4 Langkah Sederhana Meningkatkan Minat Olahraga

Seorang bocah berlari pelan, mengikuti setiap langkah sang ayah yang berada tidak jauh di depan. Pagi itu, keakraban tengah dipertontonkan oleh keduanya. Membuat siapapun yang melihatnya menjadi iri. Ya!! Mereka tengah melakukan sebuah aktivitas lari pagi yang menyehatkan. Secara perlahan, keduanya pun mulai menjauh dan menghilang dari pandangan saya.


Rutinitas olahraga murah meriah ini, memang kerap kali dilakukan masyarakat di sekitar tempat tinggal saya, terutama pada hari Minggu atau hari libur lainnya. Tidak jarang juga ada beberapa anak kecil dengan didampingi orang tuanya melakukan olahraga. Aktivitas yang biasanya dilakukan adalah sekedar berjalan mengelilingi komplek perumahan atau tidak jarang juga ada yang bersepeda. Hal ini dilakukan guna menanamkan minat anak-anak terhadap olahraga sejak usia dini.

Pada setiap Minggu pagi, di sekitar Kampus UIN, diadakan bazaar yang selalu menyedot perhatian masyarakat sekitar, inilah alasan mengapa banyak masyarakat sekitar yang tertarik untuk datang berbondong-bondong ke bazaar. Bahkan tidak sedikit juga ada yang datang ke lokasi bazaar hanya dengan berjalan kaki dari rumah. “Hitung-hitung olahraga sekaligus cuci mata”, demikian alasan yang diutarakan para tetangga saya.

Saya pribadi pun pernah mengajak anak dan istri untuk berolahraga dengan melakukan jalan santai pada suatu Minggu pagi. Adapun rute yang kami lewati adalah Kampus UIN (lokasi di mana diadakan bazaar) lalu melewati Situ Gintung, sekalian melihat perkembangan danaunya setelah sempat jebol pada tahun 2009 lalu, hehehe… Lalu dari Situ Gintung, kami pun balik lagi ke rumah dengan melalui rute yang berbeda.

Belajar dari pengalaman saya di atas, bagi kamu yang masih malas untuk berolahraga, yuk mulai sekarang lakukan hal-hal sederhana berikut ini, agar kamu semakin giat lagi untuk berolahraga :


1. Berolahraga bersama teman atau keluarga

Bagi kamu yang masih merasa MALAS untuk berolahraga, cobalah untuk mengajak teman atau saudara atau bahkan anak dan istri/suami untuk sama-sama ikut berolahraga. Walau hanya sekedar jalan, lari pagi atau bersepeda, dengan mengajak teman atau pasangan, akan semakin meningkatkan mood dan memotivasi kamu dalam berolahraga. Selain itu juga dapat mempererat hubungan sosial satu sama lain. 


2. Jadikan olahraga sebagai hobi

Berenang - Blog Mas Hendra
Saya memulai hobi berenang semenjak kelas 1 SD. Sampai sekarang, kalau melihat kolam, bawaannya pengen berenang

Yang namanya hobi, sudah pasti kita akan melakukannya dengan sepenuh hati bukan?! Dan kita pun akan melakukannya tanpa merasa beban sedikitpun. Nah, begitu juga dengan olahraga, banyak kok olahraga yang bisa dijadikan sebagai hobi. Mulai dari sepak bola, futsal, berenang, badminton, bersepeda, tenis meja atau bahkan lari pagi. Hobi tersalurkan, badan pun menjadi lebih sehat. Mulai dari sekarang, jangan jadikan olahraga itu beban lagi ya, tapi jadikan sebagai hobi. 


3. Olahraga dapat dilakukan di mana saja, tidak harus di tempat kebugaran (gym)

Olahraga juga dapat dilakukan di sekitar komplek perumahan loh

Mungkin ada sebagian dari kita yang masih beranggapan bahwa olahraga harus dilakukan di tempat kebugaran atau fitness dan tentu saja akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hei, tunggu dulu guys!! Olahraga tidak harus dilakukan di gym, olahraga juga bisa dilakukan di rumah, luar rumah atau bahkan di tempat kerja sekalipun. 

Jadi mulai sekarang, yuk buang jauh-jauh anggapan seperti itu, dan mulailah bergerak beranjak dari sofa empukmu atau dari tempat tidurmu. Karena jika selamanya kamu beranggapan seperti itu, maka selama itu pula kamu tidak akan pernah mau untuk memulai berolahraga.


4. Mengikuti even yang dapat meningkatkan mood untuk berolahraga

Even seperti ini yang selalu menyedot perhatian masyarakat. Gambar diambil dari michaeltuori.wordpress.com

Kamu pasti sudah sering mendengar even ‘Car Free Day’ bukan?! Kali ini saya tidak akan membahasnya di sini, namun melalui sebuah even yang terbuka untuk umum semacam CFD ini, tidak sedikit masyarakat dari berbagai kalangan yang rela hadir, entah hanya sekedar cuci mata atau jalan-jalan, bahkan ada juga yang memang sengaja hadir ke even ini sekalian untuk berolahraga bersama dengan keluarga atau teman.

Even-even yang terbuka untuk umum seperti ini, diharapkan dapat ‘memancing’ minat masyarakat, setidaknya untuk bergerak beranjak keluar dari rumah dan saling bersosialisasi satu sama lain dengan cara melakukan beragam aktivitas di dalamnya, salah satunya adalah berolahraga. 

Setelah kamu melakukan olahraga secara rutin, berikut adalah manfaat yang akan kamu dapatkan, diantaranya adalah :

1. Menyehatkan jantung
2. Membakar kalori di dalam tubuh
3. Membakar lemak
4. Melancarkan aliran darah
5. Dapat menjaga kepadatan tulang
6. Meningkatkan gairah seks
7. Meningkatkan kinerja otot dan daya tahan otot
8. Meningkatkan sistem imun
9. Membuat awet muda
10. Meningkatkan daya ingat otak, dan lain sebagainya.

Untuk menjadikan tubuh agar tetap sehat dan prima, selalu perhatikan juga nilai kandungan nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari ya guys.


Piramida makanan untuk kebutuhan nutrisi yang lebih baik. Gambar diambil dari gizikia.depkes.go.id


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang masih enggan untuk memulai berolahrga .

6 comments

Tau banget kalo olahraga itu sangat baik untuk kesehatan. Hanya saja malas selalu menjadi alasan utama mas. Haha..

Nice artikel mas...

Sumber utama penyebabnya adalah malas, makanya mulai sekarang terapin tips simple di atas, biar nggak malas lagi, hehehe...

Makasih udah mampir di blog saya Dit

olahraga di dapur bisa juga kan hehe? masak, nyuci piring dan semacamnya :D

komplek perumahannya bagus mas hendra...
jadi semangat untuk ngopi disampingnya..
hahahaha..

Waduh gagal fokus nih Mas Eka...


EmoticonEmoticon