Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serunya Belajar Coding di Kampus Hacktiv8 BSD

Bootcamp Data Science Hacktiv8

Meskipun tidak ada background sebagai seorang programmer, tapi saya tertarik untuk mulai belajar ilmu coding sedikit demi sedikit. Saya akui bahwa pengetahuan seputar coding bagi seorang blogger juga cukup penting. Bisa dibilang belajar dasar coding masih relevan dengan profesi seorang blogger. Dengan memahami coding, saya bisa mengubah tampilan (template) blog secara mandiri sesuai kebutuhan.

Bagi orang awam seperti saya, ternyata  belajar coding membutuhkan effort yang cukup besar, karena saya harus belajar coding dari dasarnya dulu. Lain halnya kalau sudah punya basic teknik informatika, mungkin akan lebih mudah untuk mempelajari ilmu coding.

Apa Itu Coding?

Coding adalah suatu aktivitas pemrograman yang dilakukan dengan cara menulis kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Selama proses coding berlangsung, teman-teman perlu mengikuti aturan sintaks yang berlaku, agar nantinya skrip tersebut bisa dipahami oleh komputer.

Jadi sederhananya, teman-teman memberikan perintah kepada komputer, apa yang harus dikerjakan melalui bahasa pemrograman tersebut. Karena pada dasarnya komputer merupakan mesin yang hanya dapat menerima kode atau perintah yang sesuai dengan aturan sintaks.

Pentingnya Belajar Coding. Punya Prospek Masa Depan yang Cerah!

Memasuki era digital dan perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang ini, belajar coding dan belajar programming bisa dibilang cukup penting dan memiliki prospek yang sangat cerah untuk dijadikan sebagai ladang penghasilan. Pasalnya profesi programmer atau developer perangkat lunak menjadi primadona saat ini dan dicari banyak perusahaan, termasuk perusahaan digital marketing.

Seperti dilansir dari hiredtoday.com, setidaknya ada 5 profesi di bidang IT yang paling dicari :

  • Mobile Developer
  • Business Intelligence
  • Network and Information Security
  • Mac, Linux & Unix Systems
  • IT Architect (Arsitek IT)

Seperti kita ketahui, hampir sebagian besar aktivitas manusia sehari-hari tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi digital. Misalnya saja nih, teman-teman mau pesan makanan secara online, pasti akan pesan lewat aplikasi bukan? Atau mau belanja baju online, pasti lewat aplikasi juga.

Perkembangan perangkat lunak atau aplikasi pastinya tidak terlepas dari para programmer yang mengembangkannya. Merekalah yang mengolah coding untuk membuat aplikasi hingga jadi dan siap digunakan oleh kita semua.

Belajar Coding yang Bagus di Mana?

Bagi teman-teman yang tertarik untuk belajar programming dan mencari sekolah coding, maka Hacktiv8 adalah pilihan yang tepat dan merupakan coding bootcamp terbaik yang ada di Jakarta. Hacktiv8 merupakan lembaga kursus coding yang didirikan oleh Ronald Ishak dan Riza Fahmi pada tahun 2016.

Coding Bootcamp Hacktiv8

Hacktiv8 fokus pada pengembangan talenta digital, mulai dari pemula hingga menjadi tenaga ahli melalui program bootcamp yang diselenggarakan. Harapan ke depannya agar anak-anak muda yang berkompeten untuk meniti karir di dunia teknologi.

Para siswa akan belajar pemrograman secara intensif selama 12 minggu. Kegiatan belajar dimulai dari pukul 09.00 - 18.00 setiap hari Senin sampai Jum'at. Belajar ilmu coding memang rumit, tetapi berkat metode belajar yang diterapkan di Hacktiv8, yaitu dengan menggunakan metode learning by doing, para siswa akan berlatih coding secara konsisten hingga menjadi web developer yang andal. 

Kursus Coding Hacktiv8 BSD

Selama mengikuti coding bootcamp, para siswa akan diberikan tantangan untuk bisa menyelesaikan setiap persoalan yang diberikan setiap harinya. Hal ini bertujuan agar siswa menjadi terbiasa untuk menyelesaikan permasalahan yang nantinya akan sering ditemui dalam dunia kerja.

