Kekurangan dan Kelebihan Seorang Introvert

Sebelum lebih jauh mengenal kekurangan dan kelebihan seorang introvert, sebaiknya kenali lebih dulu apa itu introvert.


Introvert biasanya merupakan sifat seseorang yang lebih cenderung fokus dengan dunianya sendiri. Artinya, si introvert kurang menyukai suasana yang ramai dan dia lebih senang menyendiri dari keramaian, fokus dengan kegiatannya sendiri dan lebih cenderung menutup diri.

Sumber gambar : reflectionsofacrhonicanthropologist.wordpress.com

Adapun lawan dari introvert adalah ekstrovert. Yaitu sifat seseorang yang lebih cenderung terbuka dengan dunia luar. Sangat bersemangat ketika berhadapan dengan keramaian.

Sudah jelas khan apa perbedaan antara introvert dan ekstrovert? Namun yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai kekurangan dan kelebihan seseorang yang memiliki sifat dari introvert. Penasaran? Simak saja selengkapnya disini :


KEKURANGAN SI INTROVERT

- Percaya diri yang kurang
Si introvert cenderung tidak mempunyai kepercayaan diri yang tinggi saat harus berhadapan dengan keramaian. Merasa malu, minder dan tidak bisa berbicara lugas di keramaian saat harus berpidato atau semacamnya, dikarenakan tingkat PD (percaya diri) yang kurang atau sangat rendah.


- Kurang pandai berbaur di keramaian
Suasana ramai, banyak tamu dan berhadapan langsung face to face dengan orang banyak merupakan beberapa hal yang wajib di hindari bagi si introvert. Memiliki pribadi yang cenderung tertutup dan menghindari segala bentuk keramaian.


- Teman yang sedikit
Akibat memiliki sifat yang terlalu pendiam dan kurang berbaur di keramaian, si introvert lebih cenderung memiliki teman yang sedikit. Dia pun akan lebih selektif dalam memilih teman yang sekiranya cocok dengan kriterianya. Namun akan sangat nyaman bila sudah memiliki teman yang dirasa cocok dengan pribadi si introvert.


- Kurang bergaul
Berhubung temannya juga sedikit, si introvert terkadang sering dikatakan KUPER alias kurang pergaulan. Karena mereka lebih cenderung mengurung diri didalam rumah dan kurang menyukai dunia luar.


- Sering dibilang sombong
Oleh karena sifatnya yang pendiam, akan mengundang sebuah pertanyaan di mata orang-orang yang belum mengenalnya secara baik. Hal inilah yang menjadikan si introvert dijuluki dengan sebutan sombong. Sebenarnya si introvert bukanlah seorang yang sombong dan angkuh, mereka hanya malu untuk memulai sesuatu hal yang baru ditemuinya, terutama dalam hal pergaulan dengan orang-orang yang baru dikenalnya.


- Kurang pandai berbicara
Si introvert ini bukanlah si pembicara yang ulung bak seorang diplomat saat berhadapan di depan khalayak ramai. Jangan harap mereka dapat diandalkan untuk menjadi seorang stand-up comedy maupun diplomat.


- Masukannya terkadang diabaikan
Saat si introvert sekadar memberikan saran maupun kritik terhadap orang lain di keramaian, justru masukannya terkadang diabaikan atau lebih parahnya tidak didengar sama sekali. Dibanding dengan seseorang yang memiliki sifat ekstrovert, justru sarannya lebih sering didengar berkat kelihaiannya dalam bernegosiasi.


- Keberadaannya kurang diakui
Seorang introvert akan terus berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan maupun suasana yang penuh dengan banyak orang. Tidak lain adalah agar eksistensinya di depan khalayak ramai dapat pengakuan dari orang-orang sekitar. Hal ini dikarenakan si introvert lebih cenderung untuk menutup diri alias terlalu diam di dalam keramaian.



KELEBIHAN SI INTROVERT

- Pandai menyimpan rahasia
Disamping kekurangan dalam sisi pergaulan, namun disisi yang lain si introvert mempunyai kelebihan dalam hal menjaga rahasia. Dikarenakan sifat diamnya yang selalu menjaga segala omongan dan perkataan, Anda tidak  perlu khawatir bila ingin merahasiakan sesuatu dengan si introvert. Dia adalah orang yang tepat buat Anda berbagi rahasia.


