Resep Cara Membuat Kentang Parut Goreng

Pada artikel sebelumnya saya sempat sharing di blog ini mengenai Resep Cara Membuat Paprika Goreng Tepung. Pada kesempatan yang nggak kesempitan kali ini, izinkan saya untuk berbagi informasi resep makanan lagi (mudah-mudahan nggak bosan ya), tapi sekarang adalah resep cara membuat kentang parut goreng

Ada banyak cara dalam mengolah tanaman kentang menjadi makanan yang sangat lezat dan bergizi. Kentang dapat diolah menjadi perkedel, mos-potato (kentang rebus, kemudian ditumbuk dan ditambah beberapa bumbu special), kentang goreng ala KFC, kentang goreng plus omelet telur dan lain sebagainya.

Mos Potatoe - Blog Mas Hendra
Yang ini namanya mos-potato
Selain cara diatas, saya akan mengolah kentang dengan cara yang mungkin bisa dibilang agak jarang yaitu diparut terlebih dulu, baru kemudian digoreng. Teman-teman ada yang sudah pernah membuatnya?? Hmmm.. Oke.. Oke. Bagi yang berminat untuk membuatnya, ikutin saja step-step di bawah ini ya.


Langkah pertama, siapkan bahan-bahannya :

1. Kentang secukupnya (pada eksperimen kali ini, saya menyiapkan 5 kentang)
Beberapa Butir Kentang Siap Diolah

2. 1 butir telur ayam
3. 4 Siung bawang merah
4. Garam dan penyedap rasa secukupnya
5. Gunakan margarine untuk menggoreng sebagai pengganti minyak goreng supaya rasanya terasa lebih lezat dan menyehatkan


Langkah kedua, siapkan alat-alatnya :

1. Wajan/kuali atau panci pemanggang model double grill pan

Panci Merk Akebonno - Blog Mas Hendra
Pakai panci ini juga bisa untuk menggoreng
2. Mangkok untuk menyajikan kentang parut gorangnya

3. Spatula --> alat untuk mengaduk dan membolak balikkan hati adonan kentang parut di dalam wajan/kuali. (spatula merupakan benda favorit Spongebob Squarepants)
4. Parutan
5. Kompor dan gasnya

Langkah Ketiga, pengolahan :

1. Goreng bawang merah terlebih dulu 
2. Parut kentang-kentang tersebut sampai halus
3. Masukkan telur dan bumbu (garam dan penyedap rasa) ke dalam olahan kentang yang sudah diparut, lalu aduk hingga merata

Olahan Kentang Parut - Blog Mas Hendra

4. Masukkan olahan parutan kentang tadi ke dalam wajan atau double grill pan
Wajan Panggang Akebonno - Blog Mas Hendra

5. Diamkan hingga matang dan berwarna kecoklatan
6. Kentang parut goreng ini bisa disajikan sesuai selera Anda, mau yang matang sampai kecoklatan, setengah matang atau yang belum matang banget. TARAAAA....!!! Kentang parut goreng sudah jadi dan siap disantap

Kentang Parut Goreng ala Mas Hendra Tersaji di Piring

7. Bila sudah selesai, sajikan kentang parut goreng selagi hangat ke dalam piring/wadah
8. Tambahkan saos tomat atau saos sambal, supaya rasa kentang parut gorengnya lebih terasa maksimal dan maknyuuusss
9. Anda pun dapat menambahkan parutan keju untuk menambah cita rasa

Langkah keempat :

1. Makan sampai habis
2. Cuci semua peralatan bekas pakai

Tekstur aseli tanaman kentang yang didominasi oleh air, menyebabkan kentang parut goreng ini akan terasa sedikit agak lembek di bagian dalamnya, meskipun sudah digoreng dalam waktu yang cukup lama sekalipun. Kentang parut goreng ini cocok untuk dijadikan sebagai sarapan maupun cemilan, cepuluh dan cebelas. 

Gampang kan cara membuat kentang parut goreng? Tertarik untuk mencobanya?

Semoga bermanfaat...

Baca juga artikel lainnya :

- Sakit Demam Berdarah
- Dilema Itu Bernama Pizza

18 comments

wahhh, baru nemu nih resep makanan ini... mantap dahhh buat buka puasa ntar.. :D

http://goo.gl/6vC4rG

Reply

Wihh di liat-liat kayak telur yang di goreng tuh :D manteeep (y)

Reply

Perlu dicoba nih gampang masaknya cuma diparut terus digoreng.Kalau teflon biasanya nggak bisa ya mas?

Reply

kayanya enak, tapi saya ga punya panci panggangan nya

Reply

Cobalah. Bagi dong herbalnya, barter sama kentang parut goreng...

Reply

Wihh diliat-liat kayak kentang yang digoreng.... Mantap dong

Reply

Bisa Mas, panci panggang saya juga bahan Teflon. Cobalah, gampang dan lezat

Reply

Pake kuali biasa juga bisa mba Defa...

Reply

Ummmm yummy~ Tapi agak ribet bikinnya ya, Hen? Atau akunya aja yang males gerak :(
Enak jadi cemilan kalau makan bareng pacar, tapi sayangnya lagi LDR :(

Reply

Gampang kok bikinnya. Kalo mau bikin sewaktu lagi ketemuan aja..

*curhat terselubung

Reply

Lezat ni dimakan pagi2....
itu hepicol bmanfaat juga yaaa

Reply

Banget!! Hepicol???? What's the meaning of hepicol...

Reply

Huaaaaa.. Itu kayaknya enak banget, Baaaang :'

Reply

wah menu baru nieh...favorit bnget lho dakuw sma kentang and tahu....-ahay makash resepnya

Reply

Silahkan coba. Rasanya mantap kok..

Reply

bapak yang satu ini memang kreatif ya... selain blogger, juga chef handal.. hehehehe..
jadi ada inspirasi ini untuk membuat makanan yang baru dan berbeda...

Reply

Hehehe, iseng aja Mas eka, biar menu kentang nggak monoton.. Cobalah, gampang kok

Reply

Post a Comment