Cara Membuat Surat Laporan Kehilangan dari Kepolisian

Contoh Surat Laporan Kehilangan dari Kepolisian - Blog Mas Hendra

Proses pengajuan pembuatan surat laporan kehilangan dari kepolisian, ternyata cukup mudah dilakukan. Hal ini berdasar pengalaman saya yang belum lama ini membuat surat laporan kehilangan dari kepolisian di Polsek Ciputat, Ciputat, Tangerang Selatan.


Untuk membuat surat laporan kehilangan,dibutuhkan juga data-data yang akurat atau Anda dapat menunjukkan foto copy dari berkas surat yang hilang tersebut. 

Pagi hari saya mendatangi Polsek Ciputat di jalan Ir. Juanda, Ciputat. Setelah memarkir motor di salah satu sudut bangunan yang didominasi berwarna krem tersebut, saya langsung berjalan menuju sentra pelayanan masyarakat. Di situ nampak dua buah meja lengkap dengan bangku dan komputernya. Dan juga ada dua orang petugas yang siap melayani Anda.

Polsek Ciputat - Blog Mas Hendra

Saya menuju ke salah satu petugas yang duduk menghadap layar monitor. Tampak jari jemari kekarnya telah siap mengetik setiap aduan dari masyarakat. Pembuatan surat kehilangan harus disesuaikan dengan lokasi di mana Anda kehilangan berkas/barang tersebut. 

Waktu itu saya melaporkan kehilangan STNK motor, SIM C, kartu atm BCA dan KTP milik adik saya di wilayah Cirendeu. Pembuatan surat kehilangan dapat diwakilkan, asalkan Anda membawa berkas-berkas yang diperlukan, seperti foto copy dan menunjukkan KTP Anda sendiri.

Syarat-syarat yang diperlukan untuk membuat surat laporan kehilangan STNK, SIM, kartu atm dan KTP adalah sebagai berikut :

1. Kehilangan STNK, harus membawa foto copy STNK yang hilang, atau kalau tidak ada, tunjukkan foto copy BPKB dan foto copy KTP. Kalau BKPB belum ada (karena masih angsur), harap minta surat keterangan dari leasing/dealer. Kalau BPKB masih digadaikan, bawa surat keterangan dari pihak yang menggadaikan.

2. Kehilangan SIM, harus menunjukkan foto copy SIM yang hilang, kalau tidak ada, nomor SIM.

3. Kehilangan kartu atm, harus menunjukkan nomor rekening bank dan kantor cabang di mana Anda membuka rekening. 

4. Kehilangan KTP, harus menunjukkan foto copy KTP yang hilang, kalau tidak ada, Anda harus menyebutkan 16 digit nomor induk kependudukan (NIK).

Setelah semua berkas lengkap dibuatkan laporan, nanti akan di-print dan dilegalisir dari Polsek. Untuk biaya? Berikan saja seikhlasnya, tidak ada biaya resmi, semua terserah Anda. 

Lama pembuatan surat kehilangan hanya sekitar 10-15 menit, tergantung tingkat kesulitan maupun berkas/data yang akurat.

Satu hal yang dapat kita ambil hikmahnya adalah, hati-hati dan selalu waspada dengan barang bawaan Anda, dan hal lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah, selalu foto copy semua berkas/surat-surat penting Anda, dan simpan foto copy-an tersebut ke dalam sebuah tempat yang aman. Sehingga suatu saat akan berguna di kemudian hari.

Oh iya, masa berlaku surat kehilangan tersebut 14 hari, setelah lewat 14 hari, maka Anda harus membuat surat laporan kehilangan terbaru lagi.

Semoga bermanfaat.

116 comments

Saya pernah kehilangan KTP mas waktu membuat surat kehilangan ke kantor polisi memang ditanyakan fotocopynya.jadi untuk amannya memang sebaiknya surat surat penting difotocopy

Iya mas Dwi, surat-surat penting kayak gitu sebaiknya di foto copy dulu, dan simpan copyannya di tempat aman. Jadi kalo ada apa-apa kita bisa mengantisipasinya...

