghindari Antrian di Bengkel Resmi.

Saya rasa harga di setiap bengkel nggak akan jauh berbeda, baik itu bengkel resmi maupun bengkel non resmi. Lama si Supra menginap di bengkel selama 3 hari, nggak termasuk breakfast dan dinner, dengan garansi 1 bulan bila ada kerusakan.
 
Setelah kejadian tersebut, saya lebih ekstra waspada lagi terhadap kondisi motor saya. Sebelumnya saya tune up dan ganti oli setiap 3 bulan sekali, tapi sejak kejadian itu, saya pun rutin untuk tune up dan ganti oli ke bengkel setiap bulannya, agar terkontrol dengan baik. Jadi jangan anggap sepele ya guys...

Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :

- Sakit Demam Berdarah
- Makna Gambar di BBM

Share This Article


32 comments:

  1. Begitulah mas kalau punya motor kalau sudah waktunya jajan lumayan keluar duitnya kadang memnag kita suka enak makainya saja tapi suka lupa ngerawat motor kalau sudah ngambek gitu siap siap dompet terkuras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah begitulah Mas Dwi, kadang saya suka terlena dibuatnya

      Delete
  2. wow banget, gue pernah motor rem belakangnya habis ganti kampas, malah di injek rem belakangnya eh gak mau balik keatas lagi. untung langsung gue bawa bengkel~ dibersihin dan dikasi oli tuh tuas remnya. bahaya juga berenti dijalan kan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah parah juga ya, kurang teliti tuh orangnye boy...

      Delete
  3. bener mas, hal yang anggap kita sepele tentunya bakalan jadi hal yang sangat rumit :)

    ReplyDelete
  4. Wah ketauan nih, biasanya gak rutin rawat motornya ya hehehe...Ter

    ReplyDelete
  5. saya juga dulu turun mesin segitu juga mas..
    bongkar total, 3 hari baru kelar.. hahaha..

    ReplyDelete
  6. Awalnya sepele ya mas, lama kelamaan malah merembet ke bagian mesin yg lain.

    Saya enggak ngerti apa-apa tentang motor mas. Soalnya ayah yang sering bawa service motor. Saya enggak pernah, heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Lan, jangan nganggap sepele dah kalo urusannya sama motor... Harus coba service motor sendiri Lan,..

      Delete
  7. Wah, setuju sekali. Kendaraan apapun memang harus selalu dijaga ya kondisinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong mba Indi, harus care walau sekecil apapun itu, xixixi...

      Delete
  8. saya mau servis motor supra x125 standar ntuk Menaikan kecepatan Menjadi 200Cc, apa bisa??? tinggal saya bayar ongkosnya dan pembelian Stang Honda Grand , piston tiger, skep rc100, Cdi Brt imax supra x125... kalo bisa d servis mohon langsung itung harga total servisnya, dan apakah saya bisa kirim mesinnya yg diperlukan ntuk d servis, karena saya berada di luar daerah cengkareng*....????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya nggak tau Mas, kan saya bukan tukang servisnya, cuma pelanggan saja.. :)

      Delete
  9. Mas..itu servicenya di bengkel resmi ahass atau bengkel non ahass.. motor saya suaranya sember.. dibawa ke bengkel non ahass katanya kena stang seher gtu.. jadi harus bongkaran.. turun mesin


    Sebaiknya di bengkel ahassnya atau di bengkel biasa ajj ya mas.. (dilema)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya service di bengkel biasa kok mba.

      Kalo di bengkel ahass, biaya lebih mahal, tapi kualitas oke punya lah. Bengkel biasa, biaya lebih murah, tapi kualitas jangan dianggap murahan.

      Sebaiknya minta rekomendasi bengkel biasa dari teman atau tetangga mba, mana bengkel motor biasa yang bagus. Karena nggak semua bengkel ahass bagus dan nggak semua bengkel biasa juga jelek.

      Semoga berguna

      Delete
  10. Kalau boleh tau biaya turun mesin jupiter z 2010 kisaran berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua tergantung kerusakan sih mas, tapi ya nggak beda jauh harganya

      Delete
  11. Mas stelah turun mesin ada perubahan di motornya gak? Apa masih kambuhan apa pulih seperti semula. soalnya supra saya juga turun mesin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya sih hasilnya belum maksimal, tapi saya minta dicek lagi, akhirnya oke juga sih. Jangan lupa juga setelah turun mesin, tetap service rutin pak, yang penting jangan telat ganti oli :)

      Delete
  12. Turun mesinnya di daerah mana mas hendra. Boleh nih jd rujukan klo mo turun mesin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pertigaan Ruhama, Jalan Purnawarman, Cirendeu... Bengkel kecil.

      Delete
  13. Motor supra x 125ku br aja masuk bengkel nih mas, br aja berhenti di depan bengkel mekaniknya langsung bilang motornya hrs turun mesin mas, stang sekhernya udh kena, biaya 500 ribuan blm termasuk sekher . ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biayanya memang bervariasi, tergantung kerusakan dan tempat begkelnya juga sih. Semoga cepat benar lagi motornya ya pak. Makasih sudah mampir

      Delete
  14. gejala awal jika akan turun mesin itu gmna mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya knalpot motor ngeluarin asap putih, bukan hitam ya, itu berarti ring seher bermasalah, sebaiknya segera diperiksa ke bengkel. Karena ring seher itu letaknya di bagian dalam mesin motor, makanya harus dibongkar mesinnya.

      Tapi kalo mau turun mesin tanpa tungguin rusak dulu, malah lebih bagus mas

      Delete
  15. Terima kasih atas informasinya, gan.
    Besok motor karisma 125D saya mau turun mesin, karena bunyi mesin nya udah agak brisik, klek klek klek.
    Tapi, knalpotnya belum keluar asap putih.
    Prediksi dari bengkel biaya keseluruhan sekitar 600 ribu.
    Bongkar pagi, selesai sekitar sore.

    Memang kalau motor udah terawat itu, kita tenang dan nyaman mengendarainya kapan saja dan ke mana saja. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung Pak. Semoga turun mesinnya lancar....

      Delete
  16. Kalo saya belum sampe macet sih tapi udah keluar asap.... Hhmmm kira2 berapa ya harga dan ongkosnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya langsung segera diperiksa di bengkel mas. Tergantung kerusakan harganya

      Delete