8 Manfaat Film Barat yang Perlu Diketahui

Film barat atau Hollywood, sebut saja seperti itu, memiliki daya tarik tersendiri dan selalu mendapat tempat di hati para penggemarnya, termasuk saya. Mulai dari film ber-genre Action, Horor, Thriller, Animasi dan lain sebagainya. Mungkin film jenis Action-lah yang paling banyak diminati oleh masyarakat kita saat ini.

 
Sejatinya, film barat tak melulu identik dengan hal-hal yang negatif, tergantung bagaimana kita dalam menyikapinya. Memang tak dapat dipungkiri, yang namanya film, bagaikan dua sisi mata uang, di satu sisi terdapat hal positif (yang dapat diambil sebagai pelajaran) dan di sisi lain terdapat hal-hal negatif (harus kita buang jauh-jauh).


Kita pun dituntut untuk pandai-pandai dalam memilih mana sekiranya film yang layak untuk ditonton, bila memang ingin disaksikan oleh seluruh anggota keluarga. Mengingat film barat lebih didominasi untuk dikonsumsi oleh orang dewasa. Bila memang ingin mengajak si kecil untuk sama-sama menonton film barat, pilihlah film-film bernilai edukasi yang sesuai dengan usia si kecil.

Terlepas dari itu semua, kali ini saya hanya akan mengulas dari sisi yang positifnya saja, kita singkirkan sisi yang negatif jauh-jauh.

1. Belajar bahasa asing

Mayoritas film barat banyak berasal dari tanah Amerika, ya karena itu disebut Hollywood, kalau dari tanah India disebut Bollywood dan kalau dari tanah Tegal ya njenenge Nggoliwet. SKIP!!.


Dengan menyaksikan film barat setidaknya kita dapat mempelajari bahasa Inggris sedikit demi sedikit dan tak tertutup kemungkinan juga dapat belajar bahasa asing yang lainnya. Tentu saja bagi yang tertarik untuk mempelajarinya.

Baca juga artikel saya : Tips Cara Belajar Inggris ala Mas Hendra.


Cara belajar bahasa asing melalui tayangan film memang terbilang cukup unik sobat blogger. Yah tapi setidaknya kita dapat mengambil manfaatnya, dengan belajar bahasa asing, iya nggak??! Dan saya rasa bukan hanya mampu untuk mempelajari bahasanya saja, tetapi kita pun dapat mempelajari logat orang bule ketika berbicara bahasa Inggris.


Sebagai contoh : bagaimana logat orang Perancis ketika berbicara bahasa Inggris, pun begitu juga dengan logat orang Rusia, Jerman, India dan lain sebagainya.

2. Disiplin



Hal positif lainnya yang dapat kita ambil dari film barat adalah mengenai masalah kedisiplinan. Kebiasaan disiplin diri telah mulai dikenalkan kepada anak-anak sejak usia dini.

Semisal :
  • Jam berapa si anak harus mulai tidur malam.
  • Si anak harus belajar mandiri dengan cara tidur di kamar yang terpisah.
  • Membiarkan si anak membawa barang bawaannya sendiri selagi dia mampu.
  • Makanlah di meja makan mu dan dilarang sambil melakukan kegiatan lain, semisal makan sambil nonton TV.
  • Belajar menghargai orang lain.
  • Dan lain sebagainya.
Sebagian besar film Hollywood menerapkan kebiasaan baik ini kepada anak-anak mereka sejak dini. Seolah mereka ingin menunjukkan kepada dunia, 'Inilah cara kami mengajarkan kedisiplinan kepada anak-anak kami'. Atau kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Cilacap berarti : 'This is how we teach disciplinary to our children'.

Berangkat dari kebiasaan baik tersebut, tak ada salahnya bila kita dapat mengambilnya sebagai pelajaran untuk kemudian diterapkan kepada anak-anak kita. Tapi harap diingat ya, ambil yang positifnya saja.

3. Berkeliling dunia



Dengan menyaksikan film Barat, secara tidak langsung kita dapat mengetahui lokasi di mana film tersebut berlangsung. Kita pun menjadi tahu nama-nama tempat di suatu Negara, entah itu hanya sekedar sebuah Monumen, Museum, Taman, Patung, Sungai, Stasiun, Mall dan lain sebagainya.

Meskipun saya tak pernah keluar negeri, tapi saya menjadi tahu, negara Perancis itu seperti apa, Belanda, Amerika bahkan sampai seluruh penjuru dunia. Yah setidaknya sekarang saya dapat membedakan mana Ciputat dan mana Washington DC.


4. Ikut berfikir


Film barat memiliki tingkat kreativitas yang sangat tinggi. Mengapa saya berkata demikian?? Dengan menonton film barat, terutama yang ber-genre Thriller (sesuatu yang menegangkan atau mengerikan), kita akan diajak berfikir untuk menebak siapakah tokoh antagonis (pelaku kejahatan) yang sebenarnya dalam film tersebut. Karena sebagian besar film ber-genre thriller ini lebih mengarah kepada pembunuhan sadis.