Terimakasih infonya gan ! Sangat membantuu ..

Dulu saya pernah buat surat kehilangan sampai masa berlaku 14 hari terus diperpanjang lagi dengan buat yang baru 14 hari lagi eh giliran mau perpanjang ketiga ternyata ga boleh ha ha

Nica info mas, berarti cuma bisa perpanjang 2 kali ya...

Mas Hendra, artikelnya sungguh menarik dan informatif. Terima kasih

Tapi ada yang mau saya tanyakan, terkait pernyataan dalam artikel tersebut:
"Pembuatan surat kehilangan harus disesuaikan dengan lokasi di mana Anda kehilangan berkas/barang tersebut."
Artinya apa ya? Apa polisi hanya akan membuatkan surat kehilangan yang terjadi di daerahnya saja?

Dan 1 lagi, sebenarnya prosedur ini jadi standar di seluruh kepolisian atau tidak ya? Soalnya denger2 kalau di Polsek tempat saya harus bawa surat pengantar RT RW segala.

Terima kasih sebelumnya

Terimakasih sudah mampir juga.

Sebenarnya statement tersebut muncul lantaran agar memudahkan kita untuk mengurus kehilangan barang tersebut, tapi pihak kepolisian juga nggak pernah nanyain hilang dimana barang/surat tersebut.

Kalo protap atau prosedur tetap, saya juga kurang paham, apakah harus dengan surat pengantar RT/RW atau nggak, tapi dari pengalaman saya waktu itu, nggak ditanyain mengenai surat pengantarnya.

Mudah-mudahan jawaban saya sedikit membantu ya...

Mas mau tanya donx.
Klo kita khilangan mtr udh 1mnggu trs baru bkin laporan bsa gak..???
Mksh..

Sebaiknya coba langsung laporan ke kepolisian, kalo masalah bisa atau nggak nya, saya juga kurang paham, soalnya belum pernah.. Semoga berhasil nemuin motornya yah.

Kalo hari minggu bisa kah melapor ke polisi ?

Berhubung saya nggak pernah nyoba ke kantor polkis hari Minggu, jadinya saya nggak tau tuh mas/mba/om/tante...

Mas kalau saya gk menyimpan fotokopian sim saya yg hilang gimana ya? Saya juga ga hapal no.sim nya.

Coba bilang aja apa adanya ke kantor polisi, biar nanti mereka yang kasih solusi/keputusannya seperti apa...

Mas mau nanya untuk biaya kehilangan stnk di total total abis berapa ya?

Biaya pembuatan surat kehilangan cuma seikhlasnya. Waktu itu ngasih 30rb...

Mas klo jehilangan buku tabungan apa aja yg di perlukan.madalah nya saya tidak menyimpan fotocopy nya?
Thx

Saya belum tau mas, soalnya belum pernah. Coba aja tanyain langsung ke bank 🏦

kira kira bayaran di kantor polisi berapa ya gan ?

Waktu itu saya ngasih 30rb aja mas...

Mas saya mau tanya, kalau saya kehilangan stnk tapi saya belum pernah fotocopy stnk saya gimana ya?

Coba langsung tanya ke petugasnya aja mba

Saya mau nanya kalau bikin kehilangan paklaring gimana ya??

Sebenarnya saya juga belum pernah tau sih mengenai kehilangan paklaring ke kepolisian. Mending coba minta lagi ke perusahaan tempat Mas bekerja....

Mas share pengalaman ngurus stnk hilang dong.

Klo kehilangan kartu ujian semester prsyaratanya apa aj mas? Mohon bantu

Caranya nggak beda jauh seperti diatas kok...

ya bilang aja hilangnya baru kemaren bro, kan polisi juga ga tau itu

nomor sim itu sama dengan NIK di KTP

Wah saya kurang tau juga tuh mas Fahmi..

saya kehilangan ktm (kartu tanda mahasiswa) , kata tempat kuliah saya membutuhkan surat kehilangan , saya orang jakarta tapi kuliah nya di bandung , apakah bisa jika membuat surat kehilangan di jkt tanpa saya ?