- Lebih berwibawa
"Bicara yang baik atau diam". Pepatah ini sepertinya menjadi pedoman bagi si introvert. Dia akan selalu menjaga kewibawaannya dengan diam. Diam disini bukan berarti diamnya orang yang tidak berilmu (baca : bego) loh, melainkan dia tidak mau mencampuri urusan orang lain dengan perkataan yang tidak terlalu perlu untuk diucapkan.


- Sedikit terhindar dari gosip 
Si introvert enggan untuk terlalu turut campur dalam setiap pembicaraan yang menurutnya tidak penting. Dia merasa tidak perlu untuk mendengarkan hal-hal yang sekiranya mendekati ghibah atau ngomongin orang lain.


- Mudah fokus pada satu masalah 
Dalam menyelesaikan suatu masalah, si introvert justru lebih cenderung untuk fokus menghadapinya. Sikapnya yang tenang dan berhati-hati dalam mengambil keputusan, merupakan salah satu kelebihan yang dimilikinya.


Nah itu tadi artikel tentang kekurangan dan kelebihan seorang introvert menurut pengalaman pribadi saya sendiri. Karena sepertinya saya adalah seorang introvert kelas berat gan, hehehe...

Bagi yang ingin menambahi atau mengkoreksi, monggo di share di komentar. Sayang khan kalo kotak komentarnya dikosongin.

Mudah-mudahan bermanfaat gan.

Salam blogger...

39 comments

byk gak enaknya ya :3 kebetulan saya orangnya ekstro deh, diem kalo lg gak mood doang :D

Reply

Ya itu sih menurut pandangan pribadi saya aje, hehehe...
Wah berarti bertolak belakang sama introvert nih, saya mau ngomong kalo ada darurat aje, hehe
Makasih udah mampir

Reply

Kebetulan gue introvert, semua hal di atas emang bener baik buruk atau baiknya orang introvert...

Tapi meskipun kesannya pendiem banget, tapi kalau udah kenal baik sama si orang ini, gak sedingin dan sejutek yang orang kira. Tapi yah seheboh atau seakrab-akrabnya orang introvert dengan orang lain, tetep aja orang ini masih menyimpan seribu misteri yang tak di ketahui orang lain hehehe

Reply

Iya saya setuju, si introvert ini kalo udah akrab sama seseorang, kayak setia sehidup semati gan..
Dan tetep jadi orang yang penuh dengan misteri.
Aselinya si introvert ini periang, meskipun dari luar keliatan jutek atau DINGIN..
Trims udah berbagi infonya gan..
Makasih udah mampir

Reply

aku introvert. bener banget tuh kelebihan dan kekurangannya. tapi klo udh kenal banget dan ngerasa nyaman, aku bisa jadi orng yg lbih 'gila'.

temen-temen aku gk prcaya klo ak pendiem orngny, padahal ak bnran pndiam kok.

yg ak gk stuju bgian kmu blang seorng introvert kata-kata atau kritiknya sring diabaikan, jstru mnurut ak introvert t yg lbih didengar kritiknya. knapa? krna orng ektro klo nympaikn sesuatu ada bcandany, jd orng gk prcaya. klo intro skali ngomong lngsung dprcaya. just opini.hehe

Reply

Iya ada benarnya juga mba Muthi. Atau mkg cuma perasaan saya pribadi kali yaa, yg kadang kritikan maupun masukan jarang di gubris..hehehe..
But trims ya buat inputnya..
Salam blogger Muthi

Reply

gue jadi ragu nih. sbneernya gue itu introvert ato ekstrovert. gue seneng buat cerita'' gtu, tapi apa yg disebutin diatas kok, gue ngerasa ngena yak. hahah. aneh -,,-. sbbnernya yg aneh gue sih. blom tau diri gue sendiri.

yah, sgalanya memang ada kelbihan dan kekurangan. tpi bnyak jg sih, tmen'' gue yg introvert. dan mungkin, mreka jg hnya berbagi cerita, kpda org'' tertentu aja sih. sma sperti yg tulsian di atas.dan sbnernya, ktika orang introvert itu, suka bergaul dngan orang ekstrovert, apa sifatnya bsa brubah jdi ekstovert jg? dan sbliknya pula dengan ekstovert yg sring bergaul dgan introvert. ad yg gitu ga ya, gan??

Reply

Semua emg ada kelebihan kekurangannya gan.. Dan kayaknya yg namanya sifat atau tabiat seseorang itu susah utk dirubah, kalo emg dasarnya bawel/cerewet atau pendiam yang jelas susah & gak akan bisa dirubah,, benar gak gan?? CMIIW..
Makasih udah mampir

Reply

yapp..bener banget, dan semua itu aku alami..i'm introvert :)

Reply

Cara buat memperbaiki kekurangan tersebut bagai mana terutama dalam beradaptasi . biar ga di bilang kuper . hehe saya juga introvert akut emang bener bgt artikel d atas .

