Tips Mudik Naik Motor

 
http://hendrasuhendra176.blogspot.com/2014/05/tips-mudik-naik-motor.html
Motor Yang Saya Pakai Untuk Mudik ke Kuningan, Jawa Barat.

Bismillah...

Kamis pagi, 01 Mei 2014

Assalamu'alaikum...

Setelah sebelumnya saya posting artikel yang berjudul suka duka mudik naik travel, kali ini saya akan berbagi tips mudik naik motor.

Seperti kita ketahui bersama, mudik merupakan suatu "agenda" yang sudah menjadi kebiasaan sebagian besar warga ibu kota, termasuk saya sendiri. Ada berbagai moda transportasi yang dapat dipilih oleh masyarakat, sesuai daerah tujuan maupun budget.

Nah yang akan saya bahas disini cuma transportasi yang murah meriah, bisa bikin pegel, kapasitas penumpang terbatas dan bisa selap selip, thats right : namanya Motor.

Saya pernah sekali mudik menggunakan motor, masih di wilayah Kuningan, Jawa Barat. Banyak hal dapat kita temui selama perjalanan mudik. Ada suka maupun dukanya mudik naik motor.

To the point aja deh, apa aja sih yang harus kita perhatikan selama mudik naik motor :

1. Pastikan Anda punya motor, lho.. Ya iyalah namanya juga mudik naik motor.

2. Periksa semua kondisi motor Anda, mulai dari fungsi rem bekerja dengan baik, tekanan angin ban sesuai standar, lampu dalam keadaan berfungsi semua, aki dalam keadaan prima dan sebaiknya lakukan tune up rutin di bengkel yang menjadi kepercayaan Anda atau bengkel resmi sebelum Anda mudik.

3. Cek kelengkapan surat kendaraan Anda. Jangan sampai terlupa membawa SIM, STNK ataupun KTP Anda selalu.

4. Pelajari rute yang akan ditempuh
Ada baiknya Anda melihat peta jalur mudik yang akan Anda lalui, baik melalui internet (google map & browsing), informasi koran maupun tv. Karena biasanya jalur mudik mengalami sedikit pengalihan arus kendaraan, agar tidak terjadi kemacetan yang parah. Kalo emang masih macet, Anda bisa lewat jalur alternatif kok.

5. Sesuaikan kapasitas barang bawaan Anda
Nah ini yang biasanya sering kali rider anggap enteng. Demi untuk menghemat biaya dan waktu, banyak dari para pemudik yang membawa barang (tas atau kardus) sekaligus dalam satu motor. Kalo emang memungkinkan, sebaiknya hindari hal ini demi kenyamanan dan keselamatan Anda sekeluarga.

6. Pastikan kondisi badan dalam keadaan prima
Hindari mengendarai motor bila Anda sedang sakit ataupun dalam keadaan ngantuk. Jangan sampe deh memaksakan diri, BERBAHAYA.

7. Carilah waktu mudik yang tepat
Sebisa mungkin hindari mudik pas mendekati hari H (lebaran). Sebaiknya jalan pada pagi hari (setelah Subuh) selain kondisi jalan masih lenggang, udara juga masih fresh, dan juga biasanya nanti bisa berbarengan dengan para pemudik yang lainnya, situasi & kondisi jalan lebih jelas terlihat dan biasanya jalan siang hari gak terlalu merasa ngantuk seperti pada malam hari.

8. Perbanyak istirahat
Sewaktu saya mudik, seringkali berhenti sebentar walau cuma sekadar meluruskan punggung dan kaki (istilahnya : SELONJORAN). Sambil nyeruput teh botol, maknyuuusss..

9. Nah ini yang paling penting : jangan lupa berdoa & berdzikir
"Bagi orang yang hendak bersafar, disunnahkan ketika pertama kali meletakkan kaki untuk menaiki kendaraan membaca BISMILLAH (بِسْمِ اللهِ ) "Dengan menyebut nama Allah" (Dalam riwayat at-Tirmidzi, membaca "Bismillah" tiga kali, lihat Shahih Sunan at-Tirmidzi III/420 no. 3446). Please read : adab-adab safar.

Setelah duduk di atas kendaraan, membaca:

اَلْحَمْدُ لِلََّهِ (سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَـهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ) اَلْحَمْدُ لِله اَلْحَمْدُ لِلََّهِ
اَلْحَمْدُ لِله ، اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ ، سُبْحَانَكَ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ
.

"Segala puji hanya milik Allah, ( Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, sedangkan sebelumnya kami tidak mampu. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami (di hari Kiamat). Segala puji hanya milik Allah, Segala puji hanya milik Allah, Segala puji hanya milik Allah, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Mahasuci Engkau, Ya Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku, maka ampunilah aku, karena sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau." (HR. Abu Dawud no. 2602, at-Tirmidzi no. 3446, al-Hakim II/99, Ahmad takhrij Ahmad Syakir no. 753, Hadits ini Shohih Lihat Silsilah Ahaadits as-Shahiihah (no. 1653).

Nah itu tadi sekelumit tips mudik naik motor. Info terbaru di tahun 2013 ini para pemudik yang membawa motor dianjurkan untuk tidak membawa anak kecil. Admin pesan jangan sampe lalai melaksanakan sholat yang wajib yaa, khan masih bisa di jama' atau qasar, dzikir yang banyak dan berdoa selalu agar sehat, selamat sampai tujuan masing-masing.. 


2 comments

tipsnya bermanfaat mas beo

salam kenal
ditunggu kunjungannya ya...

Reply

Terima kasih atas kunjungannya gan. Sering2 mampir. Artikel lainnya segera menyusul. Pasti saya kunjungan balik..

Reply

Post a Comment