Dampak Buruk Memasang Artikel Berlangganan Di Blog

Bagi Anda yang mengaktifkan fitur berlangganan artikel melalui email di blog, sebaiknya berpikir ulang 10 kali. Pasalnya, pengunjung yang menyukai artikel-artikel di blog kita, tentu saja mereka akan berlangganan artikel dari blog kita melalui email.

Artinya pengunjung yang khilaf tadi akan mendapatkan notifikasi email masuk yang berisi postingan terbaru blog kita. Jadi setiap kita memposting sebuah artikel terbaru, akan langsung terkirim ke email-email pengunjung blog yang telah berlangganan artikel dari blog kita. Dan Anda tahu apa dampak buruknya bagi blog kita???
tampilan artikel berlangganan di blog mas hendra
Tampilan artikel berlangganan lewat email Blog Mas Hendra


1. Menurunkan traffic blog

Secara tak langsung jumlah pengunjung ke blog kita akan sedikit berkurang. Mengapa? Karena pengunjung blog yang telah berlangganan artikel tersebut, akan membaca postingan blog melalui email yang masuk. Mereka akan membaca isi postingan terbaru tersebut di email mereka sampai selesai dan kemungkinan besar tak akan mampir lagi ke blog kita. 


2. Harapan klik iklan relatif kecil

Bagi Anda para pejuang AdSense maupun bisnis online, mungkin akan sedikit berpengaruh terhadap bisnis iklan (PPC) di blog. Karena para pengunjung yang berlangganan artikel telah membaca postingan terbaru blog Anda dan kemungkinan mereka mengunjungi blog Anda sangatlah kecil. Untuk apa mereka mengunjungi blog Anda, toh mereka sudah mendapatkan update-an postingan terbaru melalui email.


3. Blog jadi sepi

Dampak berikutnya adalah blog kita menjadi sepi pengunjung. Karena pengunjung telah membaca postingan terbaru kita melalui email mereka. Seperti ibarat kita jualan kue nastar, tapi yang ada malah orang-orang cuma makanin 'kue sample'nya saja, mereka tak membelinya. Rugi lah bisnis kita.


4. Pengunjung hanya mengandalkan postingan lewat email

Pengunjung yang telah berlangganan artikel kita, cuma akan mengandalkan postingan-postingan terbaru kita melalui email. Setelah itu?? Selesai. Mereka cukup membacanya saja melalui email, tanpa mau berkunjung ke blog kita.

SOLUSINYA??

Tapi tenang dulu sobat blogger, ada sebuah trik dalam menyiasati kasus di atas. Sehingga pengunjung tetap akan mampir ke blog kita, meskipun mereka telah berlangganan artikel di blog kita. Yuk lanjut terus membacanya.

  • Masuk ke akun Blogger Anda di sini.



tampilan menu settings di blog mas hendra

  • Masuk ke dashboard, lalu ikuti langkah berikut, sesuai dengan nomor gambar di atas :

1. Klik Settings
2. Klik Other
3. Klik Allow Blog Feed

4. Full --> Postingan terbaru akan ditampilkan secara keseluruhan pada email berlangganan. Hal inilah yang menyebabkan pengunjung blog kita akan berkurang. Pasalnya mereka cukup membaca isi postingan terbaru kita melalui email berlangganan. Hindari untuk meng-klik Option ini. bila kita tetap mengharapkan pengunjung untuk mampir berkunjung ke blog kita.

5. Until Jump Break --> Postingan terbaru akan ditampilkan hanya sampai tulisan 'Read More' atau Jump Break pada blog kita. Lihat screen shoot berikut adalah tampilan email artikel berlangganan Blog Mas Hendra. Pengunjung hanya bisa membaca postingan terbaru sampai tulisan Read more. Selanjutnya mereka akan diarahkan ke blog kita, bila meng-klik Read more.

tampilan email artikel berlangganan blog mas hendra


6. Short --> Postingan terbaru akan ditampilkan sebanyak 400 karakter pertama dari artikel kita.

7. None --> Feed tidak akan ditampilkan.

8. Custom --> Postingan terbaru akan ditampilkan setelah melalui beberapa langkah modifikasi sebelumnya. Lihat screen shoot berikut adalah tampilan email artikel berlangganan dari blog cara-ririn.com.

tampilan feed artikel blog custom


Semua langkah di atas tergantung dari keinginan Anda dalam menyikapi pengunjung yang berlangganan artikel di blog Anda. Apakah postingan terbaru akan ditampilkan secara menyeluruh atau sebaliknya.

Mudah-mudahan artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi Anda yang masih bingung dalam mengatur tampilan postingan (feed) artikel berlangganan di blog.

Happy blogging...

You May Like This :


EmoticonEmoticon