Apa yang Harus Diperhatikan jika Ingin Berwisata ke Banda Aceh?

Pergi ke Aceh mungkin bisa menimbulkan banyak keraguan bagi beberapa orang. Kota yang sangat kental dengan adat dan etika relijiusnya ini, barangkali membuat sebagian orang akan berpikir berkali-kali untuk ke sana. Betul bukan?


Siapa saja sebetulnya bisa kok, berwisata ke Banda Aceh. Tetapi, ada hal-hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum keliling di Banda Aceh. Hal-hal yang akan disebutkan di bawah ini mungkin terlihat sepele. Namun, sangat penting untuk diperhatikan. Apa saja, ya?


Gambar : Klikkabar.com


1. Selendang atau Pashmina

Untuk kaum hawa baik dari agama dan suku mana saja, sebaiknya membawa satu buah pasmina panjang yang dapat menutupi kepala. Ini untuk berjaga-jaga biar kamu tidak perlu lagi mencari atau membeli setibanya di Banda Aceh. Di sana, di beberapa tempat, kamu diharuskan menutup aurat atau sedikitnya berpakaian sopan.

Sebagai wisatawan yang datang berkunjung, tentu saja kita harus mengikuti aturan yang berlaku di sana, bukan? Tenang saja, tapinya. Tidak harus menutup aurat seluruhnya, kok. Yang penting tertutup dan tidak ketat. Nah, celana jeans yang cenderung ketat, sebaiknya bawalah bawahan pengganti bila kamu ingin pergi ke tempat tertentu.


Gambar: pexels.com



2. Berlaku Santun dan Sopan

Kita memang berada di negara demokratis di mana semua bebas berpendapat dan berekspresi. Hanya saja, saat mengunjungi Banda Aceh kita harus lebih memperhatikan sikap dan perilaku, ya. Budaya di sana yang masih memperhatikan etika dan tata krama akan melihat sikap kita. So, sebisa mungkin berlaku santunlah dalam bersikap. Dan jika ada hal yang ingin ditanyakan atau ada hal yang harus dikomunikasikan dengan warga sekitar, usahakan memakai bahasa yang halus dan sopan.


3. Catat Destinasi Wisata

Aceh punya banyak tempat yang bisa kamu kunjungi, tergantung tujuanmu. Kamu bisa mencari kulineran yang terbaik atau yang paling unik, ke tempat-tempat yang jarang dikunjungi, atau bahkan ke museum yang paling banyak digemari para wisatawan, Museum Tsunami Aceh.

Di sana, ada banyak sekali rekam jejak semasa Aceh mengalami tsunami besar belasan tahun silam. Museum yang menampung kisah bersejarah ini berada di Jalan Sultan Iskandar Muda No. 3, Sukaramai, Baiturrahman.

Kalau ingin ke sana, cek tanggal, jam buka, serta apa saja yang tidak diperbolehkan di sana, ya. Kamu juga perlu perhatikan apakah dibolehkan menggunakan flash saat memotret atau tidak. Selain itu apakah boleh makan di dalam, atau tidak. Cari tahu sebanyak mungkin sebelum memutuskan akan ke sana.

Selain museum? Masih banyak! Kamu bisa eksplor kota tersebut sebanyak yang kamu mau.


Gambar : liputan6.com


4. Tinggalkan Senjata Tajam di Rumah

Senjata tajam atau hal yang bisa dijadikan senjata seperti pisau, gunting, jarum, sebaiknya ditinggalkan saja di rumah dan tidak dibawa sementara waktu. Selain akan ditahan di Bandara, membawa barang tersebut saat liburan juga riskan sekali. Mungkin niatmu untuk mengerjakan kegiatan lain dengan benda tersebut yang mana pekerjaannya tidak membahayakan.

Sayangnya, apa yang kita pikirkan kadang tidak sejalan dengan pikiran orang, bukan? Bisa saja para petugas dan warga setempat nantinya, akan berpikir yang aneh-aneh mengapa kamu membawa benda tersebut.


5. Berani Mencoba!

Datang ke Aceh tapi melewatkan kulineran? Atau kamu takut terlalu pedas atau tidak cocok di lidah dan perutmu? Duh, jangan sampai deh melewatkan makanan sana! Kamu mesti coba Mie Aceh asli sana dan bandingkan dengan makanan yang biasa dijual di ibukota. Aceh juga punya makanan khas yang bisa kamu cari di sana. Pokoknya kamu harus coba semua makanan yang bumbunya melimpah di kota sana!

Oh, ya. Kamu juga tidak boleh melewatkan kunjungan ke masjid Baitturahman yang dapat dikunjungi oleh siapa saja di luar jam ibadah ya. Nah, tetap menggunakan pakaian sopan serta penutup kepala bagi perempuan! Buat kamu yang tidak terbiasa menutup aurat, mungkin akan sungkan datang ke sini. Tetapi, ini jadi tantangan tersendiri, bukan?

Nah, selamat berlibur di Aceh! Semoga memiliki banyak pengalaman berkesan selama di sana..

18 comments

Hmmmmm berarti kali ke sana g bawa duit gapapa y bang?
Trus gimana kalo g bawa duit tapi pengen nyicipin kuliner disana?

Reply

Nggak boleh, harus bawa duit sekarung...

Jadi blogger traveller aja om, enak bisa keliling sambil icip icip

Reply

Aku suka makanan pedes aaah boleh coba lah salah satu makanan khas aceh salah satu yg pertama dicoba mie aceh kali ya karna sekarang udah banyak yang jual tuh disini juga hehehe

Reply

belum pernah kesana, kabarnya banyak waarung kopi di sana ya..

Reply

Udah lama pengen ke Aceh tapi belum kesampaian :(

Reply

Saya juga belum pernah teh... Warung Kopi mah dimana mana juga banyak teh..

Reply

Iya mie Aceh sudah tersebar di mana-mana. Tapi saya malah belum nyobain mie Aceh, hehehe

Reply

Hayu atuh kita ke Aceh rame rame

Reply

Thanks for the tips! Dari dulu pengen ngiterin indonesia dari ujung ke ujung (salah satunya aceh) dan belom kesampaian. Setuju banget poin ke-5nya mas hendra, kalau ga berani nyoba, kita ga bakal tau sesuatu yang baru.

Reply

Save, perlu nih diperhaikan nih kalau pergi ke Aceh, kalau kesana selain masjidnya aku ingin ke museumnya itu mas :)

Reply

Saya ada keinginan pergi wisata ke Aceh tapi sampai saat ini belum kesampaian, konon ceritanya ada makanan yang paling sedap.

Reply

wah saya dari dulu pengen keliling indonesia sih, ke aceh salah satu tujuannya. makasih tipsnya mas!


btw saya baru bikin artikel mengenai pentingnya membuat catatan, do check it out if ur interested! :)

Reply

Sama-sama. Semoga kesampaian ya pergi ke Aceh nya... Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.

Siap blogwalking gan

Reply

Wah sepertinya sudah kepengen banget ya ke Aceh?! Semoga terwujud ya. Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini...

Reply

Museumnya pasti menarik banget ya mas, secara memiliki nilai historis yang nggak ternilai...

Reply

Siip deh, semoga terwujud ya cita-cita ngiterin Indonesia nya....

Reply

Mampir lah ke Aceh bareng Keenan, hehehe

Reply

Post a Comment