Reply

Kuncinya adalah belajar meningkatkan kepercayaan diri aja sih menurut saya. Trims udah mampir

Reply

"Jika kata tak lagi bermakna lbih baik diam"
Ni pepatah yg jd pedoman w
Y klo dpikir² artinya sm j m yg d ats hee
V w lbih PD lgi m pepatah ni gan..

..thanks y info nya...

Reply

Pepatahnya bagus. Lebih baik diam ya, daripada banyak omong

Reply

Y gan.. w jd lbih focus klo ky gt..😀😀😀
tapi kadang, y sering mgkin w suka kepikiran/kpngen org² ngbenci w dri pd menyukai w

Reply

Introvert itu lebih bisa ngomong lewat tulisan dari pada ngomong langsung. Introvert bisa jadi orang yg bener2 gila dan kocak sama orang2 yg bener2 klik buat mereka.
I am an introvert, and i am not shy :)

Reply

Iya Mas, seolah kalo bertatapan langsung malahan diam seribu bahasa, seperti blank hilang semuanya. I am an introvert and I am not shy :)

Reply

Introvert itu sering disalah pahami karena mereka dianggap cuek,sombong,pendiam,pemalu dan yang lebih parahnya dianggap psycopath.Pemikiran introvert itu luas,mereka punya cara sendiri untuk berbenah.Aku seorang berkepribadian introvert terkadang merasa sedih karena aku selalu menjadi pendengar yang baik dan mencarikan solusi tetapi saat aku cerita gak ada yang dengarin,Kadang gara-gara pemikiran aku terlalu dalam aku dianggap sombong,Aku gak pernah suka pertikain. I am an introvert and I am not shy :)

Reply

saya juga introvert gan, ntah knp saya kurang suka keramaian, lbih suka mngurung dri d rumah.. mnurut saya, introvert itu bukan anti sosial, tetapi lbih selektif mmilih teman..
i'am introvert, and i'am not shy..

Reply

saya juga introvert gan, ntah knp saya kurang suka keramaian, lbih suka mngurung dri d rumah.. mnurut saya, introvert itu bukan anti sosial, tetapi lbih selektif mmilih teman..
i'am introvert, and i'am not shy..

Reply

Gan gw introvert,bener ntt yg diatas, tpi bukanya selektif milih teman gw malah cenderung grogi klo berhadapan dgn orang baru ato keramaian, ada saran gan?

Reply

Siip dah, TOS dulu kalo gitu...

Reply

Dipaksa ngomong di depan umum aja gan, pasti lama-lama terbiasa kok...

Reply

introvert itu biasanya 'silent killer' .

Reply

Kalo saya silent iler mba... Haha 😂

Reply

Aku orangnya introvert,yha bener juga sihh yang dibicarakan diatas,temen2 ngira aku itu sombong,cuek.Tapi setelah temen2 deketin aku ternyata aku itu akrab banget orangnya (

Reply

Siip lah, TOS dong kalo gitu..

Reply

makasi infonya gan,tetap berkarya.

Reply

makasih komennya gan...

Reply

Bener banged semua itu ada pada diri saya (introvert), tapi malah pasangan saya yg menurut saya (ekstrovert), pasangan saya banyak banged temennya dan disukai banyak orang karna dia pintar bergaul, sedangkan saya malu klo bertemu org bnyak, jgankn org bnyak trkadang saya sulit untuk memulai pembicaraan, saya sering dilihat orang sombong dan ga mau berbaur tapi sebenernya saya malu, dan terkadang saya lebih sensitif dan mudah tersinggung bila ada orang yang niatnya bercanda tapi saya merasa dia menyinggung saya,

Pengen deh buang sifat yang tertutup kaya gitu, pengen berbaur sama orang2 krna klo diam, org2 pun segan untuk memulai pembicaraan kepada qta,

Gimana ya cara merubah sikap pendiam menjadi lebih ceria gan???

Reply

Kalo merubah tabiat dasar seseorang itu sepertinya sulit banget, karena saya sendiri juga seperti itu... Yah intinya banyak banyak berlatih aja sih

Reply

saya introvert tapi kalo saya sedang lucu pasti orang menganggap saya, tapi kalo saya sudah diem pasti saya di abaikan lagi dan mereka kembali kepada teman mereka masing - masing??

Reply

Post a Comment