Mengatur Pola Makan yang Baik

Makanan Bergizi - Blog Mas Hendra

Beberapa tahun silam, saya memiliki riwayat penyakit maag yang cukup kronis. Tak hanya itu saja, saya pernah kena sakit gejala tipes sampai 3 kali. Penyebabnya sudah jelas, pola makan yang gak teratur, sering telat makan dan sering pula mengonsumsi mie instan. Saya memang terlalu mengabaikan pola makan yang baik dan teratur, ya akibatnya seperti ini. Penyakit (terutama yang berhubungan dengan perut/pencernaan) silih berganti berdatangan. Betapa rapuhnya saya, tapi saya tetap tegar!!


 
Penyakit maag sering kumat

Berhubung pekerjaan saya di bidang perhotelan, yang notabene menggunakan sistem shift, saya mempunyai satu kebiasaan buruk, yakni saya terbiasa mengesampingkan jam makan saya. Akibatnya malah badan saya begitu mudahnya terserang penyakit, khususnya penyakit perut atau pencernaan (maag atau tipes). Dan sering banget yang namanya masuk angin. Disitu kadang saya merasa sedih.

Pernah sewaktu shift malam, saya mengalami sakit maag yang luar biasa dan tak sanggup lagi untuk melanjutkan pekerjaan. Lantas saya pun meminta tolong teman saya yang lain untuk menggantikan posisi saya sampai closing. Saya pun langsung pulang naik taksi, karena gak sanggup naik motor. Motor saya tinggal di parkiran (karyawan) hotel. Tujuan pertama jelas, langsung meluncur ke dokter 24 jam dan memeriksakan kondisi saya. Setelah diperiksa, memang benar kata dokter, saya terkena maag akut atau kronis, penyebabnya adalah karena pola makan yang gak teratur. Sudah dua kali saya kena maag kronis seperti ini.


Pengalaman adalah guru terbaik

Begitu mudahnya saya mengabaikan pola makan, jadi teringat ucapan salah satu customer di tempat kerja saya yang berprofesi sebagai dokter.

"Untuk mengurangi gejala sakit maag, selain makan tepat waktunya, juga yang terpenting adalah sering makan (ngemil) walau sedikit, yang penting rutin".

Belajar dari pengalaman buruk perihal pengaturan pola makan yang sembarangan, saya pun secara perlahan mengubah kebiasaan buruk tersebut. Saya selalu memegang ucapan dokter tersebut, yakni sering-sering makan (ngemil) walau sedikit, yang penting perutnya gak kosong.

Setiap ada kesempatan di tengah suasana kesibukan, saya HARUS BISA ngemil walau sedikit, entah itu roti, biskuit atau wafer, yang penting maag saya gak kumat maning. Pikir saya waktu itu.


Solusi mengatasinya

Sejak kejadian itu, selain lebih sering ngemil sehat, saya pun selalu mengusahakan untuk makan tepat pada waktunya, serta berusaha untuk mengurangi makanan yang berlemak, pedas, asam dan mie instan. Mengingat lambung saya yang sangat sensitif.

Khusus bagi pecinta mie instan (seperti saya) atau mie yang lainnya, usahakan untuk mengonsumsinya satu minggu sekali, soalnya saya pernah mendengar kalau perut kita itu butuh waktu proses kurang lebih 3 hari untuk mencernanya. Jadi menurut saya, satu minggu adalah waktu titik aman terbaik untuk makan mie lagi. Okay guys....

