Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat Agar Lebih Nyaman

Tips Memilih Sepatu Lari

Memilih sepatu lari memang tidak semudah yang kita bayangkan. Meski ada begitu banyak model sepatu lari yang beredar di pasaran, tetapi menemukan yang pas terbilang cukup sulit. Maka dari itu penting untuk mengetahui tips memilih sepatu lari yang tepat agar aktivitas lari jadi lebih nyaman dan pastinya aman untuk kaki Anda.

Sepatu lari memiliki desain yang sedikit berbeda dengan sepatu biasa pada umumnya. Misalnya saja modelnya, beratnya hingga tingkat kenyamanan sepatu ketika dipakai. Salah memilih jenis sepatu lari, malah akan mengakibatkan lari jadi kurang nyaman, bahkan parahnya lagi bisa menimbulkan risiko cedera.

Nah, itu sebabnya Blogmashendra.com ingin berbagi hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih sepatu lari.

Tips Memilih Sepatu Lari

Bagi Anda yang hobi lari ataupun jalan kaki, sepatu lari menjadi hal yang wajib Anda pakai. Berikut adalah tips-tips dalam memilih sepatu untuk lari :

1. Alas sepatu harus kuat

Sepatu lari dirancang untuk membantu menjaga kenyamanan sekaligus melindungi kaki ketika berlari, terutama pada permukaan yang keras dan tidak rata. Sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan alas sepatu yang kuat dan kokoh, sehingga Anda bisa tetap bergerak dengan nyaman.

2. Bantalan empuk 

Tips memilih sepatu lari selanjutnya adalah mempertimbangkan adanya bantalan yang empuk pada bagian dalam sepatu lari. Bantalan tersebut berfungsi untuk memberikan kenyamanan kepada kaki dengan jalanan atau trek yang akan dilaluinya nantin. Pilihlah bantalan yang pas, agar tetap terasa nyaman ketika dipakai untuk berlari.

3. Bantalan tumit

Tidak hanya memperhatikan bantalan di bagian dalamnya saja, tetapi juga perlu mempertimbangkan apakah ada bantalan untuk tumit pada sepatu lari. Tips memilih sepatu lari yang satu ini cukup penting untuk mencengkram tumit ketika berlari, sehingga tidak menimbulkan lecet atau cedera.

4. Heels counter

Heels atau hak sepatu pada sepatu lari tentunya berbeda dengan sepatu wanita yang memiliki hak tinggi berbentuk runcing, tetapi heels ini biasanya terletak di bagian bawah alas kaki yang menyatu dengan badan sepatu. Heels ini berguna untuk menopang kaki bagian belakang dan melindungi tumit dari bagian luar.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Research Gate, menyebutkan bahwa heels counter pada sepatu lari dapat membuat tumit agar bisa menapak dengan sempurna.

5. Pilih ukuran yang pas

Pilihlah sepatu lari yang ukurannya pas dengan kaki, hal ini agar terhindar dari risiko jatuh atau tersandung, karena ukuran sepatu yang tidak pas. Ukuran sepatu yang lebih besar tidak dapat 'memeluk' kaki dengan sempurna. Selain itu, membuat aktivitas lari jadi tidak nyaman.

6. Pilih model sepatu yang simpel

Fungsi utama sepatu lari adalah untuk memberikan kenyamanan pada kaki ketika melakukan aktivitas lari. Jadi, pilihlah model sepatu lari yang praktis dan simpel serta desainnya sesuai dengan bentuk kaki, sehingga terasa nyaman ketika digunakan untuk berlari.

7. Tali sepatu yang kuat

Memilih tali sepatu yang kuat adalah salah satu cara cerdas memilih sepatu lari. Tali sepatu yang mudah lepas akan mengganggu proses berlari dan berisiko tersandung. Maka dari itu, perhatikan bagaimana tali sepatu mampu menahan kaki ketika dipakai. Pilihlah sepatu lari yang memiliki bentuk tali yang praktis tapi solid.

8. Toebox sepatu lentur

Toebox adalah bagian pada ujung sepatu yang menutupi jari-jari kaki. Pada umumnya, toebox berada di depan lubang tali sepatu dan berfungsi untuk memperkuat sekaligus melindungi jari dari risiko cedera akibat tersandung. Pilihlah sepatu lari yang memiliki toebox lentur dan tidak keras. Pastikan ujung kaki dapat bergerak secara bebas dan tetap nyaman.

9. Alas karet dan busa

Pilihlah sepatu lari yang memiliki alas karet atau busa berkualitas baik. Fungsi dari alas karet ini adalah untuk meningkatkan pantulan atau fleksibilitas saat sedang berlari. Bentuk tapak karet atau busa ini juga mampu menjaga stabilitas yang diinginkan di bawah kaki.

10. Ketebalan midsole yang pas

Midsole adalah bagian tengah dari alas sepatu. Pilihlah sepatu lari yang memiliki ketebalan midsole yang pas agar kaki tidak cepat terasa pegal. Selain itu juga berguna untuk meningkatkan kecepatan berlari, tanpa adanya beban yang berlebih. Midsole pada sepatu lari dirancang untuk melindungi pelari dari benturan.

Nah itulah 10 tips memilih sepatu lari yang tepat agar aktivitas lari tetap terasa nyaman, kaki tidak cepat pegal hingga dapat meminimalisir risiko cedera.

Semoga bermanfaat.

6 komentar untuk "Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat Agar Lebih Nyaman"

  1. Sayang harga sepatu running ini lumyan mahal... jadinya klo jogging sepatu apa saja di pakai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya sebanding dengan kualitasnya Mase.

      Hapus
  2. Biasanya walaupun banyak brand sepatu yang membuat sepatu based on function , tapi belajar dari pengalaman ga semua cocok buat orang2. Contohnya kakiku, sepatu lari dari Nike kakiku ga bisa. Pasti aja tetep sakit.

    Tapi suamiku lebih running shoes dari Nike.

    Dan setelah coba banyak merk, aku lebih cocok dengan Skechers lalu yg kedua Adidas mas. Makanya tiap beli sepatu pasti aku balik lagi ke 2 brand itu.

    Kaki suamiku lebih flexible. Selain Nike dia cocok juga Ama running shoes nya under armor. Enak kalo kaki ga bermasalah 😅. Banyak pilihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin cocok-cocokan kali ya Mba. Ada yang cocok dengan brand A, ada juga yang tidak cocok. Kalo kaki saya cocok untuk semua brand sepatu, yang penting nggak jebol saat dipake olahraga hehehe

      Hapus
  3. yang pasti kalo cari yang bagus tentunya harga juga bagus. ya aku sendiri jarang pake sepatu, jika pun jalan pagi nyeker aja, maklum tinggalnya di desa gak ada tempat joging yang ada cuma sawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyeker juga ada manfaatnya bagi kesehatan loh, ya tapi lihat lihat dulu track yang dilewatinnya. Saya juga tinggal di desa, tapi Alhamdulillah udah ada jogging track di sekitar persawahan

      Hapus