Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Memakai Ban Motor Tubeless Merk Swallow

Ban Motor Tubeless Merk Swallow - Blog Mas Hendra

Satu minggu belakangan ini, saya lagi disibukkan dengan urusan tambal menambal ban motor belakang saya. Awalnya ban motor saya selalu kurang angin, tanpa memeriksa lebih lanjut, saya pun hanya mengisi angin saja, setelah itu motor saya pakai seperti biasa. 


Namun setelah diisi angin, ban motor saya justru kembali gembos. Kejadian ini sudah beberapa kali terulang, sampai akhirnya saya memeriksa kondisi ban ke bengkel motor lagi. Setelah diperiksa, ternyata bekas tambalan ban sebelumnya terlepas, alhasil saya pun menambal ulang bekas tambalan tersebut. Tapi tidak cukup kuat, tambalan kembali lepas, sampai akhirnya saya memutuskan untuk mengganti ban saja. Baca juga artikel menarik lainnya : Ketahui Penyebab Ban Cepat Botak

Karena menurut info serta pengalaman dari orang lain, apabila ban motor sudah terlihat mulai botak/tipis dan banyak sekali tambalan, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Karena dikhawatirkan bekas tambalan tersebut akan terlepas lagi. Dan betul saja, saya baru saja mengalaminya. Ada juga yang menyarankan untuk memakaikan ban dalam di ban tubeless saya. 

Sebelum membeli ban motor baru, saya pun melakukan survey kecil-kecilan. Beberapa bengkel motor saya datangi dan menanyakan ban motor yang memiliki kualitas lebih bagus dan kisaran harga bannya.

Saya pun mendatangi bengkel motor yang tidak jauh dari rumah. Si pemilik bengkel menyarankan untuk mengganti ban motor lama saya dengan ban motor tubeless merk Swallow. Menurut pengakuannya (ini menurut dia loh ya), ban motor Swallow dinilai memiliki komposisi karet sintetis yang lebih dominan ketimbang merk yang lainnya, karena selain memproduksi ban, pihak Swallow juga memproduksi karet sintetis. Maka dari itu, ban tubless Swallow dinilai lebih kuat dan tahan lama serta memiliki daya cengkeram lebih kuat di aspal, baik dalam kondisi licin maupun kering.

Karena penasaran mau mencoba ban tubeless merk lain, singkat cerita, saya pun membeli ban tubeless merk Swallow (80/90-17) untuk motor Honda Supra X125R seharga Rp. 175.000, tanpa tawar menawar, karena saya paling malas kalau nawar sesuatu, hahaha.

Ban Motor Tubeless Merk Swallow - Blog Mas Hendra

Nah melalui artikel singkat ini, saya mau berbagi pengalaman memakai ban motor tubeless merk Swallow, meskipun masa pakai baru kurang dari satu minggu, tapi tidak ada salahnya saya sharing di sini, siapa tahu bermanfaat buat teman-teman.

1. Ketika melewati jalanan yang rusak dan berbatu/berlobang, ban tidak terlalu keras, artinya si ban jatuhnya terasa lebih empuk.

2. Model kembangannya sporty, mirip motor sport dengan bahan karet sintetisnya kelihatan banget lebih dominan. Makanya si ban kelihatan lebih alot. 

3. Ketika dipakai di jalanan yang licin, ban motor mampu menyesuaikan dengan kondisi medan jalan, artinya si ban tidak terlalu terasa licin. Ini sih tidak heran, karena kondisi ban masih baru banget.

Saya rasa cukup segitu dulu deh berbagi pengalamannya, kalau memang ada pengalaman tambahan lainnya, nanti saya update lagi. Atau mungkin teman-teman punya pengalaman lainnya?? Monggo di share di kotak komentar. Terimakasih guys sudah membaca artikelnya.

Baca juga artikel menarik lainnya : Tips Menghindari Antrian di Bengkel Resmi

Semoga bermanfaat.

4 komentar untuk "Pengalaman Memakai Ban Motor Tubeless Merk Swallow "

  1. Harganya nggak beda sama ban biasa ya...dulu saya ganti ban sepan yang non tubless 170 an sama ongkos pasangnya

    BalasHapus
  2. @Dwi Sugiarto : Kalo harga biasanya bervariasi, tergantung daerahnya deh

    BalasHapus
  3. belum pernah nihh pakai merk swallownya, kayanya pas juga nih buat sepeda motor saya, pas buat di medan jalan

    BalasHapus
  4. @Garo-blog : Coba aja dulu, nanti bisa sharing pengalamannya

    BalasHapus