Kalo hilangnya di Jakarta, bisa diwakilin sama orang lain, tapi harus ngasih data yang lengkap...

Aku kehilangan surat keterangan pengganti ktp, baru mau ke polsek, buka 24 jam ga ya?

Saya kurang tau kalo Sentra pelayanan buka 24 jam atau nggak??

Mas Kalau kehilangan Cinta bagaimana mas .. soalnya fotokopi cinta nya Ga ada fotokopi nya :p :p :p

Lapor ke Haji Bolot aja om, dijamin seminggu baru kelar, wkwkwkw

Batas akhir pelaporan sejak kehilangan berapa jam mas. Mohon dibantu

Biaya pembuatan stnk baru habis berapa bang

Kalo saya perpanjang stnk pajak lewat orang, cuma 230rb.... Praktis.

kalau yang hilang buku rekening gmn mas. bisa diwakilkan tidak ?

Langsung ke bank saja, masalah diwakilkan bisa atau tidak, saya kurang tau

Kalo stnk nya belom difotocopy dan bpkbnya lagi diskolahin gimana tuh mas?

Bilang saja langsung ke polisinya om, nanti biar dikasih advice sama mereka

Kalau ketemu stnk nya gimana, tapi masa berlaku surat masih ada,,,

Kamsudnya?? Kalo udah ketemu STNKnya, ya bagus dong,

Mau nanya... jika kehilangan dompet yg isix ada STNK.. sim.. atm.. dll.. serta hilang diluar domisili. Contoh : saya warga kabupaten tapi hilang di kotamadya.. itu gimana urusx yaa apa di kabupaten sesuai domisili ato di kotamadya tempat kehilangan dompet.. mohon pencerahannyaa

Lokasi kepolisian terdekat aja, nggak mesti sesuai domisili,

Kalau kehilangan handphone kira kira bisa ga ya?
Hape ane baru hilang hari ini-_-

Kalau kehilangan handphone kira kira bisa ga ya?
Hape ane baru hilang hari ini-_-

Menurut saya pribadi sih nggak perlu lapor polisi, kecuali memang ada unsur pencurian atau maling hape, dan kita punya bukti kuat... Laporan dah tuh sama komandan

Maaf pak,mohon informasinya
Kemarin saya uda ngurus surat kehilangan stnk di polsek,tapi alhamdulillah ternyata stnk yg hilang ketemu. Apakah saya perlu lapor bahwa stnk telah ditemukan ke polsek lagi? Karna teman2 saya bilang,kalo tidak laporan ketemu,stnk akan diblokir
Terima kasih :)))

Hmmm, sebenarnya saya juga kurang paham kalo kasusnya seperti ini. Kalo saran saya sih sebaiknya lapor kembali ke polsek lagi, kasih info aja kalo stnk udah ketemu, terus tanyain juga pertanyaan tersebut ke polsek. Terimakasih sudah mampir

Mas mau tanya, sya kehilangan stnk di semarang. Tapi posisi bpkb di kudus. Apakah bisa hanya menggunakan KTP sya? Dan stnk juga bukan atas nama sya. Tapi bapak saya. Terimakasih

Wallahu 'alam mas.... UP!! Coba tanyain langsung ke kepolisian

STNK hilang biayanya berapa?

Kalo di kepolisian sebenarnya tidak ada biaya resmi, karena hanya pengajuan suratnya saja. Jadi bisa ngasih seikhlasnya saja...

Datang sj k polres tempat dmn mba buat simnya yg hilang, trus ke bagian sim minta print out arsip sim trus ke spkt untuk buat srt kehilangannya..

