Tips Cara Belajar Bahasa Inggris Ala Mas Hendra

papan tulis

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipakai untuk saling berkomunikasi antar sesama negara di seluruh dunia. Mengingat betapa pentingnya bahasa internasional ini, kini pengenalan dasar berbahasa Inggris sudah mulai dikenalkan kepada anak-anak sejak duduk di bangku TK. Kenapa sejak duduk di bangku TK? Karena kalau berdiri pasti pegel guys!! *Mikir...

Anak saya yang mulai TK di usia 4 tahun pun sudah dikenalkan dengan bahasa Inggris. Yah meskipun baru sebatas ucapan salam, selamat pagi, siang, malam, berhitung kecil-kecilan maupun mengucapkan kata terimakasih, tapi setidaknya dasar berbahasa Inggris sudah mulai dikenalkan sejak usia dini. Mengingat anak kecil cenderung memiliki memori yang masih fresh dan lebih mudah cepat hapal ketimbang orang dewasa seperti saya yang memorinya perlahan-lahan sudah mulai OBLAK!! Do you know what is the meaning of 'OBLAK'??

Di lingkungan kerja pun, secara tak langsung kita pun terkadang menemukan tulisan berbahasa Inggris, entah itu cuma sekedar tulisan 'WELCOME' (selamat datang) di pintu gerbang maupun keset yang sangat ngetop, tulisan 'NO SMOKING' (dilarang merokok) yang nempel di dinding, tulisan 'DANGER' (bahaya) yang menempel pada dinding instalasi listrik dan lain sebagainya.

Ada satu cerita, pernah sekali saya berkomunikasi dengan turis wanita asal China yang sedang berlibur di tempat saya bekerja. Uniknya turis tersebut sama sekali tak mengerti bahasa Inggris. Sebagai komunikasi satu-satunya, ia mengandalkan ponselnya sebagai kamusnya. Sayapun mengetikkan kata dalam bahasa Inggris, lalu ponsel milik mba China tersebut menterjemahkan kata yang saya ketikkan tadi ke dalam bahasa China. Tulisannya pun huruf China. Hmmmm... Saya pikir cuma saya saja yang bahasa Inggrisnya belepotan, ternyata masih ada yang lebih parah dari saya. Gumam saya.

Langsung saja saya share bagaimana tips cara belajar bahasa Inggris ala mas Hendra. Meskipun tidak PERFECT, karena saya bukanlah seorang guru dan saya pun masih dalam tahap banyak belajar, tapi tidak ada salahnya bila saya saling berbagi ilmu (kecil-kecilan) melalui artikel ini.



1. Tontonlah film berbahasa Inggris

Film berbahasa Inggris yang di maksud bukan hanya yang menampilkan dialog monoton saja, semisal : 'OH YES-OH NO'. Bukan itu!! Dicatat ya, BUKAN ITU!! Tontonlah film-film berbahasa Inggris yang terdapat teks terjemahannya, biasanya dapat Anda saksikan melalui tayangan film layar sempit, eh... Layar lebar semisal Bioskop Trans TV maupun Global TV. Atau Anda dapat menonton film-film berbahasa Inggris lainnya melalui DVD. Menurut saya, kalau melalui DVD, akan lebih memudahkan Anda dalam mengatur subtitle pada DVD player. Cobalah untuk sesekali mengatur subtitle ke dalam bahasa Inggris. Sambil Anda menyimak jalan cerita film tersebut, cobalah untuk mengikuti dan menterjemahkan apa yang diucapkan oleh para pemain dalam film tersebut. Agar Anda terbawa suasana ke dalam film tersebut dan Anda pun akan lebih terasa meressapi sekaligus mereskebo.



2. Sering membaca tulisan bahasa Inggris

Cobalah sesekali Anda membeli koran maupun majalah berbahasa Inggris. Bacalah tulisan-tulisan yang terdapat di koran maupun majalah tersebut. Membacanya cukup pelan saja, tak perlu seperti membaca UUD 1945 saat upacara bendera.
Lalu cobalah untuk mencari arti tulisan-tulisan tadi di kamus bahasa Inggris-Indonesia. Ingat ya, kamus bahasa Inggris-Indonesia!! Jangan coba-coba mencari artinya di kamus bahasa Jawa-Sunda, karena sampai Lady Gaga ngeluarin album Religi pun gak akan pernah ketemu artinya.

Sambil mengucapkan tulisan bahasa Inggris tersebut, sambil mencari artinya pula. Teruslah berlatih secara lisan, sepertinya mengucapkan lebih cepat mahir ketimbang hanya reading (membaca) dan writting (menulis) saja. Kalau seandainya si abangnya nanyain kenapa harus membeli koran atau majalah berbahasa Inggris?? Bilang saja lagi mau daftar jadi TKI.