Saya sendiri juga sudah pernah ikutan kursus coding Hacktiv8 secara online. Untuk membaca keseruannya, bisa langsung ke artikel ini guys : Pengalaman Seru Ikutan Coding Bootcamp di Hacktiv8.

Program Full Bootcamp Hacktiv8

1. Full Stack Javascript Immersive

Full stack adalah bootcamp pemrograman dan pembuatan aplikasi. Durasi proses pembelajaran selama 16 minggu. Berikut adalah materi-materi yang akan didapatkan para siswa :

  • Fundamental Programming
  • Application Structure
  • Pengenalan Database
  • React & React Native
  • Pembuatan Minimum Viable Product

Terdapat 4 fase pembelajaran yang akan dijalani oleh setiap siswa, fase-fase tersebut adalah :

  • Persiapan (siswa akan belajar dasar pemrograman dan pengenalan JavaScript untuk membuat website sederhana)
  • Bootcamp fase 1 (siswa akan mempelajari bagaimana memiliki pola pikir developer dan menguasai fundamental Fullstack JavaScript)
  • Bootcamp fase 2 (siswa akan belajar dasar client-server architecture untuk membuat struktur database yang lebih fleksibel)
  • Bootcamp 3 (siswa akan mempelajari microservice dan React & React Native untuk membuat mobile aplikasi

Setelah lulus dari bootcamp ini, setiap pelajar bisa menempati karir sebagai :

  • Fullstack Developer
  • Backend Developer
  • Software Engineer
  • Frontend Developer

2. Data Science

Bagi teman-teman yang ingin belajar data science, bisa mengambil program bootcamp data science yang akan berlangsung selama 12 minggu. Setiap siswa akan fokus menganalisa dan studi mengenai data. Berikut adalah materi-materi yang akan didapatkan : 

  • Introduce to Data Science
  • Math for Data Science
  • Probability & Practical Statistics
  • Data Visualization & Interactive Dashboard
  • Supervised & Unsupervised Learning
  • Deep Learning & Big Data

Setiap siswa akan melewati 3 fase pembelajaran di bootcamp ini :

  • Persiapan (siswa akan belajar dasar-dasar Python, Aljabar Linear dan Kalkulus, Statistik serta Data Visualization)
  • Bootcampe fase 1 (siswa akan mempelajari Machine Learning, Supervised dan Unsupervised Learning, Feature Engineering, Model Evaluation, Improvement serta Deployment model yang telah dibuat)
  • Bootcamp fase 2 (siswa akan belajar Deep Learning, Representation Learning, Convoluational Neural Network, Recurrent Neural Network hingga Big Data)

Setelah lulus belajar data science di bootcamp data science ini, pelajar akan menempati karir sebagai : 

  • Data Scientist
  • Data Architect
  • Data Analyst
  • Machine Learning Engineer

Hacktiv8 Telah Terdaftar di CIRR

CIRR (Council on Integrity in Results Reporting) merupakan standar global yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding. Sebagai sekolah coding, Hacktiv8 menjadi coding bootcamp pertama di Asia yang telah terdaftar di CIRR.

Nantinya setiap 6 bulan sekali, Hacktiv8 akan merangkum laporan kelulusan para siswa setiap tahunnya, yang mana hal ini sesuai dengan standar dari CIRR.

Grand Launching Kampus Baru Hacktiv8 di BSD

Selain kampus pertama di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Hacktiv8 baru saja membuka kampus terbarunya di wilayah Green Office Park 1, BSD, Tangerang Selatan. Pada Kamis, 02 Februari 2023, saya dan beberapa rekan blogger berkesempatan untuk hadir dalam acara launching kampus baru tersebut. 

Dalam acara peresmian tersebut, hadir pembicara-pembicara yang memiliki peranan cukup penting dalam perkembangan Hacktiv8 dan juga pengembangan dunia IT.