Dari awal film sampai hampir tamat, dipastikan 90% kita akan salah menebak siapa tokoh antagonis (pelaku kejahatan) yang sebenarnya. Film barat yang didominasi oleh teka teki ini memang sangat cocok bagi kita yang memiliki otak minimalis, seperti saya. 

Agar supaya melatih otak dan dapat terus berkembang. Mungkin selama ini otak kita lama 'tertidur' akibat di ninabobokan oleh tayangan Sinetron.

5. Mengenal teknologi canggih


Tak dapat dipungkiri, film Hollywood identik selalu menampilkan teknologi canggih, mulai dari gadget, robot bahkan sampai dengan kendaraan super canggih. Secara tak langsung, Amerika bermaksud memamerkan kemajuan teknologi yang sebenarnya melalui tayangan sebuah film. Kita pun seolah 'dipaksa' untuk melihat kecanggihan teknologi yang membuat iri banyak negara, termasuk Indonesia.

Dengan melihat tayangan film-film Hollywood, kita pun sedikit banyak dapat mengenal berbagai macam teknologi canggih. 


6. Mengenal bintang Hollywood


Banyak film Hollywood yang beredar, membuat kita sedikit banyak mengenal para pemain filmnya, baik aktor maupun aktrisnya. Mulai dari aktor kawakan semisal : Arnold Suasanasegar, Dwayne 'The Rock' Johnson (mantan pegulat), Leonardo DiCaprio sampai Keanu Reeves dan lain sebagainya.


Setidaknya, seandainya suatu hari nanti kita ketemu sama Mas Leonardo DiCaprio sewaktu beliau beli kolor dan sandal jepit di pasar Tanah Abang, kita pun tak asing lagi dengan wajahnya dan tak canggung lagi. Karena kita seringkali melihat wajahnya yang wara wiri di layar kaca.

7. Fashion dan lifestyle

Tidak dapat dipungkiri lagi, dewasa ini budaya Indonesia telah dirasuki oleh budaya barat yang mengakibatkan semakin terkikisnya budaya aseli bangsa ini. Contohnya melalui film barat. Kita lihat bagaimana budaya fashion maupun lifestyle yang lainnya begitu mempengaruhi anak-anak muda kita berkat tayangan film tersebut.

Tidak ada yang salah dengan masuknya budaya barat ke dalam tanah Indonesia ini. Yang salah adalah ketidak mampuan kita dalam menyerap setiap budaya yang masuk, apakah itu baik buat kita dan sesuai dengan adat kesopanan orang timur atau malah sebaliknya.

Jadi saringlah segala sesuatu yang datangnya dari luar, dan ambillah sesuatu yang sekiranya bermanfaat dan juga baik, meskipun itu hanyalah sebuah fashion atau lifestyle. Jadi jangan sampai salah kaprah dalam menyikapinya ya anak muda.

8. Sejarah


Tak sedikit film-film barat yang mengambil tema tentang sejarah. Tentu saja film dengan latar belakang yang menceritakan tentang sejarah akan sedikit banyak menambah wawasan kita. Bukan tak mungkin, hal tersebut dapat menjadikan bertambahnya ilmu sejarah kita. Sajian apik yang ditayangkan oleh film-film barat ini sangat jauh dari kata monoton. Penonton pun masih dapat diajak untuk menebak jalan cerita dalam sebuah film.

----

Bagaimana sobat blogger?? Tak semuanya film-film barat atau Hollywood itu negatif, selama kita dapat menyaring mana yang baik dan membuang mana yang tak sesuai dengan norma kesopanan maupun adat bangsa Timur.

Ke-8 manfaat di atas merupakan hasil pengamatan dan pengalaman saya sendiri selama menjadi penikmat film-film Hollywood. Bagaimana dengan Anda?? Apakah mempunyai referensi tambahan?! Silahkan langsung saja sharing di kotak komentar agar dapat menambah wawasan baru buat saya dan para blogger lainnya.

Semoga bermanfaat...

6 comments

belajar bahasa inggris yang menyenangkan apabila dilakukan sambil nonton film barat.. hiburannya dapet, skill ini juga bisa diasah :)

Reply

Yap betul mba, sambil liat film sambil belajar...

Reply

Saya lebih sering memanfaatkan yang poin 1 karena kebetulan suka bahasa Inggris... Makasih neh udah dirangkumkan...

Reply

Iya mas Abu, saya juga sering sekali manfaatin yang poin nomor 1, sambil liat film sambil belajar, dapat 2 manfaat sekaligus.

Reply

kalau disiplin juga kembali ke anak itu sendiri sih. orang tua harus selalu mengingatkan

Reply

Ya mas, peran aktif orang tua sangat dianjurkan dalam menegakkan kedisiplinan.. Makasih sudah mampir..

Reply

Post a Comment