Ruginya Jarang Update Blog

Aktivitas ngeblog nggak selalu berjalan mulus. Bahkan ketika semangat menulis lagi tinggi-tingginya, tiba-tiba saja malah menghilang sama sekali. Banyak sih alasannya, mulai karena sibuk sekolah, kuliah, kerja, lagi sakit, lagi nyelesain misi di COC, mood menulis lagi hilang atau karena alasan yang sangat mainstream, MALAS. Kayaknya alasan yang paling terakhir inilah yang harus dibasmi dari dunia perblogan.



Alasan karena sibuk sama kegiatan lainnya sih masih bisa diterima sama akal sehat, itu pun kalau Anda masih punya akal. Tapi kalau sudah timbul rasa malas, saya rasa harus segera diatasin deh. Kenapa? Pasalnya, rasa malas sewaktu ngeblog, kalau nggak langsung diatasi, akan terus berkelanjutan dan sedikit banyak akan berpengaruh sama nasib blog kita.

Seperangkat Alat Ngeblog

Makanya, ketika blog kita terbengkalai, seperti nasib mantan yang terbengkalai nggak jelas, sebenarnya ada banyak kerugian yang (mungkin) akan berpengaruh pada masa depan blog kita. Nggak perduli mau blog personal yang absurd kayak blog saya, blog yang isinya download apalagi blog bisnis yang berorientasi sama UANG, semuanya ada dampak kerugiannya. Mau tau apa saja? Yuk langsung ke tekape guys :



1. Alexa rank terus naik membengkak



Saya ngalamin hal ini sewaktu nggak update blog selama hampir 14 hari. Awalnya Alexa rank berada di angka 300 ribuan, terus naik ke angka 800 ribuan dan sekarang malah di angka 1 jutaan. Cuma gara-gara malas menulis postingan, ya jadinya kayak gitu.



Bagi teman-teman yang memang fokus sama perkembangan angka Alexa rank di blog, sebaiknya selalu rajin dan rutin ngeposting deh. Jangan sekali-kali lama nggak update, nanti ngecilin angka Alexa ranknya akan susah lagi. Seandainya saja Klinik Tongseng bisa ngebantu ngecilin angka Alexa rank di blog, tapi pada kenyataannya memang nggak bisa kan?!.



Kalau memang nggak terlalu fokus sama Alexa rank, mungkin nggak jadi masalah, bisa update blog semaunya, sesuai sama kemampuan.



2. Visitor ikut menurun



Jumlah visitor atau pengunjung juga pasti akan berkurang. Karena para pembaca yang budiman, pasti ngarepin sesuatu yang baru, segar dan fresh dari tulisan kita di blog. Bagaimana mereka mau mampir dan betah di blog kita, kalo tulisannya itu-itu saja. Gara-gara nggak ada tulisan yang paling baru di blog, lama-lama pengunjung jadi malas baca blog kita.



Ibaratnya kalo teman-teman lagi bertamu ke rumah orang lain, terus disuguhin makanan basi, kan nggak etis, maunya pasti yang masih baru dan segar.



3. Page view ikut menurun



Karena jarang update postingan di blog, maka yang mampir ke blog kita, ya otomatis juga akan ikutan berkurang, dan efeknya : page view juga akan ikutan menurun.



4. Susah buat memulai lagi



Kalau sudah kelamaan nggak menulis blog, biasanya akan terasa susah dan berat buat memulainya lagi. Percaya deh. Pasti butuh tekad yang kuat dan bulat untuk menulis artikel lagi.



Tapi kalau kita rutin dan rajin update blog, rasanya menulis akan mengalir dengan sendirinya. Bagaikan air bendungan Katulampa yang mengalir santai dari Bogor ke Jakarta. Hufft..

-----


Malas menulis artikel, memang wajar adanya, yah namanya juga manusia sebagai makhluk sosial, pasti punya berbagai kebutuhan dan permasalahan di dalam kehidupannya. Dan sebaiknya jangan terlalu berlarut dalam permasalahan yang ada. Tapi mungkin perlu sedikit dipecut, kayak kuda, biar tambah rajin ngeblognya.



Solusinya :



1. Perbaiki niat ngeblog



Balikin niat awal ngeblog. Untuk apa kita ngeblog, tapi kalau niatnya separo-separo, mirip banget sepatu spotek. Masih banyak pembaca di luar sana yang masih mau membaca artikel kita di blog, setidaknya mereka nggak sengaja nyasar ke blog kita. Hei WAKE UP GUYS!!



Kuatin niat buat ngeblog lagi, buktiin sama dunia perblogan bahwa Anda bisa!! Jangan kalah sama si Malas.



2. Blogwalking



Cobalah rajin-rajin blogwalking ke blog teman-teman yang hebat, biar dapetin inspirasi baru dan semangat buat menulis lagi.



Baca juga artikel : 6 Manfaat Blogwalking



3. Perbaiki mood menulis



Kalau mood menulis sudah ada, tentu saja semangat buat ngeblog bakalan muncul lagi, yang memungkinkan kita untuk kembali berkarya lewat tulisan.



4. Selesaikan masalah



Setiap dari kita, pasti pernah punya masalah dong, entah itu masalah pribadi, keluarga maupun karir. Dan kalau itu semua ngehambat aktivitas ngeblog, sebaiknya segera selesain masalahnya satu persatu. Setelah beres semua, baru deh ngeblog lagi. Biar mood menulis balik maning SON!. Karena mood menulis juga mempengaruhi aktivitas ngeblog loh.



5. Banyak membaca



Selain itu, banyakin juga membaca buku-buku yang sekiranya bermanfaat dan bisa ngedatengin inspirasi buat menulis lagi. Dari tulisan yang kita baca, silahkan sharing di blog, mungkin saja bisa bermanfaat buat orang lain. Siapa tau setelah selesai membaca, semangat buat ngeblog akan kembali berapi-api.



6. Langsung tulis



Kalau teman-teman tiba-tiba dapetin ide atau inspirasi buat nulis, jangan tunda lagi, langsung segera dituang inspirasinya ke dalam tulisan di blog. Nanti kalau kelamaan ditunda, bisa hilang deh ide atau inspirasi yang sudah nempel di otak.

Sejatinya, ngeblog itu gampang-gampang susah. Dibilang gampang ketika inspirasi dan semangat menulis lagi tinggi. Bisa juga dibilang susah ketika semangat menulis lagi down, inspirasi menghilang dan paket internet habis.



Nah, gimana teman-teman, masih malas ngeblog? Atau tetap semangat buat ngeblog? Yuk jaga blog kita biar tetap eksis dan jaga semangat ngeblog, biar bisa terus berkarya lewat tulisan-tulisan ORISINIL kita di blog. Tetap semangat dan jangan kecewain pembaca yaa..



Happy blogging and keep spirit guys...

You May Like This :


EmoticonEmoticon