Para pembicara Hacktiv8 saat grand launching adalah : 

  • Riza Fahmi (Co Founder and Evangelist Hacktiv8)
  • Juventia Vicky Riana (President of Hacktiv8)
  • Ronald Ishak (Founder & CEO of Hacktiv8)
  • Angga Aditya (Manager Ecosystem Acquisition & Partnership Sinar Mas Land), dan
  • Reza Aulia Ardhi (Senior Manager Digital Banking Division PT Bank Rakyat Indonesia Tbk)

Belajar Data Science

Sebagai "pentolan" Hacktiv8, Juventia Vicky Riana atau lebih akrab disapa Vicky menjelaskan jika setiap siswa yang dinyatakan lulus dari Hacktiv8, akan direkrut oleh perusahaan rekanan. Setidaknya terdapat puluhan perusahaan IT maupun konvensional yang berkolaborasi dengan Hacktiv8.

Siapapun bisa belajar coding di Hacktiv8. Tidak harus memiliki latar belakang IT. Yang terpenting adalah kemauan untuk berkembang hingga sukses sebagai programmer. Sudah terbukti beberapa lulusan Hacktiv8 telah bekerja di perusahaan bonafit.

Siswa yang benar-benar niat belajar coding dan lulus di Hacktiv8, kemungkinan besar bisa lebih mudah untuk diterima bekerja di industri teknologi. Siapa tau nanti bisa menjadi programmer andal yang mampu membuat aplikasi-aplikasi keren yang bermanfaat untuk masyarakat luas.

Lalu, Mengapa Memilih BSD Sebagai Lokasi Kampus Baru?

Alasannya karena lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau. Selain itu, di kawasan BSD sendiri telah berdiri lebih dari 30 perusahaan startup. Demikian penjelasan dari Pak Angga Aditya selaku Manager Ecosytem Acquisition & Partnership Sinar Mas Land. Ya siapa tau saja lulusan dari Hacktiv8 bisa langsung mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan tersebut.

Bootcamp Kampus Hacktiv8

Belajar Digital Marketing di Hacktiv8

Kampus baru Hacktiv8 terdiri dari 5 kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan kursus. Setiap siswa akan mendapatkan loker untuk menyimpan barang bawaannya.

Sebagai pelepas penat, tersedia teras outdoor yang bisa digunakan untuk bersantai, ngobrol maupun sekedar ngopi. Oh iya, di gedung ini tidak diperbolehkan merokok sama sekali ya guys, kecuali di luar gedung pada tempat yang telah disediakan, karena konsep gedung ini adalah green office.

Sekolah Coding Hacktiv8 BSD

Last but not least, bagi teman-teman yang tertarik ingin berkarier di bidang IT maupun dunia digital, misalnya saja digital marketing, yuk bisa cobain untuk belajar kursus coding di Hacktiv8.

Semoga bermanfaat.

28 komentar untuk "Serunya Belajar Coding di Kampus Hacktiv8 BSD"

  1. Meski gak punya beckground IT, ternyata bisa juga ikutan bootcamp ini ya. Wah, menarik banget nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mase, siapapun bisa ikut bergabung kelas coding di Hacktiv8. Yang penting mau belajar dan berusaha memperdalam ilmu coding

      Hapus
  2. Duh, kemarin pengen ikut banget acara grand launchingnya Hacktiv 8 di BSD ini, apa daya jadwalnya berbenturan dengan program sekolah yang belum bisa ditinggalkan. Semoga Hacktiv8 makin maju dan bisa membuka cabangnya di kota-kota lain di Indonesia, termasuk di Sukabumi, biar lebih terasakan kemanfaatan kelas offline-nya secara langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin 🤲🤲...

