Ban Motor Kempes Tengah Malam! Untung Pakai Tubeless

Sepertinya kejadian ban motor kempes ketika tengah malam, seolah menjadi momok yang menakutkan bagi para biker. Terutama di tengah perjalanan dengan kondisi hujan deras dan bengkel motor tidak ada yang buka. Sungguh dramatis dan mirip adegan di sebuah Sinetron. 



Kejadian ban motor kempes atau gembos saat tengah malam pernah saya alami. Tapi Alhamdulillah tidak hujan juga sih. 

Ban Motor Belakang - Blog Mas Hendra

Saat pulang kerja tengah malam, saya dapati kondisi ban motor belakang saya kempes. Alhasil saya harus mencari bengkel yang masih buka. Tidak jauh dari Thamrin City, saya lihat ada bengkel motor yang masih buka. 

Setelah dicek, tidak ada paku atau benda tajam lainnya yang menancap pada ban. Lalu si abang bengkel pun hanya mengisi angin, karena dipikir ban hanya kurang angin. 

Setelah selesai, saya pun menyodorkan uang Rp. 2.000 untuk biaya isi angin. Lalu saya pun tancap gas dan bergegas. 

Anehnya sampai di daerah Patal Senayan, motor terasa tidak enak lagi nih. Seperti ban yang kempes. Setelah saya cek, memang benar bro, ban motor kempes lagi. Berhubung tidak ada bengkel motor yang buka, akhirnya saya tetap mengendarai motor dengan kondisi ban belakang kempes sampai rumah. Untung pakai ban tubeless, jadi masih bisa jalan walau sangat pelan. Baca juga -> Pengalaman Memakai Ban Motor Corsa

Besok hari saya bawa ke bengkel dan setelah dicek, ternyata bagian cover pentil ada yang rusak dan harus diganti. Harganya hanya Rp. 8.000. Setelah diganti, ban belakang sudah tidak kempes lagi.

Alhamdulillah sih, setelah memakai ban jenis tubeless, ketahanan ban motor lebih kuat dibanding ban biasa. Meskipun kondisi ban kempes, tetap masih bisa jalan, tapi tetap harus hati-hati, karena jalannya motor seperti orang mabuk janda, terseok-seok, terutama saat melewati jalanan berlubang. 

Jadi jangan lupa cek secara berkala kondisi motor, seperti cek tekanan ban, dan juga cek apakah ada paku atau benda lainnya yang nyangkut, serta periksa juga bagian-bagian penting motor yang lainnya. Baca juga -> Tips Menghindari Antrian di Bengkel Resmi

Semoga bermanfaat. 


You May Like This :


EmoticonEmoticon