From Bachelor to Married

Memiliki sebuah keluarga bahagia adalah impian bagi setiap orang di muka bumi ini. Karena memang sudah dari sananya setiap orang ditakdirkan untuk berpasang-pasangan dan membina rumah tangga. Nah bagi kalian yang sudah menikah, terutama para ayah, pernah merasa gak sih ada beberapa kebiasaan yang lambat laun berubah, mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga pola hidup yang berubah setelah menikah.

Hal ini memang wajar adanya, namanya juga berkeluarga, tentu saja kita tidak lagi hidup sendiri, melainkan sudah ada pasangan dan juga anak-anak yang selalu menemani. Baca juga : Banyak Anak Banyak Rezeki

Nah biasanya ada beberapa perubahan kebiasaan yang akan dialami oleh seorang ayah, fase demi fase. Terkadang perubahan ini terlihat cukup drastis atau bahkan tidak dirasakan oleh sebagian orang, karena menganggapnya sebagai hal yang biasa saja. 

Kira-kira perubahan kebiasaan apa saja yang akan dialami oleh seorang pria ketika dari bujangan hingga setelah menikah dan punya anak? Yuk kita simak selengkapnya disini. Baca sampai tuntas ya para cowok, siapa tau ini bisa dijadikan referensi biar nanti tidak kaget setelah menikah, hehehe....

1. Manajemen Keuangan Dikelola Bersama
Sewaktu masih bujangan, kita mungkin bisa bebas mengatur keuangan sesuka hati. Bisa beli ini itu, tanpa ada yang melarang, karena memang belum memiliki tanggungan (istri dan anak) untuk dinafkahi. Lain cerita kalau sudah menikah, maka keuangan akan dikelola secara bersama. 

Selain itu kebutuhan pun semakin kompleks yang menyebabkan nilai pengeluaran menjadi semakin besar. Itulah sebabnya jika sudah menikah, maka diperlukan pengelolaan keuangan yang cukup matang. Maka tidak heran jika dompet para suami lebih tipis ketimbang sang istri, karena sebagian besar sang istri yang akan pusing menghitung pengeluaran setiap bulannya.

2. Tempat Tidur Terasa Luas dan Lega
Saat masih bujangan, mungkin Anda akan tertidur cukup pulas tanpa ada yang "mengganggu", selain itu juga kondisi tempat tidur yang cukup lega membuat Anda dapat tidur dengan sangat nyenyak. Tapi keadaan justru berubah 180 derajat ketika Anda sudah menikah, apalagi ketika masih memiliki anak kecil yang notabene jam tidurnya masih belum teratur, maka siap-siap saja untuk sama-sama "begadang" menemani sang istri dan juga sang buah hati. Jadi jangan kaget ya ketika si kecil tiba-tiba menangis tengah malam dan tempat tidur jadi lebih sempit.

3. Barang Bawaan Bertambah Ketika Traveling
Kebutuhan akan traveling tidak hanya berlaku bagi yang masih bujangan saja, terkadang yang sudah berkeluarga pun melakukan traveling. Hanya saja jumlah barang bawaan yang akan dibawa bertambah banyak. Dari yang hanya membawa satu buah tas saja, kini bisa bertambah menjadi beberapa buah tas, karena untuk keperluan istri dan anak, mulai dari dorongan bayi, tas khusus keperluan bayi dan lain sebagainya.

4. Pergi Selalu Ditemani Anak
Perubahan berikutnya yang akan Anda rasakan adalah, Anda akan lebih senang untuk mengajak anak dan istri bepergian bersama mengendarai motor, walau hanya memutari komplek perumahan. Berbeda ketika masih bujangan, dimana Anda sering bepergian sendiri atau dengan teman dan lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah.

5. Channel TV Berubah
Sebelum menikah, Anda dapat menonton channel TV favorit tanpa merasa terganggu. Namun ketika sudah menikah dan memiliki anak kecil, maka keadaan akan berubah. Anda akan akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama si kecil dengan menonton channel TV yang menjadi favoritnya. Ingat ya, jangan jejali anak kecil dengan tontonan yang tidak sesuai dengan usianya, atau acara yang tidak bermanfaat sama sekali, contoh tayangan sinetron, gosip dan lainnya, karena akan berpengaruh terhadap perkembangan psikisnya. 😁

Baca juga : Alasan Kenapa Rating Sinetron Selalu Tinggi

6. Amenities Bertambah
Perubahan juga terjadi dengan bertambahnya keperluan perlengkapan mandi. Dari yang biasanya hanya sabun, shampoo dan pasta gigi saja, setelah menikah perlengkapan mandi akan bertambah untuk anak dan juga istri. Sssst, perlengkapan mandi sang istri bahkan lebih banyak daripada suami loh, ini bukan mitos, tapi fakta di lapangan seperti itu, hehehe....

7. Hari Libur Bersama Keluarga
Ketika masih bujangan, Anda lebih sering bepergian sendiri dan bebas melakukan hobi Anda di luar bersama teman-teman Anda, tanpa ada yang melarang. Keadaan akan berubah ketika Anda menikah dan punya anak. Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dengan mengunjungi tempat-tempat wisata maupun edukasi untuk memenuhi kebutuhan traveling anak-anak dan juga sang istri. Anda juga tidak bisa seenaknya melakukan hobi Anda tanpa batas dengan meninggalkan kewajiban Anda sebagai seorang suami sekaligus ayah bagi anak-anak Anda.
💗💗💗💗💗💗💗💗

Itulah beberapa perubahan kebiasaan maupun pola hidup bagi para pria, dari sebelum menikah hingga setelah menikah dan memiliki anak.

Saya hanya memberikan gambaran berdasarkan gambar ilustrasi tersebut. Bahwasanya setelah menikah, ada masa-masa tertentu dimana Anda akan menghabiskan banyak waktu bersama anak dan istri. Dan janganlah perubahan kebiasaan tersebut justru menjadi beban bagi Anda yang belum menikah/bujangan.

Semoga bermanfaat.

Gambar diambil dari : brightside.me

You May Like This :


EmoticonEmoticon