      Wah sayang sekali Mase, padahal acaranya seru dan informatif. Sekalian kopdaran makin rame

      Hapus
  3. Seru juga ya belajar coding ini. Thanks ya infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pernah belajar coding di Hacktiv8 Mas. Lumayan untuk nambah wawasan seputar ilmu coding

      Hapus
  4. Buat generasi jaman now terbuka banget peluang buat menjadi programmer dengan gali ilmu lewat di kampus Hacktiv8 ini.
    Soalnya memang bisa dikatakan, jadi programmer ini udah menjadi salah satu cita-cita juga ya. Sehingga dalam mewujudkannya bisa dilakukan dengan mudah, bahkan bisa ikut kursus codingnya juga. Ciamik sih ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zaman now profesi programmer banyak dicari perusahaan besar seiring berkembangnya teknologi

      Hapus
  5. kemarin pernah coba kelas trial coding javascript di Hacktiv8, meski via online tapi tetap berkesan dan ilmunya padet meski hanya beberapa kali pertemuan. Apalagi mentornya sangat kompeten.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah toss dulu dong. Saya juga pernah ikutan kelas Coding online. Belajarnya seru dan dibimbing oleh pengajar yang kompeten dan profesional

      Hapus
  6. Bener banget. Kemajuan teknologi begini bikin kita harus mau upgrade kemampuan diri. Salah satunya dengan belajar code. Adikku pernah belajar coding bikin game sederhana di hacktiv. Seru banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang memang perlu upgrade skill biar nggak ketinggalan jauh. Apalagi bagi seorang konten kreator juga wajib upgrade skill lainnya

      Hapus
  7. Duuhhh jadi pengen ikutan belajar coding nih, hehehe. Apalagi ilmu yang kayak gini banyak dibutuhkan di era teknologi saat ini dan masa mendatang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zaman sekarang semakin banyak perusahaan yang mencari programmer ataupun skill yang berhubungan dengan coding.

      Hapus
  8. Belajar coding memang penting banget ya mas sekarang ini untuk menghadapi tantangan dunia yang sudah serba digital. Belajar di Hacktiv8 memang sangat menyenangkan karena ada berbagai metode pembelajaran seperti project-based learning dan pembelajaran kolaboratif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Metoda pembelajaran yang digunakan di Hacktiv8 memang disesuaikan dengan kebutuhan para siswa, biar nggak mudah bosan dan monoton.

      Hapus
  9. congrat untuk Hacktiv8 yang punya kampus baru. kalo bicara soal coding, aku pribadi cuman tahu dasarnya sih, tertarik untuk tahu lebih dalam? sedikit, hahaha. karena jujur memusingkan ya. tapi aku pengen anakku bisa belajar coding. kalau di Hacktiv8 ada program untuk anak gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang sih pasti bikin pusing kalo belajar coding. Tapi kalo udah jago, bakalan bermanfaat banget deh, apalagi saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan profesi programmer

      Hapus
  10. Makasih infonya. Anak saya kelas 1 SMA sdh menunjukkan ketertarikan pd coding dan udah ada wacana utk memasukkan les coding

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagus tuh Kak, tinggal diasah terus skillnya sampe tajem setajam silet hehehe

      Hapus
  11. belajar coding, data science dan tech things lainnya tuh emang prospektif banget yaa buat masa depan, karena udh pasti dibutuhin dimana-mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di zaman modern serba digital saat ini, iya memang penting banget untuk belajar coding dan hal lainnya yang berhubungan dengan dunia teknologi informasi.

      Hapus
  12. Kesempatan terbuka nih buat yang gak punya background IT tapi pengen jadi data science. Bisa belajar coding di hacktiv8

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kalo mau coba belajar coding, bisa langsung menghubungi Hacktiv8

      Hapus
  13. Salah satu ilmu yg mahal dan dicari ketika memasuki dunia kerja. Walaupun rada butuh effort buat bener menguasai koding, tpi yaa masih bisa di pahamin lah. Gak sesulit memahamin kode dari dia wkwk.

    BalasHapus
  14. Oh my, strategis bgt tempatnya yah, suasananya terlihat menyenangkan. Terus kalau mau belajar jg lebih enak nih krn ketemu langsung, apalagi skill2 coding ini kebutuhannya lg tinggi juga, cocok untuk belajar di Hacktiv8.

    BalasHapus
  15. Omong-omong soal profesi di bidang IT, paling penasaran sama yang mobile developer

    BalasHapus
  16. sambil praktekin juga mas biar tambah semangat, kalo saya sih sdh gak ada waktu buat belajar coding lagi seperti dulu.

    BalasHapus