Deretan Penyakit yang Mengintai Blogger

Blogger Desk - Blog Mas Hendra

Anda seorang blogger? Dan suka menghabiskan waktu terlalu lama di depan komputer hanya untuk mengejar deadline dan lain sebagainya? Waspadalah, ada beberapa penyakit yang sedang mengintai bagi Anda yang terlalu lama bekerja di depan layar komputer. Hal ini bukan hanya menyerang para blogger saja, namun juga bagi Anda yang sering menggunakan komputer dalam waktu yang lama 

Pasalnya tidak sedikit blogger yang terkadang lupa waktu menulis dan berlama-lama menatap layar komputer. Padahal aktivitas yang berlebih ini memiliki dampak negatif bagi kesehatannya. Meski kita menyadari, memang menjadi seorang blogger, kita dituntut untuk rutin menulis artikel agar selalu update. Tapi ada dua hal paling berharga dalam hidup kita, yakni family time dan yang kedua adalah kesehatan yang nilai keduanya tidak ternilai dan tidak dapat dibeli dengan apapun. 

Seperti yang saya kutip dari laman life.viva.co.id, sebuah penelitian menemukan, seseorang yang bekerja terlalu lama di depan komputer, berisiko mengalami berbagai penyakit. Apa sajakah penyakit tersebut, berikut ulasannya :

1. Serangan Jantung

Para ahli jantung dari University College London percaya, bahwa seseorang yang menghabiskan waktu hingga 11 jam sehari di depan komputer, beresiko terkena penyakit jantung sebesar 67 persen.

2. Kanker Usus

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Western Australia mengemukakan bahwa bekerja selama sepuluh tahun menggunakan komputer, akan beresiko dua kali lipat terkena kanker usus. Mereka juga menemukan bahwa salah satu faktor utama penyebab penyakit ini adalah kurangnya bergerak dalam jangka waktu yang cukup lama.

Seorang dokter dari Cancer Research UK, Claire Knight berkata,"Semakin aktif seseorang, maka semakin dapat membantu mengurangi resiko kanker usus".

3. Sakit Punggung

Duduk terlalu lebih dari sepuluh jam sehari di depan komputer dan tidak beranjak sama sekali beresiko menyebabkan sakit punggung. Bahkan terlalu lama membungkuk di depan komputer lebih mungkin menyebabkan nyeri punggung, demikian disampaikan sebuah data dari British Chiropractic Association.

4. Darah yang Menggumpal

Bagi seseorang yang menghabiskan waktu duduk di depan komputer terlalu lama juga dapat terkena penggumpalan darah (deep vein thrombosis), hal ini juga berkaitan dengan terjadinya peningkatan dua kali lipat resiko emboli paru.

5. Mata Lelah dan Pusing

Penyakit berikutnya adalah mata akan terasa lelah, pusing dan juga lesu ketika bekerja menggunakan komputer dalam waktu yang cukup lama. Jika dibiarkan secara terus menerus, tentu saja dapat membuat penglihatan menjadi terganggu, bahkan lebih parahnya dapat merusak penglihatan.


Untuk meminimalkan semua resiko buruk yang menghantui kesehatan Anda, sebaiknya lakukan hal-hal sederhana berikut ini :

1. Atur posisi duduk dengan postur yang baik. Duduk tegap dengan bahu ditahan dan pastikan layar monitor sejajar dengan pandangan mata.

2. Sesuaikan tinggi layar dengan mata Anda. Pastikan keyboard maupun mouse tidak tertindih oleh pergelangan tangan Anda.

3. Lakukan gerakan peregangan (stretching), terutama pada bagian leher, lengan dan kaki. Gerakan tersebut dapat Anda lakukan dalam posisi duduk sekalipun. Selain itu, putar bahu Anda ke belakang dan ke depan, termasuk leher. 

4. Biasakan berdiri dari bangku/kursi, lalu berjalanlah setiap tiga puluh menit.

5. Setiap 30 menit, alihkan fokus pandangan dari layar monitor, dengan melihat objek yang lebih jauh atau objek yang berwarna hijau, seperti pepohonan, taman dan tanaman hias. Hal ini dapat mengurangi kelelahan pada mata dan mengembalikan keseimbangan tubuh. 

Baca juga artikel : Manfaat Melihat Warna Hijau

6. Gerakkan mata secara teratur, agar terhindar dari resiko iritasi dan sakit kepala.

7. Untuk mengelola tingkat stress, Anda dapat mengambil napas dalam-dalam.

8. Perbanyak minum air putih, agar asupan cairan terpenuhi dengan baik, sehingga Anda dapat lebih fokus dalam bekerja.

Demikian artikel tentang beberapa penyakit yang mengintai para blogger. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda para blogger maupun Anda yang sering menghabiskan waktu lama di depan layar komputer, sehingga mampu menimimalkan resiko buruk yang setiap saat dapat menghampiri Anda.

Semoga bermanfaat.


6 comments

Walaupun saya lebih dari 13 jam sehari ngadepin komputer, mudah2an tidak terkena gejala penyakit tersebut kang, saya sesekali 'kabur' ke luar ruangan nyari udara segar, hehee...

Sebaiknya sih jangan terlalu diporsir kang, kalau memang terpaksa bekerja selama lebih dari 10 jam setiap hari, ya sebaiknya ikuti tips ringan diatas agar mengurangi resiko terkena berbagai penyakit seperti yang sudah disebutkan diatas...

Ternyata kang Maman ini orang yang super sibuk daripada saya, sehari bisa sampai 13 jam ngadepin komputer.

Duh ngeri banget penyakitnya, jadi takut berlama-lama depan pc. Makasih ya sharenya, setidaknya saya bisa lebih waspada

Kalau memang terpaksa atau karena tuntutan profesi, sebaiknya lakukan tiips-tips seperti diatas ya... Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini

Haduh, Mas.. Semoga kita sehat selalu..

Aamiin Kang, selain itu juga agar kuota tetap melimpah dan pemerintah tidak jadi menutup sosmed


EmoticonEmoticon