Datang ke polres dimna mba dlu buat sim yg hilang itu, truz ke bagian pembuatan sim minta printout arsip sim yg hilang itu lalu ke bagian spkt polres u buat srt kehilanganny dengan menunjukkan pada petugas spkt, pring out simnya

Mas, saya kan kehilangan atm di manado, dan saya tinggal di jakarta, jadi saya harus bikin surat itu di manado atau boleh di jakarta saja?

Sebenarnya masalah atm 🏧 lebih baik ditanyakan langsung ke pihak bank nya mas, karena mereka lah yang lebih paham situasi nya... Terimakasih sudah mampir di blog saya

mau tanya, saya kehilangan ktp sama ktm(kartu tanda mahasiswa). berarti saya meminta 2 surat kehilangan?. Ktp saya yg hilang itu masih ktp kertas. seminggu yg lalu baru bikin rekam e-ktp nih pak, saat ambil ktpnya katanya harus pake ktp lama. jika hilang berarti memberikan surat kehilangan saja?

coba sebaiknya langsung tanyakan ke kepolisian, mungkin mereka lebih paham dan punya solusinya.... Saya hanya sharing pengalaman saja.

Mas. Hendra saya kemarin membuat surat kehilangan stnk. Tp bpk polisinya suruh meninggalkan nomor hp sy, untuk di hubungi. Soalnya nunggu pengesahan. Ini nunggu hampir 2 hari blm ada kabar dari polsek tentang surat kehilangan. Apakah saya harus menunggu telp daru polsek atau saya harus ke polsek lagi untuk menanyakan kabar surat kehilangan saya?

Baru tau juga kalo surat kehilangan pake nungguin disahkan. Sebaiknya tungguin aja dulu, kalo 3 4 hari nggak ada kabar, langsung datang ke kantor polisi aja di polsek5

mohon infonya.
tadi pagi saya dateng ke kantor polisi untuk ngurus surat kehilangan akte kelahiran. cuman emang g da fc aktenya. malah ditolak. g di kasih solusi juga. malah dikatain "gmn kalau kamu bohong ". gimana ya biar bisa diproses

Coba aja datang lagi lain waktu dengan petugas yang berbeda. Mudah-mudahan berhasil

Sama-sama gan. Makasih sudah mampir di blog saya

Mas, mau tanya. Kalo saya kehilangan dompet yg isinya ktp, sim, stnk, ktm, dll itu. Berarti nanti buat surat keterangan kehilangan nya sebanyak surat berharga yg hilang itu? Terus itu prosesnya lama ngga ya?
Dan kalo ktp yg hilang itu masih ktp lama, nanti buat bikin barunya harus pakai surat keterangan dari kelurahan ngga ya?

Nggak perlu, cukup buat 1 surat kehilangan untuk semuanya. Prosesnya paling juga 30 menit selesai. Kalo surat Keterangan dari Kelurahan saya kurang tau tuh mba...

Seperti sudah saya jelaskan diatas, biayanya sukarela, karena tidak ada ketetapan biaya pembuatan surat kehilangan

Broo hp hilang sudah di riset sama si pencuri... Lapor polisi bisa di lacak ngk ya.. Dan harus TKP kalo lapor polisi....

Sepertinya nggak bisa deh, polisi kan cuma membuat surat kehilangan saja, kalo ngelacak lagi ya bakal ngeluarin biaya lagi

Mad, kalau kehilangan kwitansi pembayaran sertifikat pelayaran gimana cara buatnys? Kwitansinya ada di dompet yg hilang

Untuk sertifikat, bisa minta lagi ke instansi terkait yang mengeluarkan sertifikat tersebut, better sambil menyerahkan surat kehilangan dari kepolisian, biar ada bukti kuat kalau sertifikatnya hilang di dalam dompet. Jadi sebaiknya buat surat kehilangan kepolisian dulu,

saya tdk ada bpkb mas, dan fotocopy itu apa yg punya motor apa pasti hak ketiga. karena saya itu beli bekas dan belum balik nama.

di polri bisa gak mas buwatnya.

Emang bikin surat kehilangan bisa di wakilin mas

Berdasar pengalaman saya diatas, boleh. Saya juga belum tau apakah berlaku juga di tempat yang lainnya...