Berikut adalah tips sederhana atau solusi untuk terhindar dari penyakit maag (atau penyakit lainnya yang berhubungan dengan perut) berdasar pengalaman saya sendiri :
  • Biasakan SELALU SARAPAN pagi yang bergizi, semisal mengonsumsi sereal, roti gandum, kentang, telur atau yang lainnya.
  • Biasakan untuk mengonsumsi buah-buahan di antara sarapan dan makan siang.
  • Menjaga pola makan tetap teratur pada waktunya, jangan keseringan telat makan.
  • Rajin ngemil kalau perut sudah terasa perih, semisal ngemil roti atau biskuit ringan.
  • Makan makanan yang bergizi.
  • Rajin makan buah dan sayuran ya.
  • Mengonsumsi air putih sesuai anjuran dokter.
  • Istirahat secukupnya.
  • Berolah raga yang teratur.
  • Bila perlu, konsumsi suplemen tambahan.
  • Hindari stress dan always positive thinking (husnuzon).
Ternyata faktor pendukung guna menghindari penyakit maag dan penyakit yang berhubungan dengan perut itu banyak juga loh, itu buktinya, gak cuma merubah pola makannya saja, tapi dari faktor penunjangnya juga guys!!. Gak cuma melulu soalan fisik, tapi psikis sedikit banyak juga ikut mempengaruhi.

Baca juga artikel lainnya : Manfaat Sarapan Sereal

Result atau hasil

Alhamdulillah, perubahan pola makan yang teratur dan gaya hidup yang sehat, telah benar-benar memberikan hasil yang sangat baik untuk kesehatan loh. Sampai detik tulisan ini saya buat, saya jarang atau bahkan hampir tidak pernah terkena maag dan juga gak gampang masuk angin lagi. Disitu kadang saya merasa senang!!!

20 comments

jadi pengin makan mas ... sip artikelnya ...

Reply

Terimakasih sudah berpartisipasi ya Mas Hendra. Semoga Anda selalu sehat dan makin sehat. Salam

Reply

Silahkan makan sebelum makan dilarang, jangan ragu-ragu

Reply

Terimakasih mba Widyanti...

Reply

Yaampuun. Aku sehari aja bisa makan 2 mie instan. :((
Anak kosan mah begini nih. Pola makannya nggak bagus.. :(

Reply

Wah, harus dikurangi, biar gak terlanjur sakit maag kronis...

Reply

Sama nasib saya waktu masih zaman kuliah ne, pola makan berantakan. Alhasil mag dan types menyerang.
Tapi alhamdulillah sekarang sudah tidak lagi, sudah mulai menjaga pola makan. Sehat itu mahal soalnya. Terima kasih sharing2nya mas :D

Reply

mengatur pola makanan memang penting bagi kesehatan,penyakit maag itu jangan di sepelkan ya mas :)

Reply

Iya Dita, kapok udah makan sembarangan, sekarang harus berubah...

Reply

Iya Defa, lama kelamaan bisa kena penyakit liver loh,

Reply

Tapi, aku nggak punya maag. :(

Reply

Buat jaga-jaga aja, soalnya bukan cuma maag aja yang bisa timbul gara-gara keseringan makan mie, hehehe

Reply

Huhuhu saya sekarang lagi kumat maag, penyebabnya dua hari kemarin telat sarapan karena di kantor lagi ada acara. Udah gitu, nekat makan dawet yang ada tape ketan hitamnya, perfect!
Kalau maag kumat tuh geje, nggak makan sakit, udah makan tetep aja sakit :-(

Reply

Mendingan dipaksain makan MasIhwan, ketimbang tambah sakit perutnya..

Reply

Iya Mas, tadi saya di kantor ngemil biskuit pas mulai terasa sakit.

Reply

Perlu itu Mas, biar gak berkelanjutan... Mencegah lebih baik daripada mengobati toh

Reply

Pola makan yang teratur memang bisa membuat kekebalan tubuh semakin kuat, alhamdulillah saya juga jarang sakit. Makasih artikelnya mas.

Reply

Betul Mas Adam, yang penting jangan sampe telat makan yaa... Siip

Reply

Tipsnya oke punya. Kalo dijalani semua pasti oke buat badan.
Saya sekarang gak sarapan pagi, biar sehat eh, untuk mengurangi lemak :)
"Disitu kadang saya merasa sedih," kalimat ini lagi naik daun hehe..

salam,
http://alrisblog.wordpress.com

Reply

Insya Allah oke banget buat badan kita. Kalimatnya naik daun apa??

Makasih udah mampir...

Reply

Post a Comment