3. Latihan menulis artikel bahasa Inggris

Bagi seorang blogger, menulis artikel dalam bahasa Ibu, itu merupakan hal yang memang wajar sudah seharusnya. Tak ada salahnya sesekali menulis artikel dalam bahasa Inggris. Gunakan kamus Inggris-Indonesia maupun Google translate. Anda pun dapat mengecek grammar tulisan Anda secara online. Teliti ulang, cek kekeliruan, kalau sudah yakin benar lalu klik : publish. Jadilah artikel bahasa Inggris. Jangan pernah takut salah untuk mencoba. Salah dalam belajar adalah hal yang wajar. Daripada gak pernah mencobanya sama sekali. Kalau memang dirasa perlu, ajaklah seseorang yang telah piawai dalam bahasa Inggris untuk bersama-sama menulis artikel bahasa Inggris. Baca artikel berbahasa Inggris saya yang masih belepotan. KLIK DISINI YAA.



4. Video tutorial belajar bahasa Inggris di YouTube

Carilah video tentang pelatihan berbahasa Inggris yang baik dan benar melalui YouTube. Simak baik-baik video tutorial yang diberikan. Untuk mempermudah proses belajar melalui video tutorial tersebut, sebaiknya download saja videonya. Bagaimana cara download videonya? Baca saja artikel saya yang ini : CARA DOWNLOAD VIDEO DARI YOUTUBE.



5. Jangan mengganti bahasa pengaturan pada ponsel Anda

Kelihatannya memang sederhana, namun Anda pun dapat secara perlahan mempelajari bahasa Inggris melalui bahasa pengaturan pada handphone Anda. Jadi cobalah jangan merubah bahasa pengaturan pada handphone. Biarkan tetap dalam bahasa Inggris. Ucapkanlah sesering mungkin tulisan-tulisan yang ada pada handphone Anda, lalu carilah artinya di dalam kamus Inggris-Indonesia, agar Anda menjadi terbiasa dan terlatih.



6. Berkomunikasi secara langsung

Nah ini yang paling penting. Menurut pendapat saya. Cobalah untuk sering berlatih berbicara langsung dengan menggunakan bahasa Inggris. Carilah lawan bicara yang memang benar-benar mahir berbicara bahasa Inggris. Akan lebih baik lagi bila Anda berbicara langsung dengan orang bule. Pernah saya dengar, mungkin juga Anda, ada seorang penarik becak atau pengemudi taksi yang mahir berbicara bahasa Inggris, karena seringnya mereka berkomunikasi langsung dengan menggunakan bahasa Inggris terhadap pengguna jasa mereka. Dan pastinya dengan terus menerus latihan dan tetap tekun belajar.

Belajar dan berlatihlah dengan tekun, gunakan teknologi dan kesempatan yang ada. Teruslah berlatih dan yakinlah pada diri Anda bahwa Anda BISA!!!! Kenapa saya malah jadi kayak om Mario Teguh.

Oke, I think that is enough for today. Do not ever afraid to be failed, you will never know until you try!

Please share your experience and your comment here. It would be nice for me if you advised me well.

Hope it is useful...

8 comments

yang paling mak nyus nyobain nulis artikel bahasa Inggris tuh mas.. Mantep! sayangnya saya cuma punya satu blog bule. Hehe itupun untuk anak-anak lagi. -o-

Reply

Wah hebat donk udah bisa bikin blog bahasa Inggris. Apa nama alamat blognya??

Reply

Waduh gan... B. Inggris memang cukup sulit untuk di pelajari... Tapi saya tidak gampang menyerah untuk belajar B. Inggris

Reply

Memang sulit banget, tapi dengan berlatih setiap hari, mudah-mudahan bisa!! Yang penting rajin dan tekun berlatih...

Reply

komunikasi secara langsung itu yang paling efektif mas.. cepat bisa jadinya..

Reply

Iya betul banget mas De Eka Sas, dengan komunikasi langsung kita juga dapat mengukur seberapa jauh kemampuan kita dalam berbahasa inggris, baik itu lisan maupun tulisan...

Reply

kalo ane biasanya meningkatkan kemampuan listening melalui film gan(emang film hunter sih).hasil download,subtitlenya jg download terpisah. dan hasilnya cukup efektif, karena biasanya sebanyak apapun dialog dari berbagai macam film sekalipun rt2 akan menggunkan serangkaian kalimat yg sering & umum diucapkan membuat otak dan telinga jadi terbiasa dengan kalimat2 tsb.

Reply

Asyik juga cara seperti itu mas. Cepat paham

Reply

Post a Comment