6 Cara Ampuh Mencegah Tikus Masuk ke Rumah


Hewan pengerat ini, selain memiliki musuh abadi, yakni kucing, tikus juga sering banget menjadi musuh manusia, terutama di dalam rumah. Nggak cuma itu saja loh, tikus juga bisa jadi musuh berbagai kalangan, tapi tikus yang ini ber-jas dan pake dasi yang 'kerjanya' juga enak kok. Nggak percaya?? Coba saja sendiri! Akibatnya ditanggung sendiri yaa. *Malah ngawur....

Oke oke. Tikus memang sering banget wara wiri di sekitar rumah kita. Mungkin itu bukan masalah. Tapi justru masalah baru muncul saat si tikus berhasil memasuki rumah kita melalui sebuah jalan rahasia. Sebuah jalan rahasia yang mungkin saja setara dengan jalan rahasia milik Al-Qaeda, karena sangat sulit dilacak. Sebuah jalan rahasia yang hanya Allah dan tikus saja yang tau. 

Nah, berdasar pengalaman pribadi, berikut adalah beberapa tips untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah :

1. Hindari akses bagi si tikus

Jalan Masuk Tikus Melalui Selang Pembuangan AC - Blog Mas Hendra
Dimana ada kemauan, disitu ada jalan

Tutup semua akses yang memudahkan bagi si tikus untuk 'berkunjung' masuk ke dalam rumah. Seperti yang saya alami, ada tikus yang masuk lewat plavon, bahkan ada tikus yang berusaha masuk lewat closet. Keterlaluan!! Akibat peristiwa yang nggak senonoh itu dan untuk mencegah si tikus mengintip saat saya lagi mandi, saya pun menutup semua akses buat si tikus. Terutama yang lewat closet. Rasain lu, hahaha...

2. Pelihara kucing di rumah

Dengan memelihara kucing di dalam rumah, biasanya akan membuat nyali tikus menciut. Dan cara ini terbilang cukup ampuh loh.

Dulu sekali, saya selalu memelihara beberapa ekor kucing di rumah, dan hasilnya : jarang sekali ada tikus yang berani menampakkan batang hidungnya, sekalinya ada tikus bernyali besar yang nongol, langsung diterkam sama si kucing.


Tapi kalo tikus berdasi, yang nerkam harus harimau bertaring yang jujur dan bersih, kalo yang nerkam kucing kampung biasa yang 'kotor' mah, dikasih 'ikan asin' juga langsung anteng. Hahaha...

3. Jangan menyenderkan perabot ke tembok

Inget, saat si tikus nemu jalan tikus lewat atap rumah/plavon, hindari untuk menempelkan atau menyenderkan perabotan, seperti lemari rak piring, lemari pakaian maupun perabotan lainnya. Karena akan memudahkan si tikus buat menjangkau ke dalam rumah.

Tapi kalo kamu mau nyender di bahu saya, fine-fine saja kok. Halaaah... Opo iki, abaikan saja bro!!.

4. Sediakan jebakan tikus

Cara ini mungkin dirasa yang paling efektif. Karena dapat langsung mengurangi populasi si tikus dan juga sebagai efek jera bagi para tikus lainnya.

Ada beberapa jebakan tikus, seperti : sistem jepit, perangkap, racun tikus maupun lem tikus. Bahkan jebakan betmen.

Sebaiknya hindari membunuh tikus dengan cara memberi racun tikus. Karena setelah si tikus memakan racunnya, beliau nggak langsung mati, tapi masih bisa jalan sempoyongan galau dulu, baru deh mati, justru kalo lokasi matinya si tikus nggak diketahui, malah tambah bikin repot, karena yang kecium cuma bau bangkainya saja, sedangkan bangkai tikusnya malah sulit dijangkau.

5. Buang sisa makanan dan sampah

Biasakan buat ngosongin tempat sampah dan buang juga sisa makanan ke kasur dan simpan sisa makanan yang masih layak untuk dimakan ke dalam kulkas.

Jangan sekali-kali ninggalin sisa makanan dan sampah, justru akan memancing tikus buat ngacak-ngacak dapur kita. Kosongin semuanya, biarin saja si tikus pada laper, puasa, puasa deh. Begitu si tikus ke dapur malah dapat ZONK!!

Mudah-mudahan cara-cara diatas ampuh untuk mengusir kucing ya guys! Dan semoga para tikus nggak membaca postingan ini. Kalo sampe mereka baca, udah pasti mereka akan menyiapkan strategi yang terbaru buat menangkal tips-tips dari saya...