Mas mau tny. Kalo kasusnya kejambret gmn ya? Apa bisa saya wakilkan soalnya yang kejambret calon istri saya.. dan kejadiaannya sedang bersama saya.

Bisa mas. Bawa fotocopy dokumen yang hilang saja. Itu sama saja seperti Kehilangan, coba laporkan sama polisi sekalian

Mas saya baru kehilangan dompet semalam, saya rasa jatuh sih... isi dompetnya ada stnk 2 motor, ktp sim dan ktm, nah saya cuma punya fotocopy ktp aja, apakah bisa buat bikin surat tanda kehilangannya? Terimakasih

Bisa kok mas. Dicoba saja dulu ke kantor kepolisian

Sama samaa
Terimakasih juga suda menjawab :))

Makasih banyak panduannya mas, membantu sekali..

Ini sangat membantu sekali mas bagi yang sedang mengalami kehilangan barang dan sejenisnya

Sama-sama mas... Makasih juga sudah berkunjung

Klo waktu pelayananY hari libur bsa g mas???

Tergantung dari kantor kepolisiannya juga sih Mas, soalnya saya juga belum pernah pas hari libur.

Kalo ga bayar, ga papa kali ya.hehe

Ya gak apa-apa sih, cuma gak enak aja kalo gak ngasih, malu...

hari ini saya baru datang ke polsek untuk minta surat kehilangan, namun polisi minta surat keterangan dr kelurahan dulu sebelum dibuatkan surat kehilangan mas

Kalo masalahnya seperti ini saya juga kurang tau ya, mungkin saja setiap kantor polisi memiliki peraturan yang berbeda...

Saya mau tanya saya ke hilangan mesin edc kantor mandiri saya itu bisa bikin surat kehilangan ga ya? Ini terus kalo mesin mandiri gmna ya kan susah ada kode2 tertentu di mesin nya sedangakan gatau kode2 itu. Tolong dibantu Jawabanya terimKash

Sejauh ini saya belum pernah dengar kalo kehilangan mesin EDC bisa laporan ke polisi. Tapi ada baiknya kalo langsung lapor sama polisi, kan nantinya jadi tau. Kalo sudah, tolong share disini ya. Thanks.

Kalo masalah kode mesin, bisa lapor langsung ke pihak penerbit mesin EDC, dalam hal ini bank Mandiri...

Mas saya kan kehilangan stnk tpi stnk masih nama bapak saya, jdi sayang harus bawa fotocopy ktp bapak saya ga?

Kalo ada, dibawa sekalian, tapi kalo gak ada ya pake foto copy ktp sampeyan aja

Mas, kalo STNK nya belom di baik nama itu gimana ya? Mohon sarannya

Mohon maaf untuk kasus-kasus lainnya seperti yang dituliskan diatas, saya juga belum punya pengalaman, mungkin teman-teman ada yang tau

Diserbu dengan berbagai macam pertanyaan. Dan saya coba menjawab sebisanya saja berdasarkan pengalaman saya....

Mz giman kalo setelah kita membuat surat kehilangan barang yang hilang sudah kembali atau di temukan, apa kita harus lapor kembali ke kantor polisi untuk memberitahukan bahwa Barang yang hilang sudah di temulan

Sepertinya sih gak usah. Tapi mungkin ada yang bisa bantu jawab disini??

Polres buka jam berapa ya Pak utk urus surat kehilangan ? Tks Pak

Adminnya buka jam 9 pak. Tergantung lokasi dong

Makasih Infonya Mas , sangat terbantu sekali loh ^_^
Ohh iya , kalau laporan surat kehilangan .. arus ambil surat izin dari RT/kelurahan yah ? apa sama seperti pembuatan SKCK dengan perpanjangan SKCK ? mohon infonya ^_^

Ada perbedaan sedikit mas. Sepertinya sudah saya jelasin diatas mas. Terimakasih semoga bermanfaat yah.


EmoticonEmoticon