DASAR KAU TIKUS!!! Nggak di rumah nggak di kantor, bisanya cuma NGESELIN BAE...

Semoga bermanfaat.

24 comments

karena rumah sebelah itu kosong, jadinya tikus yang ngendon di rumah sebelah, malah asyik lewat rumahku, udah banyak banget loh pasang jebakan tikus :)))

Mumpung masih syawal, mohon maaf lahir dan batin ya, maafkan segala khilaf :)

Reply

dirumah banyak curut alias mouse.. tapi ini gak wireless... sudah dikasih jebakan banyak tapi tetep gak mempan.. mungkin sudah baca postingan di web " Cara Jitu Melarikan Diri dari Jebakan"

Reply

Tikus kekinian memang smart!!

Sama-sama mba Sari, mohon maaf lahir dan bathin kalo ada salah-salah kate...

Reply

Tikus kekinian semakin smart, berkat perkembangan teknologi dan internet.... Mudah-mudahan para tikus nggak baca blog saya nih

Reply

Tikus itu nyebelin kalau udah ngerusak perabotan rumah -_-

Reply

Sama, hahaha... Timpuk aja mba..

Reply

Nah itu, dirumahku gak ada kucing soale alergi kang,, ada solusi hewan lain ??

Reply

Efektif juga nih mas, saya biasanya dengan jeratan tikus biar mereka tertipu dengan jebakan tersebut.

Oya mas, selamat ya jadi juara di blog adamsains.

Reply

Saat ini sih yang ampuh dan mainstream ya kucing!! Tapi kalo alergi, bisa coba piara ular, hahaha

Reply

Wah iya tuh, ampuh juga jebakan tikus yang menjepit. Hehehe...

Alhamdulillah... makasih banyak Mas Adam, nggak nyangka jadi juara..

Reply

Ih kemaren saya kan punya mie ya mas baru beli dari @lpamart. Saya tinggalin selama libur lebaran. Tau-tau dikostan ada tikus gede banget. Dia yang makan mie saya. Kurang ajar emang. Pantesan ya setiap mau saya masak bungkusnya rusak padahal dari @alpamart masih utuh. Akhirnya itu tikus kabur dan tak pernah kembali. Takut saya masak hidup2 sih hehe.

Reply

Kucing sekarang malahan takut sama tikus apalagi tikusnya besar saya pernah piara kucing begitu ada tikus lewat yang besar eh malah diliatin doang wah rese nih kucing makan mau suruh nagkep tikus nggak mau.Oh ya kalau mau miara kucing pilih yang cewek doyan banget tuh sama tikus kalau yang jantan mah sombong dikasih tikus tuh nggak mau

Reply

Wah pinter tuh tikus, mungkin mulai lapar juga tikusnya setelah sebulan puasa, hihihi... Kalo tikusnya datang lagi, langsung masak aja Mas Ary...

Reply

Soalnya tikus kekinian sudah pada berani dan nekad Mas Dwi.. Berarti harus piara kucing yang lebih berani.

Reply

Oke mas saya senderin lemarinya di bahu mas Hendra aja jangan di tembok :v

Reply

Bujug dah, gepeng dong saya

Reply

Saya gak bisa pelihara kucing di rumah, soalnya saya phobia sama kucing.. saya takut kucing.. iiihhhh hehehe :)

Reply

saya sudah berhasil menangkap banyak tikus dengan perangkap mas..

Reply

Bagi dong Mas Eka, saya mau goreng tikusnya untuk makanan kucing di sekitar rumah, hehehe....

Reply

Wah ternyata ada juga ya yang phobia sama kucing, ..

Reply

jadi tikusnya boleh nyender dibahu mas? ._.

dirumahku banyak tikus. Dulu ayahku suka matiin pake sapu. Bukan tikusnya yang mati, malah kaca rak piring pecah ._.

Reply

Hahaha... Tikus kalo nyender di bahu, tak gebug!!

Tikus mah mending di kasih perangkap, kalo ditangkep susah...

Reply

Kalau tikus luar negri mah unyu2 mas bersih lagi. Makannya roti ama keju. Lha di Indonesia makannya sampah tinggalnya di got. Brrr tikus aja nggak doyan apa lagi saya. Hehe.

Reply

Tikus luar negeri mah pada treatment macam facial, lulur meni pedi, makanya pada bersih Mas, nggak kayak tikus di Indonesia. Eh tapi ada juga tikus Indonesia yang penampilannya bersih dan necis, TIKUS KANTOR

Reply

Post a Comment